Cara Memperbesar Telur Bebek Dengan Mudah

Harga jual telur bebek tergolong stabil, namun yang membedakan kualitas dan harga telur terdapat pada ukuran jenis dan berat telur. Inilah yang membuat Sebagian peternak ingin mendapatkan kualitas harga jual yang bagus namun telur yang dijual belum maksimal kualitasnya. Anda tentu harus memahami cara memperbesar telur bebek secara tepat.

Salah satu persiapan adalah ilmu yang memadai, terutama membuat bebek menghasilkan telur yang besar. Jika telur bebek besar, maka keuntungan anda juga akan semakin besar. Ada beberapa faktor yang membuat telur bebek agar lebih maksimal hasilnya, salah satunya dengan pemilihan:

  1. Kualitas indukan
  2. Jenis pakan
  3. Teknis perawatan

Dari ketiga hal tersebut, mana saja yang sudah Anda terapkan? Jika baru salah satu ada keduanya, Anda tentu harus memulai untuk menerapkan semuanya. Anda bisa melakukan teknis yang tepat dengan panduan kami berikut ini:

1. Penyebab Telur Bebek Kecil

Salah satu masalah yang paling sering dihadapi para peternak bebek petelur adalah telur yang dihasilkan sangat kecil. Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan telur yang dihasilkan bebek kecil.

Kualitas Indukan

kualitas indukan bebek

Penyebab pertama yang membuat bebek menghasilkan telur yang kecil adalah kualitas bebek itu sendiri. Bebek dengan kualitas yang buruk akan menghasilkan telur yang tidak berkualitas juga.

Anda dapat melihat kualitas indukan bebek petelur yang kurang bagus dari beberapa ciri-ciri fisiknya. Pertama, lihatlah bulu indukan bebek tersebut. Bebek yang tidak berkualitas memiliki bulu yang kusam dan mudah rontok.

Selain itu, mata bebek juga bisa menunjukkan kualitas bebek tersebut. Bebek yang tidak bagus biasanya memiliki mata yang kotor, tertutup, dan terlihat seperti mengantuk. Bebek petelur yang tidak aktif bergerak juga harus segera diperiksakan kondisinya.

  • Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas indukan bebek memiliki hubungan terhadap telur yang dihasilkan. Bebek dengan bobot yang lebih berat terbukti menghasilkan telur yang lebih besar pula.
  • Penelitian ini juga menyarankan untuk memilih bibit dengan bobot sekitar 1,6 kg sampai 2 kg untuk mendapatkan indukan yang bisa menghasilkan telur berukuran besar. Karena itu, anda harus teliti ketika memilih calon indukan bebek.

Pola Pakan Pada Bebek

Anda sudah memiliki indukan yang tepat. Namun, bebek masih menghasilkan telur yang berukuran kecil. Mungkin masalahnya ada pada pola pakan yang salah. Bebek juga membutuhkan nutrisi yang seimbang agar bisa tumbuh dengan sehat.

  • Banyak penelitian yang melakukan kajian pengaruh pola makan bebek terhadap produktivitas telur. Hasilnya seragam, yaitu pola pakan pada bebek sangat berpengaruh terhadap produktivitas telur.
  • Suatu penelitian menunjukkan bahwa penambahan protein pada pola pakan bebek akan meningkatkan hasil telurnya. Penelitian yang lain juga menyarankan untuk menambahkan vitamin A pada pola pakan bebek.
  • Intinya adalah anda harus memberikan bebek pola pakan yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi agar bebek bisa menghasilkan telur yang berkualitas.

Kesehatan Indukan Bebek

Telur bebek yang kecil juga disebabkan oleh indukan bebek yang sedang dalam kondisi yang tidak sehat. Jika melihat ada bebek yang menghasilkan telur yang kecil, cobalah untuk memeriksa kesehatan bebek tersebut.

  • Perhatikan bulu, mata, hidung, dubur, dan pusar bebek ketika sedang memeriksa kondisi kesehatannya. Bulu bebek yang sehat biasanya sangat bersih dan mengkilap.
  • Mata dan hidung bebek yang sehat juga bersih tanpa lendir. Mata bebek akan terbuka dengan lebar jika kondisinya sehat. Dubur dan pusar bebek yang sehat juga kering.
  • Anda harus waspada terhadap penyakit yang bisa menyerang bebek. Ada banyak sekali penyakit yang mudah menular di antara bebek, seperti kolera, white eye, coccidiosis, coryza, salmonellosis, dan sinusitis.
  • Mengetahui gejala setiap penyakit dapat membantu anda menangani bebek dengan lebih cepat.
  • Kolera akan membuat bebek sesak napas, bengkak, sulit berjalan, dan mengeluarkan suara yang sangat nyaring. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri dengan tingkat kematian mencapai 50%.
  • Bebek yang terserang penyakit white eye bisa dideteksi dari mata dan paruhnya. Mata dan paru bebek akan mengeluarkan lendir bening. Bebek juga jadi kesulitan bernafas. Penyakit white eye disebabkan oleh virus.
  • Coccidiosis atau penyakit berak darah disebabkan oleh bakteri dan dapat menular dengan sangat cepat. Gejala yang ditimbulkan antara lain adalah hilangnya nafsu makan hingga kelumpuhan.
  • Gejala dari penyakit coryza bisa terlihat dari kotoran mata yang kental. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini memiliki gejala yang hampir sama dengan penyakit white eye.
  • Salmonellosis pada bebek bisa terlihat dari gejala munculnya kotoran pada mata serta hidung. Selain itu, penyakit salmonellosis yang sudah parah bisa membuat bebek mencret. Penyakit yang satu ini memiliki tingkat kematian yang cukup tinggi, yaitu sekitar 50%.
  • Terakhir, bebek yang terserang penyakit sinusitis akan menunjukkan gejala bengkak pada bagian sinus hingga kesulitan bernafas.

Selain penyakit menular ini, anda juga harus mewaspadai bebek yang stress. Bebek yang sedang dalam tekanan cenderung tidak ingin makan dan beraktivitas. Jika dirasa Anda menemui kendala dan serangan penyakit yang membutuhkan penanganan, Anda bisa melihat ulasan tim ahli peternakan kami mengenai Jenis Penyakit Bebek dan Cara Menangani.

2. Faktor Penunjang Memperbesar Telur Bebek Dengan Mudah

Anda harus memperhatikan beberapa faktor ketika ingin memperbesar telur bebek. Berdasarkan beberapa penyebab yang membuat telur bebek menjadi kecil, anda bisa melakukan hal ini untuk mengatasi penyebab tersebut. Inilah cara memperbesar telur bebek:

bebek makan

Jenis Ransum dan Pakan

Memperhatikan jenis ransum dan pakan sangat penting agar telur bebek besar. Penelitian juga sudah membuktikan bahwa memberikan pakan yang tepat akan meningkatkan produktivitas telur.

Ada beberapa syarat yang harus anda penuhi sebelum menentukan jenis pakan yang akan anda berikan kepada bebek, yaitu harus mudah didapatkan, tersedia dalam jumlah yang banyak, murah, dan tidak bersaing dengan makanan manusia.

Beberapa pakan umum yang bisa anda berikan kepada bebek adalah:

  • jagung giling
  • bekatul
  • sorgum
  • tepung roti
  • dedak padi
  • singkong

Semua makanan yang telah disebutkan mengandung energi yang cukup tinggi.  Untuk sumber protein, anda dapat memilih tepung ikan, bungkil kacang, bungkil kelapa, limbah kecambah, dan ampas tahu.

Untuk pakan akternative lain bisa di berikan ikan rucah, kepala udang, kulit kerrang atau maggot.

Pembudidayaan bebek tidak selalu mudah, seringkali petani bebek mengalami kendala yang sangat merugikan bagi mereka. Karenanya, tim GDM mengadakan pelatihan bebek untuk membantu dulur memaksimalkan hasil ternak Anda. Yuk gabung pelatihannya langsung dengan klik gambar di bawah ini:

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari langsung dari pelatihan budidaya bebek tersebut. Mulai dari persiapan kandang, pembuatan pakan, penanganan terhadap penyakit, serta tips dan trik untuk memaksimalkan hasil ternak Anda. Tunggu apa lagi? yuk segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik link berikut ini.

Kebutuhan Nutrisi Pakan

Apapun jenis pakan yang akan anda berikan untuk bebek, pastikan memenuhi kebutuhan nutrisi bebek itu sendiri. Inilah kunci dari keseluruhan cara agar telur bebek besar. Percuma saja anda memberikan pakan yang terlihat mewah kalau tidak memenuhi nutrisi dari bebek.

Kebutuhan nutrisi bebek petelur terbagi menjadi protein kasar, energi atau kalori, metionin, lisin, kalsium, dan air.

Untuk bebek yang akan bertelur, kebutuhan protein kasar cukup tinggi. Protein kasar setiap hari yang dibutuhkan bebek petelur adalah sekitar 17% sampai 19%. Bebek layer butuh metionin sekitar 0,37%. Metionin adalah suatu pecahan dari protein atau asam amino.

Bebek petelur juga membutuhkan lisin atau jenis asam amino lainnya sekitar 1,05%. Kalsium juga sangat penting sebagai komponen pembentuk telur. Bebek petelur butuh kalsium sebanyak 2,9% sampai 3,25%. Energi total yang dibutuhkan bebek petelur setiap hari adalah sekitar 2700 kalori.

Setelah melihat kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan bebek. Kini saatnya menyesuaikan kandungan nutrisi dalam pakan terhadap kebutuhan nutrisi bebek. Berikut tabel kandungan nutrisi dari pakan bebek:

Anda juga bisa mempelajari secara lengkap mengenai pakan yang diberikan untuk bebek, utamanya untuk meningkatkan besar telur. Berikut Jenis Pakan Bebek Petelur dan Cara Membuatnya.

Kualitas Perawatan

Cara terakhir yang dapat membuat bebek menghasilkan telur yang besar adalah memperbaiki kualitas perawatan yang anda lakukan selama ini. Kesehatan bebek sangat berpengaruh terhadap telur yang dihasilkan. Kualitas perawatan sangat berpengaruh terhadap kesehatan bebek.

Ketika merawat bebek petelur, anda harus memperhatikan kebersihan kandang hingga kesehatan bebek. Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah menjaga kebersihan kandang bebek.

  • Langkah-langkah dalam membersihkan kandang bebek adalah dengan mengeluarkan semua bebek terlebih dahulu. Setelah itu, angkat semua peralatan makan dan minum bebek. Bersihkan secara terpisah.
  • Cuci semua area kandang menggunakan air sabun dan bilas dengan air yang bersih. Pastikan anda membersihkan semua kotoran bebek yang menempel pada lantai kandang. Kotoran bebek mengandung banyak sekali bakteri dan virus yang dapat menjangkit.
  • Setelah selesai mencuci kandang, bilas lagi dengan desinfektan. Masukkan kembali semua peralatan makan dan minum bebek yang telah anda bersihkan di luar kandang.
  • Sebelum mengembalikan bebek ke dalam kandang, pastikan bebek juga sudah dalam keadaan yang bersih. Ada baiknya peternak juga menjaga kebersihan sebelum masuk ke dalam kandang.
  • Setelah membersihkan kandang, anda harus memberikan pakan yang tepat. Anda sudah mengetahui cara memberikan pakan yang tepat untuk bebek. Jangan lupa juga untuk selalu memeriksa kesehatan bebek.

Jika Anda mengalami kendala bebek yang kurang produktif dalam menghasilkan telur bebek, tentu yang paling tepat Adalah memberikan kualitas perawatan yang tepat. Berikut ulasan tim ahli peternakan kami mengenai Cara Meningkatkan Produksi Telur Bebek.

3. Suplemen untuk Memperbesar Telur Bebek dengan Mudah

Langkah terakhir yang dapat anda lakukan agar telur bebek membesar adalah memberikan suplemen. Memilih suplemen yang tepat menjadi pekerjaan anda selanjutnya. Pilihlah suplemen yang mengandung berbagai jenis bakteri baik dan usahakan menggunakan suplemen organik.

Suplemen organik cair GDM spesialis peternakan dapat menjadi jawaban ketika anda sedang mencari suplemen yang tepat untuk bebek. Suplemen yang satu ini terbuat dari bahan limbah organik dan mengandung berbagai bakteri yang dapat meningkatkan daya tahan bebek terhadap penyakit serta memperlancar pencernaan.

Hasil telur bebek yang optimal tentu saja berawal dari kualitas perawatan yang bagus. Tentu ini sangat penting untuk peternak pemula, untuk mencukupi kebutuhan pakan bebek secara optimal dari segi komposisi, bahan dan kualitas yang memberikan efek bagus untuk bebek petelur salah satunya dengan menggunakan probiotik bebek organik.

Kenapa harus organik? sebab probiotik organik mengandung bahan-bahan organik serta berpadu dengan kualitas bakteri premium salah satu bacillus pumilus yang sangat berguna untuk meningkatkan produksi telur.

Salah satu probiotik bebek organik yang memiliki kandungan bakteri premium bacillus pumillus yaitu Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.

Tidak hanya memiliki kandungan satu bakteri premium yang bagus untuk pertumbuhan bebek secara optimal namun juga menjaga daya tahan tubuh bebek agar tidak rentan terkena serangan penyakit.

  1. Penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa diaplikasikan langsung pada air minum bebek maupun pada pakan.
  2. Cukup dengan 0,3 ml/ekor atau sekitar 30 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan/100 ekor bebek petelur.
  3. Bisa diaplikasikan pada waktu pagi maupun sore hari.

Dengan menggunakan produk GDM Organik, produktivitas bebek petelur bisa terus meningkat. Itu artinya, keuntungan yang bisa didapatkan juga bisa terus meningkat.

Jika dirasa Anda memiliki kendala dalam meningkatkan kualitas telur bebek, Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts