Beranda » Perkebunan » Cara Menghitung Jarak Tanam

Cara Menghitung Jarak Tanam

T Diposting oleh pada 30 November 2017
F Kategori ,
b Belum ada komentar
@ Dilihat 34 kali

jarak tanamProduktivitas tanaman akan selalu dibatasi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor pembatas tersebut ada yang berasal dari alam dan usaha budidaya. Semua jenis tanaman akan memberikan produksi yang maksimal apabila kondisi tanah, iklim dan perawatan yang sesuai dengan kebutuhan tanaman itu sendiri.

Faktor-faktor pembatas tersebut seringkali berupa kondisi alam yang berada di luar jangkauan manusia, tetapi usaha budidaya yang baik dan benar akan dapat mengurangi adanya factor pembatas alam tersebut.

Salah satu usaha budidaya yang dapat mengurangi factor pembatas alam tersebut adalah pengaturan jarak tanam. Usaha ini berusaha menciptakan kondisi iklim mikro yang mendekati sesuai dengan kebutuhan tanaman. Selain itu usaha budidaya ini juga memanfaatkan semaksimal mungkin potensi alam di sekitar kita.

Usaha budidaya kelapa sawit tentulah mengharapkan produktivitas dan hasil yang tinggi. Memilih dengan tepat dengan model pola tanam, jarak tanam dan kerapatan tanaman akan memberikan dampak jangka panjang pada produktivitas kelapa sawit.

Baca Juga : Persembahan untuk Negeri, GDM Black BOS spesialis Tanah

Pola tanam tidak beraturan (biasanya cara budidaya tradisional), pola segitiga sama sisi atau pola segi empat dengan jarak tanam tertentu akan berpengaruh secara langsung pada kerapatan tanaman dan produktivitasnya.

Tujuan utama pengaturan pola tanam dengan jarak tanam tertentu adalah untuk memaksimalkan pertumbuhan tanaman, tidak terjadi persaingan dalam mendapatkan air, nutrient dan sinar matahari. Intensitas, kualitas dan lamanya penyinaran matahari merupakan salah satu factor yang berpengaruh terhadap pertumbuhan morfologis tanaman. Tanaman yang terlindung pertumbuhannya akan meninggi (etiolasi), habitusnya rendah (kurus) dan lemah. Jumlah daun sedikit dan bunga betina berkurang.

Jarak tanam kelapa sawit yang dianjurkan adalah segitiga sama sisi karena sistem ini lebih efisien sekitar 15 % dari pada sistem bujur sangkar dengan jarak yang sama. Alasan lainnya adalah kelapa sawit memiliki tajuk yang berbentuk lingkaran.

Cara Menghitung Jarak Tanam

  1. Bujur sangkar :

Perhitungannya sama dengan tanaman yang mempunyai sistem pertanaman segiempat, yaitu :

Rumus :

rumus jarak tanam bujur sangkar Perhitungan :

  • Luas Areal        : 1 Ha
  • Jarak Tanam    : 9m x 9m

rumus perhitungan bujur sangkar

  1. Segitiga

jarak tanam segitiga

Untuk lebih mudah memahami perhitungan jumlah populasi kelapa sawit, maka gambarlah segitiga sama sisi yang mewakili jarak antar tanaman kelapa sawit :

Dimana :
  • a : Jarak tanam
  • b : Jarak antar baris yang akan dicari

Rumus :

rumus jarak tanam segitiga

Perhitungan :

  • Luas Areal         : 1 Ha
  • Jarak Tanam     : 9m x 9m X 9m

perhitungan jarak tanam
Selain cara diatas, ada cara simpel yang digunakan untuk menghitung jumlah populasi yang dikutip dari buku Iyung Pahan :

rumus jarak tanam mudah

 

Hubungan Jarak Tanam, Pola Tanam dan Populasi Per Hektar Seperti Tabel Berikut :

 

Jarak Tanam (meter)Bujur sangkarSegi Tiga
6278320
7204236
8156180
9123143

 

Dari tabel tersebut di atas terlihat bahwa pola tanam segi tiga terbukti populasi per hektarnya lebih banyak ± 15%.

Baca Juga : Pemasangan Mulsa Plastik yang Baik dan Benar

Hal ini disebabkan karena pola tanam segi tiga sama sisi dapat memaksimalkan ruang yang ada dalam menangkap sinar matahari, nutrisi, tanah dan air dengan jalan mengurangi adanya ruang kosong, seperti gambar di bawah ini.

 

Kesimpulan :

Dari perhitungan diatas tentunya sistem segitiga sama sisi lebih menguntungkan karena jumlah populasi yang lebih banyak. selain itu dalam hal persaingan terutama cahaya matahari, tentunya sistem segitiga lebih unggul karena tajuk tidak saling menutupi.

 

Belum ada Komentar untuk Cara Menghitung Jarak Tanam

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Cara Menghitung Jarak Tanam

cara menanam terong

Cara Menanam Terong Hingga Panen Melimpah

T 22 November 2017 F A gdmok

Permintaan pasar akan terong belakangan ini semakin meningkat seiring mudahnya terong untuk dibuat beragam menu masakan maupun minuman, mulai dari dimasak untuk sayur terong, dibuat untuk lalapan, bahkan bisa juga dibuat untuk minuman jus. Sehingga membuat beberapa petani saat ini... Selengkapnya

penyakit pada padi

Jurus Mencegah Bulir Padi Kosong

T 23 June 2017 F A gdmok

Pada pertanaman padi terdapat tiga fase pertumbuhan, yaitu fase vegetatif, fase generatif, dan fase pemasakan.  Kebutuhan air, nutrisi dan hormon pada ketiga fase tersebut  bervariasi yaitu pada fase pembentukan akar, pembentukan anakan aktif, anakan maksimum, inisiasi pembentukan malai, fase bunting... Selengkapnya

cara meningkatkan benih padi

Membuat Benih Padi Tumbuh Cepat, Sehat, dan Seragam

T 20 May 2017 F A gdmok

Benih merupakan biji tanaman yang telah mengalami perlakuan sehingga dapat dijadikan sarana dalam memperbanyak tanaman. Pemilihan benih yang baik menentukan hasil produksi yang maksimal. Untuk itu harus cermat dalam pemilihan benih padi agar dapat memperoleh hasil panen yang tinggi. Pupuk Organik... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai GDM