pakan koi untuk warna

Pakan Koi Untuk Warna: Jenis, Kebutuhan Nutrisi, Hingga Cara Pemberian

Ikan koi merupakan jenis ikan hias yang harganya bisa mencapai ratusan juta, hal itu disebabkan kualitas warna yang ditentukan oleh pakan koi untuk warna.

Warna ikan koi memang memiliki ragam yang memikat, tentu ini menjadi peluang bagi setiap pembudidaya dalam menghasilkan ikan koi dengan warna yang bagus dan menarik.

Taukah Anda? jika kualitas warna ikan koi sangat bergantung dengan pakan yang dikonsumsi.

Selain tau lebih mengetahui jenis pakan yang cocok untuk mencerahkan warna ikan koi. Juga kandungan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan ikan koi.

Pakan ikan koi untuk warna yang lebih cerah bisa didapatkan dengan memberikan pakan alami ataupun buatan. Tapi, apasih makanan alami ikan koi terbaik?  Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

Jenis Pakan Koi Terbaik Untuk Warna

Jenis makanan ikan koi secara umum dibagi menjadi 2, yaitu pakan alami dan pakan buatan/pabrikan.

Anda disarankan untuk mengkombinasikan pakan alami dan pakan pelet untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi makro ikan koi. Berikut ini adalah pakan alami ikan koi untuk warna agar lebih cerah:

a. Pakan Alami Ikan Koi Untuk Warna Lebih Cerah

Pakan koi yang berasal dari jenis alami umumnya berasal dari beberapa jenis seperti:

  1. Cacing sutera
  2. Lumut
  3. Daun marigold
  4. Ganggang hijau
  5. Daphnia atau kutu air
  6. Sorgum
  7. Kedelai
  8. Sayuran

Namun ada beberapa jenis pakan alami lainnya untuk ikan koi yang lebih tepat untuk kebutuhan ikan koi dari segi warna. Seperti dibawah ini:

1. Azolla Pinnata

Azolla merupakan salah satu pakan alami yang sering digunakan oleh pembudidaya ikan dan salah satunya juga bisa diberikan untuk ikan hias seperti ikan koi. Adapun beberapa kandungan nutrisi yang ada pada azolla seperti:

pakan azolla
  • Azolla mampu memfiksasi nitrogen (N2) dari udara. Oleh karena itulah azolla mengandung protein tinggi, yang berkisar antara 24-30%
  • Selain mengandung protein tinggi, azolla juga sangat mudah untuk dibudidayakan, bahkan pada lahan sempit. Laju pertumbuhan azolla tiap harinya adalah sekitar 35%.
  • Dengan nutrisi yang baik, maka ikan koi akan menunjukkan warna yang lebih baik dibandingkan dengan nutrisi yang tidak terpenuhi secara baik.

Cara Pemberian Pakan Pada Ikan Koi:

  1. Pemberian pakan azolla untuk ikan koi,bisa diberikan pada waktu siang hari.
  2. Untuk teknis pemberiannya bisa ditebar dikolam atau hand feeding. Selain itu untuk takaran yang dibutuhkan, dapat dihitung berdasarkan jumlah pakan azolla cukup 2% dari bobot biomassa(bobot ikan x jumlah populasi dalam satu kolam)

2. Labu Kuning Dan Wortel

Labu kuning dan wortel bisa Anda berikan kepada ikan koi dalam bentuk cacahan halus ataupun tepung. Dengan menggunakan tepung, maka pemberian pakan ikan koi akan lebih mudah dan praktis.

  • Labu kuning memiliki kandungan cryptoxanthin, chlorophyll, karotenoid, dan anthocyanin yang bisa meningkatkan pigmentasi alami ikan koi.
  • Kandungan karotenoid pada labu kuning bisa meningkatkan pernyerapan provitamin A, antioksidan serta lutein yang juga bisa menciptakan warna ikan koi yang bagus.
  • Anda bisa menggunakan tepung labu kuning murni. Dalam 100 gram tepung labu kuning mengandung 500 µg β-karoten.
  • Sedangkan wortel mengandung β-karoten dan lycopen tinggi yang sangat baik dalam meningkatkan warna ikan koi. Wortel sangat baik dalam menunjang warna orange dan merah terang pada ikan koi.
  • Anda bisa menggunakan tepung labu kuning murni. Dalam 100 gram tepung wortel mengandung 2000 µg β-karoten

Cara Pemberian Pakan Pada Ikan Koi:

  1. Pemberian tepung wortel dan tepung labu, untuk memenuhi kebutuhan karotenoid ikan mas koki cukup besar, yaitu 200 mg/kg.
  2. Dosis pemberian pakan berdasarkan bobot biomassa ikan koi adalah sekitar 3-5%/TBB/hari. Anda bisa memberikan pakan tepung ikan koi sebanyak 2-3 kali perhari.
  3. Begitu baiknya tepung labu kuning dan wortel ini sudah banyak dibuktikan oleh pecinta ikan koi. Dengan menambahkan 10% tepung labu kuning atau tepung wortel, bisa meningkatkan warna orange. Utamanya pada bagian kepala, punggung, dan ekor ikan mas koi.

b. Pakan Buatan Untuk Ikan Koi

Astaksantin merupakan salah satu kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ikan koi. Astaksantin ini sangat banyak terkandung pada:

  1. Udang
  2. Krill
  3. Trout
  4. Ikan salmon.

Oleh karena tingginya Astaksantin dalam udang, sehingga selain menggunakan pellet ikan Anda bisa menggunakan tepung kepala udang untuk pakan alami ikan koi untuk warna lebih cerah. Tepung kepala udang menjadi salah satu pakan buatan yang bisa diberikan untuk ikan koi.

pakan buatan untuk ikan koi

Selain Astaksantin, tepung kepala udang juga mengandung kandungan nutrisi yang sangat penting seperti:

  • Mineral
  • Protein
  • Khitin
  • Khitosan
  • protein konsentrat
  • flavoran (zat perasa)
  • pigmen karotenoid.

Selain itu, tepung kepala udang juga mengandung 49% protein dan 5% lipid.  Dengan begitu, jika Anda menggunakan tepung kepala udang, maka persentase pakan pelet untuk ikan koi bisa lebih sedikit.

Pahami Kebutuhan Nutrisi Ikan Koi

setelah mengetahui jenis pakan ikan koi yang tepat untuk mencerahkan warna, pastikan Anda juga memenuhi kebutuhan nutrisi makro ikan koi adalah protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan air.

cara menjadikan koi juara

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah komposisi yang harus terdapat dalam pakan koi kecil maupun dewasa:

a. Kebutuhan Protein Ikan Koi

  • Protein dibutuhkan oleh ikan koi untuk pertumbuhan dan penggantian sel-sel yang rusak. Kebutuhan protein untuk ikan koi adalah sebesar 30-60%.
  • Jika asupan protein untuk ikan koi kurang daru 30%, maka pertumbuhan ikan koi akan terhambat dan menjadi mudah sakit.

b. Vitamin Untuk Ikan Koi

Ikan koi membutuhkan vitamin untuk proses metabolismenya. Ikan koi yang kekurangan vitamin akan mengalami gangguan seperti:

  • Nafsu makan menurun
  • Aktifitas tidak lincah
  • Gerakan ikan tidak seimbang/oleng
  • Warna kulit pucat
  • Pertumbuhan sirip tidak sempurna, dan ikan mudah sakit.

Untuk memenuhi kebutuhan vitaminnya, anda bisa menunjangnya dengan memberikan probiotik atau suplemen.

Salah satunya  yang mengandung multivitamin, salah satu rekomendasi untuk menunjang kualitas pakan dan mencerahkan warna adanya bakteri premium yaitu  Micrococcus roseus.

Adanya kandungan bakteri premium yang ada pada Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan serta lengkapnya vitamin yang terkandung didalamnya. Menjadikan warna ikan koi akan lebih cerah.

Terlebih karena produk ini sangat baik untuk menjaga kesehatan ikan koi, sehingga Anda akan mendapati perubahan warna ikan koi yang bagus setelah diberikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.

c. Kebutuhan Lemak Ikan Koi

  • Kebutuhan lemak ikan koi tidak boleh terlalu rendah ataupun terlalu tinggi. Sebab, lemak yang terlalu rendah dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.
  • Sedangkan asupan lemak terlalu tinggi justru dapat menyebabkan kegemukan/over weight dan mengganggu kinerja hati. Jumlah lemak yang seharusnya diterima ikan koi adalah antara 3-10%.

d. Kebutuhan Karbohidrat Ikan Koi

Karbohidrat menjadi salah satu nutrisi makro yang harus Anda penuhi. Kebutuhan karbohidrat ikan koi adalah sekitar 30%. Anda disarankan untuk memilih pakan alami atau pelet yang memiliki kandungan karbohidrat sekitar 30%.

e. Kebutuhan Mineral Ikan Koi

Tidak hanya mengandung multivitamin, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan juga mengandung mineral essensial dan non essensial yang sangat dibutuhkan oleh ikan koi.

Untuk memenuhi kebutuhan mineral, vitamin dan nutrisi mikro lainnya, Anda disarankan untuk mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.

Pemberian Probiotik Ikan Koi

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 2ltr

Pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan untuk ikan koi dapat dilihat pada penjelasan berikut:

  1. Aplikasikan secara rutin Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan setiap hari dengan cara mencampurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada pakan ikan koi.
  2. Caranya: Semprotkan 1 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke 100 gram pakan ikan koi.
  3. Berikan pakan yang sudah disemprot Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan tersebut ke ikan koi Anda setiap hari.
  4. Untuk menjaga kualitas air tetap baik dan terbebas dari penyakit, tuangkan 10 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke air kolam setiap 1 minggu sekali.

Mengandung bakteri baik (Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus brevis, Bacillus pumillus, dan Bacillus mycoides) yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  • meningkatkan kualitas pakan
  • memperbaiki sistem pencernaan/kecernaan ikan
  • meningkatkan sistem imun ikan koi agar tidak mudah sakit
  • mempernaiki kualitas air agar terbebas dari penyakit, serta mencerahkan warna ikan koi.

Kombinasi antara pakan dan probiotik ikan koi menjadi satu kesatuan yang dapat mencerahkan warna ikan koi. Memiliki kualitas yang lebih baik dan tentu saja sangat bagus untuk perkembangan ikan koi, akan memberikan dampak yang bagus untuk kesehatan juga.

testimonial suplemen organik ikan koi
Salah satu mitra GDM memberikan testimonial perawatan ikan koi.

Kualitas warna inilah yang menjadikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan menjadi salah satu rekomendasi vitamin atau probiotik ikan koi. Anda juga bisa melihat kiat lainnya mengenai pencerahan warna pada ikan koi pada artikel Peningkatan Warna Ikan Koi Dengan Micrococcus Roseus.

Tidak hanya memperbaiki kualitas air kolam, namun juga mencerahkan pigmen warna pada ikan koi, jadi sudah yakin memulai perawatan warna ikan koi supaya lebih cerah?

Yuk percantik warna ikan koi Anda dengan rekomendasi pakan dan kombinasi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan .

Mau konsultasi lebih lanjut? Yuk hubungi tim ahli kami dengan cara klik ikon whatsapp dibawah ini:

Share your thoughts