Cara Mempercepat Pertumbuhan Bandeng Secara Lengkapnya

Hasil panen belum maksimal? tentu ada harus yang diperbaiki dalam kualitas teknis budidayanya, salah satunya berkaitan dengan mempercepat pertumbuhan ikan bandeng.

Pertimbangan dalam mempercepat panen ikan bandeng tentu ada pada kualitas nafsu makannya. Tidak hanya disitu saja, untuk para pemula tentunya perlu tau mengenai teknis pembudidayaan yang sesuai.

Ada banyak hal yang sebenarnya perlu diperhatikan untuk mempercepat pertumbuhan ikan bandeng yang Anda miliki nantinya. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan kepada Anda agar bisnis budidaya ikan bandeng Anda cepat menghasilkan.

1. Memahami Sifat Alami Ikan Bandeng

Sebelum Anda mencoba melakukan berbagai cara untuk mempercepat pertumbuhan bandeng, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu berbagai sifat alami yang dimiliki oleh ikan bandeng. Hal tersebut bertujuan agar Anda mampu memberikan perlakuan yang tepat kepada ikan bandeng.

Ikan bandeng sebenarnya memiliki habitat di laut, layaknya ikan laut yang lain. Oleh karena itu, ikan bandeng banyak dibudidayakan pada kolam tanah yang menyerupai habitat aslinya di laut.

Dengan demikian, jika Anda ingin membudidayakan ikan bandeng pada kolam terpal, Anda perlu memahami hal-hal di bawah ini:

  1. Ikan bandeng merupakan ikan yang memakan segalanya. Dengan demikian, ikan bandeng mau memakan tumbuh-tumbuhan maupun hewan.
  2. Pada habitat aslinya, ikan bandeng terbiasa untuk mengambil makanannya sendiri di lapisan atas dasar laut. Biasanya, ikan mengambil tumbuhan mikroskopis.
  3. Makanan alami ikan bandeng di habitat mereka adalah cacing, berbagai jenis protozoa, beberapa bakteri baik (apatogen), udang renik, klekap, dan ganggang kersik.

Beberapa sifat alami ikan bandeng tersebut perlu Anda perhatikan benar-benar agar bisa mendapatkan hasil budidaya ikan bandeng yang benar-benar maksimal. Untuk pembahasan selanjutnya akan masuk ke bagian cara mempercepat pertumbuhan ikan bandeng.

2. Cara Mempercepat Pertumbuhan Bandeng

Untuk mempercepat pertumbuhan ikan bandeng, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Setidaknya ada lima hal yang perlu Anda perhatikan, yakni tempat budidaya, cara memilih bibit, teknis penebaran bibit, cara memelihara, dan komposisi pakan ikan bandeng.

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, Anda bisa menyimak penjelasan mengenai kelima hal tersebut pada poin-poin berikut ini:

1. Kualitas Media Budidaya

media ikan bandeng

Sebagai ikan yang biasa hidup di laut, tentu ikan bandeng membutuhkan beberapa syarat tertentu untuk tempat budidayanya. Namun, jika dilihat, tidak banyak syarat yang harus Anda penuhi. Bahkan, membuat kolam budidaya ikan bandeng bisa dibilang cukup mudah. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

  • Pastikan kolam ikan bandeng dekat dengan sumber air agar air kolam bisa diganti secara berkala. Sehingga, ikan bandeng milik Anda tetap sehat.
  • Amankan kolam ikan bandeng dari jangkauan predator, pencuri, dan berbagai pengganggu lainnya yang bisa membahayakan ikan bandeng.
  • Punya akses yang cukup untuk bisa mendapatkan bibit ikan bandeng dengan cepat dan tepat.
  • Dekat dengan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk proses budidaya ikan bandeng hingga pemanenan.

Setelah memastikan kolam budidaya ikan bandeng yang Anda miliki memenuhi keempat syarat tersebut, Anda harus menyiapkan dua jenis kolam untuk mempercepat pertumbuhan ikan bandeng. Dua kolam yang Anda butuhkan adalah kolam penggelondongan dan kolam pembesaran.

  • Kolam penggelondongan

Kolam ini digunakan khusus untuk proses pembibitan atau pemeliharaan bibit ikan bandeng (nener). Proses pemeliharaan nener pada kolam ini dilakukan selama kurang lebih 55 hari. Ukuran nener yang dimasukkan ke dalam kolam ini adalah 1 hingga 10 cm.

  • Kolam pembesaran

Kolam pembesaran digunakan untuk memulai proses pembesaran dan pertumbuhan ikan bandeng. Biasanya, ikan bandeng yang masuk ke dalam kolam ini berukuran 10 hingga 15 cm. Bandeng akan dipeliharan pada kolam pembesaran hingga berukuran siap panen atau memiliki berat sekitar 300-350 gram per ekornya.

Akan tetapi, tak jarang juga ada petani yang menjual ikan bandeng ukutan 10-15 cm untuk dijadikan ikan bandeng umpan. Anda memerlukan waktu sekitar dua hingga tiga bulan untuk mendapatkan hasil panen ikan bandeng yang maksimal.

Jika Anda sudah membuat dua kolam tersebut, Anda kini perlu melakukan persiapan untuk membuat kolam ikan bandeng yang akan Anda budidayakan.

Ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk menyiapkan kolam yang akan Anda gunakan untuk melakukan budidaya ikan bandeng:

  • Mengeringkan Calon Kolam Ikan Bandeng

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengeringkan calon ikan bandeng. Diamkan selama beberapa hari terlebih dulu setelah Anda keringkan agar bakteri jahat dan hama yang ada di terpal bisa hilang.

  • Memberi Air Sedikit pada Kolam

Sebelum memberi air secara penuh pada kolam ikan bandeng, Anda perlu memberikan air setinggi 30 cm terlebih dulu untuk persiapan proses pembuatan pakan alami ikan bandeng, layaknya di habitatnya yang asli.

  • Menyiapkan Pakan Alami Ikan Bandeng
GDM SAME DAN BLACKBOS

Untuk mendapatkan pakan alami secara maksimal, Anda bisa menggunakan dua produk andalan dari GDM, yakni GDM SaMe Granule Bio Organic dan GDM Black Bos. Kedua produk tersebut dapat membantu membunuh penyakit dan hama yang ada di kolam terpal.

Selain itu, GDM SaMe Granule Bio Organic dan GDM Black Bos juga mampu merangsang pertumbuhan pakan alami ikan bandeng, seperti bakteri baik, klekap, dan selainnya yang baik untuk mempercepat pertumbuhan ikan bandeng.

2. Pemilihan Bibit Ikan Bandeng yang Tepat

Pemilihan bibit ikan bandeng (nener) yang tepat rupanya mampu berpengaruh pada pertumbuhan ikan bandeng. Anda perlu mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih bibit ikan bandeng:

pemilihan bibit ikan bandeng
  1. Bibit ikan bandeng berukuran seragam
  2. Tidak ada cacat di tubuh
  3. Gerakan bibit ikan bandeng lincah dan gesit
  4. Warna transparan dan isi perut penuh
  5. Umur bibit ikan bandeng biasanya minimal 18 hari dengan ukuran panjang lebih dari 1,5 cm.

3. Proses Menebar Bibit Ikan Bandeng yang Benar

Untuk mempercepat pertumbuhan bandeng, Anda perlu mengetahui cara menebar bibit ikan bandeng yang baik dan benar dengan memperhatikan kepadatan penebaran, waktu penebaran, dan proses penebaran.

  • Kepadatan penebaran bibit ikan bandeng yang perlu diperhatikan adalah sebanyak empat hingga lima ekor per m2.
  • Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan besar kolam yang Anda buat dengan ukuran bibit yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  • Pertimbangan tersebut dilakukan demi mendapatkan kualitas ikan yang bagus dan mempercepat pertumbuhan bandeng.
  • Proses penebaran bibit ikan bandeng juga akan lebih baik jika Anda lakukan pada pagi hari buta hingga pukul 07.30. Selain itu, Anda juga bisa melakukannya pada sore hari, lebih tepatnya pada pukul 16.00 hingga 18.00.
  • Pemilihan waktu pada pagi dan sore hari dikarenakan suhu pada waktu-waktu tersebut benar-benar relatif stabil. Selain itu, Anda juga perlu menebarkan bibit ikan bandeng secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari ikan bandeng stress.

4. Proses Pemeliharaan dan Pemberian Pakan Ikan Bandeng

Untuk mempercepat pertumbuhan ikan bandeng, Anda juga perlu memperhatikan proses pemeliharaan dan pemberian pakan ikan bandeng. Salah satu hal yang perlu diperhatikan pada pemeliharaan ikan bandeng adalah kualitas air kolam.

Anda perlu memastikan kualitas air kolam ikan bandeng, baik dalam hal pH, oksigen, amoniak, suhu, kecerahan, dan lain sebagainya.

produk suplemen organik cair gdm spesialis ikan 2ltr

Untuk memperbaiki kualitas air kolam ikan bandeng, Anda bisa mengandalkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.

Mengapa penting menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan?

  • Vitamin ikan bandeng GDM berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan ikan bandeng, serta adanya tambahan pakan alami yang berasal dari plankton, maka dapat mempercepat pertumbuhan pada ikan bandeng. Dengan begitu ikan bandeng dapat dipanen dengan waktu yang lebih cepat.
  • Vitamin Ikan Bandeng GDM mengandung bakteri menguntungkan antara lain, Bacillus brevis, Bacillus pumilus dan Bacillus mycoides. Bakteri-bakteri genus bacillus ini mampu menghasilkan berbagai antibiotik alami yang dapat meningkatkan daya tahan pada ikan bandeng terhadap berbagai cekaman. Serangan berbagai macam penyakit, persaingan karena padat tebar yang tinggi ataupun cekaman kondisi lingkungan yang kurang mendukung.
  • Vitamin ikan bandeng GDM memiliki kandungan Bakteri Bacillus pumilus dan Bacillus mycoides yang secara enzimatis dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan kecernaan pakan ikan bandeng.
  • Nafsu makan yang tinggi diiringi kecernaan pakan ikan bandeng yang baik, maka akan meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga pertumbuhan ikan bandeng akan meningkat. Peningkatan pertumbuhan seiring dengan efektifitas pemberian pakan, pertumbuhan yang meningkat disertai efisiensi pakan otomatis akan semakin meningkatkan keuntungan.
  • Vitamin ikan bandeng GDM mengandung Bakteri Pseudomonas alcaligenes dan Micrococcus roseus yang berfungsi untuk menguraikan bahan organik terlarut yang berasal dari sisa pakan ikan bandeng yang mengendap maupun sisa metabolit berupa fases dan lainnya.
  • Penguraian bahan organik ini akan sangat mengurangi kandungan ammonia (NH₃), nitrit (NO₂) maupun gas hidrogen sulfida (H₂S) yang berbau busuk.
  • Dengan hilangnya gas-gas beracun pada kolam, maka kondisi air akan menjadi semakin baik. Hal ini ditandai dengan meningkatnya kandungan oksigen terlarut dan pertumbuhan pakan ikan bandeng alami berupa plankton yang semakin baik.
  • Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan sebagai campuran pada pakan ikan bandeng nantinya.
  • Hal itu dikarenakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan memiliki kandungan asam amino esensial dan non esensial serta berbagai bakteri baik dan multivitamin yang baik untuk ikan bandeng yang Anda budidayakan.

Untuk mengetahui penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan serta memaksimalkan budidaya ikan bandeng, Anda tentu saja memerlukan pendampingan tim ahli. Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli perikanan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts