makanan ikan cupang

Makanan Ikan Cupang: Jenis, Kandungan Nutrisi, Waktu Pemberian Hingga Pemberian Vitamin Ikan.

Anda seorang pembudidaya ikan cupang pemula? tentu saja untuk melakukan perawatan yang tepat, tidak sembarangan dalam memberikan jenis pakan ikan cupang yang tepat.

Tidak sekedar mengetahui jenis makanan ikan cupang saja, namun Anda harus mempertimbangkan kualitas dan kandungan nutrisi yang ada didalam pakan.

Hal ini jelas sangat dibutuhkan guna memenuhi kebutuhan pertumbuhan ikan cupang maupun untuk mencerahkan warna.

Sebagai salah satu hal yang penting dalam perawatan ikan cupang, tentu saja pakan ikan cupang yang dipilih harus mengandung protein.

Dilansir dari bettafish.org, Adapun nilai gizi terbaik yang berfokus untuk kebutuhan ikan cupang sendiri yaitu adanya:

  • Protein
  • Lemak
  • Serat
  • Fosfor
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Vitamin (A, C, D, E, K, B1, B2, B3, B5, B6, B12 )

Selain itu adanya pemenuhan pakan ikan cupang yang mengandung protein sebagai bahan pertama. Maka berikut ini jenis pakan ikan cupang yang bisa Anda berikan:

Jenis Makanan Ikan Cupang Agar Cepat Besar

Saluran pencernaan ikan cupang sangatlah pendek, maka dari itu sangat penting untuk memberikan pakan yang memiliki kandung protein tinggi.

Ada beberapa jenis pakan alami maupun buatan beserta kandungan nutrisi yang dapat memenuhi kebutuhan serat ikan cupang antara lain:

1. Pelet Ikan Cupang

Pelet cupang protein tinggi menjadi salah satu jenis pakan yang paling banyak dan paling mudah untuk didapatkan.

Selain sudah mengandung nutrisi seperti protein, lemak dan mineral yang terukur, pelet ikan cupang juga lebih mudah disimpan dalam jangka waktu lama.

Ini dikarenakan pelet cupang yang bagus sudah diproduksi oleh produsen dan telah terstandar. Anda bisa membeli pelet ikan cupang yang berkualitas dipasaran dengan harga yang bervariasi.

pelet ikan cupang

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih pelet ikan cupang. Berikut ini adalah tips memilih pakan pelet:

  1. Dikemas dengan menggunakan botol/kemasan yang tertutup rapi dan tersegel.
  2. Diproduksi oleh produsen pakan tersertifikasi.
  3. Menampilkan kandungan nutrisi pakan dan sesuai dengan angka kecukupan gizi ikan cupang.
  4. Dijual dengan harga yang tidak terlalu murah.
  5. Ukuran pelet sesuai dengan ukuran ikan cupang yang Anda budidayakan (tidak terlalu besar).
  6. Lihat tanggal kadaluarsanya.
  7. Disarankan untuk memilih pakan pelet terapung, agar sisa pakan pelet tidak banyak mengendap dan menyebabkan penumpukan pada dasar aquarium. Pakan yang banyak terendap didasar dapat meningkatkan kadar amonia dan menyebabkan penyakit.

Pakan pelet ini menjadi solusi bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan pakan alami. Namun, pakan pelet ini juga memiliki kelemahan, diantaranya adalah:

  1. Harus disimpan pada suhu ruangan dan kering. Sebab, jika lembab pelet mudah berjamur.
  2. Tidak begitu disukai oleh ikan.
  3. Pertumbuhan dan perkembangan ikan cupang lambat.
  4. Warna ikan cupang tidak cerah dan mencolok.

Memahami ada kelemahan dari pelet tersebut, maka Anda bisa mulai beralih ke pakan alami atau bisa juga memberikan selingan pelet dengan menggunakan pakan alami. Berikut ini rekomendasi makanan ikan cupang untuk warna yang lebih menarik:

2. Cacing Sutra Untuk Ikan Cupang

Cacing sutra menjadi salah satu jenis pakan ikan cupang yang cukup populer. Ini dikarenakan pakan cacing sutra memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik dan banyak dijual di pasar ikan hias.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah kandungan nutrisi cacing sutra berdasarkan persentase kandungan gizi untuk ikan cupang:

pakan cacing sutra untuk ikan cupang

a. Protein

Kandungan protein cacing sutra cukup tinggi, yaitu sebanyak 48%. Tingginya kandungan protein inilah yang menjadikan cacing sutra sebagai salah satu jenis pakan yang paling baik untuk menunjang pertumbuhan cacing sutra.

b. Lemak

Sebagai salah satu kandungan nutrisi paling banyak dibutuhkan dalam proses metabolisme ikan cupang, cacing sutra mampu mengandung 15% lemak.

c. Glikogen, dan Asam lemak

Selain mengandung protein tinggi dan lemak, cacing sutra juga mengandung 7% glikogen, 1% lemak asam organik, dan 1% asam nucleic. Dengan begitu, kebutuhan nturisi mikronya juga sudah hampir bisa terpenuhi oleh pakan cacing sutra ini.

Nah, mengetahui begitu bagusnya kandungan nutrisi cacing sutra ini, maka cacing sutra bisa dikategorikan sebagai pakan cupang terbaik.

Namun jika Anda kesulitan untuk mendapatkan cacing sutra, Anda bisa menggunakan pakan alami lainnya.

3. Pakan Kutu Air (Daphnia sp. )

pakan kutu air

Kutu air atau daphnia sp. ini bisa menjadi alternatif pakan alami ikan cupang yang lainnya. Daphnia sp. ini mengandung protein sebanyak 5%, lemak sebanyak 5%, dan abu sebanyak 9%.

Meskipun angka kecukupan protein dan lemaknya masih tidak sebanyak cacing sutra, nyatanya daphnia sp. masih bisa menjadi pakan alami ikan cupang yang cukup baik.

Kelebihan dari pakan daphnia sp. ini adalah bisa diberikan sebagai pakan burayak ikan cupang. Ini dikarenakan daphnia sp. memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan cacing sutra.

Sebagai makanan burayak cupang, daphnia sp. juga sudah bisa membantu proses pertumbuhan ikan cupang.

Namun, Anda tetap harus memberikan pakan cacing sutra saat burayak sudah mulai besar untuk membantu memenuhi kebutuhan protein dan lemaknya.

4. Pakan Jentik Nyamuk

Jenis makanan ikan cupang yang satu ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Sebab, ternyata jentik nyamuk memiliki kandungan yang justru lebih baik dari pada kutu air/daphnia sp.

pakan jentik nyamuk

Bagaimana bisa? Yuk simak penjelasan berikut:

  • Jentik nyamuk ini mengandung 15,58% protein yang dibutuhkan oleh ikan cupang.
  • Selain protein, jentik nyamuk juga mengandung lemak sebanyak 7,8%.
  • Untuk membantu memenuhi kebutuhan seratnya, jentik nyamuk ini sangat baik untuk ikan cupang, karena mengandung 3,46% serat pangan.
  • Dengan begitu, jentik nyamuk bisa membantuk memenuhi kebutuhan nutrisi makro ikan cupang. 

Dari 4 jenis pakan tersebut, tentu saja pakan terbaik untuk cupang adalah cacing sutra. Ini dikarenakan cacing sutra mengandung protein sebanyak 48%.

Jumlah itu hampir bisa memenuhi kebutuhan protein ikan cupang, yang membutuhkan 50% protein untuk pertumbuhan badannya. Dengan begitu, ikan cupang akan lebih cepat besar dan tumbuh secara optimal.

Namun, seperti yang Anda ketahui, cacing sutra tidak mengandung nutrisi mikro yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi makro ikan cupang.

Oleh karena itulah Anda tetap harus memberikan tambahan suplemen yang bisa memenuhi kebutuhan nutrisi mikronya.

5. Memenuhi Nutrisi Mikro

Untuk membantu ikan cupang mencapai pertumbuhan optimal dan warna yang indah, maka pemenuhan kebutuhan nutrisi mikro wajib dilakukan.

Berikan suplemen organik yang mengandung multivitamin, mineral essensial-non essensial, dan bakteri baik untuk meningkatkan sistem imun ikan cupang.

Salah satu suplemen yang banyak digunakan oleh para penghoby ikan cupang adalah Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Ini dikarenakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung semua kebutuhan nutrisi mikro yang sangat dibutuhkan oleh ikan cupang.

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 1ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung multivitamin, mineral essensial, mineral non essensial, asam lemak baik, serta bakteri Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus brevis, Bacillus pumillus, dan Bacillus mycoides.

Bakteri Pseudomonas alcaligenes, Micrococcus roseus, Bacillus brevis, Bacillus pumillus,dan  Bacillus mycoides yang terkandung didalam produk ini bermanfaat untuk:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh ikan cupang, sehingga tidak mudah sakit dan mati.
  2. Mempercepat pertumbuhan ikan cupang.
  3. Meningkatkan kecerahan warna ikan cupang.
  4. Memperbaiki sistem pencernaan ikan cupang.
  5. Mencegah stress.
  6. Pada ikan cupang jantan, pemberian produk ini terbukti bisa mempercepat persiapan untuk kawin dan pembuatan gelembung.
  7. Pada ikan cupang betina, pemberian produk ini terbukti bisa mempercepat pengisian telur.

Pemberian Vitamin Ikan Cupang

Mengingat begitu banyaknya manfaat dari penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ini, maka Anda disarankan untuk menambahkan produk ini kedalam air ikan cupang. Caranya:

  1. Siapkan 10 gram pakan pelet/pakan alami.
  2. Semprotkan/teteskan 0,1 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke permukaan pakan.
  3. Aplikasikan dengan cara ini setiap hari (1 hari sekali).
  4. Untuk menjaga kualitas air, teteskan 1 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke permukaan air aquarium. Ulangi pengaplikasian setiap minggunya.

Waktu Pemberian Pakan Ikan Cupang

Setelah Anda mengetahui pemberian pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhan ikan cupang. Maka yang tidak kalah penting adalah mengetahui waktu pemberian pakan yang tepat.

Pemberian pakan ikan cupang sesuai dan tepat dapat meminimalisir adanya pemberian pakan secara berlebih. Serta menyesuaikan denga umur ikan cupang.

  • Ikan cupang dewasa umumnya diberi makan sekali dalam sehari.
  • Sedangkan untuk ukuran burayak (bayi cupang) disarankan diberi makan dua kali sehari.
  • Pemberian pakan ikan cupang tergantung pada tingkat aktivitasnya.
  • Pemberian pelet disesuaikan dengan ukurannya, jangan terlalu banyak sebab akan mengendap atau membesar ukuran pelet jadi 2 kali lipat setelah kena air.
  • Dalam seminggu, pastikan memberi jeda untuk diberi pakan. Gunanya untuk memberi waktu saluran pencernaan  dan menjaga keteraturan pencernaan.

(sumber: bettafish.org)

Mengatasi Ikan Cupang Tidak Mau Makan

Walaupun semua nutrisi dan kebutuha pakan tercukupi, ikan cupang juga bisa tidak mau makan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan suhu air secara tiba-tiba, habis pengurasan kolam atau aquarium maupun pemindahan tempat.

Beberapa hal tersebut adalah pemicu ikan cupang menjadi stress, yang mengakibatkan menjadi lesu dan memperlambat metabolisme.

Maka dapat dipastikan, metabolisme yang lebih rendah membuat ikan cupang membutuhkan lebih sedikit makan. Bisa juga faktor usia ikan cupang, biasanya dialami oleh beberapa indukan cupang atau yang sudah berumur.

Belum lagi jika ikan cupang terkena penyakit, tentu hal ini sangat mempengaruhi nafsu makan ikan cupang. Pastikan Anda mengetahui gejala serangan dan cara mengatasinya, berikut ulasan tim ahli perikanan kami mengenai jenis penyakit ikan cupang.

Namun jika dirasa ikan cupang memang menurun metabolisme dalam tubuhnya, perlunya Anda memperhatikan kualitas suplemen atau vitamin dalam menunjang kesehatannya.

Salah satu suplemen yang bisa Anda aplikasikan yaitu Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan, memperbaiki metabolisme dalam tubuh serta memperbaiki sistem pencernaan secara maksimal.

Hal utama dalam pemberian pakan ikan cupang adalah kandungan nutrisi serta pola makan yang seimbang dan teratur. Dengan menambahkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ini, ikan cupang Anda bisa semakin cepat pertumbuhannya dan menampilkan warna dengan lebih cerah.

Hubungi tim ahli perikanan kami dulu ya, untuk konsultasi cara mempercepat pertumbuhan ikan cupang dan mencerahkan warnanya. Yuk klik ikon whatsapp berikut ini:

Share your thoughts