Beranda » Peternakan » Panduan Lengkap Cara Ternak Ayam Petelur

Panduan Lengkap Cara Ternak Ayam Petelur

T Diposting oleh pada 29 November 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 45 kali

ayam petelur

Ayam petelur adalah ayam betina dewasa yang dipelihara khusus untuk diambil telurnya. Walau berasal dari ayam hutan, tetapi dengan adanya persilangan dan rekayasa genetika maka saat ini banyak dijumpai ayam petelur unggul yang bisa dijadikan lahan bisnis ayam petelur.

 

Ada Dua Jenis Ayam Petelur Yang Cocok Untuk Usaha Peternakan, Yaitu :

1. Jenis Ayam Petelur Ringan

Ciri-ciri tipe ayam ini adalah bentuk badannya ramping/cenderung kurus, warna bulu putih (biasanya masih keturunan galur murni White Leghorn), warna kulit telur putih, produksinya mencapai 260 butir/ekor/tahun.

2. Jenis Ayam Petelur Medium

Berat badannya tidak terlalu gemuk (berat antara tipe ringan dan broiler), warna bulu coklat dan warna kulit telur coklat. Tipe ini yang banyak diusahakan karena jika telah afkir, dagingnya masih laku dijual sehingga sering disebut ayam dwiguna.

 

Cara Ternak Ayam Petelur :

Berikut ini cara ternak ayam petelur dengan bantuan bioteknologi ala Suplemen Organik Cair GDM :

  1. Pemilihan Lokasi Kandang Ayam Petelur.

kandang ayam

contoh kandang ayam petelur. Img by google.co.id

Lokasi kandang peternakan ayam petelur selalu jauh dari keramaian atau perumahan tetapi mudah dijangkau menuju ke pusat-pusat penjualan.

Dengan aplikasi SOC GDM sejak awal maka bakteri dalam SOC GDM dapat menghilangkan bau yang berasal dari amonia kotoran dan kandang sehingga tidak mengganggu masyarakat sekitarnya.

  1. Daily Old Chicken/DOC.

Selalu gunakan DOC Strain Unggul dari Breeder terpercaya. Bibit berasal dari indukan yang sehat, produksi telurnya tinggi juga tahan terhadap kondisi lingkungan dan penyakit. Saat ini sudah banyak beredar Strain Unggul di pasaran.

  1. Pakan dan Suplemen Ternak Organik.

pakan ternak

Pilihan terbaik untuk panen melimpah. Suplemen Organik Cair GDM spesialis Ternak

Pemilihan pakan ayam petelur disesuaikan dengan umur dan fase pertumbuhannya, juga kandungan nutrisi dalam pakan tersebut. Kualitas pakan ditentukan oleh komposisi kandungan nutrisinya, antara lain protein serat kasar, lemak, asam amino dan mineral lainnya.

Selalu gunakan Suplemen Organik Cair GDM untuk meningkatkan nafsu makan, daya cerna pakan dan meningkatkan efisiensi pakan serta daya tahan ayam terhadap penyakit.

  1. Vaksin dan Obat-obatan.

Beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus (belum ada obatnya) dapat dicegah dengan vaksinasi, sedangkan penyakit lain yang disebabkan pathogen dapat diobati dengan pemberian antibiotik dan vitamin. Beberapa bakteri dalam SOC GDM menghasilkan antibiotik yang dapat mencegah serangan penyakit, sehingga penggunaan SOC GDM dapat menghemat anggaran pembelian antibiotik.

  1. Panen dan Pasca Panen

Penggunaan SOC GDM secara rutin dapat meningkatkan produksi telur dan memperpanjang usia produktif ayam petelur. Hasil telur yang menggunakan SOC GDM cangkang/kulit telurnya lebih tebal sehingga sangat aman jika telur-telur tersebut dikirim dengan jarak jauh.


Salah satu testimoni pengguna Suplemen Organik Cair GDM untuk ternak ayam petelur

Demikian beberapa tips sederhana dalam usaha budidaya peternakan ayam petelur yang dapat dilakukan untuk menunjang keberhasilan dan pendapatan peternak.

 

Refrensi :  www.ristek.go.id

Belum ada Komentar untuk Panduan Lengkap Cara Ternak Ayam Petelur

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Panduan Lengkap Cara Ternak Ayam Petelur

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai GDM