Dian Istana G11 No.09

Kota Surabaya - Indonesia

Hubungi Kami

+62 85103332222

Hubungi Kami

info@gdmorganic.com

Step by Step Cara Penggemukan Sapi Potong Secara Organik, Hanya Dalam 100 Hari

cara penggemukan sapi

Step by Step Cara Penggemukan Sapi Potong Secara Organik, Hanya Dalam 100 Hari

  • Readers Rating
  • No Rating Yet!
  • Your Rating


Cara penggemukan sapi potong secara organik hanya dalam 100 Hari bisa panen. Padahal proses penggemukan sapi potong pada umumnya berlangsung selama 4 hingga 6 bulan.

 

Sapi merupakan salah satu hewan ternak yang memiliki banyak manfaat. Dari daging sampai dengan kotorannya menghasilkan banyak keuntungan. Sayangnya, hingga saat ini masyarakat di Indonesia masih beternak sapi secara tradisional.

 

Cara penggemukan sapi di maksudkan untuk meningkatkan jumlah bobot sapi, memperbaiki kualitas daging, dan mencegah pemotongan sapi betina produktif.

 

Pada kesempatan ini, Tim kami telah mengulas secara lengkap cara penggemukan sapi potong yang hanya berlangsung selama 100 hari sapi menjadi lebih berbobot.

 

Syarat Awal Memulai Cara Penggemukan Sapi Potong:

  1. Pemilihan bibit
  2. Sistem penggemukan
  3. Pakan ternak sapi dan cara pemberian pakan
  4. Manajemen kandang sapi potong
  5. Preventif dan kuratif agen penyakit

 

1. Pemilihan Bibit sapi

bibit sapi

cara penggemukan sapi dimulai dari bibit sapi yang baik

 

Pemilihan bibit sapi harus tepat dan benar. Jika salah memilih bibit atau bibit yang dipilih tidak baik, maka pengeluaran akan jauh lebih banyak.

 

Untuk menghindari kerugian tersebut, berikut ini cara pemilihan bibit sapi untuk penggemukan sapi yang benar:

  • Sapi harus mempunyai produktivitas tinggi, baik lokal/persilangan. Salah satu jenis yang digunakan peranakan ongole (PO) dan Madura.
  • Pilih sapi jantan karena pertumbuhan lebih cepat.
  • Pilih sapi muda sekitar 1-2,5 tahun dengan bobot ±200 kg karena mempuyai tekstur daging yang lebih halus, kandungan lemak rendah dan warna lemaknya muda sehingga menghasilkan keempukan daging yang lebih baik.
  • Ciri umum sapi yang sehat:
    • Tidak terlalu kurus tetapi sehat.
    • Usahakan memegang punggung sapi dan memilih punggung sapi yang rapi.
    • Pilih sapi yang semok karena sapi yang semok akan menghasilkan karkas yang banyak.
  • Asal usul sapi jelas.

 

2. Sistem Penggemukan Sapi

cara ternak sapi potong

cara penggemukan sapi dengan cara kereman

 

Ada banyak faktor yang mempengaruhi dalam cara penggemukan sapi. Mulai dari cara pemberian pakan, luas kandang, umur serta kondisi sapi dan lama penggemukan sapi.

 

Di Indonesia, cara penggemukan sapi yang efisien yaitu dengan di kandangkan/kereman. Dengan cara ini di samping meningkatkan nilai jual dan adanya nilai tambah terhadap kotoran ternak yang dihasilkan.

 

Cara Penggemukan Sapi Dengan Kereman :

  • Sapi dikandangkan
  • Pakan dan air minum tidak di batasi
  • Pakan hijauan dan konsentrat
  • Sapi tidak dipekerjakan
  • Pemberian obat cacing dan supplement untuk meningkatkan nafsu makan serta daya tahan tubuh.
  • Lama penggemukan dilakukan selama 100 hari.

 

Pada umumnya cara penggemukan sapi berlangsung lama untuk sekali periode dan cukup memakan waktu serta biaya.

 

Melalui pemeliharaan yang tepat dan benar, sehingga mampu menyingkat waktu hanya 100 hari. Dengan pemberian pakan dan supplement yang tepat mampu membantu pertumbuhan sapi secara optimal.

 

Suplemen yang baik harus berasal dari bahan organik. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak adalah suplemen organik yang mengandung 5 bakteri baik yang mampu memercepat pertumbuhan sapi mencapai bobot yang maksimal.

 

3. Pakan Ternak Sapi dan Cara Pemberian Pakan

pakan ternak sapi

Pakan Ternak Sapi

 

Pakan merupakan sumber protein yang diubah menjadi energi untuk menunjang pertumbuhan. Mutu dan jumlah pakan ternak sapi yang diberikan harus mencukupi, sehingga energi dapat diubah dalam bentuk daging dan lemak.

 

Dalam memilih bahan pakan ternak sapi, ada beberapa hal yang harus diketahui:

  • Pakan ternak sapi harus mudah diperoleh
  • Mengandung zat gizi
  • Harus ada setiap waktu, harga layak
  • Pakan ternak sapi dapat diganti dengan yang lain dengan kandungan gizi yang sama
  • Pakan ternak sapi tidak beracun, tidak di palsukan, dan tidak rusak

 

Hijauan merupakan bahan pokok utama untuk ruminansia yang pada umumnya terdiri atas dedaunan, rerumputan, atau kacang-kacangan.

 

Setiap hari sapi memerlukan 10%-12% pakan hijauan dan pakan tambahan 1%-2% dari bobotnya.

 

Pemberian pakan hijauan dilakukan 3xsehari dan untuk pakan ternak sapi tambahan di berikan sebelum pakan hijauan. Selain pakan ternak sapi juga membutuhkan suplemen untuk menunjang pertambahan berat badan.

 

Supplement yang baik harus dari bahan organik. Suplemen Organik Cair (SOC GDM) merupakan supplement yang berasal dari bahan organik yang mengandung 5 jenis bakteri yang baik.

 

Bakteri Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak menghasilkan enzim Xilanase yang mampu memecah xilan yang terkandung dari hijauan, sehingga nutrisi dapat di serap secara maksimal.

 

Nutrisi yang telah terserap oleh tubuh akan menjadi daging. Selain itu SOC GDM mampu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

 

4. Manajemen Kandang Sapi Potong

kandang sapi potong

Fungsi kandang sapi potong sebagai tempat berlindung dari panas dan hujan serta membatasi ruang gerak sapi agar terjadi penimbunan daging dan lemak. Pesyaratan kandang sapi potong meliputi sebagai berikut:

  • Kandang sapi potong harus jauh dari pemukiman
  • Kandang sapi potong harus lebih tinggi dari jalan mencegah adanya genangan air
  • Terdapat tempat pembuangan limbah, ventilasi cukup
  • Sumber air mudah didapat
  • Konstruksi kandang sapi potong harus kuat dan kokoh

 

Tipe kandang sapi potong yang efektif adalah kandang ganda. Terdiri dari 2 baris sapi saling berhadapan, diantaranya di buat gang untuk memudahkan pemberian pakan dengan jarak 1,5 meter.

 

5. Pencegahan dan Pengobatan Agen Penyakit

sapi sehat

Dalam dunia peternakan tidak lepas dengan namanya penyakit. Mulai dari penyakit yang mudah di tangani sampai dengan menyebabkan kematian. Pengendalian penyakit terutama dengan menjaga kesehatan sehingga tidak menimbulkan kerugian.

 

Tindakan pencegahan penyakit meliputi :

  • Menjaga kebersihan dan peralatan kandang sapi potong, serta memandikan sapi.
  • Karantina sapi yang sakit dan yang sakit segera di obati agar tidak menular.
  • Usahakan lantai kandang sapi potong selalu kering.
  • Kontrol rutin kesehatan sapi dan vaksinasi.

 

Berikut beberapa jenis penyakit pada sapi:

Kembung

Kembung tersumbatnya saluran gas sehingga sistem pencernaan tidak lancar dan bagian perut membesar. Jika tidak segera di tangani menyebabkan kematian.

 

Dapat dicegah dengan tidak memberikan pakan rumput yang basah. Untuk mengeluarkan gas berikan minyak kelapa dan penicillin atau cara di trocar tusuk lambung sebelah kiri (harus petugas vet). Dengan pemberian rutin SOC GDM akan membuat saluran percernaan menjadi lancar karena asupan nutrisi dapat terserap sempurna oleh tubuh ternak.

 

Kudis

Kudis Penyakit zoonosis yang menular ke manusia. Pada umumnya sapi terlihat gatal-gatal dan menggigit bagian tubuh, menggosokkan tubuh, bulu rontok, timbul bercak berwarna abu-abu pada tubuh. Harus dilakukan sanitasi kandang sapi potong dan karantina ternak sakit.

 

Untuk pengobatan cukur bulu lalu kerok bagian kulit bersihkan dengan air hangat atau gunakan oli bekas + belerang lalu oles. Setelah itu oleskan SOC GDM pada kulit yang bertujuan untuk merangsang pertumbuhan bulu lebih cepat dan bulu baru lebih mengkilap.

 

Cacingan

Cacingan pada sapi kurus, nafsu makan turun, mata sayu, hidung dan mulut kering, diare, bulu kusam. Usahakan kandang sapi potong jangan terlalu lembab dan sisa makanan jangan terlalu lama di dalam kandang.

 

Berikan obat cacing secara rutin biasanya di beri albendazol (harus petugas vet). Selanjutnya berikan SOC GDM agar lebih cepat mengembalikkan nafsu makan dan performa sapi lebih baik.

 

Jadi gunakanlah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak secara rutin setiap hari pada air minum (combor) atau bisa juga di aplikasikan di pakan ternak sapi agar pertambahan berat badan harian (PBBH) lebih baik dan waktu penggemukan sapi menjadi lebih cepat.

 

Selain itu SOC GDM juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga sapi tidak mudah sakit sehingga mampu menekan biaya pengobatan.

 

Itulah cara penggemukan sapi secara organik hanya dalam 100 hari. Jika ada kendala mengenai cara penggemukan sapi, dulur-dulur bisa langsung menghubungi tim ahli kami melalui kolom komentar ataupun menguhubungi kami melalui whatsapp di 0851-0333-222 atau bisa klik link berikut 

 

Berikut cuplikan video Ternak sapi

No Comments

Ada pertanyaan atau komentar?