Makanan Ikan Gabus Agar Cepat Besar: Jenis, Kandungan Nutrisi dan Penunjang Kualitas

Anda pembudidaya ikan gabus? Tentu tidak mau hasil bobot ikan gabus tidak maksimal bukan? Nah solusinya memilih jenis makanan ikan gabus agar cepat besar dan dosis yang tepat.

Namun tidak semua bahan alami untuk pakan ikan digunakan untuk makanan ikan gabus, sebab kebutuhan nutrisi dari ikan gabus berbeda dan tentu ada pemenuhan gizi yang sesuai.

Tentu harus disesuaikan kebutuhan serta ukuran ikan gabus, khusus untuk pembesaran ikan gabus lebih maksimal. Lalu bagaimana mengombinasikan pakan ikan gabus secara tepat? Berikut ulasannya.

1. Kandungan Nutrisi untuk Pakan Ikan Gabus

Untuk ikan gabus, pakan yang dibutuhkan pada ikan gabus yang masih berukuran larva dengan ikan gabus yang sudah dewasa tentu sangat berbeda. Bisa dibilang, kandungan nutrisi dan pakan yang dibutuhkan ikan gabus dalam dua fase tersebut sangat berbeda.

Pakan terbaik untuk larva ikan gabus yang masih berukuran 1,4 cm dengan bobot 0,08 gram adalah cacing rambut atau cacing sutra yang sering disebut dengan tubifek.

Dengan menggunakan pakan tubifek, pertumbuhan larva bisa dibilang cukup besar untuk ukuran larva ikan gabus. Pertumbuhan larva ikan gabus yang didapatkan setelah diberi pakan berupa tubifek adalah sebesar 2,7 gram.

Perlakuan yang diberikan tentu tidak sembarangan, yakni Anda perlu membuat kolam tanah dengan ukuran 3 m x 5 m x 1,5 m untuk padat tebar 25 ekor/hapa. Nantinya, hasil pertumbuhan optimal akan didapatkan setelah perawatan selama enam minggu.

Cacing sutra atau tubifek memang merupakan pakan alami yang sangat cocok untuk larva ikan gabus. Bentuknya yang sangat kecil dan gerakannya yang sangat lambat membuat cacing sutra menjadi santapan lezat bagi larva ikan gabus.

Selain itu, kandungan cacing sutra juga bisa dibilang sangat baik untuk pertumbuhan larva ikan gabus. Berikut kandungan cacing sutra sebagai pakan alami larva ikan gabus yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan larva ikan gabus:

Sementara itu, pakan untuk ikan gabus yang sudah menginjak usia dewasa bisa dengan mengunakan pelet pabrikan yang merupakan pakan buatan bagi ikan gabus. Pakan untuk ikan gabus akan lebih baik jika menggunakan kombinasi antara pelet, cacing sutra, dan kutu air.

Kombinasi yang baik adalah pelet sebesar 25%, kutu air sebesar 37,5%, dan cacing sutra sebesar 37,5%. Untuk kandungan nutrisinya kurang lebih seperti ini:

1. Pelet

2. Cacing Sutra

3. Kutu Air

3. Keong

Untuk ikan gabus usia dewasa bisa diberi makanan tambahan seperti keong sawah. Untuk mengolahnya sebagai pakan bisa dengan mengeluarkan dagingnya terlebih dahulu. Potong kecil-kecil atau bisa dihaluskan kemudian sebar ke kolam ikan gabus.

Keong dan bekicot sering jadi pilihan pakan tambahan ikan gabus. Aroma manisnya malah menarik minat ikan untuk mengkonsumsinya. Binatang ini juga mudah ditemukan di area persawahan atau dibeli di pasaran.

4. Ikan Kecil

Selain ikan rucah kamu juga bisa memberikan ikan kecil sebagai pakan. Ada banyak jenis ikan kecil yang bisa Anda pilih. Misalnya saja ikan wader atau ikan cethul yang merupakan ikan air tawar berukuran kecil. Selain ikan kecil Anda juga bisa memberikan jenis hewan atau serangga kecil lainnya seperti kepiting kecil.

5. Udang

Udang juga sangat digemari oleh ikan gabus. Habitat ikan gabus sendiri juga menempatkan udang sebagai salah satu sumber makanannya. Untuk menyebarkan pakan ini sebaiknya disebar searah dengan jarum jam sehingga dapat dikonsumsi ikan secara merata.

6. Cacing Sutra

pakan-cacing-sutra

Terakhir ada pula cacing sutera yang bisa dijadikan pilihan pakan untuk ikan gabus. Harga cacing sutra biasa dibanderol Rp.20.000 per liternya. Nutrisi dalam cacing sutra tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan larva ikan.

Apabila cacing sutra sukar ditemukan bisa pula diganti dengan cacing tanah. Cacing jenis ini biasa hidup di rawa dan sungai berlumpur.

Mudah didapatkan dan harganya juga terjangkau di pasaran. Untuk mengolahnya sebagai pakan cacing tanah bisa dipotong kecil-kecil kemudian sebarkan secara merata ke kolam ikan gabus.

3. Cara Pembuatan Pakan dengan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan

Ada beberapa pakan yang bisa Anda buat untuk memberikan pakan kepada ikan gabus yang akan Anda budidayakan.

Campuran yang akan digunakan adalah tepung keong mas, tepung ikan, tepung tapioka, tepung kedelai, dedak halus, tepung kunyit, vitamin, dan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr

Bahan:

  1. Tepung keong mas
  2. Tepung ikan
  3. Tepung tapioka
  4. Tepung kedelai
  5. Dedak halus
  6. Tepung kunyit
  7. Vitamin mix
  8. Minyak kedelai
  9. Air panas
  10. Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan

Cara membuat:

  1. Campurkan vitamin mix, minyak kedelai, tepung kunyit, tepung tapioka, tepung kedelai, dedak halus, tepung ikan, dan tepung keong mas secara merata.
  2. Tambahkan air panas dan aduk hingga membentuk padatan yang akan dijadikan sebagai adonan pelet.
  3. Sebelum dicetak dengan menggunakan alat mincer, semprotkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada adonan yang ada. Anda bisa menyemprotkan dengan dosis 10 ml/kg pakan.
  4. Caranya, cukup tambahkan air secukupnya dan semprot merata pada adonan pelet yang ada. Kemudian, diamkan adonan selama 15 menit.
  5. Jika sudah didiamkan selama 15 menit, cetak adonan tersebut dengan menggunakan alat mincer.
  6. Hasil cetakan tersebut kemudian dipotong-potong dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 hingga 600C selama 10 jam.

Pakan yang sudah jadi tersebut bisa Anda gunakan sebagai pakan ikan gabus yang Anda budidayakan. Selain memberikan pakan pelet di atas, Anda juga bisa menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan sebagai suplemen tambahan.

Anda hanya perlu menyemprot atau menyiram secara merata 10 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada air kolam selama seminggu sekali. Pengaplikasian tersebut akan membuat ikan tahan terhadap penyakit dan menurunkan tingkat kematian ikan gabus.

Jika Anda mengalami kendala dalam pembuatan pakan ikan gabus, Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli perikanan secara GRATIS melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts