cara menanam anggrek

Cara Menanam Anggrek Agar Berbunga Cepat dan Bagus

Pada panduan kali ini, tim kami akan memberikan informasi cara menanam anggrek yang dapat membuat tanaman anggrek berbunga lebih cepat dan lebih bagus. Namun sebelum memulai panduan cara menanam anggrel, dulur-dulur harus berkenalan dulu dengan tanaman anggrek.

 

Anggrek adalah tanaman yang dinikmati karena keindahan bunganya yang mampu bertahan dalam waktu cukup lama.  Bunga anggrek sangat eksotik dan dapat digunakan sebagai tanaman hias indoor atau outdoor bahkan untuk bunga potong.

 

Hal inilah yang mendorong pangsa pasar tanaman anggrek ini terbuka lebar.

 

Jenis Anggrek

 

Menurut tipe pertumbuhan batangnya, tanaman anggrek dibedakan menjadi  :

  • Monopodial :  yaitu pertumbuhan batang yang tidak terbatas, seperti jenis-jenis Vanda.
  • Simpodial :  yaitu pertumbuhan batang yang terbatas, seperti jenis-jenis Cattleya, Denbrobium dan sebagainya.

 

Menurut habitatnya, tanaman anggrek dibedakan menjadi 2 golongan yaitu :

  • Epifit :  yaitu tanaman yang menumpang pada tanaman lain tetapi tidak merugikan tanaman inangnya.
  • Terestrial : yaitu tanaman yang hidup dan tumbuh di atas permukaan tanah dan memerlukan cahaya matahari langsung.

 

Cara Menanam Anggrek

 

Cara menanam anggrek pada umumnya hampir sama dengan tanaman hias yang lain. Hanya saja ada pengaruh dari beberapa faktor agar tanaman anggrek dapat hidup dan berbunga dengan baik. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam cara menanam Anggrek:

 

 

Pemilihan Bibit Unggul

 

 

 

bibit anggrek

 

Secara genotip bibit yang baik berasal dari induk yang sehat, rajin berbunga, bunganya banyak dengan warna cerah dan tidak mudah layu. Perbanyakan bibit dapat secara generatif dengan biji atau secara vegetatif melalui pemisahan anakan.

 

Pembibitan Anggrek Secara Vegetatif

 

 

Pembibitan dengan cara vegetatif yaitu menanam bagian tubuh dari tanaman indukan anggrek seperti bagian batang, akar maupun bagian rhizomnya. Bagian yang akan dijadikan bibit harus memiliki tunas

 

Cara penanamannya bisa menyiapkan pot yang digunakan untuk menampung bibit anggrek atau bagian dari indukan tanaman anggrek. Bibit yang sudah memiliki tunas wajib memiliki akar yang kuat dan banyak selanjutnya akan dipindahkan dalam pot telah disediakan

 

Pembibitan Anggrek Secara Generatif

 

Pembibitan dengan cara genaratif sedikit berbeda dengan jenis pembibitan sebelumnya, sebab tahapan yang dilakukan melalui proses penyamaian biji tanaman anggrek.

 

Selain itu juga ada penyesuaian terhadap kondisi lingkungan  dan suhu sekitar. Apabila kondisi yang tidak sesuai akan menimbulkan anggrek tidak tumbuh kecambah secara sehat.

 

Untuk melakukan pembibitan memerlukan waktu selama 3 bulan lamanya sampai pada akhirnya bibit siap dipindahkan kedalam pot yang sudah disediakan

 

Faktor lingkungan

 

 

faktor lingkungan

 

 

Faktor lingkungan sangat berpengaruh terhadap kemampuan tanaman anggrek dalam berbunga. Faktor lingkungan yang sangat berpengaruh pada pertumbuhan dan berbunganya anggrek adalah :

 

Intensitas Cahaya

 

Intensitas cahaya berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan anggrek tergantung pada jenis, ukuran dan umur tanaman, biasanya berkisar antara 1500 – 5000 fc.

 

Suhu

 

Suhu nyang diperlukan oleh tanaman anggrek tergantung pada jenis dan lokasi. Untuk dataran rendah suhu siang hari 24 – 33˚C dan malam hari 21 – 27˚C. Dataran tinggi suhu siang hari 18 – 27˚C dan malam hari 13 – 18˚C.

 

Kelembaban

 

Salah satu faktor lingkungan yang paling berpengaruh dengan mempengaruhi pertumbuhan tanaman anggrek secara optimal dan tentunya sesuai, maka kelembaban udara yang diperlukan antara 60 – 80%.

 

Faktor lingkungan ini dapat dimanipulasi sedemikian rupa sesuai lokasi dan besarnya skala usaha budidaya yang akan dilakukan.

 

Persiapan Media Tanam Anggrek

 

Untuk memulai menanam anggrek secara tepat dan efektif , tentu hal yang dilakukan agar tumbuh dengan bagus dengan menyiapkan media tanam yang tepat.

 

 

bahan menanam anggrek
media dan bahan menanam anggrek

 

 

Beberapa alat dan bahan media tanam yang tepat seperti,

 

  • Pot tanaman ukuran sedang
  • Campuran tanah
  • Arang hitam
  • Pupuk Kandang
  • Serabut kelapa
  • Kulit kelapa kering
  • Pecahan genting rumah atau batu bata merah

 

Tahapan persiapan media tanam anggrek berikut ini,

 

  • Pertama masukkan pecahan batu bata pada bagian bawah pot, kemudian pada bagian atas letakkan kulit kelapa kering secara merata
  • Kedua masukkan tanah pada atas tingkatan yang pertama, tanah tersebut sudah dicampurkan pupuk kandang.
  • Terakhir, pastikan komposisi perbandingan merata dan tidak timpang salah satu

 

Penanaman Bibit Tanaman Anggrek

 

Setelah media tanam anggrek siap, selanjutnya bisa melakukan penanaman bibit anggrek. Bibit anggrek yang biasa ditanam berusia kurang lebih 3 bulan.

 

Umur bibit yang sesuai untuk ditanam tentu memiliki kelebihan antara lain akar yang lebat dan menunjang penyerapan air secara maksimal.

 

 

penanaman bibit anggrek

 

 

Selain itu juga pada waktu penanaman bibit anggrek pastikan pada waktu pagi hari. Lebih tepatnya sebelum jam 8 atau sebelum matahari terlalu panas.

 

Saat penyiraman dengan air secukupnya, usahakan supaya kelembapan tetap terjaga dan tanaman anggrek tidak mudah layu.

 

Penempatan tanaman anggrek dengan cara digantung atau disimpan pada rak bunga, dengan penempatan yang baik akan menghindarkan dari serangan jamur maupun hama.

 

Cara Merawat Tanaman Anggrek

 

Pemeliharaan tanaman merupakan kegiatan rutin untuk menjaga agar pertumbuhan dan perkembangan tanaman sesuai dengan yang diharapkan.  Pemeliharaan tanaman meliputi :

 

Penyiraman

 

penyiraman anggrek

 

 

Penyiraman biasanya dilakukan 2 kali sehari pada pagi dan sore, atau sesuai keadaan. Akan jauh lebih efektif dan efisien jika penyiraman sekaligus pemberian nutrisi/pemupukan dengan Pupuk Organik Cair GDM.

 

Penyiraman dilakukan secara merata pada semua bagian tanaman, terutama bagian bawah daun. Ini adalah teknik penyiraman yang penting, mengingat letak stomata daun terletak dibagian bawah daun.

 

Pemupukan

 

Pupuk untuk anggrek harus mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman anggrek. Pupuk organik cari GDM spesialis tanaman hias mengandung unsur hara makro dan mikro serta 7 bakteri menguntungkan.

 

 

produk pupuk organik cair gdm spesialis tanaman hias 2ltr

 

 

 

Selain itu bisa dikombinasikan dengan pupuk majemuk yang sudah diencerkan setiap minggu sekali.  Dosis dan komposisi N, P dan K  sesuai umur dan fase pertumbuhan tanaman.

 

Pengendalian Hama Penyakit

 

hama anggrek

 

 

Perawatan anggrek secara tepat akan meminimalisir terserang dari hama maupun penyakit. Hal inilah yang tentu harus diantisipasi dari serangan jenis hama anggrek seperti berikut ini,

 

  • Trips
  • Kutu Perisai
  • Semut
  • Kutu Hijau
  • Tungau
  • Ulat

 

Pengendalian hama penyakit tanaman menggunakan pestisida disesuaikan dengan jenis organisme pengganggu dan tingkat serangan.  Penggunaan Pupuk Organik Cair GDM secara kontinyu dapat mencegah serangan hama penyakit tanaman dan meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama penyakit tersebut.

 

Periode Masa Anggrek Berbunga

 

 

anggrek berbunga

 

 

Memelihara anggrek menjadi salah satu keistimewaan tersendiri, terlebih bunga anggrek memiliki jenis yang beragam dan warna yang cantik.

 

Masa anggrek berbunga adalah hal yang dinanti, dengan perawatan bunga anggrek yang tepat dan sesuai tentu akan menghasilkan bunga yang mekar.

 

Waktu yang diperlukan bagi anggrek tumbuh mekar dan berbunga setelah 1 tahun, bunga tersebut akan berganti sesuai musimnya.

 

 

Demikian cara menanam anggrek yang dapat terbukti membuat bunga anggrek lebih cepat dan lebih bagus. Jika dulur-dulur ingin berkonsultasi langsung menagani cara menanam anggrek, dulur-dulur dapat menghubungi kami secara langsung melalui live chat ataupun whatsapp kami.

2 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Arsil Ahmadreply
Mei 8, 2020 at 14:17

Pak.. Apakah cara perawatannya bisa digunakan pada bunga mawar?

GDM Inforeply
Juni 11, 2020 at 10:59
– In reply to: Arsil Ahmad

Untuk info lebih lanjut mengenai perawatannya, bisa langsung menghubungi via whatsapp ya pak

Leave a reply