kacang tanah

Cara Menanam Kacang Tanah Mudah Dan Menghasilkan Panen Berlimpah

Budidaya kacang tanah menjadi salah satu jenis komoditas yang penting di Indonesia, sebab kacang tanah memiliki permintaan pasar yang cukup tinggi. Sayangnya, produktivitas yang rendah menjadikan petani tidak bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Lalu, bagaimana cara menanam kacang tanah agar bisa mendapatkan keuntungan besar?

Yuk simak penjelasan cara menanam kacang tanah yang benar agar bisa mendapatkan hasil panen yang berlimpah.

Syarat Tumbuh Tanaman Kacang Tanah

syarat tumbuh tanaman kacang tanah

  • Sebelum membudidayakan kacang tanah, ada baiknya Anda memahami syarat tumbuh tanaman kacang tanah yang cocok. Tanaman kacang tanah sangat cocok ditanam di daerah dataran rendah yang memiliki suhu tinggi.
  • Tanaman kacang tanah lebih cocok dibudidayakan di musim kemarau dibandingkan musim hujan. Sebab, suhu udara yang disarankan adalah 28-32oC dan kelembaban udara 65-75%.
  • Kacang tanah juga membutuhkan penyinaran matahari penuh untuk pertumbuhan daun dan perkembangan buah. Sehingga curah hujan terlalu tinggi tidak disarankan. Curah hujan yang disarankan adalah 800-1.300.
  • Tanaman kacang tanah menyukai tipe tanah yang gembur. Oleh sebab itu media tanam untuk budidaya kacang tanah sebaiknya memiliki bahan organik yang tinggi, gembur, dan subur.

Pengolahan Tanah

Pengolahan lahan menjadi kunci awal keberhasilan budidaya kacang tanah. Lakukan pengolahan tanah dan pemupukan dasar untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan kacang tanah.

pengolahan tanah

Sesuai dengan syarat tumbuh kacang tanah yang membutuhkan tanah gembur dan subur, Anda disarankan untuk menggunakan pupuk kacang tanah organik. Sebab, pupuk organik terbukti dapat meningkatkan kesuburan tanah, porositas, dan menggemburkan tanah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara pengolahan tanah untuk kacang tanah yang perlu Anda lakukan:

a. Lakukan Proses Penggemburan Tanah

Saat sebelum melakukan proses tanam kacang tanah, lakukan proses penggemburan tanah dengan cara dicangkul atau dibajak. Saat musim hujan, apabila lahan mudah tergenang sebaiknya buatlah saluran drainase yang baik atau buat bedengan agar drainase lancar.

Selain bermanfaat untuk memperlancar sistem drainase, pembuatan bedengan juga mempermudah perawatan jika diberi mulsa. Buat bedengan dengan lebar 80-100cm dan tinggi sekitar 20-30cm.

b. Berikan dolomit pada tanah

Pastikan tanah pada lahan Anda memiliki pH yang sesuai, utamanya tidak terlalu asam. Namun, jika dirasa pH tanah Anda terlalu asam, maka Anda bisa mengaplikasikan dolomite untuk menyeimbangkan pH tanahnya.

Aplikasikan dolomit atau kapur pertanian sebanyak 1-2 ton per hektar dengan cara menaburkan tipis diatas tanah. Setelah diaplikasikan, diamkan selama 5 hari agar pH tanah dapat sesuai.

c. Pemupukan Dasar

Salah satu kunci awal cara menanam kacang tanah adalah pada pengolahan tanah dan pemupukan dasar. Ini bertujuan agar tanah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman ketika bibit ditanam.

Sangat disarankan untuk menggunakan pupuk organik, karena pupuk organik terbukti dapat menyuburkan dan menggemburkan tanah. Sehingga tanah menjadi subur, gembur dan dapat memberikan nutrisi pada tanaman secara optimal.

Berikut ini cara pemupukan kacang tanah dasar yang disarankan agar dapat mendapatkan hasil optimal.

  1. Tebarkan secara merata pada tanah, Granule Bio Organik GDM SaMe hingga memenuhi dosis 100 kg/ha.
  2. Larutkan 1 gelas air minaeral GDM Black BOS kedalam tangki semprot ketika tanah sudah basah/lembab. Lakukan hingga memenuhi dosis 5 kg/ha.

Pemilihan Bibit Kacang Tanah

bibit kacang tanah

Benih kacang tanah yang akan dibuat bibit kacang tanah harus memenuhi beberapa syarat. Berikut ini beberapa persyaratan benih kacang tanah yang harus Anda penuhi:

  1. Berasal dari varietas unggul dan murni tidak bercampur dengan varietas lain.
  2. Memiliki daya tumbuh minimal 90%.
  3. Tampilan kulit benih mengkilap, tidak keriput, tidak cacat, dan tidak kotor.
  1. Kadar air 9-12%.
  2. Benih bersertifikat

Nah, setelah memilih dan menyeleksi benih dengan ketat, kini saatnya untuk melakukan pembibitan. Berikut ini adalah cara membuat bibit kacang tanah:

  1. Larutkan 2 gelas air mineral Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam 10 liter air.
  2. Rendam benih yang telah terpilih kedalam larutan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan selama 2-3 jam.
  3. Angkat benih dan tiriskan.
  4. Benih siap untuk ditanam ditanah bedengan atau lahan yang telah disiapkan.
  5. Tujuan perendaman benih kacang tanah adalah untuk mencegah penyakit tular benih dan untuk mempercepat proses perkecambahan.
  6. Pada bedengan yang telah disiapkan, buatlah lubang tanam dengan kedalaman 3 cm dan tanam benih kacang tanah dengan jarak tanam 40 cm x 20cm atau 40 x 10 cm dengan jumlah 1 benih per lubang tanam.

Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan Sayur sangat efektif untuk mencegah penyakit tular benih karena pupuk organik cair GDM mengandung bakteri menguntungkan yang dapat menghasilkan antibiotic untuk menekan perkembangan pathogen pada benih dan menghasilkan hormon untuk mempercepat proses perkecambahan bibit kacang tanah.

Cara Merawat Tanaman Kacang Tanah

perawatan kacang tanah

Salah satu kunci dalam budidaya kacang tanah adalah cara merawat tanaman kacang tanah yang tepat. Berikut ini adalah panduan cara merawat tanaman kacang tanah:

  1. Perawatan kacang tanah dimulai saat tanaman kacang berumur 4-7 hari setelah tanam.
  2. Apabila setelah umur 7 hari terlihat ada tanaman yang tidak tumbuh atau pertumbuhan tidak normal segera cabut dan tanam ulang dengan benih yang baru (disulam).
  3. Apabila budidaya kacang tanah dilakukan saat musim kemarau, harus sering melakukan penyiraman pada saat pagi dan sore agar bibit kacang tanah dapat tumbuh seragam.
  4. Lakukan penyiangan terhadap gulma yang dapat mengganggu kompetisi perebutan nutrisi oleh tanaman kacang tanah. Anda bisa melakukan pengendalian gulma pada kacang tanah dengan cara mencabut gulma yang ada di lahan. pengendalian gulma pada kacang tanah dengan cara ini terbukti efektif dan efisien.
  5. Lakukan pencegahan terhadap serangan hama kacang tanah atau penyakit pada kacang tanah dengan cara menjaga kebersihan, kelembaban lahan dan menghindari penggunaan bahan-bahan kimia yang dapat menurunkan kualitas tanah serta mengganggu ekosistem alami.
  6. Ketika terjadi serangan penyakit pada kacang tanah, maka Anda harus mengenali gejala serangannya untuk mengidentifikasi serangan penyakit tersebut. Apabila didapati serangan penyakit pada kacang tanah, segera cabut tanaman yang terserang penyakit, kemudian masukkan kedalam kantong, lalu bakar. Ini bertujuan agar penyakit pada kacang tanah tidak menular ke tanaman yang sehat.

 Cara Pemupukan Kacang Tanah

Umur pemupukan kacang tanah dimulai saat 7 HST hingga sebelum panen.  Sangat disarankan untuk memilih pupuk kacang tanah yang alami dan organik, untuk menjaga keseimbagan ekosistem didalam tanah dan menjadikan tanah tetap subur dan gembur.

pupuk organik cair wortel

Berikut ini cara pemupukan kacang tanah yang harus Anda terapkan agar hasil panennya berlimpah:

  1. Cara pemupukan kacang tanah saat umur 7 HST: larutkan 2 gelas air minerael (500 ml) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam tangki semprot. Semprotkan ke seluruh tanaman secara merata, khususnya pada bagian bawah daun. Lakukan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.
  2. Cara pemupukan kacang tanah saat umur 14 HST: larutkan 2 gelas air minerael (500 ml) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam tangki semprot. Semprotkan ke seluruh tanaman secara merata, khususnya pada bagian bawah daun. Lakukan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.
  3. Cara pemupukan kacang tanah saat umur 21 HST: larutkan 2 gelas air minerael (500 ml) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam tangki semprot. Semprotkan ke seluruh tanaman secara merata, khususnya pada bagian bawah daun. Lakukan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.
  4. Cara pemupukan kacang tanah saat umur 30 HST:
  5. Tebar secara merata Granule Bio Organik GDM SaMe pada daerah perakaran. Lakukan hingga memenuhi dosis 50 kg/ha.
  6. Larutkan 1 gelas air mineral GDM Black BOS kedalam tangki semprot, kemudian semprotkan pada daerah perakaran. Lakukan hingga memenuhi dosis 5 kg/ha.
  7. Cara pemupukan kacang tanah saat umur 40 HST: larutkan 2 gelas air minerael (500 ml) Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan kedalam tangki semprot. Semprotkan ke seluruh tanaman secara merata, khususnya pada bagian bawah daun. Lakukan hingga memenuhi dosis 8 liter/ha.

Pupuk Organik Cair GDM mengandung unsur hara makro dan mikro lengkap sehingga kebutuhan nutrisi kacang tanah tercukupi. Selain itu, bakteri yang terkandung dalam Pupuk Organik Cair GDM mampu menghasilkan antibiotik untuk mencegah penyakit akibat jamur dan bakteri pathogen serta hormon yang dihasilkan mampu mempercepat pertumbuhan dan memaksimalkan keluarnya sulur bunga sehingga akan mengoptimalkan jumlah polong yang keluar.

Pada umur 20 HST tanaman kacang tanah akan mulai keluar bunga dan berlanjut hingga umur 75 hari, dan bunga yang keluar diatas umur 30 HST biasanya yang akan terbentuk menjadi polong.

Saat proses pembungaan, hentikan aplikasi penyemprotan dan lakukan kembali aplikasi semprot Pupuk Organik Cair GDM setelah terjadi proses penyerbukan dan pembuahan.

Ginifor atau bakal buah akan terbentuk pada hari ke 3-4 dan ginifor tersebut akan tumbuh terus menembus tanah dan akhirnya terbentuklah polong kacang tanah.

 

Panen Kacang Tanah

panen kacang tanah

Umur panen kacang tanah sangat tergantung pada varietas benih yang ditanam. Tanaman kacang tanah dapat dipanen saat umur 3 bulan untuk varietas benih unggul dan mencapai umur 5 bulan untuk varietas benih yang kurang bagus.

Kenali ciri tanaman kacang tanah siap panen, pada cara menanam kacang tanah yang benar, diantarnya adalah:

  • Batang mulai mengeras.
  • Polong berwarna coklat kehitaman.
  • Sebagian besar daun sudah mulai menguning dan berguguran.
  • Bila dipegang polong terasa keras dan berisi penuh.
  • Panen harus dilakukan secara serempak

Nah, itulah panduan cara menanam kacang tanah. Jangan lupa untuk selalu gunakan Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Pangan, GDM Black BOS, dan Granule Bio Organik GDM SaMe sebagai kunci agar tanaman tumbuh sehat, subur dan panen melimpah

Jika dulur-dulur ingin berkonsultasi langsung solusi sukses menanam kacang tanah, dulur-dulur dapat menghubungi kami secara langsung melalui live chat ataupun whatsapp kami.

1 Comment

Join the discussion and tell us your opinion.

Muhammad safiireply
Mei 2, 2020 at 16:05

Terima kasih

Leave a reply