Dian Istana G11 No.09

Kota Surabaya - Indonesia

Hubungi Kami

+62 85103332222

Hubungi Kami

info@gdmorganic.com

Cara Menanam Bunga Mawar Yang Terbukti Membuat Bunga Lebat

cara menanam bunga mawar

Cara Menanam Bunga Mawar Yang Terbukti Membuat Bunga Lebat

Sebelum membahas cara menanam bunga mawar, dulur-dulur harus mengenal dulu apa itu bunga mawar. Bunga mawar atau Rose merupakan salah satu tanaman hias eksotis yang banyak diminati masyarakat.

 

Lebih dari 100 species tanaman mawar liar yang bisa dibudidayakan, ada yang berbunga kecil ataupun besar, warnanya juga beraneka ragam mulai dari merah, kuning, biru, hitam bahkan beraneka warna seperti pelangi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai cara menanam bunga mawar yang telah terbukti membuat bunga menjadi lebat.

 

Syarat Tumbuh Bunga Mawar :

Tanaman mawar kebanyakan tumbuh di daerah belahan bumi Utara (Sub Tropis) sehingga menghendaki :

a. Iklim :

  • Curah Hujan 1500 – 3000 mm/tahun
  • Sinar matahari 5 – 6 jam per hari (terutama pagi hari)
  • Temperatur optimum 18˚ – 26˚C
  • Kelembaban udara 70 – 80 %
  • Ketinggian tempat 560 – 800 m dpl.

 

b. Media Tanam :

  • Jenis Tanah Andosol, Latosol
  • Tekstur tanah liat berpasir
  • Struktur tanah subur, gembur, kaya bahan organik, aerasi dan drainase baik.
  • Keasaman tanah (pH) 5,5 – 7,0.

 

Cara Menanam Bunga Mawar :

Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips cara menanam bunga mawar yang telah terbukti dapat membuat bunga mawar menjadi lebat. Cara menanam bunga mawar ini terdiri dari 5 langkah, yaitu :

 

1. Pemilihan Bibit Bunga Mawar

bibit bunga mawar

Langkah awal dalam menanam bunga mawar yaitu dimulai dari pemilihan bibit bunga mawar. Bibit bunga mawar dapat berasal dari biji (generatif) atau dari stek (vegetatif). Pemilihan bibit bunga mawar sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan budidaya, serta yang mudah perawatannya.

 

2. Pengolahan Media Tanam

Karena tanaman mawar menghendaki media tanam yang subur, gembur dan kaya bahan organik, untuk skala besar (usaha tani bunga potong) maka tanah harus diolah sedemikian rupa dan dibuat bedengan-bedengan. Tambahkan bahan organik berupa kompos atau pupuk kandang 10 – 20 ton/hektar serta semprot dengan GDM Black Bio Organic Stimulant (dosis sesuai anjuran) untuk lebih menyuburkan tanah.

 

Sedangkan untuk skala kecil (tanaman dalam pot) media terbaik adalah campuran tanah, pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 4 : 1 : 2 yang disemprot dengan GDM Black BOS.

 

Baca juga : Persembahan untuk Negeri, GDM Black BOS spesialis Tanah

 

3. Cara Tanam

Bibit hasil stek batang direndam GDM Tanaman Hias dengan konsentrasi 1 : 10 selama 1 jam, kemudian tanam dengan jarak 60 X 70 Cm (untuk skala besar) atau di tengah-tengah pot tanah diameter sedang. Waktu penanaman sebaiknya pada pagi hari.

 

4. Pemeliharaan

Pemeliharaan rutin meliputi penyiraman setiap pagi dan sore hari sesuai kondisi. Selain itu juga perlu penyiangan dari gulma/rumput liar.

 

5. Pemupukan Bunga Mawar

Pupuk bunga mawar yang digunakan adalah NPK sebanyak 5 gram/tanaman pada saat tanam dan 7 hari setelah tanam. Semprotkan GDM Tanaman Hias dengan konsentrasi 1 : 10 setiap minggu sekali. Untuk usahatani bunga potong (skala besar) juga harus ditambahkan pupuk Urea 200 – 300 Kg/hektar, TSP 840 Kg/hektar, KCl 250 Kg/hektar setiap 3 bulan sekali.

 

Dengan cara menanam bunga mawar yang telah kami jelaskan diatas, maka bunga mawar akan tumbuh subur, sehat dan berbunga lebat.

 

Selamat mencoba budidaya bunga mawar. Jika dulur-dulur membutuhkan bantuan teknis dalam budidaya bunga mawar, dulur-dulur bisa menghubungi tim ahli kami di whatsapp 0851-0333-222. Dengan senang hati, tim kami akan membantu segala permasalahan dulur-dulur mengenai cara menanam bunga mawar.

cara menanam bunga mawar
  • Readers Rating
  • No Rating Yet!
  • Your Rating


No Comments

Ada pertanyaan atau komentar?