Dian Istana G11 No.09

Kota Surabaya - Indonesia

Hubungi Kami

+62 85103332222

Hubungi Kami

info@gdmorganic.com

GDM Perkenalkan Pertanian Organik Kepada Siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

pertanian organik

GDM Perkenalkan Pertanian Organik Kepada Siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya

  • Readers Rating
  • No Rating Yet!
  • Your Rating


Pertanian Organik – Menanamkan rasa cinta kepada alam sekaligus mengajarkan kegiatan wirausaha adalah tujuan utama dari acara “GDM Young Agropreneur”.

 

Rabu, 9 mei 2018 PT. Graha Alam Sempurna melakukan kegiatan pembinaan wirausaha berbasis lingkungan kepada siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.

 

Kagiatan wirausaha sudah seharusnya memperhatikan aspek lingkungan dalam setiap kegiatannya. Di Indonesia, salah satu usaha yang ramah lingkungan dan berpeluang besar adalah usaha di bidang agrobisnis.

 

SMA Muhammadiyah 9 Surabaya adalah salah satu sekolah yang memiliki program khusus kewirausahaan/ entrepreneur dalam kegiatan belajar mengajarnya.

 

Sebagai sekolah yang berbasis entrepreneur, SMA Muhammadiyah 9 Surabaya menyambut dengan antusias kegiatan “GDM Young Agropreneur”. Sebelumnya, di sekolah ini sudah memiliki kelompok belajar berbasis wirausaha yang harus diikuti oleh seluruh siswanya.

 

Bernama “Pelajar Berdagang”, kelompok belajar ini sudah memiliki keahlian di bidang Handycraft, kuliner, Garment, dan yang terbaru akan dibentuk keahlian di bidang Agrobisnis.

 

“Pelajar Berdagang” memiliki kegiatan rutin setiap hari jum’at siang. Selain itu, setiap bulannya para siswa melakukan praktik langsung dengan cara berjualan di Taman Bungkul Surabaya. Kemudian setiap 6 bulan sekali, secara mandiri sekolah akan melakukan bazar kewirausahaan di sekitar lokasi sekolah.

 

Melalui kegiatan yang didukung oleh PT. Graha Alam Sempurna ini, diharapkan bisa memberikan referensi para siswa dalam membuka usaha di bidang Agrobisnis. Hal ini berkaitan dengan besarnya usaha pada bidang Agrobisnis yang dilakukan di daerah perkotaan, atau yang biasa disebut “Urban Farming”.

 

Rangkaian kegiatan dalam kesempatan ini utamanya terdiri dari tiga hal, yaitu pemaparan peluang usaha Agrobisnis oleh kak Diah, pembuktian kualitas Pupuk Organik Cair GDM oleh Bpk Paul, teknik budidaya tanaman sayur organik oleh Bapak Wahyu, dan Praktik cara budidaya tanaman sayur organik yang diikuti oleh seluruh peserta.

 

Pembuktian kualitas Pupuk Organik Cair GDM yang didemokan oleh bpk Paul dilakukan dengan “Meminum dan meneteskan Pupuk Organik Cair GDM kedalam mata”.

 

Sontak seluruh peserta terkejut dengan apa yang didemokan oleh bpk Paul. Mereka begitu heran, karena selama ini pupuk yang diaplikasikan pada tanaman umumnya tidak boleh kontak langsung dengan tubuh.

 

Ini membuktikan bahwa produk Pupuk Organik Cair GDM memang benar-benar aman bagi kesehatan tubuh, sehingga ketika diaplikasikan pada tanaman tidak akan meninggalkan residu berbahaya.

 

Keseruan Kegiatan Pertanian Organik “GDM Young Agropreneur” di SMA Muhammadiyah 9 Surabaya.

gdm young agropreneur

Kak Diah sedang menjelaskan peluang bisnis pertanian organik di perkotaan.

 

budidaya tanaman sayur

Bpk Wahyu sedang menjelaskan teknik budidaya tanaman sayuran menggunakan Produk GDM Organik

 

budidaya sayuran organik di perkotaan

Siswa antusias bertanya tentang kegiatan budidaya sayuran organik di perkotaan.

 

Photo diatas menunjukkan rangkaian kegiatan GDM Young Agropreneur didalam kelas. Pada photo pertama, tampak kak diah selaku head of marketing communication menjelaskan peluang bisnis sayuran organik di perkotaan. Kemudian dilanjutkan oleh Bapak Wahyu selaku head of research of development menjelaskan teknik budidayanya.

 

Photo ketiga menampilkan begitu antusiasnya peserta dalam mengikuti kegiatan “GDM Young Agropreneur”, dengan bertanya berbagai hal terkait kegiatan budidaya sayuran organik di perkotaan.

 

Praktik Budidaya Pertanian Organik

Setelah dilakukan kegiatan pembekalan materi didalam kelas, kemudian dilanjutkan dengan praktik budidaya sayur organik di halaman sekolah.

 

Pertama-tama, para peserta harus menyiapkan media tanam yang terdiri atas tanah, kompos dan arung sekam dengan perbandingan 1:1:1. Kegiatan praktik ini dilakukan dihalaman sekolah.

 

Tampak semua peserta begitu antusias dan tidak jijik dalam mencampurkan semua bahan pada proses pembuatan media tanam. Mereka juga sangat senang karena semua alat dan bahan yang digunakan didapatkan secara gratis dan telah disediakan oleh PT. Graha Alam Sempurna.

mempersiapkan media tanam

Para siswa begitu antusias mempersiapkan media tanam dan dilanjutkan dengan menanam bibit sayur organik.

Setelah mempersiapkan media tanam dan mengisikan kedalam polybag, setiap peserta kemudian menanamkan bibit sayur sawi, kangkung dan bayam merah.

 

Tentu saja langkah terakhir adalah menyiramkan air yang sudah dicampur Pupuk Organik Cair GDM untuk mempercepat pertumbuhan tanaman.

 

Selain gurunya, para siswa-siswi juga sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Terlebih masing-masing peserta mendapatkan Pupuk Organik Cair GDM gratis dari PT. Graha Alam Sempurna.

 

Sambutan baik dan juga diungkapkan oleh Ibu Fani, selaku guru pembimbing kelompok.

 

“Kami berharap melalui kegiatan ini, para siswa bisa jadi lebih mencintai dunia Agrobisnis dan bisa mengembangkan wirausaha di bidang agrobisnis” ucapnya.

 

Harapan kedepannya, para siswa memiliki skill untuk bercocok tanam dan bisa mengembangkan usaha di bidang agrobisnis. Mengingat SMA Muhammadiyah 9 Surabaya adalah sekolah yang berbasis entrepreneur.

 

Semoga melalui kegiatan ini para siswa SMA Muhammadiyah 9 Surabaya dan sekitarnya mau lebih peduli pada lingkungan dan kesehatan dengan menanam sayuran organik sendiri dirumah, atau bahkan mau mengembangkan usaha Agrobisnis yang ramah lingkungan menggunakan Pupuk Organik Cair GDM.

No Comments

Ada pertanyaan atau komentar?