cara membuat konsentrat ayam

Konsentrat Ayam: Jenis Bahan, Standar Mutu dan Cara Membuat Pakan

Untuk menunjang keberhasilan ternak ayam, kebutuhan pakan menjadi hal yang penting dilakukann salah satunya dengan memberikan pakan konsentrat ayam.

Cara membuat konsentrat ayam petelur dan pedaging pada dasarnya hampir sama. Sebab, kedua jenis ayam tersebut sama-sama membutuhkan kandungan protein tinggi.

Kandungan pakan dengan kandungan protein tinggi umum terdapat didalam pakan konsentrat pabrikan. Namun, tentu Anda mengetahui bahwa pakan konsentrat ayam pabrikan dijual dengan harga yang cukup mahal.

Harga pakan konsentrat ayam yang tinggi ini tentu sangat mempengaruhi keputusan Anda dalam membelinya. Sebab, semakin tinggi biaya pakan, maka margin keuntungan yang Anda dapatkan semakin sedikit. Bahkan, tidak menutup kemungkinan justru membuat rugi.

Belajar dari kondisi tersebut, maka Anda harus bisa membuat konsentrat ayam petelur ataupun pedaging senditi.

Nah, agar kualitas dan kandungan nutrisi yang didapatkan bisa menyerupai dengan konsentrat pabrikan, namun dibuat dengan harga murah, Anda bisa melihat panduan cara membuat konsentrat ayam berikut:

1. Ketahui Standar Mutu Kandungan Konsentrat Ayam Petelur Atau Ayam Pedaging

Sebelum membuat pakan konsentrat ayam pedaging atau petelur, Anda harus memahami dahulu beberapa syarat yang harus dipenuhi. Mulai dari kadar protein, lemak, serat, asam amino, kalsium, dan lainnya.

Agar Anda tidak kesulitan dalam membuat pakan konsentrat ayam, berikut ini adalah standar mutu pakan konsentrat ayam yang harus dipenuhi:

tabel standart mutu konsentrat ayam

Itu adalah tabel syarat mutu pakan konsentrat yang harus ada dalam setiap konsentrat ayam yang Anda buat.

Selain harus memenuhi syarat mutu tersebut, pakan yang Anda berikan juga harus diberikan dengan jumlah minimal 35% dari total campuran pakan.

Nah, setelah mengetahui syarat mutu untuk pembuatan pakan tersebut, langkah selanjutnya adalah memilih bahan pakan yang akan digunakan sebagai konsentrat. Apa saja pilihannya?

2. Jenis-Jenis Bahan Pakan Konsentrat

Anda bisa membuat berbagai jenis konsentrat ayam sesuai dengan kondisi. Mulai dari: kemudahan untuk mendapatkan bahan pakan pembuat konsentrat, harga bahan pakan yang terjangkau, dan tentu saja kandungan nutrisinya.

Ada beberapa jenis bahan pakan konsentrat yang bisa Anda pilih. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

a. Bekatul

pakan bekatul

Sebagai limbah dari penggilingan padi, keberadaan bekatul sangat banyak di Indonesia. Selain mudah didapatkan, bekatul juga mengandung nutrisi yang cukup baik. Kandungan nutrient pada bekatul diantaranya adalah:

kandungan mutu bekatul

Itu adalah kandungan nutrisi yang terdapat didalam bahan pakan bekatul. Selain mengandung nutrisi makro, bekatul juga mengandung vitamin E dan vitamin B15 yang sangat baik untuk meningkatkan metabolisme tubuh ternak.

b. Dedak Padi

dedak padi

Selain bekatul, dedak padi juga umum digunakan sebagai pakan ayam. Dedak padi banyak digunakan sebagai bahan pakan karena memiliki beberapa keunggulan, seperti harga yang murah, mudah didapat, dapat disimpan cukup lama, dan tentu saja memiliki kandungan nutrisi yang cukup baik.

Beberapa kandungan nutrisi pada dedak padi diantaranya adalah:

kandungan nutrisi dedak padi

Itu adalah tabel kandungan nutrisi yang terdapat didalam dedak padi. Memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap, tentu saja dedak padi bisa digunakan sebagai salah satu bahan dalam pembuatan konsentrat ayan.

Meski begitu, Anda juga harus tahu bahwa dedak padi mengandung asam fitat sebanyak 2,42 %. Itu artinya, penggunaan dedak sebagai bahan pakan ayam tidak boleh digunakan sebagai pakan tunggal atau digunakan dengan takaran terlalu banyak.

Ini dikarena memiliki sifat anti nutrisi yang justru tidak baik untuk pertumbuhan dan perkembangan ayam ternak. Selain dedak, ada beberapa jenis bahan pakan lain yang bisa Anda pilih, seperti ampas tahu, tepung ikan, dan lainnya.

c. Ampas Tahu

Ampas tahu menjadi salah satu bahan pakan yang paling banyak dicari. Bukan tanpa alasan ampas tahu sangat diminati sebagai bahan pakan.

ampas tahu

Sebab, ampas tahu merupakan bahan pakan yang mengandung protein tinggi, namun umum dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Berikut ini adalah data kandungan nutrisi ampas tahu:

kandungan nutrisi ampas tahu

d. Tepung Ikan

tepung ikan

Tepung ikan menjadi salah satu bahan pakan yang paling umum digunakan sebagai bahan pakan ternak, mulai dari unggas hingga ikan. Ya, tepung ikan banyak diminati karena mengandung nutrisi yang baik, diantaranya:

kandungan nutrisi tepung ikan

Berdasarkan tabel diatas, tentu Anda sangat tertarik dengan bahan pakan tepung ikan ini. Sebab, tepung ikan merupakan salah satu bahan pakan yang mengandung protein tinggi, yaitu sekitar 44,7-62,4%.

Meski kandungan proteinnya tinggi, namun Anda tetap harus membatasi penggunaan bahan pakan ini. Sebab, umumnya tepung ikan dijual dengan harga yang cukup tinggi.

e. Tepung Kerang

tepung kerang

Tepung kerang juga menjadi salah satu bahan pakan dengan kandungan protein tinggi. Berikut ini adalah penjelasannya:

kandungan nutrisi tepung kerang

Tepung kerang ini merupakan bahan pakan yang mengandung nutrisi sangat baik untuk ayam. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan penggunaannya sebagai bahan penyusun konsentrat. Sebab, bahan pakan ini juga umum dijual dengan harga yang cukup tinggi.

f. Tepung Jagung

tepung jagung

Tepung jagung meruapakan bahan sebagai sumber energi yang baik. Sebab, tepung jagung mengandung karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan energi ternak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah data kandungan nutrisi tepung jagung:

g. Penambahan Probiotik Ayam

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan merupakan agen dalam pembuatan konsentrat Anda, agar konsentrat yang Anda buat bisa memenuhi kebutuhan nutrisi ternak ayam Anda. Ini dikarenakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan mengandung:

  1. Mengandung makro dan mikro nutrient seperti N,P,K,Mg,Na,Ca,Cl,,Mn,Cu,Zn.
  2. Multivitamin lengkap, yang bisa memenuhi semua kebutuhan vitamin ternak.
  3. Bakteri baik yang berguna untuk memperbaiki sistem cerna ternak, melawan bakteri jahat dalam tubuh ternak, meningkatkan sistem imun ternak agar tidak mudah sakit/stress/mati, dan tentu saja menunjang pertumbuhan dan perkembangan ternak.
  4. Mineral essensial dan non essensial lengkap, sehingga ternak ayam pedaging bisa lebih cepat besar dan ayam petelur bisa menghasilkan telur dalam jumlah lebih banyak dan kualitas yang lebih baik.

Mengingat begitu banyaknya manfaat dalam produk Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan ini, sehingga banyak peternak yang menggunakan produk ini sebagai satu-satunya suplemen dan formulator dalam pembuatan konsentrat ayam.

Itu semua adalah beberapa bahan pakan yang baik untuk digunakan sebagai pakan konsentrat ayam buatan sendiri. Nah, setelah memilih beberapa jenis bahan pakan, selanjutnya Anda bisa memulai pembuatan konsentrat ayam dirumah. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui cara membuat konsentrat ayam petelur dan pedaging:

3. Cara Membuat Konsentrat Ayam

Ingin mulai membuat konsentrat ayam sendiri dengan kandungan konsentrat ayam yang sama seperti buatan pabrik? Yuk simak langkah berikut:

a. Siapkan Bahan Pakan Untuk Membuat Konsentrat Ayam

  1. 10 kg tepung bekatul.
  2. 11 kg dedak padi.
  3. 11 kg ampas tahu.
  4. 3 kg tepung ikan.
  5. 2,5 kg tepung kerang.
  6. 10 kg tepung jagung.
  7. 2,5 kg garam
  8. 500 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan.
  9. 20 liter air (atau secukupnya)

b. Siapkan Alat Untuk Membuat Konsentrat Ayam

  1. Sekop.
  2. Drum/wadah tertutup

c. Proses Pembuatan Konsentrat Ayam

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr
  1. Tuangkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan kedalam sprayer berisi air penuh, lalu aduk-aduk agar tercampur rata.
  2. Tuangkan semua bahan (kecuali air) ke lantai semen bersih/yang sudah diberi alas terpal.
  3. Aduk-aduk bahan menggunakan sekop hingga tercampur merata.
  4. Sambil mengaduk, semprotkan juga larutan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan agar tercampur dengan merata.
  5. Setelah semua bahan tercampur merata (ditandai dengan warna pakan yang sama dan pakan cukup lembab), masukkan kedalam drum dengan penutup rapat.
  6. Setelah dimasukkan kedalam drum, tutup drum dengan rapat.
  7. Simpan pakan selama 2 minggu.
  8. Setelah 2 minggu, Anda bisa langsung memberikan pakan konsentrat tersebut kepada ternak Anda.

Itu adalah cara membuat konsentrat ayam dengan bahan-bahan lokal. Bagaimana? Mudah bukan?

Dengan memanfaatkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan, Anda sudah bisa membuat konsentrat sendiri. Ayo buat konsentrat ayam sendiri dirumah untuk mengurangi biaya pembelian pakan. Tapi, jika masih ada yang ingin ditanyakan, jangan ragu untuk berkonsultasi secara gratis bersama tim ahli peternakan kami. Caranya, klik ikon whatsapp dibawah ini ya:

Share your thoughts