cara agar bebek cepat bertelur

Bebek Tidak Mau Bertelur: Faktor Penghambat, Cara Mengatasi, dan Cara Pencegahan

Taukah Anda? kendala yang sering ditemui oleh bebek yang umumnya tidak mau bertelur tentu sangat merugikan.

Dari segi waktu panen yang sudah tiba misalnya, bebek yang tidak mau bertelur atau mungkin cenderung mendekati afkir.

Maka dalam beternak bebek, tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar karena tidak sedikit pula kasus dimana bebek tidak bisa bertelur. Masalah ini akan membuat peternak bebek rugi besar karena telur bebek menjadi salah satu komoditas yang cukup menguntungkan.

Kabar baiknya, masalah ini masih dapat teratasi bila anda memberikan tindakan yang tepat dan cepat.

1. Kenali Faktor Penghambat Bebek Tidak Mau Bertelur

Mengetahui faktor yang menghambat produktivitas telur bebel sangat penting agar anda bisa mengatasinya dengan tepat dan efisien. Ada banyak faktor yang membuat bebek tidak mau bertelur, mulai dari stress hingga adanya masalah kesehatan.

Suhu dan Lingkungan yang Tidak Tepat

Faktor penghambat pertama yang membuat bebek tidak mau bertelur adalah lingkungan yang tidak tepat. Salah satu kunci sukses dan harus anda pikirkan ketika beternak bebek adalah lingkungan yang tepat.

Lingkungan yang tidak tepat justru bisa membuat bebek stress dan mati. Beberapa kategori lingkungan yang tidak tepat bagi bebek adalah suhu yang terlalu panas, kelembapan udara yang tidak cocok, dan suara yang terlalu berisik.

Bebek yang stress karena lingkungan biasanya memiliki dampak yang sangat parah terhadap bebek lainnya. Bebek yang stress bisa menyerang bebek lainnya.

Nutrisi Pakan yang Tidak Sesuai Dosis

Selain karena lingkungan, bebek juga bisa stress karena pakan yang tidak tepat. Bebek yang stress karena pakan biasanya terlihat dari perilakunya yang tidak mau makan sama sekali hingga akhirnya mati.

Ada banyak peraturan ketika anda memberikan pakan kepada bebek, salah satu yang sangat penting adalah nutrisi dengan dosis yang tepat untuk bebek tersebut.

Bebek membutuhkan karbohidrat, protein, serat, kalsium, dan fosfor. Kelima nutrisi tersebut akan membentuk metabolisme dari bebek. Semakin cepat metabolisme dari bebek, semakin cepat pula bebek tersebut bertelur dan juga kebal terhadap penyakit.

Bebek sangat peka terhadap makanan yang anda berikan. Sedikit saja perubahan pada pakan akan membuat bebek sadar dan enggan memakannya. Memberikan pakan pada waktu yang berbeda-beda juga bisa membuat bebek stress.

Kondisi Kandang Tidak Ideal

Kondisi kandang yang tidak ideal juga sering membuat bebek stress dan tidak mau menghasilkan telur. Supaya bebek mau bertelur, anda harus memberikan kandang yang ideal.

Ukuran ideal kondisi kandang bebek dilihat dari kebersihan dan ukuran kandang. Bebek tidak suka tempat yang kotor dan sempit karena dapat membuatnya cepat stress.

Kesehatan Bebek Terganggu

Hampir semua unggas tidak akan bertelur ketika sedang tidak sehat, begitu juga dengan bebek. Ketika bebek lama tidak bertelur, anda harus segera memeriksa kesehatan bebek tersebut.

Penyakit seperti kolera, white eye, berak darah, pilek, salmonellosis, dan sinusitis bisa sangat menular pada bebek. Jika sudah semakin parah, mungkin semua bebek betina yang anda miliki tidak mau bertelur sama sekali.

Selain penyakit menular, ada juga masalah kesehatan yang tidak menular pada bebek. Beberapa diantaranya adalah kekurangan vitamin, keracunan garam, kelebihan antibiotik, dan stress.

2. Cara Mengatasi Bebek Agar Cepat Bertelur

Secara garis besar, bebek yang tidak mau bertelur disebabkan oleh stress dan penyakit. Jadi, anda harus mengatasi kedua masalah tersebut agar bebek cepat bertelur.

Mengatur Jenis dan Kebutuhan Pakan

Pakan sangat penting untuk hewan ternak seperti bebek karena menentukan kesehatan fisik dan mentalnya. Tanpa pakan yang tepat, bebek lebih mudah sakit dan stress.

bebek cepat bertelur

Untuk mengetahui pakan yang tepat untuk bebek, anda harus tahu kebutuhan bebek terlebih dahulu.

  • Bebek petelur yang harusnya sudah menghasilkan telur membutuhkan protein, lemak, serat, kalsium, fosfor, dan karbohidrat dalam jumlah tertentu.
  • Jumlah kalori yang paling tepat untuk bebek petelur berusia sekitar 2 tahun sampai 5 tahun adalah sekitar 2.900 kalori dengan protein sebanyak 22%, lemak dan serat sekitar 8%, kalsium sekitar 0,65%, dan fosfor sebanyak 4% dari total kalori tersebut.
  • Sisanya bisa anda berikan karbohidrat hingga mencapai 2.900 kalori. Jika pakan yang anda berikan saat ini belum memenuhi salah satu kebutuhan yang disebutkan sehingga anda akan mengganti pakan, anda harus berhati-hati karena pergantian pakan yang terlalu mendadak bisa membuat bebek stress.
  • Ada beberapa jenis pakan bebek agar cepat bertelur, seperti jagung giling, dedak, ampas tahu, dan tepung ikan,
  • Kalau anda ingin mengganti pakan bebek, ganti secara perlahan dalam kurun waktu tertentu. Pada minggu pertama, campurkan pakan baru sebanyak 25% dengan pakan lama sebanyak 75%. Begitu seterusnya sampai pakan baru seluruhnya bisa anda berikan.

Selain itu, anda harus memperhatikan waktu pemberikan pakan dan orang yang memberikan pakan tersebut kepada bebek. Bebek akan mudah stress bila waktu memberikan makannya berubah-ubah.

Perlunya dosis atau takaran pemberian pakan secara tepat untuk menunjang bebek cepat bertelur, berikut Jenis Pakan Bebek Petelur Agar Cepat Bertelur.

Sesuatu yang lebih aneh lagi adalah bebek akan stress jika orang yang memberi pakan berbeda-beda karena biasanya beda perlakukan. Karena itu, pastikan orang yang memberikan bebek adalah orang yang sama dengan warna pakaian yang sama pula.

Teknis Pemeliharaan Dengan Benar

Cara agar bebek cepat bertelur selanjutnya yang harus anda perhatikan selain pakan adalah kondisi kandang dan lingkungan.

Banyak hal terkait lingkungan kandang bebek yang harus anda perhatikan, seperti suhu, kelembapan udara, sirkluasi udara, kebersihan, dan kebisingan.

  • Suhu kandang bebek yang paling ideal adalah sekitar 24oC sampai 31oC dengan tingkat kelembapan udara sekitar 60%. Pastikan udara dapat tersikulasi dengan lancar dalam kandang bebek. Pasang ventilasi udara yang cukup untuk memastikannya.
  • Bersihkan kandang bebek secara rutin setiap hari dengan menggunakan sabun agar bakteri dan virus di dalam kandang bisa mati. Anda bisa membersihkan kandang bebek pada sore hari ketika membiarkan bebek keluar kandang.
  • Saat membangun kandang untuk bebek, anda harus memastikan tingkat kebisingan di sekitar kandang. Bebek tidak tahan dengan suara yang sangat bising.

Memilih lingkungan yang nyaman merupakan cara membuat bebek cepat bertelur terbaik yang bisa anda lakukan.

Maka ada teknis yang tepat untuk menunjang bebek cepat bertelur, terlebih hal ini berkaitan dengan kualitas telur yang nantinya dihasilkan. Anda perlu memahami ulasan tim ahli peternakan kami mengenai Cara Meningkatkan Produksi Bebek Bertelur.

3. Pencegahan Bebek Tidak Mau Bertelur

Ketika anda berhasil mengatasi masalah bebel yang tidak mau bertelur, pastikan anda melakukan langkah ini untuk mencegah masalah yang sama:

Pemilihan Indukan yang Tepat

indukan cepat bertelur

Bebek yang bertelur dengan cepat biasanya berasal dari induk yang sehat. Anda dapat mencegah masalah ini dari awal dengan memilih induk bebek yang tepat.

  • Memilih induk bebek yang tepat tidaklah sulit karena anda dapat membedakannya dengan tampilan fisik bebek. Induk bebek yang sehat memiliki bulu yang bersih, lembut, dan kering.
  • Selain itu, bebek yang bisa bergerak dengan cepat adalah bebek yang sehat dan indukan yang unggul. Dubur dan pusar bebek juga terlihat kering serta tidak ada cacat pada bagian kaki.
  • Pilihlah induk bebek yang belum pernah sakit sama sekali dari kecil karena sangat berpengaruh terhadap anak yang akan dihasilkan. Beberapa penyakit terkadang bisa menurun terhadap anak bebek.
  • Induk bebek idealnya memiliki berat sekitar 1,3 kg sampai 1,5 kg saat umurnya 2 tahun. Bebek yang terlalu kurus atau gemuk tidak memiliki kesehatan yang bagus sehingga akan menghasilkan anakan yang kurang baik juga.

Sanitasi Kandang

Sebenarnya sanitasi kandang harus dilakukan secara rutin, meski bebek terlihat masih sehat dan menghasilkan telur yang banyak.

kandang bebek petelur
  • Kandang yang kotor merupakan sarang virus dan bakteri yang siap menginfeksi bebek kapan saja. Saat membersihkan kandang pastikan tetap kering karena kandang yang lembap bisa membuat bebek stress.
  • Untuk membuat kandang cepat kering, anda bisa menggunakan sekam pada lantai kandang. Jangan pernah meninggalkan kotoran sedikit saja di dalam kandang.
  • Dalam kotoran bebek terkandung amoniak sehingga membuat bau pada kandang. Zat amoniak cukup beracun sehingga bisa membuat bebek sakit jika tidak dibersihkan.
  • Jangan lupa juga membersihkan tempat pakan dan minum bebek karena terkadang bebek tidak sengaja membuang kotoran di kedua tempat tersebut. Bebek juga tidak suka makan pakan yang kotor sehingga mungkin bebek tidak akan makan jika anda belum membersihkan tempat pakannya.
  • Selalu semprot kandang dengan disinfektan pada seluruh bagian kandang agar tidak ada virus atau bakteri yang menempel di dalam kandang. Setiap ada orang yang masuk ke dalam kandang, pastikan alas kaki dan tangan telah dicuci dengan disinfektan.

Penambahan Suplemen

Vitamin A, vitamin D, kalsium, dan fosfor sangat dibutuhkan oleh bebek agar cepat bertelur. Ada harus memberikan vitamin bebek agar cepat bertelur secara rutin.

Vitamin A berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan bebek agar badannya kuat dan sehat. Sedangkan vitamin D, kalsium, dan fosfor berguna untuk menjaga kesehatan tulang bebek.

Dengan keempat mineral tersebut, bebek akan lebih sehat. Bebek akan cepat bertelur saat bebek lebih sehat. Selain memberikan vitamin, kalsium, dan fosfor, anda juga bisa memberikan ramuan agar bebek cepat bertelur.

Anda dapat membuat ramuan dari daun katuk, daun beluntas, kunyit, daun pepaya, dan jahe. Campurkan ramuan tersebut pada pakan dan minuman bebek.

Khasiat dari kelima bahan tersebut dipercaya sangat berguna bagi bebek sehingga bisa membuat bebek cepat bertelur. Kelima bahan tersebut memang mengandung vitamin A, D, kalsium, dan fosfor yang cukup bagi bebek.

Selain memberikan vitamin dan ramuan herbal, anda juga harus memberikan probiotik untuk bebek. Probiotik sangat membantu agar bebek cepat bertelur. Probiotik merupakan suplemen yang berguna untuk melancarkan pencernaan bebek.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan tidak hanya menjadi probiotik, namun mengandung multivitamin dan mineral yang dibutuhkan bebek. Hal inilah yang menjadikan bebek lebih optimal hasilnya sebab memiliki manfaat seperti:

  • Meningkatkan produktivitas telur
  • Memperbesar ukuran telur
  • Memperpanjang masa produksi

Salah satu probiotik yang cocok untuk bebek petelur adalah probiotik cair dari GDM. Karena terbuat dari bahan organik, probiotik ini sangat aman bagi bebek. Probiotik ini juga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya bagi bebek.

  1. Dosis probiotik GDM yang tepat untuk bebek petelur adalah sekitar 30 ml untuk 100 ekor bebek.
  2. Campurkan 30 ml probiotik tersebut ke dalam air dan pakan bebek. Berikan secara rutin setiap hari agar bebek semakin sehat dan cepat bertelur.

Menunjang kebutuhan vitamin maupun mineral yang dibutuhkan oleh bebek petelur. Lebih praktis menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, untuk meningkatkan kualitas pakan maupun minum.

Anda sangat bisa berkonsultasi mengenai kondisi maupun kendala bebek petelur yang Anda budidayakan. Mudah saja, dengan menghubungi tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts