Makanan Konsentrat Entok: Jenis, Kandungan Nutrisi dan Penunjang Kualitas

Makanan konsentrat entok berkaitan dengan kebutuhan nutrisi yang dimiliki oleh entok itu sendiri. Pemberian konsentrat entok dalam penyusunan pakan dapat dijadikan sebuah alternatif untuk menambah bobot badan serta produksi telur yang optimum, dengan tetap memperhatikan tingkat protein dan energi yang dibutuhkan.

Sebagai salah satu jenis unggas, entok juga perlu meningkatkan produktivitasnya. Akan tetapi, biaya pakan yang mencapai 70% dapat menghambat pengembangan produk entok. Perkembangan entok agak lambat jika pemeliharaannya yang kurang optimal.

Maka dari itu, perlu diadakan pemeliharaan yang intensif dengan menggunakan pakan konsentrat dan juga pemberian pakan alterntive. Untuk pakan alternative bisa memanfaatkan limbah pertanian atau rumah tangga yang ada atau juga bisa memberikan ikan rucah, kepala udang dsb.

1. Pahami Kebutuhan Nutrisi Entok

Untuk pemeliharaan entok yang dikhususkan sebagai pedaging,  diberikan makanan konsentrat (starter) yang mengandung 22% protein sampai umur dua minggu. Kemudian pada makanan konsentrat grower harus mengandung 18% sedangkan makanan konsentrat finisher sebesar 16% protein.

Makanan konsentrat entok tidak perlu mengandung energi tinggi, bahkan hampir sama dengan energi yang dibutuhkan oleh ayam. Tingkat energi metabolisme untuk mencukupi penunjang pertumbuhan yang maksimal adalah sebesar 2.500 sampai 2.600 kkal/kg. Berikut rekomendasi nutrisi makanan konsentrat:

nutrisi makanan konsentrat

Kebutuhan nutrisi antara entok starter dengan grower hampir sama dengan rekomendasi nutrisi pakan dari segi persentase protein kasar. Namun tingkat energi metabolik yang dibutuhkan sedikit berbeda.

Sebenarnya kebutuhan gizi yang dimiliki oleh entok dalam hal pengembangan di Indonesia belum tersedia sebagai itik pedaging. Namun dalam penentuan kebutuhan gizi sudah dapat dilakukan secara pasti oleh salah seorang ilmuwan dari Taiwan sebagai salah satu negara yang memproduksi dan umumnya sering mengkonsumsi daging entok.

Dari tabel yang telah disebutkan diatas, ternyata kebutuhan protein untuk entok, baik pada rentang umur 0 sampai 3 minggu yang disebut sebagai starter maupun rentang umur 4 sampai 10 minggu yang dikenal sebagai grower jauh lebih rendah dibandingkan dengan kebutuhan protein, yakni untuk entok pedaging sebesar 15,4 – 18,7 persen.

2. Ketahui Syarat Mutu dan Syarat Kandungan Makanan Konsentrat Entok

Konsentrat merupakan pakan ternak yang memiliki kandungan di bawah 18 persen nutrisi utama dari pakan konsentrat berupa energi dan protein. Adapun konsentrat sendiri terbagi menjadi dua diantaranya konsentrat sumber energi dan konsentrat sebagai sumber protein.

  • Pakan konsentrat untuk entok yang berasal dari hewan mengandung protein lebih dari 47% protein, Mineral Ca sebesar lebih dari 1%, lebih dari 1,5% P, dan serat kasar kurang dari 2,5%.
  • Sedangkan konsentrat yang berasal dari tumbuhan ternyata harus memiliki kandungan protein sebesar 47%, mineral Ca kurang dari 1 persen, P kurang dari 1,5% dan lebih dari 2,5% serat kasar.

Entok sebenarnya bukan merupakan unggas asli yang berasal dari Indonesia, melainkan sudah cukup lama dijumpai sehingga masyarakat menganggap bahwa entok termasuk ke dalam unggas lokal. Secara biologi, entok berasal dari kelas unggas air atau waterfowl.

Namun antara entok dengan itik lokal memiliki perbedaan yang lebih detail. Secara umum entok hanya berkembang sebagai tipe pedaging saja, dibanding dengan itik yang bisa berkembang menjadi dua tipe, yakni pedaging dan petelur.

Standar mutu pakan bebek pedaging starter atau sama halnya dengan konsentrat starter entok. Bahan pakan yang ditetapkan harus menjamin kesehatan dan ketentraman batin masyarakat. Berikut persyaratan mutu konsentrat entok pedaging.

Tabel di atas merupakan beberapa parameter yang disyaratkan dalam makanan konsentrat entok.

Setelah memahami penjelasan mengenai kebutuhan nutrisi makanan konsentrat entok pedaging dan syarat mutu kandungan konsentrat untuk entok, maka Anda dapat memilih salah satu atau lebih jenis bahan pakan apa yang tersedia dan dijadikan sebagai konsentrat entok.

3. Kandungan Nutrisi Jenis Bahan Makanan Konsentrat Entok

Kualitas makanan konsentrat entok harus diperhatikan dari penyediaan bahan hingga pencampuran berbagai macam bahan pakan.

Kadar aflatoxin di dalam pakan tersebut sangat membahayakan. Hal ini dikarenakan bahwa aflatoxin dapat menurunkan mutu, terutama dari segi pertumbuhan, produksi telur, bahkan hingga menuju ke arah kematian.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui kandungan nutrisi masing-masing bahan pakan yang bisa dijadikan sebagai konsentrat entok pedaging. Berikut penjelasan kandungan gizi dari berbagai jenis bahan makanan konsentrat entok dalam bentuk tabel.

Itulah beberapa jenis bahan makanan konsentrat entok dengan kandungan nutrisinya. Dari sini, Anda perlu memilih dan menentukan sendiri bahan pakan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada tabel tersebut, terlihat bahwa bahan untuk makanan konsentrat entok yang memiliki protein yang tinggi adalah tepung darah dan tepung ikan. Kedua pakan tersebut berasal dari sumber hewani.

Anda perlu menyeimbangkannya dengan sumber nabati yang memiliki persentase energi kkal EM/kg terbesar. Contohnya bungkil biji karet, bungkil inti sawit, bungkil kelapa, bungkil kedelai, dedak padi serta jagung.

4. Penambahan Suplemen untuk Entok

Dalam pemberian pakan memang banyak hal yang perlu diperhatikan. Bukan hanya komposisi utama, tetapi juga suplemen tambahan yang perlu Anda tambahkan pada minum entok.

Salah satu suplemen yang direkomendasikan adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang bisa digunakan untuk berbagai jenis unggas. Suplemen Organik Cair (SOC) GDM sendiri merupakan suplemen yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan berbagai vitamin dan mineral untuk hewan ternak milik Anda.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung sejumlah bahan-bahan alami yang baik dan sangat cocok untuk budidaya entok milik Anda. Bahan yang pertama adalah limbah organik yang terbuat dari limbah organik peternakan, pertanian, dan perikanan.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung 100% bahan alami dan organik yang sangat aman dan cocok untuk entok pedaging maupun petelur. Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan suplemen organik yang satu ini, antara lain:

  1. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung bakteri baik yang mampu mencegah masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh entok milik Anda.
  2. Mencegah bakteri patogen yang mampu merugikan dan menimbulkan penyakit pada ternak.
  3. Mampu membantu proses pembentukan kekebalan tubuh dalam diri entok yang Anda budidayakan.
  4. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan juga mampu mengurangi jumlah kematian entok milik Anda.
  5. Mampu membentu proses penyerapan makanan yang maksimal karena mampu meningkatkan nilai nutrisi.
  6. Memacu proses penghasilan enzim-enzim pencernaan dalam saluran pencernaan entok.
  7. Mampu menambah jumlah mineral dan asam lemak dalam lambung entok, serta mengandung hormon pertumbuhan yang mampu memacu tumbuh kembang entok.
  8. Mampu mengurangi kandungan amoniak pada kotoran entok untuk mengurangi bau.

Anda bisa menggunakan patokan aplikasi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan pada hewan ternak unggas seperti di bawah ini:

Pemberian pakan sangat berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhan bobot entok secara umum, tentunya sangat disesuaikan dengan kualitas pemberian pakan yang tepat. Untuk mendapatkan kualitas pakan yang sesuai, Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts