cara menanam pisang

Cara Menanam Pisang Agar Berbuah Lebat Dan Menguntungkan

Cara Menanam Pisang – Berbagai macam buah memberikan banyak sekali manfaat untuk tubuh. Mengkonsumsi buah setiap hari sangatlah baik, karena kandungan nilai gizi yang besar membuat tubuh selalu tetap sehat.

Buah pisang merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin, kalsium protein, mineral, lemak, maupun zat besi. Selain itu kandungan asam triptophan yang tinggi sangat efektif untuk meredakan gejala stress.

Banyaknya manfaat dan keuntungan yang dapat diperoleh pada buah pisang membuat konsumsi buah pisang semakin hari semakin meningkat. Selain itu faktor harga yang relatif stabil di pasaran membuat banyak petani saat ini yang beralih untuk tanam pisang.

Sayangnya, minat petani yang tinggi tidak didukung dengan kemampuan pengelolaan yang baik juga, sehingga produksi dan produktifitasnya cenderung tidak meningkat.

Banyaknya kendala teknis saat budidaya pisang, seperti berbagai serangan penyakit membuat petani gagal panen dan rugi. Dari masalah diatas, membuat kami tergerak untuk memberikan solusi dalam budidaya pisang yang dapat dipastikan selalu berhasil hingga waktu ini.

Melalui panduan ini, kami akan memberikan cara menanam pisang agar berbuah lebat dan menguntungkan.

Untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan dalam budidaya pisang, maka berikut ini yang perlu dulur-dulur perhatikan:

Cara Menanam Pisang Yang Baik dimulai Dengan Bibit Pisang Yang Baik

bibit pisang
cara menanam pisang yang baik berawal dari bibit yang baik

Dulur-dulur pasti setuju, bahwa cara menanam pisang yang baik dimulai dari bibit pisang yang baik. Maka dari itu telah kami berikan cara memilih bibit pisang yang baik.

Ciri-ciri Bibit Pisang Yang Baik Dalam Budidaya Pisang

  • Pilihlah bibit pisang yang sehat dengan tinggi 1-1,5 meter dan diameter sekitar 15-20 cm.
  • Bibit pisang yang berasal dari indukan yang berkualitas baik, sehat dan produksi buah tinggi.
  • Dalam pembibitan pisang dikenal dengan anakan muda dan anakan dewasa. Maka sebaiknya Anda memilih bibit pisang yang menggunakan anakan dewasa, karena biasanya sudah memiliki bakal bunga dan cadangan makanan dalam bonggol pisang.

Silakan Anda memilih bibit pisang sesuai dengan ciri-ciri yang kami rekomendasikan, karena bibit pisang yang sehat dapat mempengaruhi jumlah sisir dalam tandan pohonnya.

Setelah Anda medapatkan bibit pisang yang sesuai dengan yang kami rekomendasikan, maka lakukan perendaman bibit pisang dengan menggunakan pupuk pisang organik yaitu pupuk organik cair GDM Spesialis buah – buahan selama 2-3 jam.

Dengan menggunakan pupuk pisang organik yaitu pupuk organik cair GDM spesialis buah – buahan, maka penyakit tular bibit dapat dicegah oleh bakteri GDM sejak awal dan pertumbuhan tanaman akan lebih cepat.

Hal ini dikarenakan hormon yang dihasilkan oleh bakteri GDM akan bekerja mempercepat pertumbuhan tanaman sehingga tanaman akan tumbuh sehat dan cepat.

Persiapan Lahan Budidaya Pisang

budidaya pisang
contoh lahan budidaya pisang

Setelah dulur-dulur mendapatkan bibit pisang yang baik, maka langkah selanjutnya yaitu dulur-dulur harus mempersiapkan lahan untuk budidaya pisang.

Dalam mempersiapkan lahan untuk budidaya pisang, dulur-dulur harus melakukan kegiatan berikut ini :

  • Bersihkan gulma pada lahan pisang agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman pisang.
  • Bajak atau cangkul lahan agar tercipta kondisi media perakaran yang mampu mendukung pertumbuhan tanaman secara optimal dan pertumbuhan mikroorganisme tanah.
  • Berikan pupuk pisang dengan manaburkan pupuk kandang.
  • Buat lubang tanam dengan ukuran 30x30x40 cm dan atur jarak tanam antar tanaman agar tidak terlalu rapat, yaitu sekitar 3×3 m. Dengan jarak tanam pisang yang ideal akan memaksimalkan penyerapan nutrisi yang diberikan.
  • Buat saluran drainase disekitar lubang tanam agar saat hujan lahan tidak tergenang air.

Sebagai tambahan, agar budidaya pisang menjadi berbuah lebat dan menguntungkan. Dulur-dulur dapat menambahkan dengan GDM Black Bos untuk mempercepat proses pengomposan dalam tanah, membunuh jamur dan bakteri pathogen dan mempercepat menggemburkan tanah, lalu diamkan selama 1 minggu.

Bakteri dalam GDM Black Bos mampu mempercepat proses fermentasi dalam tanah, sehingga proses pengomposan dalam tanah akan lebih cepat.

Selain itu bakteri GDM Black Bos mampu menghasilkan antibiotik alami sehingga bakteri dan jamur pathogen dapat segera dihilangkan dan beberapa enzim yang dihasilkan bakteri GDM Black Bos mampu mendegradasi residu kimia yang tertinggal dalam tanah sehingga tanah menjadi sehat, subur dan gembur.

Lakukan Pindah Tanam Pisang

bibit tanaman pisang

Proses pindah tanam sebaiknya dilakukan pada saat awal musim hujan, agar bibit pisang yang ditanam tercukupi pasokan airnya. Dengan begitu tanaman pisang lebih cepat pertumbuhannya dan mengurangi tingkat stress air.

Cara Memelihara Pohon Pisang

pupuk pisang
cara menanam pisang yang dapat meningkatkan hasil panen

Cara menanam pisang agar tumbuh sehat dan panen maksimal sangatlah mudah, asal dulur-dulur dapat memenuhi semua syarat yang telah kami sebutkan diatas. Pemeliharaan pada saat budidaya pisang harus dilakukan hingga saat panen tiba.

Kecukupan nutrisi, kebersihan lahan dari gulma, ketercukupan air hingga antisipasi awal serangan hama dan penyakit merupakan hal-hal yang harus dulur-dulur perhatikan setiap saat.

produk pupuk organik cair gdm spesialis buah 2ltr

Agar pertumbuhan pohon pisang lebih cepat dan berbuah maksimal salah satunya yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan Pupuk pisang Organik Cair GDM Spesialis Buah-buahan. Anda dapat memasukan pupuk pisang organik GDM setelah tanaman pisang telah pindah tanam.

Saat umur pisang di bawah 3 bulan, semprot pohon pisang setiap 1 minggu sekali dengan menggunakan POC GDM yang bertujuan membantu mencukupi kebutuhan nutrisi dalam budidaya pisang.

Setelah umur tanaman pisang 3 bulan ke atas, maka dulur-dulur dapat menggunakan pupuk pisang organik GDM spesialis buah-buahan dengan cara dikocorkan.

Untuk memaksimalkan ukuran dan jumlah buah pisang agar berbuah banyak dan besar, maka perlu dilakukan hal berikut:

  • Setelah pohon pisang berbuah dan tandan pisang telah terbentuk sekitar 5-7 sisir, segera lakukan pemotongan pada jantung/bunga pisang.
  • Selanjutnya, semprot dengan POC GDM agar tidak mudah terserang penyakit.
  • Setelah itu bungkus dengan kertas/plastik/karung.
  • Pada perakaran berikan pupuk yang mengandung kalium tinggi dan kocor dengan POC GDM setiap 2 minggu sekali.

Jenis Hama dan Penyakit Yang Menyerang Tanaman Pisang

Tanaman pisang merupakan tanaman holtikultura, buah pisang juga memiliki manfaat serta kandungan gizi yang sangat baik untuk kesehatan. Adapaun beberapa penyakit  yang sering menyerang tanaman pisang seperti berikut:

A. Hama Tanaman Pisang

hama tanaman pisang
Hama ulat penggulung daun

1. Ulat Penggulung Daun Pisang

Ulat penggulung daun pisang merupakan ulat yang berwarna hijau yang diselubungi oleh lapisan  lilin berwarna putih. Dengan adanya ulat penggulung daun pisang yang terserang akan tampak rusak, sobek-sobek dan bahkan menyebabkan daun pisang tinggal induknya saja.

2. Nematoda

Nematoda akan menyebabkan kerusakan pada akar seperti, luka dan bengkak sehingga dapat menggangu metabolisme tanaman tersebut. Tingkat serangan yang tinggi akan menyebabkan pertumbuhan tanaman pisang menjadi kerdil.

3. Ulat Buah Pisang

Hama ulat buah pisang ini akan menyerang  serta merusak kulit pada bakal buah. Kulit buah akan timbul totol-totol yang berwarna cokelat atau bitnik-bintik dengan warna kombinasi tersebut.

4. Uret

Larva uret pada pisang tak berkaki dan berwana putih akan hudup di bonggol serta akan memakan dan menggeret bonggol sampai bagaian tengah batang.

5. Kumbang Penggerek Bonggol Pisang

Serangan hama kumbang menagganggu nutrisi pada bonggol pisang dan akan menyebabkan kekerdilan pada tanaman, pematangan buah yang tertunda, ukuran buah yang kecil, dan menyebbakan patahnya batang dari pohon pisang.

6. Lalat Buah Pisang

Lalat buah akan melubangi bagian telur pada buah sehingga buah akan menjadi busuk, dikarenakan lubang larva pada buah terinveksi bakteri dan jamur.

7. Ngengat

Serangan ulat ngengat dapat menyebabkan kerusakan dengan memakan protein pada daun pisang. Kerusakan juga dapat terus berlangsung selama berminggu-minggu.

B. Penyakit Yang Menyerang Tanaman Pisang

1.    Penyakit Kerdil Pisang

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan cukup sulit untuk diberantas. Penyakit ini disebabkan oleh virus Banna Bunchy Top Virus (BBTV). Tanaman yang terserang penyakit ini akan pastinya akan mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. Serta membuat daun menjadi rapuh dan mudah patah.

2.    Bercak Daun

Serangan pada penyakit ini disebabkan oleh Mycosphaerella musicola Mulder. Pada serangan ini dapat menyebabkan kerugian besar karena buah pisang mengalami kematangan belum waktunya.

3.    Layu Bakteri

Serangan hama ini juga dapat menyebabkan daun pisang menguning, serta pelepah menjadi layu, dan terjadi perubahan warna pada bonggol. Lalu tanaman akan mati karena bonggol dan akar membusuk.

4.    Layu Fusarium

Penyakit layu fusarium sering disebut penyakit pada tanaman pisang Fusarium Oxysporum f. Sp Cubense (FOC). Peyakit ini dapat menular melalui tanah dan menyerang akar masuk kedalam bonggol pisang. Didalam bonggol jamur merusak pembuluh sehingga tanaman layu dan akhirnya mati.

5.    Penyakit Darah

penyakit pisang

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri pantogen pada tanaman, yang disebut Ralstonia solanacearum ras 2, P. celebensis atau Banana Blood Disease (BDB). Gejala pada penyakit ini yaitu terjadinya penguningan daun pada daun yang telah membuka penuh. Jika pada tanaman dewasa pangkal daun akan patah sehingga daun menggantung disekitar batang.

6.    Penyakit Pembuluh Jawa

Perkembangan pupus menjadi sangat lambat, bahkan bias terhenti. Setelah itu upih pada daun sebelah luar terlbelah membujur dan membuat daun cepat rusak atau layu. Gejala ini dapat diketahui bila akar tinggal dipotong yakni akan tampak bekas-bekas pembuluh yang mengelurakan cairan berwarna.

Cara Mencegah Hama dan Penyakit Pada Tanaman Pisang

Tanaman pisang yang terserah penyakit biasanya akan mengalami kematian. Cara menanggulangi untuk mencegah penularan hama pisang lebih lanjut antara lain dengan membongkar tanaman yang sakit. Kemudian tanah bekas tanaman tersebut disiram dengan fungisida. Adapun pencegahan hama dan penyakit pada tanaman pisang diantara lain:

  1. Menanam tanaman pisang yang tahan layu fusarium.
  2. Hindari membawa bibit dari daerah yang pernah terserang penyakit.
  3. Selektifnya dalam memilih alat pertanian yang selektif. Ketika alat tersebut sudah digunakan untuk membongkar tanaman yang sakit sebaiknya harap dicuci dahulu dengan fungisida.
  4. Memperbaiki rotasi tanaman bias membantu penyebaran penyakit pada tanaman pisang.
  5. Memanfaatkan musuh alami seperti agens antagonis tumbuhan yang dapat bereperan menekan populasi atau aktivitas pantogen tumbuhan.

Cara Panen Pisang

cara budidaya pisang

Buah pisang dapat dipanen rata-rata pada umur 1 tahun (hal ini tergantung dari jenis dan varietas pohon pisang yang ditanam).

Ciri-ciri buah pisang yang siap panen adalah :

  1. Ditandai dengan mulai mengeringnya daun bendera.
  2. Pada buah yang tua akan memiliki sudut tumpul dan membulat.
  3. Mudah patah pada bekas putik bunga.
  4. Mudah rebah pada kebanyakan pelepah.
  5. Warna kulit buah tampak lebih cerah.

Penanganan Pasca Panen Pisang

Penanganan Pasca Panen Pisang

Tahap penyimpanan merupakan pasca panen pisang yang penting dilakukan, karena tahap pemyimpanan dapat mempertahankan mutu pada buah pisang sehingga masih layak untuk dikonsumsi. Penanganan yang baik ketika pasca panen pisang adalah dengan menekan proses metabolisme serendah mungkin, misalnya dengan perlakuan suhu dingin, mengurangi kadar oksigen, meningkatkan  kadar gas karbondioksida, menghilangkan gas etilen, dan menggunakan bahan kimia yang dapat menghambat kematian jaringan pada pasca panen pisang.

Cara menanam pisang diatas telah terbukti dapat meningkatkan hasil panen, jika hasil panen meningkat maka keuntungan dulur-dulur juga akan meningkat bukan.

Panduan cara menanam pisang telah kami berikan secara lengkap untuk dulur-dulur tani diseluruh Indonesia.

Namun jika dulur-dulur ingin berdiskusi lebih lanjut mengenai cara menanam pisang, dulur-dulur bisa berdiskusi secara langsung dengan kami melalui kolom komentar / live chat / bisa menghubungi whatsapp kami. Tim kami akan membantu mengatasi berbagai permasalahan dulur-dulur dalam proses budidaya pisang.

26 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Agriligyreply
Februari 1, 2019 at 19:22

Artikel yang menarik. Memang benar, bertanam pisang harus tahu ilmunya diikuti dengan praktik budidaya yang bagus, sehingga produk bisa kualitas premium

Pakde Timbangreply
Januari 24, 2020 at 21:16

Bagaimana cara mencegah virus dan pembrantasannya

GDM Inforeply
Februari 14, 2020 at 15:56
– In reply to: Pakde Timbang

Halo pakde Timbang,

Untuk mencegah tanaman pisang terserang virus bisa menggunakan produk GDM pak.

Silakan langsung menghubungi tim ahli kami dengan cara klik whatsapp dibawah ini pak. Agar kami jelaskan cara penggunaan beserta dosisnya

Handis Suginotoreply
Januari 31, 2020 at 16:52

Info yang bagus sekali

Agustinus Fahikreply
Februari 2, 2020 at 06:28

terimaksih untuk ulasannya .
pertanyaan saya apakah sblum tanam dipangkas total daunnya atau tidak perlu dan manakah yang akan lebih cepat tumbuh banding yang cman di pangkas daunnya sama dipangkas total

GDM Inforeply
Februari 14, 2020 at 15:44
– In reply to: Agustinus Fahik

Halo pak Agustinus

Kalau bibit nya sudah layak tanam tidak perlu di pangkas pak, kecuali kalau bibitnya terlalu tua.

Ahmad fikri hasanreply
April 26, 2020 at 01:18

Gimana cara menanam pisang pada saat menjelang musim kemarau.dan cara mencegah agar tanaman pisang tidak terserang hama penyakit.

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:22
– In reply to: Ahmad fikri hasan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tanaman pisang terserang hama maupun penyakit pak, namun untuk info lebih lanjutnya bapak bisa menghubungi kami via whatsapp

Agus Purwantoreply
Mei 3, 2020 at 10:22

Saya sedang mengembangkan perkebunan pisang di lahan kira kira 2000 m2. Saya tertarik dengan produk GDM. Mohon dikirim brosur GDM serta penggunaannya. Tks

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:01
– In reply to: Agus Purwanto

Bisa pak langsung menghubungi kami via whatsapp saja ya

Terima kasih

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:12
– In reply to: Agus Purwanto

Baik pak, bapak bisa langsung menghubungi kami via whatsapp langsung ya pak

Kuswantoreply
Mei 4, 2020 at 11:14

Sy kuswanto
Membutuhkan arahan untuk masalah budidaya pohon pisang yang baik

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:00
– In reply to: Kuswanto

Pak Kuswanoto bisa langsung menghubungi kami via whatsapp ya pak

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:11
– In reply to: Kuswanto

Tentu saja bisa pak, bisa langsung menghubungi kami via whatsapp langsung ya pak

meisonreply
Mei 4, 2020 at 20:13

sangking semangatnya saya menanam pisang, maka bibit yang saya tanam tingginya berkisar 1,5 meter sampai 2 meter.
apakah akan bermasalah nantinya..?
terimakasih.

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 11:10
– In reply to: meison

Begini pak secara pasti tanaman akan stress karena ada perpindahan lokasi yang membuat tanaman harus adaptasi dulu, Jika tanaman bisa segera adaptasi akan tumbuh normal lagi jika gagal adaptasi tanaman tersebut akan mati

Oong kunarkoreply
Mei 15, 2020 at 13:08

Dimana saya harus beli prodak bapak saya di jawa tengah tepatnya banyumas pekuncen saya tertarik dan mau mencoba untuk pohon durian dan pisang

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 10:42
– In reply to: Oong kunarko

Terima kasih pak atas ketertarikanya terhadap produk kami, mengenai persediaan produk bisa langsung menghubungi via whatsapp ya pak

I Ketut Megareply
Mei 28, 2020 at 16:43

Info yang super bagus,saya cuma mau bilang kalo saya mau bertani pisang,masih amat amatir nih,jadi mohon sekai bimbimgannya dan penjelasannya,terima kasih.

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 10:33
– In reply to: I Ketut Mega

Terima kasih pak, untuk penjelasan lebih lanjut bapak bisa menghubungi via whatsapp kami

I Nyoman Mudiantareply
Juni 16, 2020 at 07:00

Sy tertarik Budidaya pisang, mohon arahannya ngih…

GDM Inforeply
Agustus 5, 2020 at 10:30
– In reply to: I Nyoman Mudianta

Halo pak Nyoman

Mantap pak semangat untuk budidaya pisangnya

Salam Go Organik Indonesia !

ombarareply
Juni 29, 2020 at 10:34

Mf pak saya baru mau usaha budidaya pisang pak mohon bimbingan nya

GDM Inforeply
Agustus 5, 2020 at 10:21
– In reply to: ombara

Halo pak Ombara

Semangat untuk budidaya pisangnya pak, jika bapak terdapat kendala terhadap proses budidayanya bisa menghubungi tim teknis kami dengan klik tombol berikut

Suharyadireply
Juli 17, 2020 at 07:14

Terima kasih atas ilmunya, kebtlulan saya ada tanaman pisang cavendish dan bbrp pisang lainnya dengan perawatan ala kadarnya dengan adanya ini sy dpt tambahan ilmu.

GDM Inforeply
Agustus 5, 2020 at 10:05
– In reply to: Suharyadi

Halo pak Suharyadi

Sama-sama pak, semoga ulasan tersebut berguna untuk budidaya bapak

Leave a reply