pupuk untuk strawberry

Cara Memupuk Tanaman Strawberry Secara Organik, Agar Berbuah Lebat

Strawberry merupakan tanaman buah subtropis dari jenis fragaria, tanaman strawberry sendiri dapat tumbuh dengan baik di dataran tinggi tropis.

Hal ini karena strawberry dapat tumbuh dengan baik di lingkungan yang memiliki suhu udara 17 – 20oC. Tanaman ini mempunyai ciri memiliki akar tunggang yang dapat tumbuh secara memanjang.

Buah strawberry yang mengandung antioksidan tinggi ini sering diolah menjadi berbagai makanan maupun minuman seperti jus, selai, maupun berbagai campuran makanan lainnya. Selain itu strawberry juga mempunyai manfaat untuk kesehatan karena bisa meningkatkan kesehatan jantung, menurunkan resiko kanker, dll.

Bila Anda tinggal di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin, menanam strawberry bisa menjadi pilihan baik sekedar hobi maupun dikomersilkan.

Namun seringkali bagi para pembudidaya pemula kurang tahu tentang teknik yang bisa mempercepat tanaman strawberry agar berbuah lebat. Sebenarnya hal tersebut tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan,

Berikut beberapa cara agar strawberry cepat berbuah :

Penyiraman

Tanaman strawberry sangat sensitif sekali bila ketersediaan airnya kurang, karenanya dengan rajin melakukan penyiraman menjadi kunci keberhasilan budidaya strawberry.

Air sendiri mempunyai peran penting bagi tanaman strawberry. Air disini digunakan sebagai pelarut, media distribusi senyawa, reaksi biokimia, bahan baku fotosintesis, menjaga suhu dan memberikan turgor bagi sel. Apabila tanaman strawberry sampai kekurangan air maka akan mudah sekali tanaman tersebut layu dan mati.

Pemupukan Strawberry

Pupuk untuk strawberry merupakan makanan bagi tanaman, karenanya salah satu cara agar strawberry dapat berbuah lebat adalah dengan melakukan pemupukan yang benar.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara memupuk tanaman strawberry yang benar :

Pemupukan Ketika Penyiapan Lahan

Ketika proses penyiapan lahan adalah saat yang tepat untuk memberikan pupuk dasar strawberry. Pupuk organik cair merupakan jenis pupuk yang baik untuk digunakan, disarankan pupuk organik cair karena diolah dari bahan-bahan organik seperti limbah organik pertanian, rumput laut, minyak hewani, algae dan bakteri premium .

persiapan lahan strawberry

Untuk setiap 1 hektar lahan setidaknya dibutuhkan 150 kg GDM Bio Organic Granule SAME yang diaplikasikan dengan cara ditebar secara merata pada lahan. Setelah itu gunakan juga GDM Black Bos dengan dosis 5 kg/ha dengan takaran 1 gelas air mineral per tangka, pengaplikasiannya dengan cara menyemprot secara merata di bedengan.

pupuk gdm

Fungsi GDM Bio Organic Granule SAME pada tanah untuk meningkatkan kualitas tanah dan mencegah terjadinya penularan penyakit tular tanah. Sedangkan GDM Black Bos memiliki fungsi merangsang Bakteri Apathogen lainnya untuk bekerja secara sinergi menghasilkan enzim, antibiotik, unsur hara makro & mikro.

Pemberian pupuk dasar ini dilakukan dengan cara mencampurkannya dengan tanah hingga merata dan menyebarkannya di atas bedengan. Setelah diberikan pupuk dasar, biarkan lahan tersebut selama 1 – 2 minggu sebelum bibit strawberry ditanam.

Hal ini bertujuan agar pada lahan tersebut aktivitas mikroorganismenya tumbuh, bahan organiknya terdekomposisi dan agregat tanahnya menjadi bagus.

Pemupukan Ketika Masa Pertumbuhan Vegetatif

Ketika bibit tanaman strawberry ditanam dan berumur 14 hari atau 2 minggu maka perlu dilakukan pemberian pupuk lanjutan. Hal ini karena pada umur tersebut tanaman strawberry sedang memasuki masa fase vegetatif. Pada fase ini tanaman membutuhkan banyak unsur nitrogen (N), kebutuhan ini lebih banyak dibandingkan unsur hara P dan K.

Salah satu jenis pupuk yang merangsang pertumbuhan dengan baik, serta memiliki kandungan yang bagus dengan menggunakan pupuk organik cair GDM. Pupuk organik cair GDM Spesialis Buah-buahan memiliki kandungan bahan-bahan organik yang menunjang pertumbuhan.

Seperti bakteri premium yang terkandung pada bakteri klebsiella oxytoca yang dapat menangkap unsur nitrogen (N) secara alami dari udara, menunjang pertumbuhan dan perkembangan tanaman secara optimal.

Untuk cara penggunaannya, dengan dosis 8 liter/ha serta takaran 2 gelas air mineral per tangka. Pengaplikasian pupuk organik cair GDM spesialis Buah-buahan dengan cara menyemprot secara merata ke tanaman strawberry, dengan waktu aplikasi 1 minggu sekali.

pupuk organik cair gdm spesialis tanaman buah 5ltr

Pemupukan seperti ini harus rutin dilakukan setidaknya ketika tanaman strawberry berumur 4, 6 dan 8 minggu. Lakukan pemupukan penyemprotan seperti ini dengan dosis yang sama hingga bunga tanaman muncul.

Pupuk Organik Cair GDM spesialis buah-buahan mengandung unsur hara baik makro maupun mikro, terutama untuk jenis pupuk organik dengan kandungan N seimbang. Lakukan pemupukan ini tiap 2 minggu sekali. Pemupukan dengan cara menyemprot daun ini akan membuat penyerapan nutrisi pada tanaman akan jadi lebih optimal.

Selain itu tanaman juga tidak akan mengalami kekurangan unsur hara mikro dan juga akan merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman strawberry.

Pemupukan Usia 30 HST

Ketika tanaman mulai berbunga ini artinya tanaman masuk dalam fase pembungaan atau generatif. Biasanya ini terjadi ketika tanaman berumur 30 hari.

pemupukan strawberry

Penggunaan pupuk GDM Granule SAME pada tanaman strawberry untuk menunjang perekat nutrisi tanah, agar kebutuhan nutrisi tanaman dapat selalu tercukupi, tidak mudah hilang dan penyerapan menjadi lebih optimal di berbagai fase pertumbuhan.

Cara pengaplikasian GDM Granule SAME dengan cara ditebar secara merata diatas bedengan dengan dosis 150 kg/ha, dengan begitu kandungan bakteri premium Lactobacillus sp meningkatkan unsur hara tanah, memperbaiki sifat kimia, fisik dan biologis tanah.

Tambahkan juga GDM Black Bos dengan dosis 5 kg/ha, dengan cara pengaplikasian takaran GDM Black Bos  1 gelas air mineral per tangki, lalu semprotkan merata pada sekitar pekarangan tanaman strawberry.

Fungsi penggunaan GDM Black Bos dapat merangsang Bakteri Apathogen lainnya untuk bekerja secara sinergi menghasilkan enzim, antibiotik, unsur hara makro & mikro

Pemupukan Usia Lebih Dari 30 HST

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal yaitu buah yang lebat, maka pemupukan harus tetap dilanjutkan hingga terjadi penyerbukan dan mulai muncul buahnya. Pemupukan pada masa dilakukan agar tanaman tidak mengalami kerontokan dan kualitas buahnya semakin baik yaitu besar dan manis rasanya.

Menggunakan pupuk organik cair GDM untuk meningkatkan kekebalan terhadap penyakit pada tanaman salah satu manfaat dari bakteri premium Micrococcus roseus dan Bacillus brevis berfungsi sebagai penghasil antibiotik terotrisin untuk mencegah penyakit layu pada tanaman.

Sehingga pada usia lebih dari 30 HST dibutuhkan perawatan yang tepat agar meningkatkan produktivitas pada tanaman strawberry serta meminimalisir terkena hama ataupun penyakit yang merugikan.

Meningkatkan Produksi Buah Strawberry

Setelah dulur mengetahui tentang cara memupuk tanaman strawberry, ada cara selanjutnya yang bisa dilakukan agar tanaman strawberry cepat berbuah. Anda bisa memberikan perangsang buah pada tanaman, biasanya setelah diberikan dalam dua mingguan tanaman sudah memunculkan calon bunga.

buah strawberry

Perangsang buah ini sebenarnya mempunyai fungsi untuk mengarahkan energi dan nutrisi tanaman strawberry agar difokuskan ke bunga atau buah. Perangsang buah ini umumnya disebut dengan hormon atau zpt.

Salah satu perangsang buah untuk tanaman strawberry yang bisa digunakan adalah Pupuk Organik Cair (POC) GDM Spesialis Buah. Jenis pupuk ini mengandung kebutuhan nutrisi untuk tanaman strawberry.  Pupuk ini juga mengandung bakteri premium Bacillus pumillus yang menghasikan hormon yang bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan tanaman.

Serta adanya kandungan dan manfaat dari bakteri pseudomonas mallei yang dapat meningkatkan hasil bobot buah

Pemberian pupuk ini dilakukan dengan menyemprotkannya ke daun tanaman, namun sebaiknya juga disiramkan ke tanah di sekitarnya. Untuk dosisnya Anda bisa mencampurkan 1 tutup botol POC dengan 10 liter air. Setelah itu semprotkan larutan ini ke tanaman selama 10 – 14 hari sekali di pagi dan sore harinya.

Memangkas Sulur Strawberry

Sulur pada tanaman strawberry juga dikenal dengan stolon merupakan bagian tanaman strawberry yang menjulur panjang secara vegetatif untuk memperbanyak dirinya. Panjang sulur ini berkisar antara 30 – 50 cm. Apabila bagian ini menempel pada tanah yang lembab maka akan muncul akar yang menembus tanah dan memunculkan tanaman baru.

Sulur yang keluar dalam jumlah banyak justru akan menghambat pertumbuhan tanaman strawberry. Jadi bila sulur sudah mulai muncul pangkaslah menggunakan gunting atau pisau tajam yang steril.

Membuang Daun Tua dan Rusak

Tanaman strawberry akan memproduksi daun secara terus-menerus, daun yang sebelumnya muda akan tua dan rusak atau layu. Daun baru kemudian akan muncul untuk menggantikannya, begitu seterusnya. Sama halnya dengan sulur, daun tua yang sudah rusak juga akan membebani tanaman strawberry.

Karenanya, daun tanaman yang sudah tua dan rusak sebaiknya segera dibuang agar pertumbuhan tanaman bisa lebih maksimal. Dengan begitu nutrisi tanaman juga akan lebih terarahkan ke bagian buahnya.

cover pupuk organik cair spesialis buah

Untuk memaksimalkan hasil tanaman strawberry pastikan untuk menggunakan pupuk yang bagus dan berkualitas dalam merangsang pertumbuhan secara optimal. Produk GDM menjadi salah satu pupuk organik cair yang mengoptimalkan kualitas hasil tanaman strawberry untuk menghasilkan buah organik.

Share your thoughts