penyakit bebek

Penyakit Bebek: Gejala Serangan, Penyebab, Pengobatan, dan Cara Pencegahan

Seperti halnya jenis komoditas ternak unggas lainnya, bebek memang kerap juga terserang penyakit bebek. Hal ini tidak lain dan bukan disebabkan kualitas pakan yang kurang optimal belum lagi sanitasi kandang yang tidak efektif sehingga menimbulkan penyakit.

Hal ini jika tidak ditangani dengan baik tentu akan menimbulkan timbulnya serangan penyakit. Efeknya akan menurunkan kondisi kesehatan bebek dan dapat menyebar keseluruh kandang.

Tentu tidak mau ini terjadi bukan?

Disisi lain permintaan akan daging dan telur bebek sangat tinggi setiap tahunnya sehingga beternak bebek merupakan bisnis yang menjanjikan.

Sampai saat ini, Indonesia masih melakukan import daging bebek untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri. Data pada tahun 2017 menunjukkan bahwa kebutuhan akan bebek mencapai 265 ton.

Prospek bisnis ternak bebek memang terlihat sangat menjanjikan, tetapi penuh akan tantangan. Ada banyak persiapan yang harus anda ketahui jika ingin memelihara bebek, salah satunya adalah pengetahuan akan gejala, penyebab, cara mengobati, dan mencegah berbagai penyakit yang bisa membunuhnya.

Jenis Penyakit Bebek yang Harus Anda Tahu

1. Penyakit Rickets Duck

penyakit rickets duck

Gejala Serangan

Penyakit rickets duck disebut juga sebagai penyakit lumpuh karena menyebabkan kelainan kaki hingga kelumpuhan pada bebek.

Penyebab

Penyebab penyakit ini adalah kurangnya gizi yang sangat penting bagi perkembangan tulang bebek. Kurangnya vitamin D, fosfor, dan kalsium adalah dalang dibalik penyakit ini dapat menyerang.

Pengobatan

Berdasarkan penyebabnya, anda dapat memberikan perawatan dengan menambahkan vitamin D, kalsium, dan fosfor lebih banyak dalam pakannya. Anda harus memastikan bebek mendapatkan sinar matahari yang cukup.

2. Penyakit Mycosis

Gejala

Penyakit mycosis pada bebek akan menunjukkan gejala masalah kulit yang kusam, badan bebek terasa gatal, lemas, lesu, kehilangan nafsu makan.

Penyebab

Penyakit yang satu ini disebabkan oleh jamur yang dapat memberikan infeksi pada permukaan kulit hingga saluran pencernaan bebek. Jamur ini mampu menular melalui udara yang buruk dan kotoran bebek atau hewan lain. Penyakit ini biasanya menyerang bebek dengan imunitas yang rendah.

Pengobatan

Untuk mengatasi penyakit ini, anda dapat memberikan anti jamur. Kalau terdapat infeksi jamur pada bagian kulit, anda bisa mengoleskan atau menyemprotkan anti jamur. Bila organ dalam yang terinfeksi, berikan anti jamur dalam pakan.

3. Penyakit Botulism (Limberneck)

penyakit botulisme

Gejala Serangan

Penyakit yang satu ini termasuk salah satu penyakit mematikan bagi bebek. Gejala yang ditimbulkan juga sangat berbahaya, mulai dari kelumpuhan, kejang, hingga kematian. Tubuh bebek seperti tidak bisa dikendalikan ketika terserang penyakit botulism.

Penyebab

Penyebab utama dari penyakit botulism atau limberneck ini adalah racun dengan nama clostridium botulinum yang terdapat pada tanah, rumput, dan pasir.

Racun ini sangat kuat dapat bertahan hingga 4 jam saat berada pada lingkungan dengan suhu 105oC. Gejala awal akan terlihat 6 sampai 8 jam setelah racun masuk ke dalam tubuh bebek.

Pengobatan

Anda harus segera memberikan Pertolongan pada bebek yang mengalami penyakit botulism karena penyakit ini bisa dengan cepat membuat kematian pada bebek.

Racun penyebab penyakit botulism hanya bisa diatasi dengan memberikan anti racun. Ada banyak anti racun yang bisa anda pilih. Lebih baik panggil ahli kesehatan hewan agar dapat memberikan dosis yang tepat.

4. Bebek Stress

Gejala Serangan

Seperti manusia, bebek juga bisa stress. Biasanya bebek yang stress akan menunjukkan gejala berupa kerontokan bulu, terutama pada bagian sayap dan dada. Jika tingkat stress bebek sudah sangat tinggi, biasanya bebek akan berhenti menghasilkan telur.

Penyebab

Ada banyak sekali faktor yang membuat bebek menjadi stress, antara lain jarang mendapatkan waktu bermain, suara yang terlalu bising di sekitar kandang, perpindahan kandang, hingga makanan yang diganti. Bebek memang merupakan salah satu hewan yang mudah stress.

Pengobatan

Bebek yang stress tidak akan menularkan penyakit yang sama pada bebek lain. Namun, lebih baik anda segera mengatasi penyakit ini karena daya tahan tubuh bebek sangat lemah saat stress sehingga bisa terkena penyakit menular.

Salah satu cara untuk mengobati bebek yang stress adalah memberikan lingkungan yang nyaman bagi bebek. Cari tahu terlebih dahulu faktor yang menyebabkan bebek stress, barulah anda bisa mengatasinya.

5. Penyakit Antibiotika Dermatitis

Gejala Serangan

Bebek yang terkena penyakit antibiotika dermatitis bisa dilihat dari kulitnya yang kering. Bebek terlihat sering menggaruk badannya karena gatal. Unggas yang satu ini juga terlihat selalu gelisah dan tidak bisa tenang.

Penyebab

Penyebab dari penyakit antibiotika dermatitis adalah penggunaan antibiotik yang berlebihan. Memberikan antibiotik memang sangat dianjurkan agar bebek tidak terserang penyakit berbahaya. Namun, dosis antibiotik juga harus diperhatikan.

Pengobatan

  • Dilihat dari penyebabnya, cara terbaik untuk mengatasi penyakit yang satu ini adalah dengan berhenti memberikan antibiotik.
  • Berikan obat kulit yang dapat mengurangi rasa gatal dan kulit kering agar membantu bebek lebih cepat pulih.

6. Penyakit Cacar (Fowl Pox)

penyakit cacar bebek

Gejala Serangan

  • Tanda penyakit fowl pox atau cacar pada bebek sama seperti manusia. Perhatikan bagian kulit bebek yang tidak tertutup oleh bulu.
  • Jika muncul bintik merah pada bagian tersebut, maka bebek terserang penyakit cacar. Pada kasus yang parah, bintik merah juga bisa muncul di paruh hingga menyebabkan bebek sulit makan.

Penyebab

Sesuai namanya, penyebab cacar bebek adalah virus pox yang dapat menginfeksi bebek melalui udara, makanan, dan minuman. Virus penyebab cacar bebek berbeda dengan virus yang menyebabkan cacar pada manusia.

Pengobatan

Bebek yang terkena cacar bisa diobati dengan memberikan obat penurun demam, obat kulit, dan berbagai multivitamin untuk meningkatkan daya tubuhnya. Sebelum penyakit cacar menyerang bebek, ada baiknya anda memberikan vaksin.

7. Penyakit Lumpuh

penyakit bebek lumpuh

Gejala Serangan

Seperti namanya, penyakit lumpuh bisa dilihat dari bebek yang lumpuh dan tidak mampu bergerak.

Penyebab

Ada banyak faktor dan penyakit yang membuat bebek menjadi lumpuh. Kekurangan mineral, vitamin, dan gizi lainnya juga bisa membuat bebek lumpuh.

Penyakit tetelo, berak darah, berak hijau, racun botulism, dan kelainan kaki dapat membuat bebek lumpuh.

Pengobatan

Anda harus mengetahui penyebab bebek lumpuh terlebih dahulu sebelum mengobatinya. Jika bebek lumpuh karena kekurangan gizi, anda bisa memberikan gizi tambahan dalam pakan bebek. Penanganan juga berbeda jika terkena penyakit diare dan keracunan.

8. Penyakit Mata Biru

penyakit mata biru bebek

Gejala Serangan

Seperti namanya, penyakit yang satu ini akan membuat mata bebek menjadi biru. Namun, hanya itu gejalanya. Penyakit mata biru juga membuat bebek kejang dan mati.

Penyebab

Penyebab utama dari penyakit ini adalah virus yang menginfeksi paru-paru dan otak bebek. Virus ini membuat syaraf mata tidak bisa bekerja dengan maksimal.

Pengobatan

Berikan obat, multivitamin, dan daun pepaya untuk membunuh virusnya. Anda harus bersabar untuk menyembuhkan penyakit mata biru.

9. Penyakit Kolera

Gejala Serangan

Penyakit kolera sangat meresahkan bagi peternak bebek dengan gejala membuat bebek jadi demam, kerontokan bulu, cairan pada mulut.

Penyebab

Penyakit kolera disebabkan oleh bakteri yang dapat menginfeksi bebek melalui makanan ataupun minuman. Penyakit ini juga dapat menular pada bebek lainnya.

Pengobatan

Sebenarnya pengobatan tidak akan membuat bakteri penyebab penyakit kolera mati. Namun, hanya menekan pertumbuhannya saja. Anda dapat memberikan antibiotik sesuai dengan tingkat keparahan penyakit ini.

10. Penyakit Mata Putih

Gejala Serangan

Penyakit mata putih dapat menyerang hampir semua hewan ternak, termasuk bebek. Gejala yang ditunjukkan adalah keluarnya cairan pada bagian mata, kotoran bebek berwarna putih, bebek sulit bernapas, hingga kejang.

Penyebab

Penyakit mata putih pada bebek disebabkan oleh suatu virus yang menginfeksi matanya. Virus ini dapat menginfeksi bebek karena kurangnya vitamin A.

Pengobatan

Berikan antibiotik untuk membunuh virus tersebut. Antibiotik yang dapat anda berikan kepada bebek adalah terramycin dan aureomycin dengan dosis yang kecil. Perbanyak vitamin A untuk bebek.

11. Penyakit Berak Darah (Coccdiosis)

Gejala Serangan

Dari nama penyakit ini, sudah jelas bebek akan menunjukkan gejala mengeluarkan kotoran beserta darah. Selain itu, bebek juga akan lemas, tidak bernapsu makan, hingga produksi telur yang menurun.

Penyebab

Penyakit berak darah ini disebabkan oleh oocyst dan terdapat pada kotoran bebek. Oocyst tersebut dapat menular pada bebek yang lain melalui makanan dan minuman ataupun hewan lainnya.

Pengobatan

Berikan sulfsguinoxalin dengan dosis yang kecil untuk mengobati penyakit berak darah pada bebek. Selain itu, anda juga harus mencegah penyakit ini dengan sering membersihkan kandang, tempat makan dan minum dari bebek.

12. Penyakit Pilek (Coryza)

Gejala Serangan

Penyakit pilek sebenarnya hampir sama dengan penyakit pilek pada manusia. Gejala bebek yang terkena penyakit pilek dapat dilihat dari benjolan pada pipi yang membuat bebek tidak nafsu makan.

Penyebab

Ada banyak sekali faktor yang membuat bebek menjadi pilek, seperti debu, cuaca, minuman, dan makanan yang tidak bersih. Semua faktor tersebut membuat bakteri penyebab pilek masuk ke dalam tubuh bebek.

Pengobatan

Anda dapat membuat ramuan herbal sendiri untuk mengatasi penyakit ini. Siapkan bawang putih, madu, jahe, kunyit, jahe, dan daun pepaya. Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama dan berikan pada minuman bebek.

Bila penyakit pilek sudah sangat parah dengan lendir dan pipi yang bengkak, yang bisa anda lakukan adalah memotong bagian pipi yang bengkak untuk mengeluarkan cairan pilek tersebut.

13. Penyakit Sinusitis

Gejala Serangan

Sinus adalah rongga yang terdapat di dalam tenggorak untuk bernapas. Rongga ini dimiliki oleh hampir semua makhluk hidup. Bebek yang mengalami sinusitis akan mengalami bengkak pada bagian ini hingga keluar cairan bening.

Penyebab

Pemeliharaan yang tidak baik hingga kurangnya mineral yang diterima bebek menjadi penyebab dari penyakit sinusitis. Penyakit sinusitis biasanya menyerang bebek yang sudah besar.

Pengobatan

Pengobatan yang paling efektif untuk mengobati penyakit sinusitis adalah dengan memberikan antibiotik streptomycin dengan dosis yang sedikit. Anda dapat memberikan antibiotik ini dengan suntikan. Jika gejalanya sudah berkurang, anda dapat mengurangi dosisnya.

14. Penyakit Aflatoksikosis

Gejala Serangan

Gejala serangan penyakit aflatoksikosis pada bebek sangat sulit dilihat karena sering kali bebek masih aktif bergerak. Namun, pada umumnya bebek akan kehilangan nafsu makan bila terkena penyakit ini.

Penyebab

Penyakit aflatoksikosis disebabkan oleh jamur bernama Aspergillus flavus yang bisa menular melalui pakan bebek.

Pengobatan

Penyakit yang satu ini sangat sulit untuk diobati sehingga lebih baik anda mengetahui cara mencegahnya.

Jangan memberikan makanan yang basah kepada bebek dan berilah makanan yang berkualitas tinggi. Sering membersihkan tempat makan dan minum juga sudah bisa mencegah penyakit aflatoksikosis.

15. Penyakit Salmonellosis

Gejala Serangan

Penyakit yang satu ini juga merupakan penyakit yang berbahaya pada bebek karena dapat membuat bebek mati dalam waktu yang cepat. Bebek yang terkenap penyakit salmonellosis akan menunjukkan gejala keluarnya kotoran melalui hidung atau mulut.

Penyebab

Bakteri salmonella adalah sumber dari penyakit yang satu ini yang dapat menginfeksi melalui bekas luka. Bakteri ini dapat menjangkit seluruh bebek, mulai dari yang kecil hingga dewasa.

Pengobatan

Bebek yang terkena penyakit salmonellosis bisa sembuh sendiri bila lukanya tidak terlalu besar. Namun, bebek yang sudah pernah terinfeksi penyakit ini dapat membawa penyakit yang sama pada bebek yang masih sehat. Karena itu, tetap pisahkan bebek yang sudah pernah sakit salmonellosis.

Beberapa jenis penyakit yang sudah parah menyerang bebek, tentu lebih baik menghubungi pihak kesehatan yang dapat meninjau serta mendiagnosa secara langsung.

Setidaknya untuk langkah pencegahan tentu dibutuhkan langkah yang tepat agar bebek tidak mudah terserang penyakit yang mengakibatkan kerugian.

Cara Pencegahan Serangan Penyakit Pada Bebek

1. Memperhatikan Nutrisi Pakan

Salah satu sumber masalah yang menyebabkan virus, bakteri, atau jamur sangat mudah menginfeksi bebek adalah nutrisi yang kurang. Daya tahan tubuh bebek yang kekurangan nutrisi akan menurun.

pakan bebek

Usahakan untuk memenuhi nutrisi dari bebek agar dapat mencegah beberapa penyakit berbahaya. Kebutuhan pakan yang sesuai dengan kadar nutrisi tentu akan memberikan hasil yang sesuai. Pemberian pakan dan komposisi pakan untuk jenis bebek pedaging maupun petelur memiliki perbedaan.

Hal ini terkait dengan tujuan dari bebek pedaging salah satunya untuk penggemukkan sedangkan untuk bebek petelur dibutuhkan agar produksi telur lebih optimal.

Terpenuhi nutrisi pakan yang seimbang dapat memaksimalkan system pencernaan, maka dibutuhkan penjelasan lengkap mengenai Pakan Bebek Petelur dan Pakan Bebek Pedaging.

2. Kondisi Kandang

Lingkungan yang kotor merupakan salah satu sumber penyakit bagi semua makhluk hidup, begitu juga dengan bebek. Hewan yang satu ini tetap membutuhkan kandang yang bersih.

Anda perlu membersihkan kandang setiap hari dan semprot dengan desinfektan bila diperlukan. Pastikan anda juga membersihkan tempat makan dan minum agar bebek mendapatkan pakan yang bersih.

3. Penambahan Probiotik atau Suplemen

Probiotik dan suplemen sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bebek. Ada banyak probiotik dan suplemen yang dapat anda pilih untuk mencegah penyakit pada tubuh bebek. Namun, pastikan anda memberikannya pada bebek dalam dosis yang tepat.

Salah satu rekomendasi Probiotik untuk bebek yang terbuat dari bahan organik, salah satunya Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan. Pemberian probiotik pada bebek hal ini berguna untuk menunjang system pencernaan salah satunya memperbaiki nutrisi dan kualitas pakan.

probiotik bebek

Selain itu terdapat bakteri premium bacillus brevis maupun bacillus pumillus yang sangat berguna untuk menunjang kesehatan bebek. Penggunaan probiotik GDM bukan sebagai obat, namun sebagai salah satu langkah dalam mencegah adanya serangan penyakit dan yang tepenting kualitas kesehatannya lebih baik.

Sebagai langkah pencegahan dan pemulihan, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung multivitamin lengkap dan kebutuhan minerah maupun kandungan esensial lainnya yang memaksimalkan system pencernaan.

Nah jika Anda mendapati kendala dalam menangani penyakit bebek maupun dosis penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, bisa Anda konsultasikan dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts