ternak puyuh petelur

Cara Ternak Puyuh Petelur Rumahan Anti Bau, Hemat Tempat Dan Menggiurkan

Memulai ternak puyuh petelur rumahan menjadi salah satu bisnis yang patut untuk dicoba oleh pemula agribisnis.

Potensi telur puyuh saat ini banyak dikonsumsi dan permintaannya meningkat dipasaran, inilah yang menjadikan puyuh petelur menjadi salah satu agribisnis yang menggiurkan untuk dikembangkan.

Tak punya lahan besar? cukup menggunakan lahan sekitar rumah, dan ini bisa menjadi awal yang baik untuk menghasilkan puyuh petelur dengan hasil yang maksimal.

Selama 1 tahun, puyuh dapat menghasilkan 250-300 butir telur, dengan konsumsi pakan puyuh petelur harian 20 gram/ekor.

Selain itu, puyuh dapat segera berproduksi hanya dalam waktu 42 hari sehingga cepat berproduksi dan memberikan keuntungan

Namun perlu Anda ketahui juga, selain efektif dan efisien. Memulai usaha ternak puyuh petelur di rumah, tentu harus mempertimbangkan beberapa hal yang berkaitan kualitas budidayanya.

Salah satunya yang dilakukan oleh peternak puyuh di Kudus Jawa Tengah, petelur rumahan yang bisa meminimalisir bau kotoran seperti berikut ini:

Selain itu memilih spesies puyuh yang tepat, Anda juga harus memahami beberapa syarat hidup puyuh agar proses budidaya puyuh bisa optimal.

Tahapan Ternak Puyuh Petelur

kandang puyuh petelur
Cara ternak puyuh petelur yang baik dan benar

Ada beberapa syarat yang harus dulur-dulur penuhi dalam ternak puyuh petelur. Syarat tersebut adalah :

  • Lokasi ternak puyuh petelur
  • Kandang puyuh petelur
  • Memilih bibit puyuh petelur yang baik

Cara ternak puyuh petelur yang pertama yaitu harus melengkapi syarat-syarat yang telah kami sebutkan diatas. Jika dulur-dulur masih bingung, berikut kami berikan detailnya khususnya untuk dulur-dulur ternak.

1. Syarat Hidup Puyuh

Secara umum, puyuh memiliki syarat hidup yang tidak jauh berbeda dengan ayam.

Namun, jika Anda melakukan ternak burung puyuh rumahan, itu artinya ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Beberapa diantaranya adalah:

lokasi ternak puyuh petelur
salah satu contoh foto ternak puyuh petelur
  1. Ketinggian tempat: 0-1500 mdpl.
  2. Suhu udara antara 20-27oC.
  3. Kelembaban udara antara 30-80%.
  4. Bebas dari banjir ataupun gangguan lain seperti keamanan dari hewan pemangsa maupun gangguan manusia.
  5. Disarankan memilih lokasi kandang yang mendapatkan sinar matahari secukupnya. Jika sinar matahari minim, kebutuhan penyinaran dari lampu pada siang hari adalah antara 25-40 watt, sedangkan pada malam hari antara 40-60 watt.
  6. Lokasi kandang bisa diletakkan di halaman samping/belakang rumah, dan yang terpenting, kandang memiliki ventilasi yang baik agar sirkulasi udara lancar.

Itu adalah syarat hidup dan peletakan kandang puyuh petelur. Setelah memastikan bahwa lokasi Anda cocok, maka Anda bisa mulai dengan memilih model kandang dan membuat/membelinya.

2. Model Kandang Ternak Puyuh Petelur

Model kandang memegang peranan penting dalam keberhasilan ternak puyuh tanpa bau.

Kandang ternak puyuh petelur dibagi menjadi 2 macam, yaitu sistem litter dan sistem batere.

Beberapa syarat kandang ternak puyuh petelur diantaranya:

cara ternak puyuh petelur
contoh kandang puyuh petelur
  1. Sistem litter merupakan jenis kandang yang berlantaikan sekam, sedangkan seistem batere adalah kandang dengan bentuk sangkar. Sedangkan ukuran kandang disesuaikan dengan umur ternak.
  2. Kandang puyuh petelur dari bambu, kayu atau kawat. Umumnya, kandang memiliki ukuran ukuran sedang, atau P:2 m, L: 75 cm, T:35 cm, dan tinggi kolong 40 cm.
  3. Atap kandang puyuh petelur usahakan terbuat dari bahan yang mampu meredam panas, seperti genting.
  4. Pada saat bibit puyuh baru datang, tiap m2 kandang dapat di isi 90-100 ekor bibit puyuh petelur. Setelah bibit berumur 10 hari, maka kandang puyuh hanya bisa diisi 60 ekor/m2.
  5. Selanjutnya, ketika burung puyuh sudah mulai dewasa, maka padat isi kandang hanya bisa 40 ekor/ m2.

Jangan lupa untuk tambahkan dropping board yang berfungsi untuk menampung kotoran burung puyuh. Ini bermanfaat untuk mempermudah proses perawatan dan pembersihan kandang, agar kandang tidak bau.

3. Syarat Bibit Puyuh Petelur Yang Baik

bibit puyuh petelur
cara ternak puyuh petelur yang baik berawal dari bibit puyuh yang baik

Cara ternak puyuh petelur yang baik berawal dari bibit puyuh yang baik. Bibit puyuh petelur yang baik harus disesuaikan dengan tujuan budidaya burung puyuh.

Bila ingin menghasilkan telur konsumsi sebaiknya pilih bibit puyuh jenis ketam betina yang sehat dan bebas penyakit.

Untuk menghasilkan telur yang baik, pastikan dilakukan sexing terlebih dahulu sehingga semua puyuh yang dipelihara adalah betina.

Sedangkan bila ingin menghasilkan telur tetas untuk pembibitan, sebaiknya pilih puyuh betina dan jantan yang sehat dan lincah agar telur yang menetas berkualitas.

Pada usaha telur puyuh, ada beberapa ciri bibit puyuh petelur yang baik untuk dibeli. Berikut ini adalah cara memilih bibit puyuh petelur:

  1. Berukuran seragam, dengan bobot minimal 8 gram.
  2. Gerakan lincah dan aktif.
  3. Tidak ada luka, memar ataupun tanda sakit diseluruh tubuhnya.
  4. Bebas dari hama penyakit.
  5. Berasal dari indukan yang jelas kualitasnya.
  6. Tampilan bulunya cerah, mengembang, bulunya panjang, dan tebal.
  7. Pusar kering dan tertutup sempurna.
  8. Mata cerah dan tidak berair berlebihan.
  9. Kloaka bersih dan tidak ada kotoran.

Setelah membeli bibit puyuh petelur, selanjutnya Anda bisa langsung memesan untuk dibawa pulang. Namun, sebelum puyuh masuk kandang, ada beberapa treatment yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

4. Cara Merawat Bibit Puyuh Petelur Masuk Kandang

treatment bibit puyuh petelur
bibit puyuh petelur sebelum masuk ke kandang
  1. Sebelum bibit puyuh petelur masuk kandang, pastikan kandang sudah dalam kondisi bersih.
  2. Lakukan penyemprotan dengan menggunakan desinfektan untuk membunuh bakteri, jamur maupun virus penyebab penyakit.
  3. Sesaat setelah bibit puyuh petelur tiba, sebaiknya biarkan burung puyuh tanpa pakan untuk mengurangi stres akibat perjalanan.
  4. Cukup berikan minum yang dicampur Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dengan dosis 0,1 ml/ekor untuk mengurangi tingkat stres bibit yang baru masuk kandang.
  5. Selain untuk mencegah stress, pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini juga bermanfaat untuk menyehatkan bibit burung puyuh petelur, agar tidak mudah sakit ketika dimasukkan kandang.

Jika bibit puyuh sudah mulai nyaman di dalam kandang, baru diberi pakan. Cara pemberian pakan puyuh petelur dapat dilihat pada penjelasan berikut:

5. Cara Pemberian Pakan Puyuh Petelur

pakan puyuh petelur
Pakan puyuh petelur yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air

Pakan puyuh petelur yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air dalam jumlah yang cukup.

Pakan yang digunakan untuk puyuh petelur dapat berbentuk tepung, pellet dan remah-remah yang disesuaikan dengan umur bibit puyuh petelur.

  1. Frekuensi pemberian pakan puyuh petelur didasarkan pada umur bibit. Burung puyuh yang masih anakan diberi pakan 2-3 kali sehari, sedangkan burung puyuh remaja/dewasa diberi pakan 1-2 kali sehari.
  2. Berikan pakan konsentrat/pelet yang mengandung protein sedang-tinggi atau sekitar 20-25 %. Untuk mempermudah pemenuhan nutrisi dan pemberian pakan, Anda disarankan untuk menggunakan pakan Complete feed yang sudah mangandung nutrisi lengkap.
  3. Dengan memberikan Complete feed ini, Anda sudah tidak perlu lagi membeli pakan konsentrat, dedak, atau lainnya. Ini dikarenakan pakan Complete feed ini sudah mengandung protein 20-22%, 4-7% dan serat kasar 6% dan lainnya yang dibutuhkan ternak.
  4. Waktu yang tepat untuk pemberian pakan puyuh petelur adalah pagi, yaitu 06.00 dan sore hari pada pukul 15.00. selain pakan, berikan juga air minum secara kontinyu sesuai kebutuhan. Usahakan jangan sampai kekurangan air minum, agar burung puyuh tidak mengalami dehidrasi.
  5. Agar hasil menjadi maksimal, maka minum burung puyuh petelur dicampur dengan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dengan dosis 0,3 ml/ekor.

Penambahan suplemen organik ini berguna untuk memberikan tambahan mineral, protein, asam lemak, dan sekaligus sebagai tambahan multivitamin yang sangat dibutuhkan oleh ternak.

Hanya dengan menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Ternak, anda tidak perlu lagi membeli obat-obatan ataupun vitamin untuk ternak puyuh petelur. Pengaplikasian produk ini juga menjadi kunci ternak puyuh tanpa bau.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Ini dikarenakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung bakteri baik (Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus mycoides, Bacillus pumillus, Bacillus brevis.) yang telah terbukti mampu meningkatkan kecernaan ternak. Sehingga pakan yang diberikan dapat terserap secara sempurna.

Dengan begitu, kotoran yang dikeluarkan oleh ternak puyuh tidak mengandung amoniak tinggi, dan tidak menyebabkan bau.

  • Saat burung puyuh memasuki pergantian fase misalnya dari grower ke layer, sebaiknya penggantian jenis pakan puyuh petelur tidak dilakukan secara mendadak.
  • Bila dilakukan secara mendadak, akan sangat mempengaruhi produktifitas puyuh petelur, karena akan membuat burung puyuh menjadi stres.
  • Cara penggantian pakan puyuh petelur dari grower ke layer dilakukan secara bertahap selama 1 minggu, presentase pakan grower dikurangi lalu presentase pakan layer ditambah pelan-pelan hingga lengkap 100%.

6. Cara Merawat Burung Puyuh Petelur Dan Pencegahan Hama dan Penyakit

penyakit burung puyuh
Salah satu penyakit pada ternak puyuh petelur

Terdapat banyak jenis hama dan penyakit pada ternak puyuh petelur mulai dari:

  • radang usus (Quail Enteritis)
  • tetelo (New Casstle Disease)
  • berak putih (Pullorum)
  • berak darah (Coccidiosis)
  • cacar ungags (Fowl Pox)
  • Quail Bronchitis, Aspergilosis dan cacingan (Prihatman, 2000).

Untuk mengetahui secara lengkap mengenai penyakit puyuh, Anda bisa menyimak artikel Jenis Penyakit Puyuh Beserta Cara Mengobati.

Mengingat begitu banyaknya penyakit yang menyerang, maka Anda harus melakukan perawatan secara rutin. Berikut ini adalah panduan cara merawat ternak puyuh petelur:

a. Pembersihan Kandang

Untuk menjaga kebersihan kandang puyuh petelur, maka sebaiknya dilakukan pembersihan secara rutin mulai dari kotoran, bulu, dan pemeriksaan kesehatan burung puyuh secara rutin.

Lakukan pembersihan kandang setiap hari, pada pagi hari. Ini bertujuan agar kotoran tidak menumpuk, menimbulkan bau dan menimbulkan peyakit.

b. Pencegahan Penyakit

Sebagai antisipasi serangan bakteri, virus, parasit dan jamur, dulur-dulur bisa mencegah pertumbuhannya dengan pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan secara rutin pada kandang.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Dosis yang digunakan untuk penyemprotan kandang adalah 250 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan/tangki 14 liter.

Pegaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini harus dilakukan agar puyuh tidak diserang penyakit akibat bakteri dan jamur.

Selain itu, penggunaan produk ini juga sangat aman bagi ternak karena terbuat dari bahan-bahan 100% organik

Selain untuk mencegah serangan penyakit, pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan juga memiliki manfaat:

  1. Meningkatkan produktivitas telur puyuh.
  2. Meningkatkan kemampuan pencernaan ternak.
  3. Mengurangi kandungan amoniak pada kotoran ternak.
  4. Menjaga kesehatan ternak.
  5. Memperpanjang masa produktif ternak puyuh.

Setelah melakukan pencegahan penyakit secara ketat, maka jika ada serangan penyakit, Anda perlu melakukan penanganan penyakit.

c. Penanganan Penyakit

Bila dulur-dulur menemukan adanya gejala pada burung puyuh yang kurang sehat, maka segera keluarkan burung puyuh tersebut dari kandang untuk diisolasi.

Kemudian dulur-dulur bisa mengobati burung puyuh hingga keadaannya menjadi sehat. Anda bisa mengobati penyakit burung puyuh sesuai gejala ataupun dengan mengkonsultasikan pada dokter hewan.

Setelah ternak yang diisolasi sembuh, dulur-dulur bisa mengembalikan burung puyuh tersebut kedalam kandang. Namun jika ternak mati, segera kubur/bakar bangkainya agar tidak mengganggu ataupu menularkan pada ternak yang sehat.

vitamin burung puyuh

Nah dengan mengikuti panduan cara ternak puyuh petelur yang telah kami jelaskan secara detail diatas, harapannya dulur-dulur bisa sukses dalam beternak puyuh petelur.

Namun jika dulur-dulur masih bingung dalam menjalani budidaya ternak puyuh petelur ataupun ingin berkonsultasi secara langsung dan gratis dengan tim ahli peternakan kami, silahkan klik ikon whatsapp dibawah ini.

27 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Asrireply
Maret 10, 2019 at 16:48

Kalau masalah pakan, kandang, dan pbuatan bibit usaha ternak puyuh saya tidak ada masalah, masalah terbesar adalah penyakit flu burung yg tingkat kematian sampai 100%, jl peternak terkena penyakit ini siap-siaplah untuk memungut sisa telur untuk dieramkkan guna pembibitan baru, Krn penyakit flu burung tidak menjangkit telur yg ditetaskan

Saifulreply
April 23, 2020 at 13:29
– In reply to: Asri

Burung puyuh siap dikasih makan sentrat puyuh mulai umur berapa? Soalnya punya saya dah berumur 29 hari
Mohon sarannya

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:33
– In reply to: Saiful

Dari awal sudah bisa pakek sentrat cuma tergantung dari bentuknya, Sesuai dengan umurnya. Kalau masih DOQ biasanta bentuknya berupa mess atau yg halus. Menyesuaikan dengan pencernaan nya

Alif Ilham Akbar Fatriansyahreply
Juni 1, 2020 at 20:12
– In reply to: Asri

Jika terkena flu burung, maka yang mati dilakukan upaya apa? lalu apakah flu burung akan berpengaruh terhadap kandang?lingkungan kandang?lingkungan diluar kandang?

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 10:31
– In reply to: Alif Ilham Akbar Fatriansyah

Baik pak untuk perlakuan puyuh yang terkena flu burung harus segera di afkir semua perlakuan untuk ternak mati harus di bakar atau di kubur . Kemudian kandang segera di bersihkan dan di sterilkan
Tunda dulu untuk periode selanjutnya, kemudian lapor petugas terkait.

Ade Aliftiawanreply
Juli 9, 2019 at 21:20

Untuk pemula,kira2 burung puyuh berapa ekor mas.

GDM Inforeply
Juli 24, 2019 at 10:50
– In reply to: Ade Aliftiawan

Bisa disesuaikan dengan kemampuan bapak terlebih dahulu pak.

Jika ada kendala jangan ragu untuk menghubungi kami ya pak, akan kami bantu untuk budidaya puyuh nya pak.

Terima kasih

Sumaryanareply
Agustus 23, 2019 at 14:09
– In reply to: Ade Aliftiawan

Tolong di bantu saya peternak puyu kecil tapi ingin menjadi besar….apakah bisa sibantu

GDM Inforeply
Agustus 26, 2019 at 09:10
– In reply to: Sumaryana

Selamat pak Sumaryana

Dalam menjadikan peternak puyuh kecil menjadi besar banyak faktor nya pak. Yang bisa kami bantu yaitu memperbaiki sistem/cara mengelola peternakan puyuh bapak.

Boleh tau kendala yang dialami selama beternak puyuh pak ?

jamal windareply
Agustus 14, 2019 at 14:22

1 ekor puyuh berapa produksi telor perhari, mohon info nya. Trimakasih

GDM Inforeply
Agustus 26, 2019 at 11:14
– In reply to: jamal winda

Selamat pagi pak Jamal,

1 ekor puyuh bisa memproduksi 1 telor perhari pak

Sumaryanareply
Agustus 23, 2019 at 14:12

Tolong di bantu saya peternak puyu kecil tapi ingin menjadi besar….apakah bisa sibantu

GDM Inforeply
Agustus 26, 2019 at 09:09
– In reply to: Sumaryana

Selamat pak Sumaryana

Dalam menjadikan peternak puyuh kecil menjadi besar banyak faktor nya pak. Yang bisa kami bantu yaitu memperbaiki sistem/cara mengelola peternakan puyuh bapak.

Boleh tau kendala yang dialami selama beternak puyuh pak ?

ahmadreply
September 4, 2019 at 14:34

berapakah harga satuan burung pyuh terima kasih

GDM Inforeply
Oktober 26, 2019 at 09:37
– In reply to: ahmad

Berbeda-beda pak setiap wilayah nya. Mungkin dulur-dulur ada yang bisa membantu jawab sesuai dengan wilayah nya ?

Mahdiatul hafizohreply
Februari 21, 2020 at 00:24

Pada umur berapa dilakukan penyuntikan puyuh untuk puyuh petelur?

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 13:20
– In reply to: Mahdiatul hafizoh

Untuk umur puyuh boleh penyuntikan tergantung pada umurnya pak

Rohimudinreply
April 20, 2020 at 11:05

Kang saya baru mulai ternak puyuh sebenernya saya masi awam/gelap tentang ternak puyuh tpi saya niat bulat pgn ternak puyuh,, ini skarang saya baru mulai bli anakan umur 8 hari sbanyak 78 ekor mohon bimbinganya kang bagi ilmunya,,

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:30
– In reply to: Rohimudin

Siap pak Rohimudin, Jika menemui kendala bisa menghubungi kami via whatsapp untuk solusi ternak puyuh yang sukses

Encang Wahyudinreply
Oktober 22, 2020 at 05:27

bermanfaat sekali.. ada kontak atau akun sosmed yang bisa saya hubungi pak??,, saya baru mulai merintis di bidang ini pak

GDM Inforeply
November 21, 2020 at 13:17
– In reply to: Encang Wahyudin

Halo Pak Encang

Semangat untuk memulai ternak puyuh petelur ya pak, untuk kontak lebih lanjut bisa menekan tombol berikut ini ya pak

Ahyarreply
Desember 18, 2020 at 21:45

assalamualaikum kang, saya dari Tangerang, saya pemula yang sedang dalam proses berternak puyuh, sekarang saya sudah mempunyai puyuh sebanyak 300 ekor

drh. Karinadintha Marsya Rachmanreply
Januari 4, 2021 at 09:44
– In reply to: Ahyar

Walaikumsallam Pak Ahyar

Senang sekali mendengarnya, kami berharap proses beternak puyuh berjalan baik dan sesuai ya pak. Jika menemui kendala dalam budidaya puyuh petelur, bapak bisa menghubungi tim teknis kami.

Salam Go Organik

Adireply
Februari 22, 2021 at 17:24

assalamualaikum pak ..saya dari brebes dan lg merintis usaha ternak puyuh .. klo untuk puyuh 2000 ekor maksimal kita dapat telur berapa kilo y pak , usia puyuh saya sudah 2 bulan .. ( dulu pas masuk kandang usia 1 bulan ) berarti sudha 3 bulan usianya ..produksi telur untuk sat ini klo di kalkulasikan dengan harga pakan yang semakin tinggi . memang sih ada lebihnya tapi klo masih mungkin untuuk di tingkakan produksi telurnya kan laebih baik ..terimakasih

drh. Karinadintha Marsya Rachmanreply
Maret 6, 2021 at 13:42
– In reply to: Adi

Halo Pak Ady

Untuk hasil produksi sangat ditentukkan dari manajemen dan sistem yang digunakan, mulai dari pakan sampai perawatannya. Sama halnya dengan pakan, untuk meminimalisir pakan pastikan memahami manajemen pakan yang tepat dan sesuai. Serta jangan lupa pengendalian serangan penyakit, sebab ini mempengaruhi kualitas hasil produksi.

Sofa Fikrireply
April 12, 2021 at 10:09

obat untuk menghilangkan bau kotoran puyuh itu apa ya ?

GDM Organicreply
Mei 4, 2021 at 13:48
– In reply to: Sofa Fikri

Halo Bu Sofa

Untuk meminimalisir bau kotoran pada puyuh, kami sarankan untuk mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Ternak pada air minum ternak puyuh. Hasilnya kotoran puyuh bisa cepat kering dan minimal bisa mengurangi bau kandang.
Untuk konsultasi lebih lanjut bisa langsung menghubungi kami pada tombol dibawah ini:

Leave a reply