cara meningkatkan produksi telur bebek

Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek, Murah Dan Efektif

Cara membuat bebek bertelur terus, kunci utamanya adalah pada asupan pakan. Semakin berkualitas pakan yang diberikan, maka produksi telur bebek akan meningkat, stabil dan memiliki jangka waktu produksi yang lebih panjang.

Namun, Anda juga pasti sadar bahwa pakan pabrikan yang terstandarisasi dan berkualitas tinggi tentu memiliki harga jual yang juga tinggi. Ini sangat memberatkan peternak, karena dapat memperkecil margin keuntungan yang bisa diperoleh oleh peternak.

Oleh karena itu, Anda harus mencari cara lain dalam memberikan pakan berkualitas yang lebih terjangkau. Nah, agar bebek petelur Anda bisa menghasilkan telur yang banyak dan besar, yuk simak tips memperbanyak produksi telur bebek berikut:

1. Pahami Kebutuhan Zat Gizi Itik Petelur Berdasarkan Umur

Zat gizi itik petelur yang paling utama adalah air, protein, lemak dan karbohidrat yang berfungsi sebagai sumber energi, serta vitamin dan mineral.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah penjelasan tentang masing-masing nutrisi untuk meningkatkan produksi telur bebek dan dibutuhkan itik petelur:

a. Air

  • Air berfungsi untuk membantu proses metabolisme dalam pengangkutan zat gizi didalam darah dan untuk pengeluaran panas tubuh.
  • Air harus disediakan dalam jumlah yang tidak terbatas karena kekurangan air sangat berbahaya bagi ternak.
  • Bagi itik/bebek, air diperlukan bukan hanya untuk minum, namun juga dibutuhkan untuk aktivitas sehari-hari seperti membasahi kepala, berendam, dan bermain.
  • Anda disarankan untuk menyediakan tempat minum yang dalam agar bisa dijadikan tempat membasahi kepala, atau menyediakan kolam disetiap kandangnya.
  • Keberadaan air ini sangat penting agar ternak tidak stress dan menyebabkan telur bebek menurun jumlah dan kualitasnya.
  • Untuk mempermudah, Anda bisa menyediakan segaris kolam agar bisa digunakan sebagai tempat minum sekaligus kolam berenang.

b.  Protein

  • Protein sangat penting untuk diberikan pada bebek petelur, karena berfungsi sebagai zat gizi untuk pertumbuhan, menggantikan jaringan tubuh yang rusak, dan utamanya untuk memproduksi telur.
  • Protein yang harus bisa dikonsumsi oleh bebek bisa berasal dari pakan konsentrat maupun pakan alternatifnya.
  • Berikan pakan yang mengandung protein tinggi, yaitu sebesar 18%. Anda bisa memberikan pakan konsentrat yang mengandung protein sekitar 16%, namun harus diingat bahwa Anda juga harus memberikan pakan yang mengandung tambahan protein, seperti tepung ikan, limbah udang, limbah kupang, dan sumber protein lainnya.

c. Penuhi Kebutuhan Energi Metabolismenya

  • Bebek petelur membutuhkan energi dalam jumlah yang besar, yaitu sekitar 2.700 Kkal/kg. Anda harus memberikan pakan yang mengandung protein tinggi, karena pakan dengan kadar protein rendah dapat menyebabkan telur menjadi lebih kecil.
  • Sedangkan jika pakan yang Anda berikan tidak bisa mencukupi kebutuhan energinya, maka produksi telur (jumlah telur) akan menurun.

d. Vitamin Dan Mineral

Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan bebek petelur untuk menunjang produktivitasnya. Vitamin bermanfaat sebagai katalis dalam proses pembentukan dan pemecahan zat gizi dalam tubuh ternak.

  • Mineral bertugas penting dalam pembentukan tulang, membantu proses pencernaan dan metabolisme dalam sel, dan utamanya sangat penting dibutuhkan dalam proses pembentukan kerabang/kulit telur. Zat mineral yang paling dibutuhkan ternak adalah Calcium dan Fosfor.
  • Untuk membantu proses bertelur, itik membutuhkan pakan dengan kandungan >3,0% Ca dan 0,60% P. Jumlah Ca dan P ini harus sesuai dengan jumlah tersebut, sebab penurunan Ca sebanyak 1,25% dapat menurunkan produksi telur secara drastis dan menyebabkan kerabang telur menjadi lebih tipis.
  • Selain menyebabkan produksi telur menurun dan kualitas telur merosot akibat kekurangan Ca, ternyata kekurangan zat P juga dapat menyebabkan berat telur menurun, pertumbuhan terlambat, dan jumlah poduksi telur menurun.  
suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Anda disarankan untuk menambahkan suplemen yang mengandung Ca dan P dalam jumlah yang sesuai. Salah satu suplemen yang paling direkomendasikan untuk bebek petelur adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung:

  • Bakteri baik seperti Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus mycoides, Bacillus pumillus, dan Bacillus brevis yang bisa mengoptimalkan sistem cerna ternak, membantu meningkatkan kekebalan tubuh ternak, mengurangi bau kotoran ternak, serta meningkatkan produktivitas telur.
  • Multivitamin yang terkandung didalam Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan sudah bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin ternak, sehingga Anda tidak perlu menambahkan vitamin tambahan lain.
  • Makro dan mikronutrient seperti N, P, K, Mg, Na, Ca, Cl, Mn, Cu, dan Zn. Dengan lengkapnya nutrisi makro dan mikro ini, maka ternak tidak lagi membutuhkan suplementasi tambahan untuk kalsium dan fosfor.
  • Mineral essensial dan non essensial yang terkandung didalam Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan juga sudah sangat lengkap, sehingga ternak tidak akan kekurangan mineral untuk proses pembentukan telur. Dengan begitu, produktivitas ternak itik petelur Anda bisa lebih tinggi.

Dengan menggunakan satu produk ini, Anda tidak lagi perlu menambahkan vitamin dan mineral tambahan, karena produk ini sudah sangat lengkap.

Jadi, Anda hanya perlu memberikan pakan dan memberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, tanpa menambahkan produk-produk suplemen khusus lainnya. Selain kandungannya yang lengkap, produk ini juga sangat mudah untuk diaplikasikan.

Pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa dilakukan pada air minum maupun pakan ternak. Berikut ini adalah cara pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk minum ternak:

  1. Campurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan kedalam air minum itik petelur Anda.
  2. Jumlah yang dicampurkan kedalam air minum ternak adalah sebanyak 0,3ml/ekor, atau 300 ml/1000 ekor ternak.
  3. Aplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini pada sore hari di air minum ternak.

2. Berikan Pakan Alternatif Untuk Memperbanyak Produksi Telur Bebek

Cara meningkatkan produksi telur bebek adalah dengan memberikan pakan yang berkualitas. Anda disarankan untuk memberikan pakan yang berasal dari jenis bahan pakan nabati dan hewani.

Mengapa harus seimbang? Berikut ini adalah penjelasannya:

a. Pilihan Bahan Pakan Nabati

Beberapa bahan pakan nabati/bahan pakan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan memiliki serat kasar tinggi, namun juga mengandung protein nabati dan energi tinggi. Selain itu, pakan nabati juga bisa didapatkan dengan mudah dan dibeli dengan harga yang murah.

Oleh karena itulah, untuk memenuhi kebutuhan energinya dan meningkatkan margin keuntungan, Anda disarankan untuk memberikan pakan nabati. Beberapa jenis pakan nabati untuk meningkatkan produksi telur bebek yang disarankan adalah:

1. Dedak Halus

dedak halus
  • Dedak halus sudah terkenal sebagai pakan bebek petelur. Ini dikarenakan dedak mudah diperoleh dan biasa dijual dengan harga murah.
  • Dedak halus mengandung protein 13,1% dan serat kasar 12%. Anda disarankan untuk memberikan pakan dedak halus <45%.

2. Jagung Giling

jagung giling
  • Jagung giling mengandung protein sebesar 9,4%, dan energi metabolisme sebesar 3430 kkal/kg. Pakan ini sangat baik karena mengandung serat kasar rendah, yaitu 2%.
  • Oleh karena itulah, jagung giling bisa diberikan sebagai pakan dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, jagung banyak disukai peternak karena mengandung zat xanthopyl yang bisa membuat warna kuning telur menjadi lebih menarik.

3. Daun Eceng Gondok

daun eceng gondok
  • Daun eceng gondok banyak digunakan sebagai pakan alternatif dari bahan nabati karena bisa membuat kulit telur lebih tebal dan kuat, serta warna kuning telur yang lebih kuning cerah.
  • Ini dikarenakan eceng gondok mengandung P tinggi. Anda bisa memberikan daun eceng gondok yang sudah dicincang, kemudian dicampurkan dengan dedak atau pakan lainnya.

b. Pilihan Bahan Pakan Hewani

Bahan pakan hewani umumnya berasal dari limbah pabrik pengolahan produk hewani. Pakan alternatif dari bahan hewani sangat baik diberikan karena memiliki kandungan nutrisi tinggi. Anda bisa memilih beberapa jenis bahan pakan hewani untuk meningkatkan produksi telur bebek seperti:

1. Tepung Ikan

tepung ikan
  • Tepung ikan sangat baik untuk meningkatkan kembali produk telur bebek menurun. Ini dikarenakan tepung ikan mengandung protein tinggi.
  • Kandungan protein kasar yang terdapat di tepung ikan adalah antara 51-55%. Selain itu, tepung ikan juga mengandung sumber mineral, vitamin, dan asam amino.
  • Mengingat kualitasnya yang tinggi, Anda disarankan untuk memberikan tepung ikan dengan jumlah sekitar 8%. Ini bertujuan agar biaya pembelian tepung ikan bisa ditekan dan keuntungan yang didapat bisa optimal.

2. Bekicot

bekicot

Jika Anda tinggal didaerah pedesaan yang banyak terdapat sawahnya, maka bekicot bisa dijadikan pakan alternatif untuk bebek yang baik. Ini dikarenakan bekicot mengandung protein tinggi, yaitu 54,29% jika dalam bentuk segar, dan 64,13 jika dalam bentuk kering.

Anda bisa memberikan pakan bekicot untuk itik petelur dengan cara:

  1. Kumpulkan bekicot dari lingkungan Anda.
  2. Masukkan 50 gram garam dapur kedalam 1 liter air.
  3. Aduk aduk selama 20 menit.
  4. Masukkan daging bekicot kedalam air mendidih, kemudian rebus selama 10 menit.
  5. Daging bekicot bisa dicampurkan dengan pakan alternatif lainnya.
  6. Pemberian pakan dari bekicot ini memang bagus, namun Anda harus membatasi pemberiannya hanya <10%, agar tidak menyebabkan dampak buruk terhadap produktivitas ternak.

3. Keong Mas

keong mas
  • Sama halnya dengan bekicot, Anda juga bisa memberikan keong mas sebagai pakan itik petelur. Meski begitu, Anda disarankan untuk melewati proses perebusan seperti bekicot diatas.
  • Ini dikarenakan keong mas memiliki zat antinutrisi yang bisa menghambat pertumbuhan ternak jika diberikan dalam bentuk segar tanpa direbus.

4. Ikan Pirik/Ikan Rucah

Jika Anda tinggal didaerah dekat perairan, Anda juga bisa menggunakan ikan kecil-kecil seperti ikan pirik atau ikan rucah. Ikan kecil ini sangat baik untuk diberikan pada itik petelur, karena mengandung nutrisi dan protein tinggi yang sangat baik untuk meningkatkan produksi telur bebek.

ikan rucah

Selain bahan diatas, Anda juga bisa menggunakan pakan alternatif dari bahan hewani lain yang ada disekitar tempat tinggal Anda. Seperti remis yang kaya protein dan mineral, limbah pengolahan ikan, tepung hewani, dan lainnya.

Perpaduan bahan pakan untuk bebek petelur tersebut dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada bebek petelur.
Maka untuk membuat komposisi yang tepat, Anda bisa melihat ulasan selengkapnya pada Pakan Bebek Petelur dan Cara Pembuatan.

Nah, itu adalah rekomendasi cara meningkatkan produksi telur bebek. Anda disarankan untuk memberikan suplemen tambahan yang mengandung multivitamin, mineral dan bakteri baik, serta pakan alternatif yang berkualitas untuk menjaga agar produktifitas telur bisa tetap tinggi, namun biaya yang dikeluarkan tetap rendah.

Dengan begitu, keuntungan yang bisa didapat bisa tetap tinggi. Bagaimana? Apakah Anda ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai cara membuat bebek bertelur terus? Ayo konsultasi gratis dengan tim ahli peternakan kami dengan cara klik ikon whatsapp berikut:

Share your thoughts