Penyakit Bebek Lumpuh dan Mati: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi, dan Cara Mencegah

Salah satu penyakit yang menyerang bebek salah satunya penyakit lumpuh yang mengakibatkan kematian. Hal ini jika tidak tepat diatasi maka dapat dipastikan bisa sangat merugikan peternak.

Sebab penyakit yang satu ini memerlukan perawatan yang sesuai, maka diperlukan pengetahuan yang lebih mengenai penanganan penyakit bebek yang mengakibatkan lumpuh bahkan sampai mati.

Gejala maupun penyebabnya memang beragam, sebab datangnya penyakit ini juga dipengaruhi oleh kualitas perawatan, lingkungan sekitar maupun suhu yang ada disekitar tempat budidaya.

Karena itu, anda harus mengetahui gejala, penyebab, cara mengatasi, hingga cara mencegah penyakit bebek lumpuh dan mati.

1. Gejala Penyakit Bebek Lumpuh dan Mati

Anda harus memastikan terlebih dahulu kalau bebek benar mengalami lumpuh. Untuk memastikan penyakit bebek lumpuh dan mati ini, anda harus melihat beberapa gejala berikut ini terlebih dahulu:

gejala bebek lumpuh

Kaki Memar

Gejala pertama yang harus anda perhatikan ketika melihat bebek yang lumpuh adalah bagian kakinya. Kebanyakan bebek yang menderita kelumpuhan hingga akhirnya mati memiliki kaki yang memar.

Kaki memar pada bebek memang membuatnya sulit berjalan sehingga terlihat lumpuh. Hal ini terkadang disebabkan peredaran darah yang tidak berjalan dengan lancar. Kaki bebek yang memar biasanya berwarna biru hingga ungu.

Badan Kaku

Bebek yang mati karena lumpuh juga memiliki badan yang kaku ketika anda memegangnya. Badan bebek tersebut seperti tidak bisa digerakkan dan selalu dalam posisi yang sama.

Badan bebek yang sudah mulai kaku menunjukkan bahwa bebek tersebut sedang dalam tahap kritis. Bebek dengan badan yang kaku biasanya tidak akan bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Berak Darah

Gejala lainnya yang menunjukkan bebek akan menjadi lumpuh dan mati adalah adanya darah pada kotoran bebek tersebut. Berak darah dari bebek menunjukkan gejala awal dari kelumpuhan.

Bebek yang berak darah biasanya akan lemas, tidak nafsu makan, imunitas tubuhnya menurun, hingga akhirnya mengalami kelumpuhan. Berak darah merupakan tanda berbahaya dari bebek.

Kotoran bebek yang berdarah juga bisa menular pada bebek lainnya sehingga anda harus membersihkan kotoran tersebut sambil mengobati bebek yang mengalami penyakit ini agar tidak menular pada bebek lainnya.

Dari semua gejala ini, tentu anda harus mencari penyebab bebek lumpuh dan obatnya agar bisa menangani penyakit yang satu ini dengan tepat.

2. Penyebab Penyakit Bebek Lumpuh dan Mati

Mencari penyebab bebek yang lumpuh dan mati sebenarnya tidaklah terlalu sulit. Anda hanya cukup memeriksa kesehatan dan kandungan nutrisi dari bebek tersebut. Pada umumnya, beberapa penyebab bebek lumpuh dan mati adalah:

Serangan Penyakit

Penyebab itik lumpuh pertama yang paling memungkinkan adalah adanya serangan penyakit. Memang ada banyak sekali penyakit yang bisa membuat bebek menjadi lumpuh hingga akhirnya mati bila tidak dilakukan penanganan yang tepat.

terserang penyakit bebek
  • Beberapa penyakit yang menyerang bebek hingga membuat kaku adalah penyakit kolera, white eye, coccidiosis bebek, coryza bebek, salmonellosis, dan sinusitis. Penyebab berbagai penyakit tersebut juga berbeda-beda.
  • Penyakit kolera pada bebek sering disebabkan oleh bakteri bernama Pasteurella Avicia. Bakteri yang satu ini menular dengan sangat cepat pada tempat yang lembap. Tingkat kematian bebek yang terserang penyakit kolera juga sangat tinggi, yaitu lebih dari 50%.
  • Kolera akan membuat bebek mengalami infeksi darah, sesak nafas, dan panas sehingga akhirnya menjadi kaku. Penyakit yang satu ini biasanya menyerang bebek berumur 4 minggu.
  • Anda harus waspada terhadap penyakit white eye karena dapat menyerang segala umur bebek. Penyebab dari penyakit white eye adalah virus yang memang bisa menular dengan sangat cepat.
  • Penyakit white eye membuat mata bebek terlihat lebih putih, kotoran berwarna bening, kesulitan bernafas. Pada kasus yang sudah sangat parah, bebek akan menjadi lumpuh hingga akhirnya mati.
  • Coccidiosis atau penyakit berak darah memang salah satu gejala yang ditunjukkan pada bebek ketika lumpuh. Biasanya penyakit berak darah menular dengan cepat pada anak bebek.
  • Pilek atau coryza merupakan penyakit paling umum yang menyerang bebek. Meski terlihat sepele, nyatanya penyakit ini bisa membuat bebek lumpuh dan mati. Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit coryza ini adalah kotoran menjadi sangat cair hingga sesak nafas.
  • Salmonellosis juga sangat berbahaya bagi bebek karena menyerang segala umur dengan tingkat kematian yang cukup tinggi. Gejala dari salmonellosis sangat berbahaya, dimana bebek akan mencret dan mengeluarkan kotoran melalui mata dan telinga. Jika tidak segera ditangani dengan tepat, bebek akan menjadi kaku.
  • Penyakit sinusitis membuat bagian hidung bebek membengkak hingga keluar cairan bening. Pembengkakan ini tentu membuat bebek kesulitan bernafas. Pada tahap yang sudah sangat parah, bebek akan mulai mengalami kelumpuhan.

Masing-masing dari penyakit memiliki spesifikasi yang berbeda-beda, tentu penanganannya juga berbeda. Maka dari itu perlunya memahami beberapa jenis penyakit berikut penjelasan Jenis Penyakit Bebek dan Cara Mengatasinya.

Kekurangan Mineral

  • Penyebab bebek mati dan lumpuh selanjutnya adalah kekurangan mineral. Bebek sangat membutuhkan mangan dan kalsium agar dapat tumbuh dengan baik. Tanpa kedua mineral tersebut, bebek akan mengalami banyak masalah.
  • Kekurangan mangan dan kalsium juga membuat pertumbuhan tulang bebek jadi tidak normal sehingga kesulitan bergerak.

Kekurangan Vitamin

  • Penyakit lumpuh pada bebek juga bisa disebabkan karena kekurangan vitamin, terutama vitamin A. Kekurangan vitamin A akan membuat bebek memiliki kaki yang lemah, mudah mengantuk, hingga mudah terinfeksi penyakit.
  • Selain vitamin A, anda juga harus memenuhi kebutuhan vitamin B, D, E, dan K untuk bebek. Semua vitamin tersebut akan membantu bebek agar tidak mudah terserang penyakit kelumpuhan.

3. Cara Mengatasi Penyakit Bebek Lumpuh dan Mati

Bebek yang terserang penyakit lumpuh hingga akhirnya mati harus segera diobati. Pada kasus yang parah, semua bebek yang anda miliki akan mati sehingga anda mungkin mengalami kerugian. Beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi penyakit bebek lumpuh dan mati adalah:

cara mengatasi penyakit bebek lumpuh

Cek Kesehatan Terlebih Dahulu

  • Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi penyakit bebek lumpuh dan mati adalah memeriksa kesehatan bebek secara rutin. Kesehatan bebek dapat dilihat dari berbagai organ tubuhnya.
  • Pertama, perhatikan kaki bebek. Penyakit lumpuh menunjukkan gejala kaki yang bengkak. Pastikan kaki bebek dalam ukuran yang normal serta cara berjalan bebek juga normal.
  • Periksa juga bagian hidung, mata, dan telinga bebek. Pastikan ketiga bagian tersebut tidak mengeluarkan cairan. Jika ada cairan pada bagian tersebut, bebek bisa mengalami sesak napas.
  • Bebek yang sakit biasanya juga memiliki bulu yang sangat kusam. Karena itu, pastikan bebek memiliki bulu yang halus dan bersih.

Pemberian Obat

  • Cara selanjutnya yang bisa anda berikan untuk mengatasi bebek yang telah lumpuh adalah memberikan obat. Ada banyak sekali obat umum yang dijual untuk mengobati penyakit lumpuh pada bebek.
  • Selain obat secara kimiawi, anda juga bisa memberikan es batu kepada bebek. Pecahkan es batu hingga ukuran yang sangat kecil.
  • Setelah itu, paksa bebek menelan bongkahan es tersebut. Sambil menunggu bebek menelan, anda bisa mengurut bagian lehernya untuk memastikan es batu tertelan.
  • Anda juga bisa meminta pengarahan dan pendampingan beberapa dokter hewan, jika dirasa banyak bebek yang banyak tertular dan dapat dilakukan penanganan yang lebih serius.

4. Cara Mencegah Penyakit Bebek Lumpuh dan Mati

Pastinya anda tidak ingin penyakit ini kembali kambuh jika anda telah berhasil mengatasi penyakit bebek yang lumpuh dan mati.Karena itu, anda harus mencegah penyakit bebek lumpuh dan mati dengan cara berikut ini:

Perbaiki Kualitas Pakan

Salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit lumpuh pada bebek adalah memberikan pakan yang berkualitas. Banyak sumber penyakit berasal dari makanan yang salah dan tidak berkualitas.

Sebelum memilih pakan yang cocok untuk bebek, anda harus melihat beberapa persyaratan terlebih dahulu.

Pastikan pakan mudah didapatkan dan tersedia dalam jumlah yang banyak sehingga anda bisa terus memberikan kepada bebek. Perubahan makanan terlalu mendadak dapat membuat bebek stress.

pemberian pakan untuk bebek
  • Ada banyak pakan yang sebenarnya cocok untuk bebek, seperti jagung, dedak padi, bungkil kacang, tepung ikan, tepung daging, dan bungkil kelapa.
  • Kalau anda memberikan jagung, pastikan kadar air dalam jagung kurang dari 13% untuk mencegah kelembapan yang terlalu tinggi hingga memudahkan tumbuhnya jamur dan bakteri.
  • Jika anda memutuskan untuk memberikan dedak padi kepada bebek, pastikan anda memilih dedak padi yang tidak bau dan tidak mengandung kapur. Kandungan kapur bisa membuat bebek keracunan.
  • Memberikan bungkil kacang sangat dianjurkan karena kandungan protein yang sangat tinggi. Bebek membutuhkan protein yang banyak agar bisa tumbuh dengan cepat.
  • Kalau anda memberikan tepung ikan dan tepung daging, anda harus memberikan tambahan pakan lain yang mengandung serat. Tepung ikan dan tepung daging memang tidak mengandung serat yang tinggi, sedangkan bebek juga membutuhkan serat.
  • Bungkil kelapa yang tepat untuk bebek adalah bungkil kelapa yang tidak bau tengik. Bau pada makanan bisa menunjukkan kalau ada kerusakan pada makanan tersebut.

Bila anda ingin mengganti pakan bebek, jangan langsung menggantinya langsung. Ganti pakan bebek sedikit demi sedikit setiap minggunya. Hal ini perlu dilakukan agar bebek tidak bingung dengan makanan barunya.

Selain itu Anda bisa mengkombinasikan beberapa pakan yang sesuai untuk bebek agar tercukupi dan menunjang kesehatannya dengan rekomendasi Jenis Pakan Bebek dan Cara Pembuatannya.

Pemberian Probiotik Untuk Bebek

Suplemen sekaligus probiotik sangat penting untuk mencegah penyakit bebek lumpuh. Suplemen yang baik harus bisa melancarkan pencernaan bebek, menambah daya tahan tubuh bebek, serta membuat bebek lebih cepat besar.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Salah satu suplemen yang bagus untuk pertumbuhan bebek adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan. Terbuat dari bahan-bahan organik sehingga aman bagi bebek. Selain itu, suplemen ini juga mengandung bakteri baik yang dapat memperlancar pencernaan bebek.

Penyakit yang menyebabkan kelumpuhan, seperti berak darah dan kolera bisa dicegah dengan memberikan suplemen ini sekarang juga. Meskipun begitu, Anda tetap harus mendapatkan pendampingan terkait penyakit yang satu ini. Anda bisa langsung berkonsultasi dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts