pupuk perangsang jamur tiram

Pupuk Perangsang Pertumbuhan Jamur Tiram: Jenis, Kandungan Nutrisi, dan Cara Pengaplikasiannya

Siapa yang tergiur dengan bisnis jamur tiram? Bagi pemula tentu penting untuk mengetahui takaran dosis pupuk perangsang pertumbuhan jamur tiram.

Hal ini tentu berkaitan dengan kualitas pertumbuhan dan cepatnya masa panen jamur tiram, dalam memupuk jamur tiram harus ada pertimbangan yang tepat salah satunya:

  • Kandungan nutrisi yang terkandung dalam pupuk
  • Intensitas pertumbuhannya

2 hal tersebut akan memaksimalkan kualitas pertumbuhan jamur tiram secara maksimal. Jadi dalam perawatan jamur tiram dibutuhkan pemilihan pupuk yang tepat.

Pupuk jamur tiram agar jamur tiram tumbuh subur ternyata tidaklah sulit dicari. Ini dikarenakan pupuk untuk jamur tiram bisa Anda dapatkan dipasaran.

Namun, sebelum membeli pupuk jamur tiram, Anda harus memahami dahulu apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman jamur tiram? Agar pemilihan pupuk perangsang pertumbuhan jamur tiram bisa efektif, berikut ini adalah kebutuhan nutrisi tanaman jamur:

1. Kebutuhan Nutrisi Agar Jamur Tiram Tumbuh Subur

Jamur tiram membutuhkan nutrisi lengkap yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, mineral dan vitamin. Oleh karena itu, Anda harus memilih pupuk jamur tiram yang memiliki kandungan nutrisi tinggi yang dibutuhkan jamur tiram.

kebutuhan nutrisi jamur tiram

Secara spesifik, kebutuhan nutrisinya secara detail adalah:

  • Karbohidrat (selulosa, hemiselulosa dan lignin)
  • Protein (Urea)
  • Mineral (CaCO3 dan CaSO4)
  • lemak, dan vitamin.

Kebutuhan nutrisi jamur tiram ini sebagian besar sudah bisa dipenuhi oleh media tanam jamur.

Anda bisa memilih media tanam jamur yang memiliki kandungan nutrisi tinggi. Berikut ini adalah penjelasannya:

2. Kandungan Nutrisi Pada Media Tanam Jamur Tiram

Kandungan nutrisi pada media tanam jamur, hampir bisa memenuhi kebutuhan nutrisi jamur. Namun, meski begitu Anda tetap harus mengaplikasikan pupuk untuk jamur tiram, sebagai cara agar jamur tiram cepat tumbuh.

media tanam jamur tiram

Apa sih media tanam yang baik? Berikut ini adalah pilihan media tanam jamur tiram yang bisa Anda pilih:

  • Kayu sengon: serbuk gergaji kayu sengon mengandung nutirisi yang cukup baik, diantaranya: selulosa (49,40%), silika (0,20), hemiselulosa (24,59%), lignin (26,8%) dan abu (0,60%).
  • Cocopeat (serbuk kelapa): dalam 0,4 kg kg sabut kelapa mengandung 30% serat, serta lignin (45,8%), selulosa (43,4%), hemiselulosa (10,25%) dan pektin (3,0%).
  • Daun pisang kering: dalam 100 gram daun pisang kering yang sudah dicacah mengandung protein kasar 2,3%, serat kasar 3,7%, lemak 6%, kadar abu 1,9%, 10,85% selulosa, 19,96 % hemiselulosa dan 18,21% lignin.

Selain kayu sengon, daun pisang dan cocopeat, Anda juga bisa menggunakan serbuk gergaji dari bahan lain ataupun bahan berlimpah lain seperti:

  • campuran ampas kopi
  • ampas tahu
  • bekatul
  • jerami, sekam, dan lainnya.

2. Jenis dan Cara Memilih Pupuk Jamur Tiram

Diatas Anda sudah dijelaskan bahwa media tanam jamur tiram sudah memiliki nutrisi yang dibutuhkan oleh jamur tiram.

Namun, Anda tentu tahu bahwa media tanam tersebut tidak bisa memenuhi kebutuhan mineral jamur tiram dan juga tidak mengandung bakteri baik.

Oleh karena itulah, Anda membutuhkan pupuk untuk menunjang pertumbuhan jamur tiram. Nah, agar Anda tidak kesulitan dalam memilih pupuk jamur tiram yang sesuai, berikut ini adalah trik memilih pupuk untuk jamur tiran dan rekomendasi pupuk jamur tiram:

a. Pilihlah Pupuk Organik.

Ya, pupuk organik lebih disarankan untuk dipilih sebagai pupuk jamur karena pupuk organik memiliki kandungan nutrisi hara makro-mikro yang seimbang, sehingga tidak menimbulkan dampak buruk terhadap media tanam jamur tiram. Selain itu, penggunaan pupuk organik juga terbukti bisa mempercepat dan mengoptimalkan pertumbuhan jamur tiram.

b. Pilih Pupuk Yang Mengandung Bakteri Baik

Bakteri baik umum ditemukan pada pupuk organik. Namun, Anda juga tetap harus memastikan bahwa bakteri baik tersebut tidak memiliki dampak buruk terhadap pertumbuhan dan perkembangan jamur tiram.

Anda disarankan untuk memilih pupuk yang menyebutkan kandungan bakteri baik yang ada didalam produk. Bakteri yang disarankan untuk pertumbuhan jamur tiram adalah kelompok Bacillus seperti:

  • Bacillus brevis
  • Bacillus pumillus,
  • Bacillus mycoides.
  • Selain kelompok Bacillus, beberapa jenis bakteri yang disarankan untuk jamur tiram adalah:
  • Klebsiella oxytoca
  • Micrococcus roseus
  • Pseudomonas alcaligenes
  • Pseudomonas mallei.

c. Pilih Pupuk Yang Dijual Dengan Harga Terjangkau Dan Mudah Didapat

Bukan hal yang bisa diragukan bahwa harga pupuk organik untuk jamur tiram haruslah terjangkau. Sebab, Anda tentu tidak ingin mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk tahap pemupukan.

Oleh karena itu, Anda harus memilih pupuk yang banyak dijual dipasaran dan memiliki harga terjangkau. Bahkan, untuk saat ini akan lebih mudah jika pupuk organik yang Anda pilih sudah dijual dipasar online, seperti marketplace ataupun pemesanan secara online.

d. Pilih Pupuk Yang Sudah Tersertifikasi

Ya, banyak orang tidak memperdulikan sertifikasi produk. Padahal, pupuk organik membutuhkan sertifkasi produk agar bisa menjamin kualitas produk yang Anda gunakan.

Anda disarankan untuk memilih produk yang telah mengantongi ijin dari IAF, Lembaga serifikasi Organik Seloliman, san SNI. Jangan pilih produk yang tidak memiliki legalitas tersebut, karena kualitas produknya belum teruji dan disahkan secara legal.

e. Jenis Pupuk Organik Cair Untuk Perangsang Jamur Tiram

Diatas Anda sudah dijelaskan beberapa tips penting dalam memilih pupuk untuk jamur tiram. Tentu saja, Anda harus mengikuti syarat-syarat tersebut.

pupuk organik cair gdm spesialis tanaman pangan 5ltr

Anda disarankan untuk memilih Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan sebagai pupuk jamur. Sebab, produk ini sudah memenuhi semua syarat tersebut, diantaranya:

  1. Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan terbukti 100% organik, karena terbuat dari bahan-bahan organik dan telah tersertifikasi secara legal oleh lembaga sertifikasi organik seloliman (LESOS).
  2. Mengandung bakteri baik yang jelas telah teridentifikasi dan sangat dibutuhkan oleh jamur tiram. Bakteri yang terkandung didalam Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan diantaranya adalah: Bacillus brevis, Bacillus pumillus, Bacillus mycoides, Klebsiella oxytoca, Micrococcus roseus, Pseudomonas alcaligenes, dan Pseudomonas mallei. Bakteri tersebut telah terbukti bisa merangsang pertumbuhan jamur tiram
  3. Bakteri yang terkandung didalam produk ini terbukti bisa merangsang zpt, merangsang hormon pertumbuhan, menyediakan mineral dan vitamin yang dibutuhkan oleh jamur tiram, dan mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan jamur tiram.
  4. Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan dijual dengan harga terjangkau dan memiliki ukuran yang beragam. Oleh karena itu, produk ini juga bisa dibeli sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Produk ini juga dijual diseluruh Indonesia, sehingga bisa dibeli oleh semua petani jamur tiram di Indonesia.

3. Cara Pengaplikasian Pupuk Perangsang Jamur Tiram

Pengaplikasian pupuk perangsang jamur tiram dibutuhkan dosis yang tepat untuk memaksimalkannya, hal ini berakitan dengan intensitas kesuburan jamur tiram secara maksimal. Seperti contoh, berikut ini adalah salah satu contoh formulasi media tanam jamur tiram.  Untuk mendapatkan 18 kg media tanam, maka Anda membutuhkan:

  1. 15 kg serbuk gergaji kayu,
  2. 2,25 kg bekatul
  3. 0,15 gips, dan 0,375 kg.
  4. Tambahkan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan sebanyaak 30 ml dan dilarutkan dengan 1 liter air.

Itu hanyalah salah setu contoh formulasi komposisi media tanam, Anda bisa membuat media tanam jamur tiram sesuai dengan pasokan bahan yang Anda miliki.

Sedangkan untuk perawatan Pupuk Perangsan Jamur Tiram yang bisa Anda gunakan yaitu Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan.

pupuk perangsang jamur tiram

Kenapa harus memilih Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan sebagai salah satu perangsang pertumbuhan jamur?

  • Adanya bakteri premium seperti Micrococcus roseus yang mampu memproses dan menyediakan unsur hara mikro bagi tanaman serta menunjang kekebalan terhadap penyakit pada jamur.
  • Memaksimalkan produktivitas pertumbuhan jamur tiram
  • Menjaga kelembapan sekaligus menunjang perawatan.

Untuk pengaplikasian saat perawatan, Anda bisa menyemprotkan air yang dicampur Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Pangan. Gunakan sprayer pada setiap bag log  dengan dosis 1 gelas/tangki .

Pengaplikasian Pupuk Perangsang jamur tiram dengan teknis serta dosis yang tepat akan menunjang pertumbuhan secara maksimal. Selain itu jika timbul kendala perlunya untuk mencari solusi terutama masalah perawatan yang kurang tepat.

Beberapa dari pembudidaya jamur tiram tentu memiliki kendala yang berbeda-beda, hal ini perlu dikonsultasikan terutama jika pertumbuhan jamur tiram kurang maksimal.

Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli pertanian kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts