pakan udang galah

Pakan Udang Galah: Jenis, Kandungan Nutrisi, Jumlah Kebutuhan Hingga Pemberian Probiotik

Makanan Udang Galah Air Tawar adalah penentu keberhasilan budidaya udang galah. Dengan pemberian pakan udang galah yang bisa mempercepat pertumbuhan dan perkembangannya, maka keuntungan yang bisa Anda dapatkan tentu menjadi lebih banyak.

Kandungan gizi udang sungai ini cukup tinggi untuk dikonsumsi oleh manusia. Oleh karena itulah udang galah masih terus laku dan dicari dipasaran.

Meski begitu bagi beberapa pembudidaya udang galah belum sepenuhnya mengetahui kebutuhan nutrisi dan komposisi pemberian pakan yang tepat.

Porsi pemberian pakan pada udang galah inilah yang menjadi salah satu penentu bobot, dan menjadi salah satu hal penting dalam memenuhi hasil panen.

Perlunya mengetahui beberapa hal mengenai makanan udang galah secara tepat seperti:

  • Jenis pakan
  • Kandungan nutrisi
  • Jumlah pemberian pakan

Dari ketiga poin diatas menjadi hal penting untuk diperhartikan oleh setiap petani udang galah, secara lengkap berikut ulasan selengkapnya:

Jenis Pakan Udang Galah

Perlunya mengetahui kebutuhan jenis pakan udang yang tepat, hal ini berkaitan dengan kualitas serta kandungan nutrisinya. Jenis makanan udang galah umumnya memiliki dua jenis yaitu alami dan buatan.

1. Pakan Alami Udang Galah

Pakan alami sangat baik diberikan pada udang galah. Ini dikarenakan pakan alami relative lebih mudah didapat dan bisa didapatkan dengan harga yang lebih terjangkau.

Ini dikarenakan pakan alami udang galah bisa didapatkan dari limbah sisa industri pemotongan hewan ataupun bahkan bisa diambil secara gratis dialam.

Nah, agar Anda bisa mendapatkan pakan alami dengan mudah dan terjangkau, berikut ini adalah rekomendasi pakan alami udang galah yang bisa Anda pilih:

a. Pakan Udang Galah Dari Usus Ayam

Usus ayam merupakan limbah dari industri pemotongan hewan. Tapi, siapa sangka bahwa usus ayam ternyata memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik.

pakan usus ayam untuk udang galah

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah nilai kandungan nutrisi usus ayam yang peru Anda ketahui:

  1. Protein yang terkandung didalam usus ayam adalah 33,86%.
  2. Lemak yang terkandung didalam usus ayam adalah 12,11%.
  3. Kadar abu yang terkandung didalam usus ayam adalah 1,63%.
  4. Serat kasar (karbohidrat) yang terkandung didalam usus ayam adalah 2,26%.
  5. Kalsium yang terkandung didalam usus ayam adalah 1,87%.
  6. fosfor yang terkandung didalam usus ayam adalah 1,73%.

Dari data tersebut, Anda tentu tahu bahwa usus ayam mengandung protein tinggi, yaitu 33,86%. . Kandungan lemak dan karbohidrat dalam bentuk serat kasar juga sangat baik dalam menunjang penambahan bobot udang galah. Itu artinya, usus ayam bisa membantu meningkatkan bobot dan mempercepat pertumbuhan udang galah.

Jumlah Kebutuhan Untuk Udang Galah:

  1. Berikan pakan usus ayam sebanyak 15% dari berat tubuh udang galah.
  2. Pemberian pakan usus ayam dalam jumlah ini terbukti lebih efektif dibandingkan dengan pemberian pakan usus ayam dalam jumlah lebih kecil ataupun lebih besar.
  3. Sebab, pemberian pakan <15% dari bobot tubuh udang galah dapat menyebabkan udang galah kekurangan nutrisi makro.
  4. Namun, pemberian pakan >15% dari bobot tubuh justru berdampak pada peningkatan kadar amoniak dalam kolam akibat banyak sisa pakan yang mengendap didasar kolam.

b. Pakan Dari Keong Mas

Keong mas adalah salah satu hama dari tanaman padi yang seringkali meresahkan. Namun, bagi Anda pengusaha budidaya udang galah, keong mas adalah pakan yang potensial.  Ini dikarenakan udang galah mengandung protein dan lemak cukup besar.

pakan keong mas untuk udang galah

Kandungan nutrisi:

  • kandungan protein dalam keong mas adalah 55-60%
  • lemak sebanyak 2,92%
  • kalsium sebanyak 6,93%,
  • fosfor sebanyak 0,92%.

Kandungan protein dalam udang galah ternyata lebih besar dari pada usus ayam. Itu artinya, keong mas bisa menunjang pertumbuhan udang galah dengan baik.

Jumlah Kebutuhan Untuk Udang Galah:

  1. Jika Anda memberikan pakan keong mas, pastikan Anda memberikan pakan tambahan yang mengandung karbohidrat. Ini dikarenakan keong mas tidak mengandung karbohidrat untuk menunjang pertumbuhan dan sistem metabolisme tubuh udang galah.
  2. Anda bisa memberikan pakan keong mas dengan merebus keong mas agar kandungan bahan berbahaya yang terdapat didalam keong mas dapat terduksi.
  3. Selanjutnya, lepas daging dari cangkangnya, kemudian cacah halus. Dengan begitu, keong mas bisa diserap secara optimal oleh udang galah.

c. Pakan Udang Dari Ikan Rucah

Jika Anda tinggal didaerah yang dekat dengan daerah penangkapan ikan, tentu ikan rucah adalah salah satu sumber pakan yang berlimpah. Anda bisa memberikan pakan ikan rucah untuk memenuhi kebutuhan protein udang galah.

pakan ikan rucah untuk udang galah

Ikan rucah mengandung nutrisi yang sangat lengkap, sehingga dapat membantu meningkatkan pertumbuhan udang galah.

Kandungan Nutrisi:

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kandungan nutrisi udang galah:

  1. Protein yang terkandung didalam ikan rucah adalah 54,7%.
  2. Lemak yang terkandung didalam ikan rucah adalah 2,4%.
  3. Kadar abu yang terkandung didalam ikan rucah adalah 3,0%.
  4. Serat kasar (karbohidrat) yang terkandung didalam ikan rucah adalah 1,1%.
  5. Kalsium yang terkandung didalam ikan rucah adalah 3,5%.
  6. Fosfor yang terkandung didalam ikan rucah adalah 2,6%.

Dengan kandungan protein yang sangat tinggi, bahkan lebih dari 50%, ikan rucah tentu saja menjadi makanan udang galah air tawar yang terbaik.

Jumlah Kebutuhan Untuk Udang Galah:

  1. Penggunaan ikan rucah pada umumnya bisa diberikan langsung pada udang galah, dengan cara dicacah terlebih dahulu.
  2. Kemudian jumlah kebutuhan pakan yang diberikan untuk udang galah sesuai kebutuhan, pastikan diimbangi dengan pakan konvesional atau pellet.

d. Pakan Dari Tubifex sp./Cacing Sutra

Pakan alami udang galah selanjutnya adalah cacing sutra. Ya, cacing sutra akhir-akhir ini sering digunakan sebagai makanan alami udang galah yang cukup banyak diminati.

pakan cacing sutra untuk udang galah

Tentu saja ini dikarenakan cacing sutra memiliki kandungan nutrisi yang lengkap untuk menunjang pertumbuhan udang galah agar cepat besar. Ini dikarenakan cacing sutra mengandung:

  1. 57% protein.
  2. 13,3% lemak.
  3. 2,0% serat kasar.
  4. 3,6% kadar abu.
  5. 87% kadar air.

Luar biasa kan? Dengan tingginya kandungan protein, lemak, serat kasar dan lainnya, sehingga cacing sutra bisa digunakan sebagai pakan utama udang galah.

Anda hanya perlu memberikan pakan cacing sutra sebagai sumber nutrisi makro dan diberikan tambahan suplemen organik untuk memenuhi nutrisi mikronya.  

2. Pakan Buatan Udang Galah

Kebutuhan nutrisi makro udang galah bisa hampir dipenuhi oleh makanan udang galah kolam buatan, atau pelet. Pakan buatan ini bisa menjadi solusi makanan udang galah yang simple, mudah didapat, namun cukup bisa memenuhi kebutuhan udang galah.

pakan buatan

Jenis pakan buatan yang diberikan untuk udang galah ini memang dibedakan secara bentuk maupun ukuran. Antara lain memiliki bentuk:

  • pakan buatan bentuk tepung
  • pakan buatan bentuk crumble
  • pakan buatan bentuk pellet

Kandungan Nutrisi

Jika Anda ingin memilih pakan buatan untuk udang galah, pastikan Anda membaca kandungan nutrisi yang ada didalamnya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah syarat dalam pembelian pakan buatan udang galah:

  1. Protein yang terkandung dalam pelet antara 44-56%.
  2. Lemak yang terkandung dalam pelet minimal 5%, namun lebih optimal jika sekitar 12%.
  3. Karbohidrat yang terkandung dalam pelet sekitar 22%.

Itu adalah kandungan nutrisi makro yang harus ada didalam pakan pelet udang galah. Sedangkan dosis pengaplikasiannya bisa Anda lihat didalam kemasan pakan pelet udang galah yang Anda beli.

Meskipun pakan pelet merupakan pakan yang sudah difortifikasi oleh pabrik, namun Anda tetap membutuhkan tambahkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi miikronya.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menambahkan suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mikronya.

Penambahan Probiotik Udang

Pemberian probiotik untuk menunjang kualitas pakan yang diberikan, tentu menjadi hal penting untuk kondisi udang galah. Maka dalam memilih probiotik atau suplemen yang bagus untuk udang galah seharusnya terbuat dari bahan-bahan alami dan organik. Sebab, suplemen organik terbukti lebih aman dikonsumsi oleh udang galah.

Ini dikarenakan suplemen organik tidak menimbulkan reaksi alergi ataupun reaksi buruk terhadap udang galah. Utamanya tidak menyebabkan hipervitaminosis ataupun dampak buruk lainnya.

produk suplemen organik cair gdm spesialis ikan 2ltr

Suplemen organik yang banyak digunakan oleh para peternak udang galah adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Ini dikarenakan produk Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung nutrisi mikro yang lengkap.

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung banyak nutrisi mikro yang dibutuhkan oleh udang galah. Diantaranya adalah:

  • Multivitamin yang bisa memenuhi kebutuhan vitamin udang galah dalam jumlah yang cukup.
  • Mineral essensial dan non essensial seperti magnesium, kalsium, kalium, fosfor, klorida, natrium, sulfur kobalt, zat besi, kromium, mangan, tembaga, yodium, selenium dan seng  untuk membantu pembentukan jaringan osmoregulasi, pertumbuhan dan perkembangan udang galah maupun fungsi metabolisme lain.
  • Bakteri baik (Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus brevis, Bacillus pumillus dan Bacillus mycoides)

Dosis Pemberian Probiotik Udang

Mengetahui begitu lengkapnya kandungan nutrisi mikro yang terdapat didalam Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan inilah yang menjadikan banyak petambak udang galah air tawar yang mengaplikasikan produk ini.

Selain karena harganya yang sangat terjangkau, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan juga sangat mudah diaplikasikan.

  • Anda bisa mencampurkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada pakan dengan dosis yang diberikan adalah 10 ml/kg pakan. Dengan begitu, kandungan nutrisi pada pakan yang diberikan pada udang galah akan naik. Sehingga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro udang galah dengan sempurna.
  • Selain diberikan secara rutin dengan dicampurkan pakan, Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan juga bisa diberikan dengan cara disemprot/disiram merata pada air kolam setiap 1 minggu sekali.
  • Caranya, semprotkan 10 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan keseluruh permukaan kolam.
  • Pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan setiap minggu pada permukaan air kolam ini bertujuan untuk menguraikan bahan organik dalam kolam agar bisa menekan kadar amoniak dalam air, membunuh bibit-bibit penyakit pada air kolam, dan meningkatkan kualitas air kolam. Tentu saja, kualitas air kolam yang baik terbukti bisa mencegah penyakit dan kematian udang galah.

Pemberian pakan untuk udang galah sangat berpengaruh terhadap kualitas pertumbuhannya, bahkan pembentukan telur udang galah juga bisa semakin cepat.

Seorang pembudidaya udang galah pemula maupun yang sudah lama, tentu sangat bisa memenuhi kualitas pakan yang tepat.

Jika Anda menemui kendala dalam budidaya udang galah maupun menunjang makanan udang galah dengan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.

Konsultasikan dengan tim ahli kami sekarang juga dengan cara klik ikon whatsapp dibawah ini:

Share your thoughts