Entok Tidak Mau Makan: Penyebab, Cara Mengatasi, Faktor Penghambat, Hingga Penunjang

Entok tidak mau makan menjadi salah satu kendala yang berarti bagi pembudidaya. Pemberian pakan yang kurang yang sesuai menyebabkan nafsu makan entok turun.

Meski masih kalah terkenal dibandingkan ayam atau bebek, entok tetap menjadi pilihan untuk beberapa peternak karena beberapa kelebihannya. Kelebihan entok dibandingkan unggas lainnya adalah lebih tahan dari penyakit dan harga jualnya cukup tinggi.

Memiliki daya tahan tubuh yang kuat tidak membuat entok bebas dari berbagai masalah. Salah satu masalah yang paling sering menghantui peternak adalah ketika entok tidak mau makan. Tentu anda harus mengatasi entok susah makan agar tidak mengalami kerugian.

1. Faktor Penghambat Pertumbuhan Entok

Entok yang tidak mau makan serta sulit untuk tumbuh besar memiliki beberapa faktor yang menghambat. Anda harus mengetahui faktor berikut ini agar dapat mengatasi masalah ini dengan baik:

Kondisi Kandang Kurang Kondusif

kualitas kandang entok

Faktor yang menghambat entok hingga tidak mau makan adalah kondisi kandang yang tidak ideal sebagai tempat tinggal entok. Kelayakan kandang untuk entok dapat diukur dengan beberapa parameter.

  • Ukuran, lokasi, peralatan, dan kebersihan kandang menjadi hal yang harus anda perhatikan agar entok tidak mudah stress sehingga tidak mau makan. Membuat kandang entok harus anda perhatikan dari awal.
  • Ukuran kandang yang terlalu kecil akan membuat entok tidak leluasa bergerak. Peralatan kandang, seperti tempat makan dan minum yang kurang lengkap malah bisa menyusahkan entok.
  • Selain itu, kandang entok yang kotor akan membuat hewan yang satu ini mudah terserang penyakit. Saat entok terserang penyakit, entok tidak akan mau makan sama sekali. 

Jenis Pakan yang Dikonsumsi

Hal yang selanjutnya yang menghambat nafsu makan entok adalah pakan yang anda berikan tidak sesuai. Umumnya, entok tidak akan makan bila makanan yang anda berikan tidak berkualitas.

Kualitas pakan untuk entok juga bisa dilihat dari beberapa kriteria, seperti nutrisi pakan, ukuran, jenis pakan, hingga bau pakan.

Ukuran pakan harus disesuaikan dengan ukuran paruh dari entok. Sedangkan pakan yang baik tidaklah memiliki bau yang menyengat. Anda harus memeriksa kelayakan pakan jika sudah tercium bau busuk.

Nutrisi pakan untuk entok harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap hari. Selain itu, jenis pakan yang anda berikan juga harus tepat.

Kualitas DOD

Berbagai penyakit dan kondisi yang membuat entok jadi tidak bagus bisa diturunkan dari induk. Jika induk entok memiliki penyakit tertentu, kemungkinan besar anaknya juga akan mengalami penyakit yang sama.

Karena itu, anda harus memilih DOD entok yang berkualitas. Memilih bibit yang tidak berkualitas hanya akan mendatangkan berbagai macam masalah kondisi kesehatan.

  • Memilih bibit entok yang bagus tidaklah sulit, anda hanya cukup melihat beberapa ciri fisik. Bibit entok yang sehat akan sangat lincah bergerak dan memiliki nafsu makan yang baik.
  • Entok yang sehat juga memiliki segala organ tubuh yang normal, mata yang sehat, kaki yang kuat, dan badan yang gemuk.
  • Pertumbuhan bibit entok yang sehat juga umumnya sangat cepat. Pilih bibit entok yang berasal dari induk dengan produktivitas telur yang sangat banyak.

2. Penyebab Entok Tidak Mau Makan

Ada banyak hal yang menjadi penyebab entok tidak mau makan. Hal yang menyebabkan entok tidak mau makan bisa dikarenakan makanan yang tidak berkualitas hingga kesehatan yang buruk. Secara umum, entok yang tidak mau makan bisa disebabkan oleh hal ini:

Kualitas Makanan Entok

pakan entok
  • Penyebab pertama yang membuat entok tidak mau makan adalah kualitas makanan yang anda berikan sangat buruk.
  • Makanan yang tidak layak diberikan dapat menjadi penghambat dan penyebab entok tidak mau makan.
  • Anda harus memberikan entok makanan yang masih layak dimakan dengan kandungan nutrisi yang tepat. Selain itu, porsi pakan yang anda berikan juga salah. Perhatikan juga kebersihan wadah makan dan minum untuk entok.

Kesehatan Menurun

Entok yang sakit juga memiliki nafsu makan yang buruk sehingga anda harus memeriksa kesehatan entok yang tidak mau makan. Banyak penyakit pada entok yang bisa menular dengan cepat. Beberapa penyakit juga menunjukkan gejala khusus.

Kondisi Lingkungan Sekitar

Kondisi lingkungan sekitar kandang yang buruk akan membuat entok mudah mengalami stress. Ketika stress, entok sangat jarang ingin makan. Entok yang sedang stress akan memiliki perilaku yang sangat aneh. Pada kasus yang sudah sangat parah, entok yang stress bisa mati.

Menjaga lingkungan kandang agar jauh dari pemukiman warga akan membantu entok lebih tenang.

Lokasi kandang yang paling baik untuk entok adalah tempat yang lembap dan dekat dengan sumber air.

Dalam satu hari, entok harus dilepaskan dari kandang agar bebas bergerak. Karena itu, cari lokasi kandang dengan lapangan kosong yang luas. Selain itu, pastikan juga lokasi tersebut bebas dari hewan buas.

3. Cara Mengatasi Entok Tidak Mau Makan

Mencari cara mengatasi entok yang tidak mau makan sebenarnya tidaklah sulit. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan. Namun, anda harus sabar dan konsisten dalam melakukan cara berikut ini:

Cek Kesehatan Entok Secara Berkala

cek kesehatan entok

Cara mengatasi entok yang tidak mau makan pertama adalah memeriksa kesehatan entok secara berkala dan konsisten setiap bulan. Dengan cara ini, anda bisa mengetahui jika anda salah satu entok yang terserang penyakit.

Banyak keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan memeriksa entok setiap bulan, seperti mencegah penyakit yang lebih parah, memangkas kerugian, hingga menyelamatkan nyawa entok itu sendiri.

Anda harus mengetahui cara memeriksa kesehatan entok agar bisa mengetahui penyakit yang diderita entok. Periksa setiap orang dari entok, seperti mata, hidung, paruh, telinga, kaki, hingga anus.

Mata entok yang sehat harus bersih dari segala macam kotoran dan lendir. Entok sehat memiliki mata bulat yang cerah. Paruh entok juga harus bersih dari kotoran dan tidak mengeluarkan air liur yang terlalu berlebihan.

Sama seperti mata dan paruh, hidung dan telinga entok juga harus bersih dari lendir. Kaki entok yang sehat harus kuat ketika berjalan dan berdiri. Selain itu, kaki entok juga harus memiliki bentuk yang normal.

Ada banyak sekali penyakit yang menyerang entok, seperti:

  • Influenza
  • Salmonellosis
  • fowl cholera
  • fowl pox
  • botulismu
  • coccidiosis.

Penyakit influenza bisa dilihat dari gejala kaki yang berdarah, diare, dan cairan pada bagian mata, hidung, serta paruh. Penyakit yang satu ini menular melalui kotoran sesama entok.

Gejala yang ditimbulkan penyakit salmonellosis pada entok adalah diare yang sangat encer dengan warna agak kuning, sulit bernapas, hidung berlendir, hingga kesulitan berjalan hingga mengalami kelumpuhan.

Entok sedang mengidap penyakit fowl cholera akan terlihat sangat lesu, suhu badan sangat tinggi, diare, hingga kesulitan bernapas. Penyakit yang satu ini disebabkan oleh bakteri yang menular sangat cepat melalui kotoran dan makanan.

Fowl pox disebut juga penyakit cacar pada unggas, termasuk entok. Penyakit yang satu ini akan membuat entok kesulitan bernapas, lesu, muncul bintik pada tubuhnya, bagian mata hingga hidung mulai berlendir. Penyakit fowl pox disebabkan oleh virus.

Penyakit botulisme akan membuat entok mengalami diare, malas bergerak, hingga mengalami kerontokan bulu. Anda dapat menggunakan obat anti botulisme untuk mengobati penyakit yang satu ini.

Gejala dari penyakit coccidiosis yang menyerang entok adalah mencret yang disertai dengan darah karena penyakit yang satu ini menyerang bagian pencernaan entok. Karena itu, anda harus memberikan obat untuk pencernaan.

Dengan mengetahui segala jenis penyakit yang menyerang entok, anda bisa mengetahui tindak lanjut pencegahannya. Hal ini tentu akan menyelamatkan nyawa entok.

Pembudidayaan bebek tidak selalu mudah, seringkali petani bebek mengalami kendala yang sangat merugikan bagi mereka. Karenanya, tim GDM mengadakan pelatihan bebek untuk membantu dulur memaksimalkan hasil ternak Anda. Yuk gabung pelatihannya langsung dengan klik gambar di bawah ini:

Ada banyak hal yang bisa Anda pelajari langsung dari pelatihan budidaya bebek tersebut. Mulai dari persiapan kandang, pembuatan pakan, penanganan terhadap penyakit, serta tips dan trik untuk memaksimalkan hasil ternak Anda. Tunggu apa lagi? yuk segera daftarkan diri Anda dengan meng-klik link berikut ini.

Pemberian Pakan yang Sesuai

Cara mengatasi entok susah makan selanjutnya adalah dengan memberikan pakan yang sesuai. Banyak pakan yang bisa anda berikan kepada entok. Namun, harus disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi. Entok yang baru lahir memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan entok yang sudah dewasa.

  • Pakan yang cocok untuk entok berumur 1 sampai 14 hari adalah pakan konsentrat, seperti pelet. Pakan pelet memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi entok.
  • Entok yang masih kecil sangat membutuhkan kalsium, fosfor, berbagai jenis vitamin, serta protein yang banyak.
  • Pada saat entok berumur 15 hari sampai 35 hari, anda dapat memberikannya jagung, dedak, atau ampas tahu. Pada usia ini, perkembangan entok sangat pesat sehingga membutuhkan energi yang sangat banyak. Memberikan makanan yang kaya karbohidrat serta protein akan membantunya lebih cepat tumbuh.
  • Berikan bungkil kedelai, jagung giling, ampas tahu, atau pelet untuk entok yang sudah dewasa atau dengan umur lebih dari 35 hari. Entok yang sudah dewasa tetap membutuhkan protein agar memiliki badan yang besar. Untuk entok yang bertelur, kebutuhan protein harus lebih banyak.

Penggunaan Ramuan Herbal

Cara mengobati entok yang tidak mau makan terakhir adalah memberikan ramuan herbal. Ada banyak resep ramuan herbal yang dapat anda buat sendiri untuk membantu meningkatkan nafsu makan entok.

Ramuan herbal yang tepat akan membuat entok lebih kebal dari penyakit hingga meningkatkan stamina.

Beberapa bahan ramuan herbal yang dapat anda gunakan adalah:

  • Kunyit
  • daun sirih
  • temulawak
  • daun papaya
  • lengkuas
  • bawang putih
  • jahe.

Kunyit mengandung anti bakteri dan anti radang yang bisa melancarkan pencernaan entok. Daun sirih mengandung anti jamur sehingga juga berperan untuk meningkatkan sistem pencernaan entok.

Temulawak berfungsi untuk membuang berbagai racun dalam tubuh entok. Daun pepaya terkenal bisa meningkatkan nafsu makan entok sehingga anda harus menggunakannya. Lengkuas bisa menetralkan racun yang ada pada tubuh entok.

Bawang putih bisa meningkatkan stamina entok sambil menjaga kekebalan tubuhnya. Jahe juga berfungsi untuk membuat stamina entok semakin meningkat.

Campurkan semua bahan tersebut menjadi satu dan hancurkan bersamaan. Anda bisa menambahkan campuran ramuan herbal tersebut ke dalam pakan atau minuman entok.

Untuk hasil yang maksimal, anda harus memberikan ramuan herbal ini kepada entok setiap hari. Dalam waktu beberapa minggu, nafsu makan entok akan kembali tinggi.

Pemberian Suplemen Untuk Entok

Selain ditunjang dengan ramuan herbal, Anda bisa memilih untuk mengaplikasikan suplemen sebagai penunjang untuk meningkatkan nafsu makan entok.

Memenuhi nutrisi hariannya diimbangi dengan adanya Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan menjadi salah satu pilihan tepat yang dilengkapi oleh beberapa bakteri premium menguntungkan seperti:

  • bacillus brevis
  • bacillus pumillus
  • bacillus mycoides
  • pseudomonas alcaligenes
  • micrococcus roseus

Menjadi salah satu pilihan untuk menunjang system pencernaan semakin baik serta meningkatkan nafsu makan pada entok. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa diaplikasikan pada pakan maupun minum entok.

Kebutuhan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan bisa Anda sesuaikan dengan jumlah entok yang dibudidayakan. Jika Anda memerlukan pendampingan mengenai cara mengatasi entok yang tidak mau makan, Anda bisa langsung berkonsultasi dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts