umpan bawal yg susah makan

Ikan Bawal Susah Makan: Penyebab, Faktor Penunjang, Hingga Pembuatan Pakan

Sebagai salah satu jenis ikan budidaya, ikan bawal mulai banyak dibudidayakan. Meski begitu untuk pemula pasti menemui kendala seperti ikan bawal tidak mau makan.

Ikan bawal yang diketahui banyak dibudidayakan diperairan laut, namun ada beberapa ikan bawal air tawar yang memang saat ini banyak dimanfaatkan oleh para peternak pemula.

Untuk memaksimalkan budidaya ikan bawal, umumnya memperhatikan teknis dan perawatan secara tepat. Hal ini berkaitan dengan kualitas hasil ikan bawal saat dipanen nantinya, maka perlunya Anda mengetahui beberapa hal mengenai kendalanya berikut ini:

1. Penyebab Ikan Bawal Susah Makan

Ada banyak penyebab ikan bawa susah makan sehingga anda harus mencari tahu faktor apa yang menyebabkan ikan tidak mau makan sama sekali. Mengetahui penyebab di bawah ini akan membantu anda menemukan cara mengatasi ikan bawal susah makan:

Kondisi Air Kolam yang Kurang Baik

Penyebab pertama yang harus anda curigai adalah kondisi kolam sebagai tempat tinggal ikan bawal sangat tidak layak.

kondisi air kolam

Kondisi air kolam yang baik untuk ikan bawal dapat dilihat melalui 3 kriteria, yaitu suhu air, kadar asam atau basa, dan oksigen.

  • Suhu air yang ideal sebagai tempat tinggal ikan bawal adalah sekitar 25oC sampai 28oC. Namun, hebatnya ikan yang satu ini memiliki tingkat toleransi terhadap suhu yang cukup luas, hingga mencapai 20oC sampai 30oC. Ada baiknya anda tetap mengatur suhu sesuai dengan habitat aslinya.
  • Kadar asam basa pada air kolam yang digunakan untuk memelihara ikan bawal tentu harus netral. Namun, ikan bawal tetap dapat hidup dengan baik pada air yang sedikit asam, sekitar 5 – 7. Jika ingin pertumbuhan ikan bawal lebih cepat, usahakan kadar asam basa air paling asam hanya sekitar 6,5 – 7.
  • Air kolam harus mengandung oksigen yang cukup bagi ikan bawal. Tanpa oksigen yang cukup ikan bawal bisa mati. Kandungan oksigen dalam air kolam untuk ikan bawal paling ideal sekitar 3 ppm.

Setelah memenuhi ketiga kriteria ini, anda harus memastikan kalau air kolam ikan bawal tetap terjaga dengan bersih.

Air kolam yang tidak baik dapat membuat ikan bawal stress sehingga tidak mau makan. Pada kasus yang sudah parah, ikan bawal bisa mati massal.

Pakan yang Tidak Sesuai

Bagaimana kalau ikan bawal tetap tidak mau makan, meski air kolam telah memenuhi ketiga kriteria yang disebutkan? Kemungkinan pakan yang anda berikan tidak sesuai dengan keinginan ikan tersebut.

Ikan bawal memang terkenal sebagai ikan yang cukup pemilih dalam makanan. Hal ini perlu dilakukan agar ikan bawal dapat memenuhi segala nutrisi yang diperlukannya. Kalau begini, anda harus mengganti umpan bawal yang susah makan.

Serangan Penyakit atau Hama

Air kolam sudah sangat ideal dan pakan telah diganti, tetapi kenapa ikan bawal tetap tidak mau makan? Kemungkinan besar ikan bawal terserang penyakit atau hama. Semua penyakit pasti membuat ikan bawal kehilangan nafsu makan.

Untuk memastikan hal ini, anda harus menangkap ikan bawal yang dicurigai sakit. Periksa bagian tubuhnya untuk mendapatkan sesuatu yang aneh. Sementara mencari penyakit atau hama yang menjangkitnya, pisahkan dari ikan yang lain agar tidak menularkan.

Beberapa penyakit yang menyerang ikan bawal memang sangat merugikan, dibutuhkan pemahaman lebih mengenai penyakit ikan yang menyerang. Berikut ini Jenis Penyakit Ikan dan Cara Mengatasi.

Sistem bioflok bisa meningkatkan kualitas hasil panen ikan. Tak hanya itu, sistem bioflok juga menjadi sistem budidaya yang jauh lebih mudah untuk diterapkan. Untuk dulur yang tertarik mempelajari teknik budidaya yang satu ini, dulur bisa langsung aja gabung dengan meng-klik gambar di bawah ini.

Ada banyak sekali ilmu yang akan dulur pelajari dengan mengikuti pelatihan budidaya ikan secara bioflok. Mulai dari persiapan, pengelolaan kolam, cara memaksimalkan hasil panen, serta teknik mengatasi masalah yang sering terjadi saat budidaya lele berlangsung. Tunggu apa lagi, segera daftarkan diri dengan klik disini.

2. Faktor Penunjang Ikan Bawal Nafsu Makan

Beberapa hal masih bisa anda lakukan untuk meningkatkan nafsu makan ikan bawal yang anda pelihara. Melakukan hal berikut ini kemungkinan besar bisa membuat ikan bawal kembali makan pakan yang anda berikan:

penunjang ikan bawal

Perbaikan Kondisi Kolam

Coba untuk perbaiki kondisi kolam untuk air kolam yang sangat buruk. Ikan bawal terkenal sebagai ikan yang hebat dalam beradaptasi karena bisa hidup di air tawar, tetapi terkadang ditemukan di air asin.

Meski begitu, bukan berarti anda bisa membuat air kolam yang buruk untuk ikan bawal. Perbaiki kondisi kolam sesuai dengan kriteria suhu, kadar asam basa, dan kadar oksigen.

  • Jika suhu air kolam tidak sesuai, anda bisa membeli air pengatur suhu air kolam untuk menjaga suhunya pada temperatur yang diinginkan.
  • Kalau asam basa menjadi penyebab kondisi kolam tidak ideal, anda bisa menggunakan batu kapur untuk air yang terlalu asam dan daun ketapang untuk air yang terlalu basa.
  • Batu kapur bisa dicelupkan langsung ke dalam air. Gunakan batu kapur sesuai kebutuhan. Semakin banyak batu kapur yang anda gunakan, kadar asam basa juga akan semakin naik.
  • Daun ketapang yang anda gunakan harus direbus terlebih dahulu agar mengeluarkan zat tanin yang terkandung. Setelah itu, campurkan air rebusan air daun ketapang dengan air kolam.

Bila anda ingin meningkatkan kandungan oksigen di dalam air kolam, anda dapat menggunakan mesin aerasi. Mesin aerasi merupakan pemecah oksigen di dalam air dan mampu mengirim oksigen yang lebih banyak di dalam air.

Jenis Pakan dan Kandungan Nutrisi

Umpan bawal susah makan juga harus anda ganti sesuai dengan kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ikan bawal. Ikan yang satu ini setidaknya membutuhkan karbohidrat, lemak, dan protein.

Jenis pakan yang dapat anda berikan untuk ikan bawal adalah pakan alami, pelet, dan limbang makanan. Pakan alami yang dapat anda berikan kepada ikan adalah zooplankton atau larva.

Untuk ikan bawal yang sulit makan, anda harus membuat umpan bawal harian susah makan sendiri. 

Waktu pemberian Pakan

Anda harus mencari tahu waktu memberikan pakan yang tepat untuk ikan bawal. Anda bisa mencobanya pada siang hingga malam hari. Pada saat ikan bawal makan lahap pada waktu tertentu, waktu tersebutlah yang tepat.

Itulah alasan memberikan umpan bawal susah makan malam hari. Mungkin waktu yang paling tepat bagi ikan bawal makan bukan malah hari.

Sebenarnya anda juga bisa mengatur waktu makan ikan bawal dengan cara memberikannya pada waktu yang sama setiap hari secara konsisten. Ikan bawal akan mengerti jam tersebut adalah saatnya makan.

3. Cara Membuat Pakan Ikan Bawal Agar Nafsu Makan

Anda dapat membuat umpan bawal babon susah makan dengan racikan sendiri. Namun, anda akan membutuhkan resep di bawah ini:

Bahan Pakan

Anda membutuhkan beberapa bahan untuk membuat umpan ikan bawal susah makan, seperti:

  • tepung terigu 30 gram
  • tepung ikan 30 gram
  • tepung udang 30 gram
  • susu bubuk 30 gram
  • telur bebek 1 butir, dan air.

Semua bahan tersebut akan menghasilkan pakan yang kaya akan protein untuk ikan bawal. Kebutuhan protein untuk ikan bawal sendiri mencapai 30% dari berat badannya.

Proses Pembuatan

Setelah semua bahan umpan ikan bawal harian susah makan sudah anda siapkan, anda bisa masuk pada tahap racikan umpan bawal yang susah makan.

  1. Pertama, kocok telur bebek hingga mengeluarkan busa atau telah cukup halus.
  2. Masukkan bahan lainnya sesuai dengan takaran ke dalam telur bebek yang sudah anda kocok sebelumnya.
  3. Tambahkan air sambil terus mengocok adonan hingga adonan menjadi kental. Bentuk adonan menjadi bentuk pelet.

Penambahan Suplemen

Tahap terakhir membuat umpan untuk ikan bawal yang susah makan ini adalah mengukus adonan tersebut. Namun, anda bisa menambahkan suplemen sebelum mengukus umpan yang telah anda buat.

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr
  • Tambahan suplemen dapat membantu pertumbuhan ikan menjadi lebih sehat. Salah satu suplemen yang paling direkomendasikan adalah suplemen organik cair dari GDM khusus ikan.
  • Suplemen organik cair dari GDM ini mengandung mineral yang sangat dibutuhkan ikan bawal. Memberikan suplemen yang satu ini kepada ikan bawal dapat mencegah berbagai penyakit yang tidak anda inginkan.
  • Selain itu, suplemen organik cair GDM spesialis perikanan ini juga bisa membuat kualitas air kolam menjadi lebih baik jika anda menuangkannya ke kolam.
  • Setelah memberikan tambahan suplemen, anda dapat mengukus adonan umpan tersebut selama 30 menit. Setelah selesai, berikan kepada ikan bawal sesuai dengan waktu makannya.

Membuat umpan untuk ikan bawal sendiri tidaklah sulit. Selain dapat membuat ikan bawal makan kembali, membuat umpan sendiri juga lebih murah dibandingkan membelinya.

Jika Anda menemui beberapa kendala mengenai budidaya ikan bawal, pastikan Anda berkonsultasi dengan tim ahli perikanan yang terpercaya. Anda bisa langsung berkonsultasi mengenai ikan bawal susah makan dengan tim ahli perikanan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts