pupuk dasar auqascape

Pupuk Dasar Aquascape: Jenis, Dosis Penggunaan, Cara Mengaplikasikan, Hingga Perawatan

Anda seorang pecinta aquascape? tentu hal utama dalam perawatannya yaitu memahami proses perawatan. Salah satunya dalam menentukkan pupuk dasar aquascape.

Perlu diketahui juga, pupuk dasar aquascape adalah proses pemupukan dasar yang penting dilakukan saat Anda akan memulai membuat aquascape. Tujuannya untuk menyuburkan dasar aquascape tempat tumbuhnya tanaman air.

Kebutuhan pupuk dasar dalam aquascape ini menjadi penting sebab hal utama dalam menentukkan kualitas keseburan aquascape.

Namun ada yang perlu Anda ketahui juga, apa itu? ada beberapa hal yang berkaitan dengan kualitas serta pemberian pupuk dasar yang tepat. Ini dikarenakan nutrisi aquascape adalah penentu kualitas aquscape yang Anda buat.

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan pupuk dasar aquascape secara tepat dan pemilihannya? Lakukan langkah-langkah berikut ini:

Alat Dan Bahan Untuk Membuat Dasar Aquascape

Mempersiapkan bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan dasar aquascape haus dipersiapkan dengan benar. Berikut ini adalah bahan yang digunakan untuk aquascape:

a. Tanaman Air

Tanaman auqascape
Pilih tanaman aquascape sesuai dengan selera Anda

Tanaman air yang bisa Anda persiapkan adalah tanaman air yang beraneka bentuk, ukuran, dan sifat.

Anda disarankan untuk memilih tanaman air yang tidak membutuhkan sinar dan CO2 tinggi, karena tanaman tersebut relatif sulit dipelihara.

b. Media Tanam Substrat

media tanam berperan penting untuk pertumbuhan tanaman air. Anda bisa menggunakan media tanam substrat ini dari tanah liat, kerikil akrilik, pasir pantai, gravel (kerikil), atau media tanam lain yang dijual dipasaran.

c. Plastik biobal

Plastik bioball merupakan filter biologis yang sangat efektif untuk mempertahankan kualitas air. Ini dikarenakan plastik bioball berperan sebagai tempat tinggal tinggal bakteri pengurai yang bertugas sebagai filter biologis.

d. Driftwood

Jika Anda menginginkan aquascape yang memiliki tema hutan tropis, maka driftwood atau kayu apung sangat penting untuk Anda miliki.

driftwood

Driftwood adalah sisa pepohonan yang telah lama mati, dan jatuh ke air atau tanah, sehingga mengalami pembusukkan pada sebagian sisinya.

Oleh karena itulah, driftwood sangat cocok digunakan sebagai ornamen, bahkan bisa menjadi media tanam bagi tanaman air yang kecil.

Anda bisa memasukkan substrat pada rongga driftwood, kemudian tanami dengan tanaman air yang kecil. Dengan begitu, kayu ini bisa tampak misterius dengan adanya tanaman yang tumbuh dipermukaannya.

e. Aquarium

Aquascape merupakan seni dalam menggabungkan makhluk hidup yang terdiri dari tanaman dan hewan kedalam satu wadah aquarium. Aquascape mengkombinasikan tanaman air, ikan dan air yang biasa dibentuk seperti pemandangan di alam liar, seperti hutan, taman, batuan karang, lautan, dan lainnya.

aquarium aquascape

Namun, sebelum jauh membahas tentang nutrisi tanaman aquascape, terlebih dahulu Anda lakukan persiapan aquarium. Berikut ini adalah cara persiapan aquarium untuk aquascape:

  1. Bersihkan aquarium dengan menggunakan sabun food grade. Ini bertujuan agar aquarium terbebas dari residu detergent yang bisa mengganggu tanaman ataupun ikan.
  2. Bilas dengan air bersih hingga benar-benar bersih dan kesat tanpa bau.
  3. Lap dengan kain lap bersih, atau kanebo yang lembab hingga bersih.

Nah, itu adalah alat dan bahan yang harus Anda persiapkan sebelum membuat aquascape. Setelah memiliki alat dan bahan tersebut, Anda bisa mulai melakukan pembuatan dasar aquascape seperti cara berikut:

Memilih Jenis Pupuk Dasar Aquascape

Jenis pupuk cair aquascape yang baik harus sudah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman dan ikan sekaligus. Ini dikarenakan kebutuhan nutrisi tanaman dan ikan sangatlah berbeda.

Anda harus memilih pupuk organik mulai dari jenis pupuk dasar aquascape sekaligus suplemen ikan yang juga dapat menutrisi ikan. Bagaimana bisa?

Anda bisa memilih pupuk cair aquascape yang bagus agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman sekaligus ikan. Salah satu kandungan nutrisi yang harus dipenuhi yaitu:

  1. Mineral penting, yang dibutuhkan tanaman dan ikan.
  2. Protein yang sangat dibutuhkan ikan.
  3. Asam lemak untuk proses pertumbuhan dan perkembangan ikan.
  4. Bakteri premium (Bacillus Brevis, Bacillus Pumillus, Bacillus Mycoides, Pseudomonas Alcaligenes, dan Micrococcus Roseus) untuk mencegah serangan penyakit sekaligus menunjang pertumbuhan serta perkembangan tanaman dan ikan.
  5. Bahan organik yang bisa menjadi sumber unsur hara makro-mikro tanaman.

Beberpa kandungan nutrisi yang dibutuhkan aquascape salah satunya ada didalam Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Produk ini selain sangat lengkap, juga sangat simple, karena bisa memenuhi kebutuhan tanaman dan ikan sekaligus. Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? serta dosis penggunaannya ? berikut ini penjelasannya:

a. Penggunaan Pupuk Cair Aquascape

Dasar aquascape ini penting untuk dilakukan dengan serius. Sebab, tanpa dasaran aquascape yang baik, maka aquascape yang Anda buat tidak akan sempurna.

Oleh karena itulah, Anda membutuhkan pupuk dasar aquascape yang memiliki tekstur cair dan tidak merubah warna air aquarium. Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat mengaplikasikan pupuk cair untuk dasar aquascape yaitu:

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr
  1. Dengan menggunakan pupuk aquascape dari Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan yang merupakan produk 2 in 1.
  2. Hanya menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan, Anda bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman, sekaligus menutrisi ikan yang ada didalam aquascape.
  3. Ini dikarenakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung bahan organik dan mineral yang sangat dibutuhkan tanaman.

Selain baik untuk tanaman, produk ini juga sangat baik untuk ikan karena mengandung multivitamin, protein dan asam lemak yang sangat dibutuhkan oleh ikan.

Seperti salah satu penghobi aquascape yang kini beralih menggunakan pupuk cair dan pastinya terbuat dari bahan organik. Anda bisa melihat secara lengkapnya pada videonya berikut ini:

Beliau mengaku sangat puas dengan hasil pemupukan yag dilakukan, hal ini yang dapat menunjang kualitas aquascape lebih baik. Anda ingin merasakan demikian? Simak tahapan selanjutnya secara lengkap.

b. Dosis Pemupukan dan Pembuatan Dasar Aquascape

Anda tidak perlu khawatir ikan ataupun tanaman Anda terganggu dengan jumlah takaran atau dosis penggunaan yang tepat. Selain itu Anda bisa mengaplikasikan pupuk cair beserta cara pembuatan dasar aquascape yang bisa Anda terapkan:

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 2ltr
  1. Masukkan tanah liat, kemudian padatkan. Selanjutnya, masukkan pasir hingga total ketinggiannya mencapai 1-3 cm.
  2. Untuk pupuk tanaman aquascape, campurkan 1 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dengan 500 ml air, kemudian kocok botol sprayer.
  3. Semprotkan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan tersebut keseluruh permukaan pasir.
  4. Jika Anda menginginkan dasar aquascape yang hijau seperti karpet hijau, Anda bisa mulai menebarkan seed carpet keseluruh permukaan pasir yang sudah lembab setelah disemprot dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.
  5. Tutup bagian atas aquarium dengan plastik secara rapat. Ini bertujuan agar kelembaban pasir terjaga.
  6. Untuk melakukan perawatan dasar aquascpe, selalu semprot dasar aquascape dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dengan cara seperti diatas. Terus lakukan penyemprotan dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan hingga seed carpet tumbuh sempurna.
  7. Penyemprotan seed carpet dengan air perlu dilakukan setiap hari pada pagi atau sore hari agar kelembabannya terjaga.
  8. Penyemprotan seed carpet dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan sebagai pupuk aquascape perlu diulangi setiap 7 hari sekali. Ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan unsur hara makro-mikro tanaman.

Setelah seed carpet tumbuh sempurna, selanjutnya Anda bisa mulai menuangkan air kedalam aquarium dan melakukan pembentukan aquascape. Anda bisa melakukan pembentukan aquascape dengan cara berikut:

Proses Perawatan Dasar Aquascape

Perawatan aquascape memegang peranan penting dalam memastikan keindahan aquascape Anda bisa tetap sempurna. Oleh karena itulah, Anda harus melakukan perawatan dengan baik dan berkala.

Untuk lebih jelasnya, beriktu ini adalah cara merawat aquascape:

Kualitas aquascape

a. Melengkapi Pembentukan Aquascape

Setelah pembuatan dasar aquascape dengan seed carpet selesai, maka langkah selanjutnya adalah membentuk dan menyempurnakan aquascape sesuai temanya. Secara umum ini menjadi teknis perawatan, berikut ini adalah cara pembentukan aquascape tema hutan tropis:

  1. Setelah seed carpet tumbuh subur dan sempurna, selanjutnya buat lubang seukuran dasar driftwood.
  2. Tanam driftwood, kemudian tekan dan padatkan agar driftwood dapat menancap sempurna kedalam media tanam.
  3. Jika Anda memilih tema hutan tropis, mulai sebarkan substrat kedalam rongga driftwood.
  4. Masukkan biji tanaman kedalam rongga driftwood yang sudah dimasuki substrat tersebut.
  5. Semprot substrat tersebut dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan seperti dosis diatas. Ini berguna sebagai pupuk untuk tanaman aquascape didalam rongga driftwood agar tumbuh cepat dan subur.
  6. Selalu lakukan penyemprotan dengan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan setiap minggu ke seluruh bagian tanaman dengan dosis 1 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan:1/2 liter air.
  7. Setelah benih tanaman yang ditanam didalam rongga driftwood tumbuh, selanjutnya Anda bisa mulai mengisi aquascape dengan air secara perlahan agar tidak mengganggu tatanan aquascape yang sudah dibuat.
  8. Ketika aquarium sudah terisi penuh, selanjutnya Anda bisa memasukkan tanaman-tanaman air yang berukuran sedang kedalam aquascape yang sudah dibuat. Banyak dan jenis tanamannya bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.
  9. Sebelum ikan dimasukkan, terlebih dahulu pasang alat-alat penunjang seperti filter, aerator, ataupun lighting.
  10. Ketika tanaman sudah tumbuh dengan baik dan alat-alat sudah terpasang sempurna,  maka langkah terakhir dalam pembuatan aquascape adalah memasukkan ikan kedalam aquascape tersebut.
  11. Proses pembentukan aquascape selesai. Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan perawatan aquascape tersebut dengan cara berikut:

b. Mengevaluasi Kondisi Aquascape

Lakukan evaluasi secara berkala, utamanya jika Anda baru saja membuat aquascape. Ini bertujuan untuk mengetahui apakah aquascape yang Anda buat sudah sesuai keinginan atau belum.

  1. Anda bisa mulai mengevaluasi setelah 3 hari peletakan ikan hias. Jika dirasa posisi alat dan bahan kurang sesuai, Anda bisa memperbaikinya.
  2. Lakukan pemantauan dan pengevaluasian terhadap air, kondisi ikan, tanaman dan kompsosisinya setiap 2-3 minggu sekali untuk memastikan aquascape Anda sesuai harapan.
  3. Jangan lupa untuk memastikan air Anda dalam kondisi baik, agar Anda tidak perlu sering melakukan penggantian air.
  4. Selain air, pastikan juga keseimbangan udara (CO2 dan O2) dalam aquascape seimbang. Ini sangat penting untuk memastikan tanaman dan ikan tidak mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan.

Penggunaan pupuk yang tepat dapat memaksimalkan kualitas aquascape Anda. Hal ini bergantung dengan teknis dan dosis yang diberikan tepat.

Oleh karena itu, pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ini sangat penting agar aquascape Anda bisa tampak indah, subur dan minim perawatan.

Bagaimana? Mau mencoba produk 2 in 1 yang sangat inovative ini? Yuk hubungi tim ahli perikanan kami dengan cara klik ikon whatsapp berikut ini:

Share your thoughts