pakan bebek pedaging

Rahasia Pakan Bebek Pedaging Agar Keuntungan Meningkat 455%, Simak Yuk !

Faktor suksesnya beternak bebek pedaging tentu saja banyak dipengaruhi banyak hal salah satunya pemilihan pakan bebek pedaging.

Pakan menjadi salah satu hal yang penting untuk meningkatkan produktivitas bebek pedaging

Pakan itik pedaging bisa terbuat dari berbagai macam bahan. Sayangnya, tidak ada satu bahan pakan yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan ternak.

Oleh sebab itu, dulur harus membuat formulasi pakan yang komposisi pakan disesuaikan dengan ketersediaan bahan pakan.

Lalu, bagaimana cara Bapak Cahyono salah satu Mitra GDM membuat formulasi pakan bebek pedaging, sehingga keuntungan yang didapatkan bisa naik 455%?

Dulur bisa menyimak secara jelas buktinya berikut:

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini:

Memahami Apa Itu Bahan Pakan

Sebelum dulur mencari bahan pakan dan menyusun formula pakan itik pedaging, ada baiknya ketahui terlebih dahulu definisi dari bahan pakan.

pakan bebek pedaging

Untuk lebih jelasnya, dulur bisa menyimak penjelasan berikut:

  1. Bahan pakan merupakan bahan yang dapat dimakan, dicerna dan memiliki nilai nutrisi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangan ternak.
  2. Bahan pakan sumber energi merupakan jenis bahan pakan yang memiliki kandungan protein sebanyak <20% serta serat kasar sekitar 18%. Bahan pakan ini dapat berasal dari biji-bijian, buah-buahan, umbi-umbian atau yang lainnya.
  3. Bahan pakan sumber protein merupakan jenis bahan pakan yang mengandung protein ≥ 20%. Bahan pakan sumber protein ini dapat berasal dari beberapa bagian tanaman, hewan, ikan, atau lainnya.
  4. Pakan merupakan semua bahan pakan yang dimakan, dicerna dan diserap oleh tubuh ternak, memberikan manfaat dan tidak menimbulkan keracunan bagi ternak.
  5. Ransum; jumlah total bahan pakan yang diberikan (dijatahkan) kepada ternak unggas selama periode 24 jam.

Nah, itu adalah beberapa penjelasan tantang pakan, bahan pakan, ransum serta bahan pakan sumber protein dan bahan pakan sumber energi.

Selanjutnya, ayo simak penjelasan tentang kebutuhan pakan itik pedaging berikut ini:

Kebutuhan Nutrisi Ternak

Kebutuhan gizi pada itik pedaging sedikti berbeda dengan kebutuhan gizi pada itik petelur.

Ini dikarenakan itik pedaging membutuhkan asupan gizi tinggi untuk menambah bobot badannya agar dapat naik secara cepat dan banyak.

pakan itik pedaging
Itik Pedaging Milik Pah Cahyono, Mitra Kami

Dulur disarankan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pakan bebek pedaging agar pertumbuhannya cepat dan optimal sesuai dengan yang tercantum dalam tabel berikut ini:

Berdasarkan tabel diatas, dulur bisa memperkirakan berapa banyak kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi dari pakan itik pedaging.

Berdasarkan tabel tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa:

  1. kebutuhan protein terbesar ada pada fase starter.
  2. kebutuhan lisin terbesar ada pada fase finisher.
  3. kebutuhan energi terbesar ada pada fase starter.
  4. kebutuhan metionin terbesar ada pada fase finisher.
  5. kebutuhan metionin+sistin terbesar ada pada fase finisher.
  6. kebutuhan Ca terbesar ada pada fase grower dan finisher
  7. kebutuhan P terbesar ada pada fase starter dan grower.

Itu artinya, dulur harus membuat formula pakan bebek pedaging yang terdiri dari konsentrat bebek pedaging,

Pakan bebek pedaging buatan sendiri, pakan alternatif bebek pedaging dan suplemen/vitamin dengan seksama agar dapat memenuhi kebutuhan ternak.

Nah, sebagai panduan, berikut ini adalah contoh kandungan nutrisi yang terdapat pada beberapa pakan bebek buatan sendiri:

Beberapa Jenis Pakan Bebek Pedaging Buatan Sendiri

Pakan bebek buatan sendiri menjadi pilihan sebagai pakan bebek pedaging agar cepat besar dan panen.

Mitra kami Pak Cahyono mengungkapkan bahwa beliau menggunakan perpaduan beberapa pakan yang dibuat sendiri dengan kombinasi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan

pakan bebek pedaging agar cepat besar
Testimoni Pak Cahyono, Mitra GDM

Sebab, jenis pakan bebek pedaging buatan sendiri memiliki keunggulan, seperti harga yang lebih murah

Beberapa jenis bahan pakan tersebut lebih mudah ditemui disekitar tempat tinggal dulur, dan memiliki kandungan nutrisi yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan pakan bebek pedaging agar cepat besar.

Berikut ini contoh kandungan nutrisi pada beberapa bahan pakan bebek pedaging buatan sendiri yang terdiri dari jagung, sorghum, dan bekatul.

a. Kandungan Nutrisi Pada Pakan Bebek Pedaging Buatan Sendiri Sebagai Sumber Energi

Berikut ini adalah tabel kandungan nutrisi pada pakan sumber energi buatan sendiri yang terdiri dari bahan pakan jagung, sorghum dan bekatul. 

Ketiga bahan pakan ini merupakan jenis bahan pakan yang paling banyak ditemui dibeberapa daerah.

Silahkan perhatikan tabel berikut ini untuk lebih jelasnya:

pakan bebek

Berdasarkan tabel tersebut, dulur bisa membandingkan mana bahan pakan yang paling banyak mengandung protein dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan pakan itik dulur.

Tepung ikan terbukti memiliki kandungan protein paling tinggi, yaitu 60,50%, sedangkan bungkil kacang tanah 50,70% dan bungkil kedelai 44,00%.

formula pakan bebek pedaging

Selain kandungan protein yang paling tinggi, tepung ikan juga mengandung energi paling tinggi, yaitu 2.820,00 kkal. Sedangkan bungkil kedelai hanya 2.230,00 dan bungkil kacang tanah 2.200,00.

Meski kandungan protein, lemak dan energinya paling tinggi, tepung ikan juga memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan bahan pakan lainnya.

Oleh sebab itu dulur perlu menghitung efisiensi bahan pakan untuk meningkatkan produktivitas ternak.

Untuk lebih mudah, dulur bisa menghitung dan menguji coba untuk memenuhi kebutuhan pakan bebek pedaging per 100 ekor.

Jika berdasarkan penghitungan dan uji coba tersebut, dulur bisa mendapatkan produktivitas lebih tinggi dan meningkatkan efisiensi pakan, maka pilihlah formula pakan bebek tersebut.

Cara Meningkatkan Produktivitas Bebek Pedaging

Peningkatan produktivitas bebek pedaging selain dipengaruhi oleh pakan, juga dipengaruhi oleh kemampuan ternak dalam mencerna makanan.

Oleh sebab itu, dulur disarankan untuk memberikan suplemen yang bagus seperti:

  • mampu memperbaiki sistem pencernaan ternak
  • memacu pelepasan enzim-enzim pencernaan ternak sehingga dapat
  • meningkatkan nilai nutrisi melalui penyerapan makanan yang maksimal
  • mencegah perkembangan bakteri patogen (merugikan)
  • merangsang pembentukan kekebalan tubuh ternak
  • mencegah ternak sakit dan mengurangi jumlah kematian ternak.
produk suplemen organik cair gdm spesialis ternak 2ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan adalah suplemen terbaik yang mengandung mineral essensial dan non essensial untuk memenuhi kebutuhan mineral ternak, multivitamin,

Serta bakteri baik (apatogen) yang dapat memacu pelepasan enzim-enzim pencernaan ternak serta hormon pertumbuhan untuk mempercepat umur panen.

Pak Cahyono Mitra kami yang telah membuktikkan penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan untuk meningkatkan kualitas pakan itik pedaging, perbedaan bobot bebek GDM dengan bebek non GDM sendiri terlihat.

Dulur bisa melihat video berikut mengenai pembuatan pakan yang meningkatkan kualitas bebek pedaging:

Tentu saja hal tersebut mempengaruhi harga jual bebek, yang tentunya bisa meningkatkan keuntungan. Selain itu juga daya tahan bebek pedaging yang diberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan lebih bagus dan memiliki presentase kematian yang rendah.

Dengan menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, dulur bisa meningkatkan nafsu makan ternak. Itu telah dibuktikan oleh salah satu Pak Cahyono Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.

persiapan pakan bebek pedaging

Selain memiliki banyak manfaat saat diaplikasikan pada pakan atau minum ternak, ternyata Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan juga dapat digunakan sebagai agen untuk membuat pakan fermentasi ternak.

Dengan menggunakan pakan fermentasi yang mengandung Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan,

Maka pakan yang dulur berikan bisa memiliki kandungan nutrisi lebih banyak, lebih mudah dicerna oleh usus ternak, serta dapat mengefisiensikan biaya pakan.

Itulah yang menjadikan Bapak Cahyono mampu meningkatkan produktivitas ternaknya hingga lebih dari 455%..

Jika dulur mengalami kendala dalam proses perawatan atau pembuatan pakan bebek pedaging, dulur bisa menghubungi tim teknis untuk mengetahui lebih lanjut:

Share your thoughts