budidaya padi

Panduan Lengkap Rahasia Memperbanyak Anakan Pada Budidaya Padi

Tahukah Anda bahwa ada tips dan cara memperbanyak anakan padi? Tentu saja, upaya memaksimalkan anakan padi ini menjadi hal penting untuk bisa mendapatkan hasil panen dalam jumlah yang lebih banyak.

Semakin banyak anakan produktif pada tanaman padi, maka akan semakin banyak bulir malai yang terbentuk. Sehingga saat panen, akan diperoleh produksi yang sangat tinggi. Oleh sebab itu,  semakin banyak anakan padi, maka semakin banyak pula hasil panen yang bisa dihasilkan.

Lalu, bagaimana sih cara memperbanyak anakan padi yang bisa Anda terapkan? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Membuat Media Yang Disukai Tanaman Padi

pupuk untuk padi

Pada lahan sawah tempat penanaman padi, buatlah lahan tersebut menjadi media yang paling disukai tanaman padi muda (bibit padi). Dengan tujuan saat pindah tanam, bibit padi tersebut tidak stress dan bisa langsung berkembang.

Tanaman padi muda menyukai media yang tekstur tanahnya gembur dan bahan organiknya tinggi serta pada tanah tersebut bebas dari koloni jamur dan bakteri pathogen.

Untuk itu semprotkan pupuk organik cair spesialis tanaman pangan sayur GDM pada tanah sebelum tanam. Agar tekstur tanah menjadi gembur karena bakteri Micrococcus roseus berperan aktif menjadikan tanah keras menjadi gembur dan subur, serta tiga bakteri golongan Bacillus (yaitu : Bacillus brevis, Bacillus mycoides dan Bacillus pumilus) dalam GDM mampu mengeluarkan enzim dan antibiotic untuk menghilangkan koloni jamur dan bakteri pathogen dalam tanah.

Baca Juga : Cara Membuat Benih Padi Tumbuh Cepat, Sehat dan Seragam

produk pupuk organik cair gdm
 Pupuk padi terbaik yaitu pupuk organik cair GDM yang dapat meningkatkan kualitas & produktivitas budidaya padi

Perendaman Bibit

perendaman bibit padi

Perendaman bibit peru dilakukan untuk menghentikan masa dormansi dan memulai proses imbibisi. Sehingga tahap pengecambahan bisa dimulai.

pupuk organik cair wortel

Sangat disarankan untuk merendam bibit menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan. Dengan merendam benih padi menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan, Anda bisa mendapatkan manfaat yang luar biasa, seperti daya kecambah bibit menjadi lebih baik, menghilangkan hama dan penyakit yang terdapat pada benih padi, bibit padi menjadi lebih tahan terhadap serangan hama penyakit, pertumbuhan bibit menjadi lebih cepat, bibit menjadi lebih subur dan tentu saja lebih kuat ketika pindah tanam.

Oleh sebab itulah Anda disarankan untuk melakukan perendaman menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan. Berikut ini cara perendaman bibit padi menggunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan:

  1. Larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam 10 liter air.
  2. Masukkan benih padi kedalam larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan tersebut.
  3. Rendam benih padi selama 10-12 jam.
  4. Angkat benih padi, tiriskan, kemudian letakkan pada wadah bersih.
  5. Benih padi siap disemaikan.

Penyemaian Padi

persemaian bibit padi

Salah satu kunci memperbanyak anakan padi adalah dengan mempersiapkan bibit padi yang berkualitas. Oleh sebab itulah, Anda harus melakukan penyemaian padi dengan baik.

Berikut ini cara penyemaian padi beserta penggunaan pupuk untuk memperbanyak anakan padi saat fase penyemaian:

  1. Disarankan untuk menyemai padi pada satu hamparan luas, untuk mempermudah proses pemeliharaannya yang terkena cahaya matahari langsung.
  2. Luas lahan penyemaian adalah sekitar 500 m2 untuk 1 hektar lahan
  3. Lakukan pengolahan lahan persemaian dengan cara dibajak atau digaru sebanyak 3 kali hingga tanah menjadi lebih liat dan berlumpur setinggi 20 cm.
  4. Buat bedengan dengan ketinggian sekitar 10 cm dan lebar sekitar 100 cm.
  5. Buat saluran drainase diantara bedengan tersebut.
  6. Tebarkan benih yang sebelumnya telah direndam dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan.
  7. Lakukan pemupukan untuk memberikan nutrisi bibit. Pemupukan dilakukan pada 7 HSS.
  8. Cara pemupukan pada persemaian padi adalah: larutkan 500 ml Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam tangka semprot yang telah berisi air.
  9. Semprotkan larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan ke seluruh bibit padi.
  10. Tunggu bibit untuk tumbuh dengan sempurna hingga berumur 10-18 HSS. Setelah 10-18 HSS, lakukan pindah tanam ke lahan sawah.

Cara Memperbanyak Anakan Padi

Penanaman Bibit Padi 

penanaman bibit padi

Pada saat penanaman bibit padi, jangan tanam bibit yang sudah tua. Pilihlah bibit padi yang masih berusia muda yaitu antara 10-15 HSS (Hari Setelah Semai).

Karena bibit padi muda dapat mengurangi stagnasi (berhenti tumbuh sementara) serta potensi untuk memproduksi anakan akan lebih banyak.

Kedalaman Saat Penanaman Bibit Padi Cukup 1-2cm

bibit padi
Selain cara pemupukan padi, dulur-dulur juga harus perhatikan kedalaman bibit padi

Hal ini penting dilakukan untuk meningkatkan jumlah anakan produktif tanaman padi. Menanam bibit padi yang terlalu dalam akan membuat usaha pembentukan anakan padi pun akan semakin besar dan susah.

Oleh karenanya untuk meringankan usaha pembentukan anakan padi maka tanamlah bibit tidak terlalu dalam dari permukaan tanah. Karena apabila padi tersebut sudah diaplikasi GDM, bakteri Pseudomonas alcaligenes akan bekerja memaksimalkan pertumbuhan akar dan meningkatkan penyerapan unsure hara makro dan mikro untuk tanaman.

Sehingga walaupun bibit ditanam tidak dalam, namun akar dapat masuk dalam ke tanah sehingga pertumbuhan padi akan lebih maksimal.

Baca Juga : Jurus Mencegah Bulir Padi Kosong

Pemenuhan Nutrisi Phosphor (P)

Dalam budidaya padi, unsur P membuat anakan padi memiliki akar yang sehat, lebat, kuat dan panjang. Oleh sebab itulah, unsur P sangat penting untuk diberikan kepada tanaman agar anakan padi banyak.

Anda tidak perlu menambahkan pupuk kimia untuk meningkatkan jumlah anakan padi. Sebab, pupuk cair untuk memperbanyak anakan padi terbaik adalah Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan.

Ini dikarenakan memiliki kandungan phospat yang tinggi. Namun, unsur phospat yang terkandung di pupuk anorganik maupun tanah tidak dapat terserap langsung oleh tanaman karena terikat oleh tanah.

Maka dari itu diperlukan bakteri pengurai phospat seperti bakteri Klebsiella oxytoca yang terkandung dalam Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan. Bakteri Klebsiella oxytoca dapat mengurai phospat yang terikat oleh tanah untuk diolah dan diberikan sebagai nutrisi untuk tanaman.

Oleh sebab itulah, Anda tidak perlu menambahkan pupuk memperbanyak anakan padi lain. Cukup menggunakan pupuk GDM, Anda sudah bisa memperbanyak anakan padi dengan optimal.

Baca Juga : Tips Mengatasi Serangan Hama Wereng Pada Padi

Memberikan Unsur Nitrogen pada Fase Vegetative

Pemberian unsur Nitrogen pada fase vegetative sangat penting bagi pertumbuhan dalam budidaya padi. Unsur Nitrogen juga berperan dalam membantu memperbanyak anakan padi, menjadikan anakan padi produktif, dan mengoptimalkan pertumbuhan pada fase vegetative.

Sebenarnya di udara sudah terkandungan unsure N yang tinggi, yaitu berkisar 78%. Akan tetapi, unsur N yang ada di udara tidak dapat langsung terserap oleh tanaman tanpa bantuan bakteri.

Oleh sebab itulah, peran bakteri sangat penting untuk menguraikan unsur N di udara ini. bakteri yang berperan penting untuk menguraikan unsur N di udara adalah Klebsiella oxytoca.

Klebsiella oxytoca merupakan bakteri dalam Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan yang bekerja menambat unsur N dari udara untuk diolah dan disediakan sebagai nutrisi bagi tanaman. Unsur N tersebut diperlukan dalam budidaya padi sejak sedini mungkin dan maksimal 5 hari setelah tanam.

Tanaman padi harus sudah mendapatkan asupan unsur hara N, karena apabila terlambat maka pertumbuhan anakan padi akan berkurang atau tidak terjadi pertumbuhan anakan. Selain itu, kekurangan unsur N juga bisa menyebabkan penyakit tanaman padi dan cara mengatasinya pun menjadi sulit.

Namun, Anda tidak perlu khawatir tanaman Anda kekurangan unsur N, P, K dan unsur hara mikro. Sebab, GDM Black BOS, Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan dan Granule Bio Organik GDM SaMe telah mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap. Sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan unsur hara pada tanaman.

Tambahkan ZPT

Salah satu kunci cara memperbanyak anakan padi adalah menggunakan pupuk cair untuk memperbanyak anakan padi. Salah satu pupuk cair untuk memperbanyak anakan padi terbaik adalah Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan.

Sebab, Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan mengandung 7 bakteri yang langsung bekerja untuk menggemburkan, menyuburkan, dan memberikan Hormon (ZPT) pada tanaman. Semakin banyak anakan produktif semakin banyak pula bulir malai isi padi didapatkan sehingga hasil panen meningkat dan pendapatan meningkat

Terapkan Sistem pengairan Dengan System Intermitten

sistem pengairan

Sistem pengairan terbaik untuk padi adalah dengan menerapkan system Intermitten. System intermitten adalah sistem pngairan berselang yang memerlukan pengaturan kapan lahan digenangi dan dikeringkan.

Jaga sistem pengairan dengan pemberian air pada tanaman padi secara periodic. Caranya adalah dengan diairi, lalu dibiarkan sampai kering (tanahnya pecah rambut) lalu diairi lagi demikian seterusnya.

Jaga Jarak Tanam Padi

jarak tanam padi
Jarak tanam padi dengan sistem jajar legowo dapat menghasilkan jumlah populasi tanaman paling banyak.

Pengaturan jarak tanam padi menjadi penting bagi budidaya padi karena dapat mempengaruhi penangkapan cahaya matahari untuk fotosintesis, efektivitas penyerapan hara oleh akar, kebutuhan air, sirkulasi udara, iklim mikro (suhu dan kelembaban), serta populasi gulma dan OPT.

Jarak tanam padi yang sering digunakan petani mulai dari 20 cm x 20 cm; 25 cm x 25 cm; 27,5 cm x 27,5 cm; dan 30 cm x 30 cm hingga sistem jajar legowo.

Jarak tanam padi jangan terlalu rapat, apalagi jika tanahnya subur. Walaupun anakan akan terbentuk banyak, tetapi jika jarak tanam padi terlalu rapat biasanya anakan tersebut menjadi kurang produktif. Jadi sebisa mungkin gunakan sistem tanam jajar legowo.

Baca Juga : Cara Sukses Persemaian Padi 

Cara Pemupukan Padi

Cara pemupukan padi ini terbagi dalam 2 tahap yaitu pemberian pupuk untuk padi saat budidaya padi berumur 10 HST dan memberikan tambahan pada tanah padi.

Berikan Pupuk Padi Terbaik Saat Budidaya Padi Berumur 10 HST

cara pemupukan padi
Cara pemupukan padi dengan menggunakan pupuk organik cair GDM

Berikan pupuk organik cair spesialis tanaman pangan sayur GDM pada saat tanaman padi berumur 10 HST dan diulangi setiap 10 hari sekali. Karena bakteri yang terkandung dalam POC GDM dapat menghasilkan hormon tanaman/phytohormone (ZPT), terutama yang mengandung sitokinin dan giberelin.

Untuk itu tanaman padi yang diaplikasi pupuk GDM, tanaman padi akan terlihat jumlah anakan lebih banyak, akar lebih panjang dan lebat, serta pertumbuhan lebih maksimal. Hal ini dikarenakan POC GDM merupakan pupuk padi terbaik.

Selain Pupuk Untuk Padi, Tambahkan Juga Bahan Organik Pada Tanah

pupuk untuk padi
Gunakan pupuk untuk padi yang baik sehingga panen padi akan maksimal

Setelah dulur-dulur melakukan cara pemupukan padi dengan menggunakan pupuk padi terbaik, dulur-dulur juga perlu menambahkan bahan organik kepada tanah.

Karena semakin tinggi bahan organik pada tanah, maka semakin cepat bakteri GDM akan berkembang biak.

Hal ini dikarenakan bahan organik merupakan nutrisi bagi bakteri. Bahan bakteri ini sangat berhubungan erat dengan kondisi kesuburan tanah dan proses penyerapan unsur hara yang akan diberikan pada tanaman.

Oleh karena itu jumlahnya sangat relatif tergantung kondisi tanah masing-masing petani.

Baca Juga : Cara Efektif Cegah Penyakit Bulai

Jadi untuk memperbanyak anakan produktif pada budidaya padi sangatlah mudah asalkan kita tahu caranya dan mau menerapkannya. Tanah yang subur, gembur dan kaya akan bahan nutrisi dan ragam bakteri akan membuat anakan padi tumbuh lebih banyak dan maksimal.

Selalu aplikasikan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan Sayur dengan keunggulan 7 bakterinya yang langsung bekerja untuk menggemburkan, menyuburkan, dan memberikan Hormon (ZPT) pada tanaman sehingga anakan padi lebih banyak, sehat dan ujung-ujungnya panen yang didapatkan akan meningkat.

Semakin banyak anakan produktif semakin banyak pula bulir malai isi padi didapatkan sehingga hasil panen meningkat dan pendapatan meningkat.

Demikianlah cara budidaya padi yang dapat meningkatkan anakan padi dengan mudah. Jika dulur-dulur ingin berkonsultasi lebih lanjut mengenai cara budidaya padi silakan hubungi kami via livechat ataupun whatsapp kami

18 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

O.suhartonoreply
November 12, 2017 at 00:33

Apresiasi saya sampaikan atas lhirnya poc Gdm, insya Alloh rekan petani disrluruh pnjuru ibu pertiwi nusantara tercinta dapat mengakses teknologi ini , hal ini untuk meningkatkan dn mensejahterakan rekan petani disuluruh penjuru negri,jua untuk menopang pmerintah guna keberhasilan program seasmbada pangan , namun klau boleh saya ssrankan lebih gigih lagi promosi dan sosialisasi , trims

gdmokreply
November 21, 2017 at 08:34
– In reply to: O.suhartono

Terima kasih pak.
Iya pak, kami akan lebih gigih dalam promosi dan sosialiasi demi meningkatkan dan mensejahterakan rekan petani diseluruh penjuru negri

mahmudreply
November 28, 2017 at 05:38

pupuk organiknya untuk wilayah luwu timur sudah ada gk?
kalau ada, dmn kita bisa dapat?

gdmokreply
November 28, 2017 at 08:25
– In reply to: mahmud

Halo Bapak Mahmud, Bapak bisa hubungi cs kami melalui kontak dibawah ini ya pak:

Hotline: 0851-0333-2222
SMS: 0851-0333-2222
BBM: D129C153
Whatsapp: 0851-0333-2222

Umbu Bolureply
November 28, 2017 at 20:25

slmt malam. dimanakah tempat membeli pupuk POC GDM?

gdmokreply
November 29, 2017 at 10:32
– In reply to: Umbu Bolu

Selamat Pagi,
Bapak lokasinya dimana pak ?,
Untuk pemesanan, bapak bisa menghubungi contact person yang ada di bawah ini pak :

Hotline: 0851-0333-2222
SMS: 0851-0333-2222
BBM: D129C153
Whatsapp: 0851-0333-2222

andireply
Desember 31, 2017 at 21:02

kalau intuk kabupaten maros Sulawesi selatan apa nama toko dan alamat penyalurnya
makasi

gdmokreply
Maret 2, 2018 at 13:49
– In reply to: andi

Selamat siang pak Andi,
Apa ada nomer telp yang dapat dihubungi pak, agar kami berikan datanya melalui nomer bapak. Atau pak Andi bisa menghubungi customer service kami di :

Hotline: 0851-0333-2222
SMS: 0851-0333-2222
BBM: D129C153
Whatsapp: 0851-0333-2222

Terima kasih pak Andi

Imamreply
Januari 18, 2018 at 07:03

Untuk daerah ponorogo di mana yaaa?

gdmokreply
Maret 2, 2018 at 13:50
– In reply to: Imam

Selamat siang pak Imam,
Apakah ada nomer telp yang dapat kami hubungi pak, agar kami berikan datanya melalui nomer bapak. Atau pak Imam bisa menghubungi customer service kami di :

Hotline: 0851-0333-2222
SMS: 0851-0333-2222
BBM: D129C153
Whatsapp: 0851-0333-2222

Terima kasih pak Imam

Alfredoreply
Juni 29, 2018 at 20:31

Di mana saya dapat membeli pupuk gdm d luwu utara?

GDM Inforeply
Juni 30, 2018 at 08:36
– In reply to: Alfredo

Selamat pagi pak Alfredo,

Bapak bisa menghubungi kami via wa atau telp di 085103332222. Agar kami bisa memberikan alamat mitra kami yang terdekat dengan tempat tinggal bapak ?

Terima kasih

H FARKHANreply
Februari 9, 2019 at 11:41

BRP HARGA PUUKYA, BELI DIMANA

GDM Inforeply
Februari 12, 2019 at 13:29
– In reply to: H FARKHAN

Selamat siang pak Farkhan,

Mengenai harga pupuk bisa langsung menghubungi tim marketing kami melalui whatsapp / telp di 0812-600-70-600 pak

Ferdireply
April 17, 2020 at 16:06

Untuk kabupaten TTU apa nama toko penjualnya

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:36
– In reply to: Ferdi

Bisa langsung menghubungi kami via whatsapp ya pak untuk mengetahui lebih tentang produk kami

Mahrusreply
Agustus 5, 2020 at 13:18

Bagaimana cara pembayarannya stlah barang atau buat L bank ?

GDM Inforeply
Agustus 11, 2020 at 17:44
– In reply to: Mahrus

Halo Pak Mahrus

Untuk Pemesanan barang atau produk GDM bisa langsung klik tombol berikut

Leave a reply