Makanan Ikan Koi Agar Cepat Besar Dan Cerah Mahal

Makanan ikan koi agar cepat besar dibutuhkan agar pertumbuhan ikan koi bisa optimal. Bukan hanya berbadan besar, ikan koi juga harus berwarna cerah.

Vitamin ikan koi dan pemilihan pakan yang tepat ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Sebab, ikan koi merupakan jenis ikan hias yang harus memiliki tampilan indah, warna cerah, dan pergerakan yang elegant.

Lalu, bagaimana cara memilih pakan dan vitamin ikan koi agar cepat besar? Ikuti tips berikut ini:

1. Indikator Ikan Koi Bagus

Sebagai ikan hias, maka ikan koi memiliki standar kualitas yang berbeda dengan ikan konsumsi. Oleh karena itulah, Anda harus melakukan perawatan dan pemberian makanan ikan koi dengan baik agar bisa memenuhi standar ikan koi berkualitas.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah standar ikan koi yang berkualitas dan diminati pasar:

  1. Warna cerah.
  2. Motif elegant.
  3. Bentuk dan kelengkapan fisik sempurna.
  4. Perilakunya gesit.
  5. Kesehatan dan staminanya baik, yg dilihat dari kekuatannya dari serangan penyakit.

Itu adalah indikator ikan koi yang bagus. Lalu, bagaimana caranya untuk memenuhi kriteria tersebut? simak penjelasan berikut:

2. Cara Membuat Ikan Koi Cepat Besar Dan Sehat

Diatas sudah disebutkan bahwa ciri-ciri ikan koi yang berkualitas adalah memiliki bentuk dan kelengkapan fisik sempurna serta memiliki perilaku gesit dan kondisi kesehatan yang baik.

Nah, agar fisik ikan koi Anda baik dan cepat besar, berikut ini adalah tipsnya:

a. Beri Pakan Koi Protein Tinggi

jenis pakan ikan koi

Ikan koi membutuhkan nutrisi lengkap dan seimbang. Diantaranya adalah protein, karbohidrat, lemak sebagai nutrisi makro serta vitamin dan mineral sebagai nutrisi mikro.

Meski begitu, dalam masa pertumbuhan, Anda harus mempertimbangkan untuk memberi pakan koi protein tinggi. Anda bisa memberikannya dalam bentuk pakan pelet (pakan jadi), ataupun pakan alami.

Berikut ini adalah rekomendasi makanan koi agar cepat besar:

Pakan Pelet Ikan Koi Agar Cepat Besar

Pelet ikan koi banyak dipilih para pembudidaya ikan koi karena lebih praktis, nutrisinya berimbang dan memiliki protein tinggi. Namun, selain kelebihan tersebut, Anda juga harus mempertimbangkan untuk memberi suplemen tambahan.

Ini dikarenakan pakan pelet tidak mengandung nutrisi mikro lengkap seperti vitamin, mineral essensial dan mineral non essensial.

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan biaya pembeliannya. Mengingat pakan pelet cukup mahal jika Anda menggunakan pakan pelet sebagai pakan tunggal.

Selain karena pertimbangan mineral mikro dan harga, Anda juga harus memperhatikan bagaimana kesigapan ikan koi Anda saat makan. Sebab, sebagian ekor ikan koi biasanya tidak begitu lahap memakan pakan pelet. Jika ikan koi Anda megalami hal tersebut, maka Anda disarankan untuk mengganti jenis/merk pelet ataupun memberikan selingan pakan alami.

Tips memilih pakan pelet ikan koi:

  1. Pilih pakan yang memiliki tabel nutrisi.
  2. Pilih pakan yang mengandung protein lebih tinggi.
  3. Pilih pakan yang mengandung bahan alami tambahan seperti astaxantin, spirulina, vitamin C ataupun lainnya.

Itu adalah cara memilih pakan pelet untuk ikan koi. Nah, mengigat adanya kekurangan dari pakan pelet, Anda disarankan juga untuk memberikan pakan alami untuk ikan koi Anda. Berikut ini adalah cara memilih pakan alami ikan koi agar cepat besar:

Makanan Alami Ikan Koi

Pakan alami ikan koi agar cepat besar ada banyak contohnya. Seperti Tubifex sp. Artemia sp, Dhapnia sp., Monia sp, jentik nyamuk, udang, spirulina, dan lainnya.

  • Pakan-pakan alami tersebut mengandung protein tinggi yang sangat baik untuk menunjang pertumbuhan ikan koi. Ini dikarenakan protein hewani sangat baik dalam menunjang pertumbuhan ikan koi.
  • Selain pakan hewani, Anda juga bisa menambahkan pakan nabati. Beberapa jenis pakan nabati yang disarankan untuk ikan koi adalah wortel, ubi, labu kuning, jagung, ataupun sayuran hijau. Pakan tersebut mengandung tambahan nutrisi khusus yang bisa mempertahankan warna ikan koi agar tetap cerah.
  • Pakan alami ini mengandung zat karotenoid yang dubutuhkan ikan koi untuk menutrisi sel kromatofora yang ada di bagian kulit dermis. Kandungan zat karotenoid ini sangat baik untuk membentuk pigmen warna merah dan oranye. Sehingga warna ikan koi menjadi lebih cerah, sehat dan cepat besar.
  • Semakin baik warna ikan koi, maka semakin diminati oleh pembeli. Itu artinya, Anda bisa menjual ikan koi dengan harga lebih tinggi.
  • Sebagai contoh, spirulina mengandung phycocyanin, chlorophyll-a, dan karoten (tersusun atas xantophyll (37%), ß-carotene (28%), dan zeaxanthin (17%) yang bisa mempertajam warna ikan koi)

Ada beberapa jenis makanan yang menunjang kualitas warna ikan koi yang bisa Anda terapkan secara tepat, berikut Jenis Pakan Koi Untuk Warna.

Agar Anda tidak mengalami kendala dalam pemberian pakan ikan koi, Anda disarankan bisa memberikan pakan pelet dan pakan alami secara bergantian dan berkala. Sehingga kebutuhan nutrisinya bisa terpenuhi. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara memberikan pakan ikan koi:

  1. Anakan ikan koi yang berumur 1-4 hari tidak perlu diberi pakan, karena sudah mendapatkan nutrisi dari kuning telurnya.
  2. Setelah anakan ikan koi berumur >4 hari, beri pakan alami hewani seperti Artemia sp, Dhapnia sp., Monia sp, dan jentik nyamuk.
  3. Setelah koi berumur >90 hari, beri pakan Tubifex sp. dan pelet berukuran kecil (ukuran D0 atau L1) secara rutin dan bergantian.

Sistem bioflok bisa meningkatkan kualitas hasil panen ikan. Tak hanya itu, sistem bioflok juga menjadi sistem budidaya yang jauh lebih mudah untuk diterapkan. Untuk dulur yang tertarik mempelajari teknik budidaya yang satu ini, dulur bisa langsung aja gabung dengan meng-klik gambar di bawah ini.

Pelatihan Bioflok GDM Mei 2024 Banner

Ada banyak sekali ilmu yang akan dulur pelajari dengan mengikuti pelatihan budidaya ikan secara bioflok. Mulai dari persiapan, pengelolaan kolam, cara memaksimalkan hasil panen, serta teknik mengatasi masalah yang sering terjadi saat budidaya lele berlangsung. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dengan klik disini.

b. Berikan Suplemen Yang Mengandung Nutrisi Mikro Lengkap

Diatas sudah dijelaskan pentingnya untuk memberi pakan yang mengandung nutrisi makro lengkap. Namun, bagaimana dengan nutrisi mikronya?

Ya, umumnya pakan yang Anda berikan tidak bisa memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikronya secara sempurna. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memberikan suplemen yang mengandung nutrisi mikro lengkap seperti vitamin, mineral essensial, mineral non essensial dan bakteri baik sebagai mikroorganisme penting dalam sistem pencernaan ikan koi.

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr

Salah satu suplemen yang paling umum digunakan oleh pembudidaya ikan koi adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Ini merupakan produk yang umum digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi mikro dan memperbaiki kualitas air kolam.

  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung nutrisi mikro lengkap seperti multivitamin, mineral essensial, mineral non essensial, bakteri baik (Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus brevis, Bacillus pumillus, Bacillus mycoides), Mg,Na,Ca,Cl,,Mn,Cu, dan Zn.
  • Hanya dengan mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan, Anda sudah tidak perlu menambahkan suplemen, vitamin ataupun obat-obatan lainnya.
  • Sehingga bisa menghemat biaya perawatan dan mempermudah Anda dalam merawat ikan koi agar cepat besar dan berwarna cerah.

Selain bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ikan koi, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan juga memiliki manfaat untuk menjaga air kolam agar tetap jernih dan terbebas dari penyakit akibat bakteri, jamur ataupun virus. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

3. Cara Mempertahankan Air Yang Bagus Untuk Ikan Koi

kualitas air kolam ikan koi

Setelah memperhatikan nutrisi, Anda juga harus memperhatikan ekosistem ikan koi, utamanya air. Air yang bagus untuk ikan koi haruslah bisa menunjang proses metabolis ikan (O2, DO, dan kualitas air yang baik) dan mengandung minim unsur merugikan (feses, metabolit amoniak, dan CO2).

Agar kondisi air baik, Anda disarankan untuk mempertahankan kadar DO optimal, ph sekitar 7, suhu antara 20-30oC dan kandungan bahan organik tinggi.

Itu adalah rekomendasi pakan ikan koi biar cepat besar dan berwarna cerah. Bagaimana? Yuk konsultasi gratis bersama tim ahli perikanan kami untuk pembahasan lengkapnya. Caranya, klik ikon whatsapp berikut:

Share your thoughts