cara memupuk tanaman kelengkeng

Cara Pemupukan Tanaman Kelengkeng Secara Tepat, Agar Berbuah Lebat

Buah kelengkeng menjadi salah satu buah yang digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini. Akan tetapi, buah kelengkeng rupanya tidak mudah untuk ditanam di dataran rendah yang memiliki kondisi udara lebih panas dibandingkan dengan dataran tinggi.

Selain itu, buah kelengkeng juga dikenal sebagai tanaman musiman yang tidak bisa dipanen sewaktu-waktu.

Namun, saat ini sudah ada teknik dengan menggunakan pupuk booster lengkeng yang bisa menangani masalah pada tanaman kelengkeng tersebut.

Sebelumnya yang perlu dilakukan untuk membuat kelengkeng menghasilkan buah yang bagus dan berkualitas, dulur perlu memperhatikan juga proses perawatannya dari awal menanam sampai akhirnya berbuah.

Harus dipahami terlebih beberapa kandungan penting yang dibutuhkan tanaman kelengkeng agar dapat menghasilkan pertumbuhan yang bagus.

Berikut kandungan pupuk yang berguna sebagai booster kelengkeng secara maksimal,

Kandungan Unsur Hara Untuk Media Tanam

Salah satu penunjang pertumbuhan tanaman kelengkeng yang tepat, tentu dulur harus memberikan media tanam yang tepat untuk tanaman kelengkeng agar memiliki pertumbuhan yang optimal.

Langkah dalam pengolahan tanah dalam budidaya kelengkeng misalnya dibutuhkan beberapa kandungan unsur hara yang dapat berkontribusi dalam tanah salah satunya kandungan unsur hara seperti P, K, Na, Ca, MG, Fe, Cu, N, Zn, Mn yang menjadi komponen penting untuk kebutuhan nutrisi tanaman.

pengolahan tanah pada budidaya kelengkeng

Tidak hanya itu saja kandungan unsur hara yang tepat bisa meningkatkan kualitas tanah dan menjadikan booster untuk tanah juga.

Kandungan unsur hara tersebut harus terpenuhi dalam proses pengolahan tanah atau persiapan media tanam yang dibutuhkan tanaman kelengkeng.

Berikut tahapan pemupukan yang bisa dulur aplikasikan,

  • Tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman kelengkeng tentu memiliki karakteristik yang tebal dan memiliki daya pengikat air, serta tanaman kelengkeng membutuhkan tanah yang gembur.
  • Lahan tanah atau media tanam yang gembur bisa diperoleh dengan komposisi media tanam yang pas disertai dengan tambahan Granule Bio Organik GDM SAME dengan dosis 150 kg/ha dan takaran sebanyak 500 gram/lubang tanaman pada bedengan. Untuk media tanam seperti pot yang bisa dulur aplikasi Granule Bio Organik GDM SAME 50 gram/ per pot.
  • Selanjutnya untuk merangsang bakteri aphatogen yang dapat menyinergikan unsur hara dalam tanah, dulur bisa mengkombinasikannya dengan GDM Black Bos.
  • Dalam pengolahan lahan dibutuhkan dosis sebanyak 5 kg/ha dengan takaran 2 gelas air mineral per tangki, serta lakukan penyemprotan secara merata disekitar tanaman.
  • Kemudian untuk dulur yang menanam di pot bisa mengaplikasikan dengan takaran 1:100 Diberikan sebanyak 1 sampai 2 liter per tanaman setiap 1 bulan sekali ya lur.
GDM SAME DAN BLACKBOS

Tujuan kombinasi Granule Bio Organik GDM SAME dan GDM Black Bos untuk booster media tanam kelengkeng yaitu adanya kandungan bakteri premium seperti Pseudomonas alcaligenes yang membantu meningkatkan penyerapan unsur N, P dan K dalam tanah.

Takaran Pemupukan Pada Proses Pembibitan

Untuk menunjang pertumbuhan tanaman kelengkeng cepat berbuah, pada proses pembibitan dibutuhkan perlakuan pemupukan yang sesuai agar biji atau bibit yang ditanam dapat tumbuh secara optimal.

pemupukan bibit kelengkeng

Berikut tahapan pemupukan pada proses pembibitan kelengkeng yang tepat,

  1. Dulur yang memilih bibit kelengkeng berasal dari biji atau bibit generatif maka dianjurkan untuk merendamnya dengan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Buah-buahan dengan takaran 240 ml kemudian dicampur pada 20 liter air. Takaran ini disesuaikan dengan kuantitas bibit untuk budidaya kelengkeng ya lur, jangan lupa proses perendaman yang dibutuhkan hanya semalam saja.
  2. Untuk dulur yang menggunakan bibit vegetatif untuk budidaya kelengkeng, saat proses pencangkokan pada tanaman indukan kelengkeng dibutuhkan takaran dosis 1:100 (1 kg Black Bos dilarutkan dengan 100 liter air) GDM Black Bos yang disiram secara merata pada media cangkokan tersebut.

Kegunaan POC GDM Spesialis Buah-buahan dalam perendaman biji tentu saja untuk memaksimalkan pertumbuhan akar tanaman sama halnya dengan GDM Black Bos sendiri yang dihasilkan dari bakteri premium seperti micrococcus roseous.

Pemupukan Tanaman Kelengkeng Sebelum Berbuah

Setelah hari setelah tanam, tentu untuk mengoptimalkan pertumbuhan bibit yang ditanam juga memaksimalkan tumbuhnya bunga yang menghasilkan buah kelengkeng.

pemupukan tanaman kelengkeng belum berbuah

Pada dasarnya yang dibutuhkan untuk mengupayakan  tumbuhnya bunga adalah takaran pemupukan dan komposisi yang sesuai agar pada usia tersebut dapat menghasilkan buah.

Tahapan pemupukan yang tepat sebagai berikut,

  • Setelah tanaman kelengkeng tumbuh maka kombinasi pemupukan yang digunakan untuk menunjang pertumbuhan tanaman dengan memberikan Pupuk Organik Cair Spesialis Buah-buahan dengan takaran 500 ml atau setara 2 gelas per tangki dan dosis yang dibutuhkan 8 liter/ha untuk budidaya kelengkeng.
  • Lakukan penyemprotan setiap 1 sampai 2 minggu sekali merata keseluruh tanaman.
  • Untuk tanaman tabulampot bisa gunakan takaran dosis 50 ml/liter yang disemprotkan setiap seminggu sekali ya lur.
  • Kemudian untuk menyuburkan media tanaman kelengkeng tumbuh kombinasikan dengan Granule Bio Organik SAME dengan dosis 150 kg/ha dengan takaran 500 gram per tanaman dengan cara menabur secara merata setiap 1 sampai 2 minggu sekali ya lur.
  • Untuk media dalam pot bisa dengan takaran  50 gram/pot dan aplikasikan setiap 2 minggu sekali ya.
  • Kombinasi yang pas selanjutnya dulur bisa menggunakan GDM Black Bos. Dosis yang dibutuhkan  adalah 5 kg/ha dengan takaran 1 gelas air mineral per tangki ya lur, pastikan untuk menyemprot pada area perakaran setiap 6 bulan sekali lur.
  • Untuk media pot kombinasi dosis yang tepat dulur bisa menggunakan takaran dosis 50 ml/liter setiap potnya lalu disemprotkan setiap seminggu sekali

Kombinasi dari ketiga produk pupuk GDM ini tidak hanya merangsang pertumbuhan tanaman kelengkeng yang maksimal saja.

pupuk organik booster kelengkeng

Tapi dengan tahapan dan dosis pemupukan yang tepat dulur telah memaksimalkan pertumbuhan tanaman kelengkeng pada tahapan menghasilkan buah kelengkeng yang sehat dan berbuah lebat.

Tahapan Setelah Tanaman Kelengkeng Berbuah

Pemupukan pada tahapan ini memang untuk memaksimalkan buah yang dihasilkan. Maka dulur harus mengupayakan takaran pemupukan yang pas pada saat tanaman kelengkeng sudah mulai berbuah.

pemupukan kelengkeng setelah berbuah

Tanaman kelengkeng yang sudah berbuah terjadi saat usia 1 sampai 3 tahun ya lur, pada masa ini beberapa takaran untuk pemupukan yang sesuai sebagai berikut,

  • Tanaman kelengkeng yang sudah menghasilkan buah komposisi pemupukan yang dibutuhkan untuk memaksimalkan bobot buah dengan memberikan Pupuk Organik Cair Spesialis Buah-buahan dengan takaran 500 ml atau setara 2 gelas per tangki
  • Kemudian lakukan penyemprotan setiap  2 minggu sekali merata keseluruh tanaman.
  • Untuk dosis yang dibutuhkan yaitu 10 liter/ha untuk budidaya kelengkeng sedangkan pada tanaman tabulampot bisa gunakan takaran dosis 50 ml/liter yang disemprotkan setiap seminggu sekali ya lur.
  • Tahapan selanjutnya untuk tetap menjaga kesuburan tanah pada pohon kelengkeng yang sudah menghasilkan buah kombinasikan dengan Granule Bio Organik SAME dengan dosis 150 kg/ha
  • Sedangkan untuk tabulampot takaran yang dibutuhkan sebanyak 500 gram per tanaman.
  • Cara aplikasinya cukup mudah lur dengan menabur secara merata setiap 1 sampai 2 minggu sekali.
  • Nah untuk media dalam pot bisa dengan takaran  50 gram/pot kemudian aplikasikan setiap 2 minggu sekali ya.
  • Komposisi pelengkap untuk pohon kelengkeng selanjutnya dengan penggunaan GDM Black Bos. 
  • Takaran yang dibutuhkan sebanyak 1 gelas air mineral per tangki ya lur,dengan dosis 5 kg/ha dan lakukan penyemprotan pada area perakaran setiap 6 bulan sekali.
  • Sedangkan pada media pot kombinasi dosis yang tepat dulur bisa menggunakan takaran dosis 50 ml/liter pada setiap potnya kemudian disemprotkan secara merata setiap seminggu sekali
pupuk untuk kelengkeng

Komposisi pemupukan yang pas pada tahapan ini tentu saja untuk menunjang pertumbuhan buah pada tanaman kelengkeng, kandungan bakteri premium dari pupuk organik GDM seperti Pseudomonas mallei yang dapat meningkatkan bobot buah atau hasil panen.

Pemupukan Untuk Perawatan Pohon Kelengkeng

Tanaman kelengkeng atau pohon kelengkeng yang memasuki usia lebih dari 3 tahun setelah masa tanam.

Tentu ada perlakuan khusus untuk pohon kelengkeng yang sudah menghasilkan, sekaligus tetap melakukan perawatan yang tepat ya dulur.

Pemupukan perawatan pohon kelengkeng

Perawatan yang tepat ini akan memaksimalkan pohon kelengkeng memiliki daya tahan tumbuh yang bagus sekaligus meminimalisir dari serangan hama maupun penyakit.

Dulur bisa membaca selengkapnya mengenai Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Tanaman Kelengkeng

Serangan hama maupun penyakit ini biasanya dipicu dari kurangnya perawatan pada masa tanam sampai pertumbuhan, sehingga untuk pencegahannya bisa melalui tahapan pemupukan dalam proses perawatan sebagai berikut,

  • Langkah awal pemupukan dimulai dengan pemberian Pupuk Organik Cair Spesialis Buah-buahan dengan takaran 500 ml atau setara 2 gelas per tangki. Proses penyemprotan dilakukan setiap  1 bulan sekali secara merata keseluruh tanaman.
  • Kemudian dosis yang dibutuhkan disesuaikan dengan luas lahan tanam yaitu 15 liter/ha, sedangkan pada teknik tabulampot kelengkeng gunakan takaran dosis 50 ml/liter yang disemprotkan setiap 1 bulan sekali ya lur.
  • Jika usia tanaman sudah lebih dari 3 tahun, dulur harus tetap berupaya menjaga kegemburan tanah disekitar pohon kelengkeng, kombinasikan dengan Granule Bio Organik SAME dengan dosis 150 kg/ha sedangkan untuk takaran yang dibutuhkan sebanyak 500 gram per pohon lur.
  • Proses pengaplikasiannya juga sama seperti tahapan sebelumnya dengan cara menabur secara merata setiap 6 bulan sekali.
  • Kemudian untuk kebutuhan pada tabulampot takaran yang dibutuhkan sebanyak 50 gram/pot kemudian aplikasikan setiap 6 bulan sekali ya.
  • Selanjutnya komposisi yang tepat untuk pohon kelengkeng dengan menggunakan GDM Black Bos
  • Takaran yang dibutuhkan sebanyak 1 gelas air mineral per tangki dan yang dibutuhkan dosis 5 kg/ha dan jangan lupa ya lur lakukan penyemprotan pada area perakaran setiap 6 bulan sekali.
  • Untuk tabulampot sendiri dosis yang sesuai bisa menggunakan takaran  50 ml/liter pada setiap potnya kemudian disemprotkan secara merata setiap 6 bulan sekali
pupuk organik cair spesialis buah

Dengan kombinasi pupuk GDM yang sesuai dan tepat untuk perawatan pohon kelengkeng, dapat memaksimalkan pertumbuhan dan yang pasti kandungan bakteri menguntungkan seperti Bacillus brevis berfungsi sebagai penghasil antibiotik terotrisin untuk mencegah penyakit layu pada tanaman

Tahapan pemupukan yang tepat pada tanaman kelengkeng sejak masa awal pertumbuhan, sampai pada tahap menghasilkan panen buah tentu saja membutuhkan proses yang tidak sebentar ya lur.

Maka dari itu pastikan dulur memilih komposisi yang sesuai untuk proses pemupukannya.

Perawatan tanaman kelengkeng yang tepat tentu akan mengoptimalkan hasil panen buah yang memuaskan. Salah satu penunjang yang bisa dulur aplikasikan dengan menggunakan pupuk organik GDM dalam formasi lengkap ya lur.

Selamat mencoba !

Share your thoughts