Dian Istana G11 No.09

Kota Surabaya - Indonesia

Hubungi Kami

+62 85103332222

Hubungi Kami

info@gdmorganic.com

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur , Terbukti Ampuh

cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur , Terbukti Ampuh

  • Readers Rating
  • No Rating Yet!
  • Your Rating


Sebelum kami membahas cara ternak lovebird agar cepat bertelur, kita berkenalan dulu yuk dengan lovebird.

 

Burung cinta (lovebird) masuk dalam salah satu jenis spesies genus Agapornis. Di Indonesia burung ini lebih di kenal dengan nama Lovebird.

 

Julukan lovebird di lihat dari kelakuan yang dilakukan oleh burung yang berjodoh dengan menunjukkan tingkah laku saling menyayangi. Sifat pasangan lovebird di alam bebas adalah monogami.

 

Umur hidup rata-ratanya adalah 10-15 tahun. Lovebird secara umum mempunyai tinggi 13-17 cm dan berat 40-60 gram, berekor pendek dan memiliki paruh yang besar.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai cara ternak lovebird agar cepat bertelur akan kita bahas secara detail dalam artikel ini. Dalam memulai suatu budidaya lovebird, ada beberapa faktor yang harus dulur-dulur pertimbangkan.

Diantaranya adalah :

  1. Sarana dan prasarana (ex: kandang lovebird )
  2. Pakan lovebird
  3. Minum lovebird
  4. Memilih indukan
  5. Proses pengeraman
  6. Cara menghangatkan kandang lovebird
  7. Hand feeding
  8. Pemberian suplemen organik

 

1. Cara Ternak Lovebird Agar Cepat Bertelur Dimulai Dari Sarana dan Prasana

kandang lovebird

cara ternak lovebird agar cepat bertelur dimulai dari sarana dan prasana

Salah satu syarat utama cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dengan melengkapi :

  1. Kandang lovebird
  2. Perlengkapan untuk bertelur
  3. Tempat pakan lovebird
  4. Grid
  5. Tangkringan yang harus ada didalam kandang lovebird

 

Dalam budidaya lovebird, dulur-dulur wajib memenuhi semua sarana dan prasana yang telah kami sebutkan diatas.

 

2. Pakan Lovebird

pakan lovebird

Pakan lovebird dapat menentukan pertumbuhan budidaya lovebird

Salah satu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dengan memerikan pakan yang tepat. Pakan lovebird secara umum terbagi menjadi dua, yaitu pakan lovebird untuk indukan dan anakan.

 

Pakan Lovebird Untuk Indukan

Pakan lovebird indukan harus sangat diperhatikan karena setelah menetas, Lovebird induklah akan menyuapi/ melolohkan makanan yang dikomsumsinya untuk anak-anaknya. Umumnya, Jenis pakan lovebird indukan adalah milet/lifur, gabah padi, canary seed, biji bunga matahari, jewawut, kenari seed, biji sawi, kacang hijau, kacang merah, jagung muda, biji kedelai, taoge, dll.

 

Meski begitu, ada beberapa jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh jenis burung kicau semacam lovebird ini, yaitu :

  • Makanan yang banyak mengandung gula,
  • Makanan dengan kadar minyak yang tinggi,
  • Makanan cepat saji,
  • Buah alpukat,
  • Biji kopi ataupun bubuk kopi,
  • dan Teh.

 

Pakan saja tidak cukup untuk mememnuhi kebutuhan nutrisi bagi lovebird. Dulur-dulur harus menambahkan multivitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah serangan penyakit.

 

Pakan Lovebird Untuk Anakan

Pakan lovebird anakan cukup berbeda dengan pakan indukannya. Hal ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan nutrisi dan kondisi fisik anakan dan indukan yang berbeda. Pakan lovebird bagi anakan adalah hal yang menentukan pertumbuhannya.

 

Cara memberi makan anakan yaitu dengan cara memisahkan anakan dari induknya setelah memasuki usia 10-15 hari. Pakan lovebird yang diberikan bisa berupa bubur bayi instant yang di lumatkan dengan air hangat.

 

Untuk tahap awal, berikan campuran pakan lovebird yang tidak terlalu kental, kemudian semakin bertambahnya umur berikan pakan yang lebih kental. Jangan lupa untuk gunakan alat bantu untuk menyuapi.

 

Beri makan dalam interval 4 jam sekali secara teratur. Misal: makan pertama pukul 06.00, 10.00, 14.00, 18.00, dan terakhir pukul 23.00.

Pakan Lovebird Tambahan

pakan tambahan lovebird

Sayuran merupakan pakan lovebird tambahan yang bagus dalam cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Pakan lovebird tambahan atau extra food (EF) berguna untuk melengkapi makanan pokoknya. Kita tahu bahwa Lovebird tidak hanya membutuhkan energi, tapi juga asupan untuk pertumbuhan dan suara ocehan/nyanyiannya.

 

Dulur-dulur bisa menambahkan beberapa pakan ini kedalam list pakan lovebird dulur-dulur.

Buah-Buahan

Buah-buahan adalah pakan lovebird tambahan bagi lovebird yang cukup digemari. Buah-buahan yang direkomendasikan diantaranya adalah buah apel, pisang, pir, anggur, stroberi, pepaya, melon kiwi, mangga, dll.

 

Sayuran

Sayuran adalah pakan lovebird tambahan yang paling sering diberikan kepada lovebird. Jenis sayuran yang umum diberikan adalah tomat, jagung muda, wortel, bayam, kecambah, timun, selada air, kangkung dll.

 

Meski sayuran adalah pakan tambahan yang cukup baik bagi lovebird, tapi seharusnya sayuran tidak diberikan di setiap hari. Mengingat sayuran hanyalah pakan tambahan saja.

 

Vitamin dan Mineral

Asupan vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh lovebird, terutama cara membuat lovebird agar cepat bertelur. Multivitamin diberikan dalam dosis yang kecil dengan cara meneteskan/dicampurkan kedalam minuman.

 

Tambahkan suplemen organik cair spesialis ternak sebagai multivitamin yang praktis. Penambahan suplemen organik cair dikarenakan masalah utama yang sering muncul pada lovebird adalah kondisi fisik dan suaranya. Oleh karena itu, diperlukan suplemen agar lovebird bisa kembali prima di lapangan ataupun di rumah.

 

Suplemen untuk lovebird di antaranya adalah suplemen alami atau herbal. Suplemen alami lovebird bisa didapat dari buah dan sayuran. Suplemen organik cair spesialis ternak GDM adalah salah satu suplemen yang berasal dari bahan organik dan yang mengandung bakteri apotegen.

 

Bakteri dalam suplemen organik cair spesialis ternak GDM mampu menghasilkan pigmen alami sehingga membuat warna dari bulu lovebird makin cerah dan stamina lovebird lebih terjaga.

 

Jadi, dengan menggunakan suplemen organik cair spesialis ternak GDM secara rutin akan menambah performa lovebird menjadi semakin optimal, dapat menekan biaya pengobatan, membuat harga jual lovebird menjadi lebih tinggi, dan yang terpenting tercapai upaya cara ternak lovebird agar cepat bertelur.

 

3. Pemberian Minum Untuk Lovebird

minum untuk lovebird

cara ternak lovebird agar cepat bertelur – Dulur-dulur harus ingat bahwa lovebird merupakan jenis burung yang menyukai air

Pemberian air minum kepada hewan peliharaan adalah hal yang sangat penting. Jangan sampai dulur-dulur memiliki hewan peliharaan, namun tidak diberi pakan dan minum. Terlebih jenis burung lovebird secara alami adalah jenis burung yang menyukai air.

 

Air minum bagi lovebird harus bersih, bukan air bekas rumah tangga yang mengandung bahan-bahan berbahaya yang dapat menyebablan lovebird sakit pencernaan. Disarankan lebih baik dulur-dulur memberikan suplemen tambahan agar daya tahan tubuh lovebird menjadi lebih tinggi.

 

Jangan memberikan suplemen secara sembarangan dipasaran, karena kesehatan burung dulur-dulur adalah yang utama.

 

Tambahkan suplemen yang telah terbukti kualitasnya dan 100% organik seperti Suplemen Organik Cair GDM. Suplemen organik cair spesialis ternak GDM adalah supplemen organik yang mengandung bakteri baik.

 

Bakteri yang terkandung dalam suplemen organik cair ternak GDM mampu membantu penyerapan nutrisi secara maksimal sehingga nafsu makan menjadi lebih tinggi dan meminimalisir terjadinya stress.

 

Salah satu faktor penentu cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu lovebird memiliki nafsu makan yang tinggi dan tidak stress.

 

4. Proses Penjodohan Lovebird

perjodohan lovebird

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur dengan menjodohkan lovebird

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur yaitu dengan menjodohkan lovebird. Setelah dulur-dulur memiliki lovebird yang siap untuk dijodohkan, maka langkah berikutnya yaitu melakukan proses penjodohan dalam budidaya lovebird. Ada beberapa hal yang dapat dulur-dulur lakukan untuk proses penjodohan lovebird, antara lain:

Lovebird Memilih Sendiri Pasangannya

Jika lovebird memilih sendiri pasangannya, biasanya penjodohan ini di lakukan jika dulur-dulur memiliki banyak lovebird dengan kapasitas kandang lovebird yang luas.

 

Penjodohan ini lebih menghasilkan pasangan yang serasi. Burung yang sudah berjodoh harus dulur-dulur amati setiap hari tingkah lakunya di kandang lovebird.

 

Menjodohkan Lovebird Sesuai Dengan Keinginan Peternak

Penjodohan lovebird ini biasanya dilakukan ketika dulur-dulur membeli indukan lovebird di tempat yang terpisah. Cara penjodohan ini yaitu dengan selalu mendekatkan kedua lovebird di kandang yang berbeda sampai kedua lovebird menunjukkan ketertarikan.

 

Dulur-dulur bisa memilih salah satu dari cara penjodohan lovebird diatas, cara penjodohan ini merupakan cara ternak lovebird agar cepat bertelur

 

5. Proses Pengeraman Dalam Budidaya Lovebird

pengeraman lovebird

Proses pengeraman lovebird di kandang lovebird

Proses pengeraman adalah proses yang sangat penting dalam upaya budidaya lovebird. Proses pengeraman ini terjadi didalam kandang lovebird. Indukan lovebird yang baru pertama kali bertelur dan mengerami kebanyakan sering gagal untuk menetaskan semua telur atau membesarkan karena masih belum memiliki pengalaman.

 

Biasanya kegagalan ini teratasi setelah pengeraman kedua dan seterusnya.

 

Waktu pengeraman lovebird yaitu 21-25 hari, tetapi ada juga yang menetas lebih dari 25 hari karena telur terakhir keluar setelah telur pertama menetas. Rata-rata love bird mengahasilkan 8 butir telur.

 

Ada beberapa kemungkinan yang dapat mengakibatkan telur tidak menetas antara lain:

  • Lovebird bejenis kelamin sama (betina).
  • Lovebird jantan fertile/mandul.
  • Lovebird terganggu pada saat pengeraman.

 

Pada masa pengeraman, peran lovebird betina sangat penting sedangkan peran lovebird jantan sesekali masuk ke glodok untuk menyuapi lovebird betina serta untuk berjaga-jaga di pintu masuk glodok.

 

Beberapa faktor yang harus dulur-dulur antisipasi selama proses pengeraman dan pembesaran anak lovebird diantaranya adalah:

  • Jangan sering membuka glodok, jika dulur-dulur ingin menghitung jumlah telur dalam glodok cukup sesekali agar burung tidak stress.
  • Stok makanan lovebird harus selalu ada
  • Di butuhkan perhatian khusus jika ada anakan yang lebih kecil dari yang lain, karena rentan terinjak dan tidak tersuapi makanan oleh induk.

 

Untuk mencegah indukan lovebird tidak stress pada saat pengeraman, perlu adanya penambahan suplemen. Dulur-dulur dapat menggunakan suplemen organik cair spesiaslis ternak GDM.

 

Suplemen organik cair spesilias ternak GDM adalah supplemen organik yang mengandung bakteri baik. Bakteri yang terkandung dalam suplemen organik cair GDM mampu membantu penyerapan nutrisi secara maksimal sehingga nafsu makan menjadi lebih tinggi dan meminimalisir terjadinya stress.

 

Cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang paling efektif yaitu dengan membuat lovebird memiliki nafsu makan yang tinggi serta membuat lovebird tidak stress.

 

6. Hand Feeding Terhadap Anakan Lovebird

budidaya lovebird

Hand Feeding merupakan cara efektif dalam budidaya lovebird

Tujuan dari proses hand feeding terhadap anakan lovebird antara lain :

  • Agar anakan lovebird mudah dijinakan
  • Lovebird dapat mudah beradaptasi dengan lingkungan dan manusia
  • Meminimalisir kematian anak lovebird di usia dini (1-10 hari)
  • Mempercepat siklus produksi dari indukan
  • dan lain sebagainya

 

Dalam melakukan hand feeding tidaklah mudah. Ada beberapa cara atau step untuk melakukan proses hand feeding.

 

Proses Melakukan Hand Feeding

Dalam melakukan hand feeding yang dapat membuat cara ternak lovebird agar cepat bertelur, kami membaginya menjadi 3 tahap yaitu peralatan, persiapan dan langkah dalam melakukan hand feeding.

Peralatan yang dibutuhkan dalam proses hand feeding
  • Spuit,
  • karet pentil sepeda,
  • termometer,
  • kotak inkubator atau bisa juga kardus yang di beri alas kain agar anakan merasa nyaman,
  • pakan lovebird

 

Persiapan dalam melakukan hand feeding lovebird

Siapkan umur anakan lovebird yang tepat untuk hand feeding yakni lovebird yang berumur 2 minggu setelah menetas. Anakan lovebird tidak memiliki umur serempak tergantung urutan menetas.

 

Kemudian dulur-dulur dapat menyiapkan kotak/ kardus yang diberi alas kain untuk memindahkan anakan dari glodok ke inkubator (kotak/kardus). Pemindahan sebaiknya di lakukan pada pagi hari.

 

Jangan langsung memberi makan anakan lovebird karena biasanya anakan lovebird sudah di suapi oleh induknya, jadi lebih baik tunggu beberapa saat sampai makanan habis di tembolok.

 

Langkah melakukan hand feeding :

1. Siapakan tissue atau kain lap

 

2. Buat adonan pakan dengan suhu hangat dan konsistensi sedikit encer. Tingkat kekentalan semakin bertambah sesuai umur dan perkembangan.

 

Adonan pakan di campur dengan suplemen organik cair spesialis ternak GDM sebagai suplement organik yang mampu menjaga stamina anakan lebih sehat dan asupan nutrisi dari pakan dapat terserap secara maksimal.

 

3. Ambil adonan pakan lovebird dengan spuit yang telah di pasang karet pentil pada ujungnya untuk memudahkan pemberian. Berikan minimal 3 jam sekali setiap hari.

 

7. Menghangatkan Kandang Lovebird

kandang lovebird hangat

kandang lovebird yang hangat dapat membuat cara ternak lovebird agar cepat bertelur

Kandang yang dibutuhkan untuk budidaya lovebird disesuaikan dengan jumlah burung yang diternakkan. Sedangkan kandang lovebird dalam jumlah kecil (keluarga kecil), umumnya kandangnya juga berukuran kecil. Misal kandangnya berukuran 20 cm x 20 cm x 25 cm.

 

Demi menjaga kehangatan kandang lovebird, maka dulur-dulur perlu menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Bahan yang biasa digunakan untuk menjaga kehangat kandang secara alami diantaranya adalah serutan kayu, ranting kecil, serta dedaunan kering di sekitar kandang. Cukup taruh dikandang, nantinya lovebird akan menghiasi sarangnya sendiri.

 

Kandang lovebird yang hangat dapat mempercepat cara ternak lovebird agar cepat bertelur.

 

Silakan dulur-dulur mencoba panduan cara ternak lovebird agar cepat bertelur yang telah kami berikan diatas. Namun jika dulur-dulur memiliki kendala dalam proses budidaya lovebird, dulur-dulur bisa konsultasi secara langsung dengan tim kami. Dulur-dulur bisa menghubungi melalui livechat, kolom komentar ataupun menghubungi kami melalui whatsapp

No Comments

Ada pertanyaan atau komentar?