makanan-lobster-air-tawar

Makanan Lobster Air Tawar Agar Cepat Besar, Menghasilkan Bobot Maksimal

Pakan lobster air tawar adalah salah satu penentu utama keberhasilan budidaya lobster air tawar. Oleh karena itulah, biaya terbesar dalam usaha lobster air tawar adalah untuk pembelian pakan.

Memahami hal itu, maka Anda harus menentukan jenis dengan tepat apa saja makanan lobster air tawar agar cepat besar.

Tentu saja, faktor penentu pemilihan pakan tersebut utamanya adalah harga pakan dan kemudahannya untuk mendapatkan pakan.

Lobster air tawar yang dibudidayakan tidak hanya untuk pembesaran saja, namun juga beberapa dari peternak lobster ingin mengembangkan usaha budidaya pembibitan juga.

Jumlah dan komposisi pakan yang dibutuhkan tentu saja berbeda-beda, dan inilah yang menjadikan Anda perlu mengetahui lebih mengenai:

Dosis Pakan Lobster Air Tawar

Dosis pakan yang diaplikasikan adalah 10%-17% dari bobot total/hari (bergantung jenis pakan yaitu ada tidaknya cangkang dan stadia atau ukuran lobster).

Dosis pakan akan menurun dengan meningkatnya masa pemeliharaan lobster. Frekuensi pemberian pakan lobster juga bergantung pada ukuran lobster. Dosis pakan yang diaplikasikan dapat ditingkatkan sebelum lobster ganti kulit.

  • Lobster berukuran kecil (lebih kecil dari 200 g/ekor) diberi pakan 2 kali/hari. Lobster berukuran besar (lebih besar dari 200 g/ekor) diberi pakan 1 kali/hari berupa ikan rucah.
  • Pakan dengan jumlah yang lebih banyak yaitu 60%-100% dari jumlah pakan diberikan pada sore atau malam hari sesuai habitatnya di alam yang aktif mencari makan pada malam hari. Menjelang akhir masa pembesaran lobster, pakan berupa udang, tiram, dan kerang ditingkatkan jumlahnya (sekitar 70% dosis pakan) dan sebaliknya pakan berupa ikan rucah diturunkan jumlahnya (sekitar 30%).
  • Pengukuran bobot lobster dilakukan setiap 3 bulan yang sekaligus digunakan untuk menentukan jumlah pakan yang diberikan. Pemantauan mengenai kondisi lobster dan pakan yang tersisa dilakukan secara periodik.

Jenis Pakan Lobster Air Tawar

Lalu, apa saja jenis pakan lobster air tawar agar cepat besar yang tepat untuk Anda? Berikut ini adalah rekomendasinya:

1. Pelet Lobster Air Tawar

Pelet untuk lobster air tawar merupakan pakan terbaik untuk menunjang pertumbuhan lobster air tawar. Ini dikarenakan pakan pelet sudah diformulasikan secara ketat untuk bisa memenuhi kebutuhna protein, serat, karbohidrat dan lemak.

pelet lobster air tawar

Anda bisa memberikan pakan pelet komersial dengan dosis 3% dari berat biomassa lobster air tawar.

Pemberian pakan pelet ini bisa diberikan dengan frekuensi pemberian pakan sebanyak 2 kali sehari pada lobster air tawar benih atau anakan, dan 3 kali sehari untuk lobster besar.

Meski begitu, Anda bisa memberikan pakan pelet lobster air tawar sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Meski pelet merupakan pakan terbaik untuk pertumbuhan lobster air tawar, namun tentu saja Anda tidak bisa memberikan pakan pelet ini secara terus menerus.

Sebab, pakan pelet ini dijual dengan harga yang cukup mahal. Sehingga biaya pemberian pakan akan menjadi sangat besar.

Memahami hal tersebut, maka Anda harus memilih pakan pelet yang mengandung protein beserta lemak dan serat kasar yang sesuai, namun dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, Anda tetap harus memperhatikan biaya pembelian pakan untuk menghitung keuntungan yang bisa Anda dapatkan nantinya.

2. Cacing Sutra Dan Daphnia

Cacing sutra dan daphnia bisa menjadi solusi bagi Anda pembudidaya lobster air tawar. Mengingat cacing sutra dan daphnia merupakan jenis pakan yang mengandung protein dan lemak hewani tinggi.

pakan cacing sutra

Oleh karena itu, cacing sutra dan daphnia sangat baik digunakan sebagai makanan untuk anak lobster air tawar. Ini dikarenakan anakan lobster air tawar membutuhkan protein tinggi untuk proses pertumbuhannya.

Namun, perlu dipahami juga bahwa cacing sutra atau cacing tubifex dan daphnia mengandung protein yang sangat besar. Sehingga pemberian dalam jumlah besar justru dapat melebihi kebutuhan diet protein lobster air tawar.

Tentu saja, kelebihan protein justru dapat memberikan dampak buruk bagi lobster air tawar. Pemberian pakan yang mengandung protein tinggi pada akhirnya hanya akan dibuang menjadi amoniak. Sehingga dapat meningkatkan kandungan amoniak dalam air kolam.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memberikan pakan cacing sutra dan daphnia namun diselingi dengan pakan lain yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi, untuk memenuhi kebutuhan makro nutrient lobster air tawar.

3. Tepung Ikan

Tepung ikan bisa menjadi pilihan yang sangat baik sebagai sumber protein. Sebab, tepung ikan yang baik mengandung protein 60-80%.

tepung ikan

Jumlah protein sebanyak itu dapat dicerna secara optimal, dengan ke efektitifan penyerapan antara 80-90% Tepung ikan sangat baik diberikan kepada lobster air tawar karena mengandung protein tinggi sekaligus asam amino essensial (lisin dan metionin) yang sangat dibutuhkan oleh ternak.

Tepung ikan juga sangat baik untuk digunakan sebagai pakan burayak lobster air tawar. Sebab, kandungan protein tinggi dan tekstur tepungnya mudah diterima oleh burayak lobster air tawar.

Anda bisa memberikan tepung ikan ini sebagai campuran pakan lainnya atau dengan memberikan tepung ikan sendiri.

Meski begitu, pemberian tepung ikan juga harus diperhitungkan secara matang, mengingat harga tepung ikan kualitas tinggi yang cukup mahal. 

Namun, mengingat tepung ikan memiliki tekstur powder, maka Anda disarankan untuk memberikan pakan tepung ikan kepada lobster air tawar dengan cara:

suplemen organik untuk meningkatkan hasil perikanan
  1. Siapkan tepung ikan sesuai takaran kedalam wadah.
  2. Siapkan wadah berisi air, kemudian tuangkan 6 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dan aduk hingga homogen.
  3. Tuangkan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan yang sudah dibuat ke tepung ikan.
  4. Aduk tepung ikan dan larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan hingga mengental.
  5. Berikan pakan tepung ikan ke lobster air tawar sesuai frekuensi dan takaran.

Pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan kepada lobster air tawar sangat penting untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi makro-mikro, membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral essensial dan non essensial, serta menjaga kesehatan tubu lobster air tawar. Sehingga lobster bisa lebih sehat, meningkatkan sistem imun tubuh lobster agar dapat mencegah dan terhindar dari serangan penyakit.

Selain itu, pemberian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ini juga sangat mempercepat pertumbuhan lobster air tawar. Dengan begitu, proses pembesaran lobster air tawar bisa lebih cepat panen.

4. Ikan Rucah

Pakan sumber protein tinggi yang lain adalah ikan rucah. Ikan rucah dapat digunakan sebagai makanan anak lobster air tawar yang utama, dengan porsi pemberian antara 55-70% dari seluruh kuantitas pakan yang diberikan kepada lonster air tawar.

pakan ikan rucah

Beberapa jenis ikan rucah yang umum digunakan dalam pembesaran lobster air tawar adalah dari jenis:

  • Engraulis sp.
  • Priacanthus sp.
  • Saurida sp.
  • Leiognathus sp.
  • Stolephorus sp.

Berikan pakan ikan rucah dengan dosis 10-17% dari bobot total/hari. Frekuensi pemberian ikan rucah sebagai makanan lobster air kecil (<200 gram/ekor) adalah sebanyak 2 kali/hari. Sedangkan frekuensi pemberian ikan rucah untuk pakan lobster besar (>200 gram/ekor) adalah sebanyak 1 kali/hari.

Disarankan untuk memberikan pakan ikan rucah paling banyak pada sore atau malam hari. Ini bertujuan agar asupan pakan yang diberikan lebih banyak digunakan untuk pembesaran tubuh lobster, bukan untuk aktifitas atau energi pada pagi hingga sore hari.

5. Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dapat juga diberikan kepada lobster air tawar karena mengandung protein nabati yang juga dibutuhkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan lobster.

Beberapa jenis kacang yang bisa Anda berikan kepada ternak lobster adalah kacang hijau, kacang merah dan kacang tanah.

Meski begitu, Anda disarankan untuk melakukan beberapa perlakuan sebelum memberikan pakan kacang-kacangan ini kepada lobster air tawar. Berikut ini adalah caranya:

pakan kacang-kacangan
  1. Kupas kacang-kacangan dari kulit luarnya.
  2. Rendam kacang dengan menggunakan air hangat selama semalaman.
  3. Bersihkan kacang dari kotoran dan buang air sisa rendamannya.
  4. Perendaman kacang-kacangan ini bertujuan untuk melembutkan daging kacang, sekaligus membuat kacang bisa tenggelam. Dengan begitu, lobster bisa memakan kacang dengan mudah.
  5. Berikan kacang-kacangan kepada lobster air tawar, sehari sekali dengan dosis yang sudah disesuaikan dengan pakan lainnya.

6. Sayuran

Sayuran bisa diberikan untuk makanan lobster hias air tawar. Beberapa jenis sayuran yang bisa dipilih adalah tauge, wortel, buah bir, kangkung, buah naga, dan lainnya.

pakan sayuran

Sayuran ini baik untuk pakan lobster hias karena dapat mempengaruhi tampilan cangkang dan tubuh lobster air tawar.

Diutamakan untuk memberikan pakan yang mengandung banyak pigment untuk menciptakan pigmen warna pada lobster hias.

Anda bisa memberikan sayuran ini dengan frekuensi 1 kali sehari atau sebagai selingan pakan yang mengandung protein tinggi. Namun, pastikan sayuran yang Anda berikan bisa tenggelam dan dicacah kecil agar bisa dimakan oleh lobster.

Itu adalah rekomendasi pakan lobster air tawar agar cepat besar. Jika Anda memiliki kendala dalam memberikan komposisi pakan yang tepat untuk lobster air tawar, pastikan untuk berkonsultasi dengan tim Ahli perikanan kami.

Cukup dengan menghubungi tim Ahli perikanan kami, melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts