cara mempercepat molting udang vaname

Cara Mempercepat Molting Udang Vaname Paling Efektif

Budidaya udang vaname memiliki penghasilan yang cukup menggiurkan. Hal ini tentunya selaras dengan perawatan udang vaname salah satunya mempercepat molting udang vaname.

Hal ini berkaitan erat dengan waktu pemanenan, maka waktu molting udang vaname harus dibantu untuk dipercepat.

Ini dikarenakan masa pertumbuhan lambat dan pngerasan kulit setelah molting pada udang vaname menjadi udang rentan untuk terjadi kanibalisme.

Selain itu, dari factor ekonomi juga udang vaname yang memiliki kualitas fisik yang bagus memiliki harga jual yang menarik juga.

Sebagai salah satu dari teknis perawatan dalam memaksimalkan hasil budidaya, teknis molting yang dilakukan haruslah tepat.

Agar proses molting udang vaname bisa lebih cepat, berikut ini adalah cara agar udang cepat molting paling mudah, murah dan efektif:

1. Pahami Faktor Yang Mempengaruhi Proses Molting

Proses molting sebenarnya hanya dipengaruhi oleh 3 faktor, yaitu:

a. Asupan Nutrisi Dari Makanan dan Aktivitas Makan Udang Vaname

  • Asupan nutrisi pada pakan yang diberikan kepada udang vaname menjadi faktor utama keberhasilan molting pada udang.
  • Dalam pembentukan kulit baru, udang membutuhkan asupan protein dan chitin pada lapisan epidermis kulitnya.
  • Setelah proses pembentukan kulit, salanjutnya kulit yang baru terbentuk tersebut membutuhkan calcium untuk proses pengerasan dan memperkuat kulit baru tersebut.

Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk memberikan pakan yang kaya akan protein, kalsium dan chitin untuk mengoptimalkan proses molting.

Pakan yang tepat dan memiliki nutrisi untuk pertumbuhan udang vaname sangat dibutuhkan, perlunya Anda mengetahui jenis pakan agar tidak salah memilih.

Berikut ini penjelasan mengenai Jenis Pakan Udang Vaname dan Cara Pembuatannya.

b. Pengaruh Dari Kondisi Lingkungan Udang

Kondisi lingkungan seperti salinias air laut, kondisi air, udara, pH air, dll juga berperan sangat penting dalam proses molting udang vaname.

Jika kondisi lingkungan udang vaname buruk, maka udang akan mengalami gangguan dalam proses moltingnya, bahkan tidak jarang mengalami kegagalan.

kualitas tambak udang vaname
  • Salinitas air yang tinggi maupun rendah sama-sama dapat menunjang proses molting udang vaname.
  • Meski begitu, pada air bersalinitas tinggi terbukti sangat baik untuk menunjang proses molting, karena konsentrasi garam pada air laut dapat dengan optimal mengikat garam calcium dan Phospor dari air, untuk proses pengerasan kulit cangkang udang vaname.
  • pH air yang baik untuk adalah yang netral, yaitu sekitar 7. Sedangkan kondisi air yang disukai adalah yang bersih, memiliki kadar amoniak rendah, dan tidak tercemar limbah.

Agar Anda bisa memastikan kondisi air kolam udang vaname Anda sesuai, maka Anda harus melakukan persiapan kolam dengan benar.

2. Persiapan Kolam Untuk Memaksimalkan Proses Molting

Anda disarankan untuk melakukan persiapan kolam dengan menggunakan produk yang bisa menekan kadar amoniak serta mengurangi kadar limbah dalam air.  Berikut ini adalah cara persiapan kolam udang vaname:

a. Cara Persiapan Kolam Udang Vaname (-7 HST)

GDM SAME DAN BLACKBOS
  1. Lakukan pengolahan tanah pada kolam tanah.
  2. Tebarkan GDM SaMe Granule Bio Organic pada permukaan kolam dengan dosis 150 kg/ha.
  3. Larutkan 2 tutup botol GDM Black BOS kedalam 1 liter air, kemudian siramkan/semprotkan ke permukaan kolam dan dinding kolam. Dosis yang disarankan adalah 1- kg/ha.
  4. Diamkan kolam selama 7 hari, agar produk GDM Organik dapat bekerja secara optimal dalam menciptakan plankton dan fitoplankton, serta mereduksi kadar amoniak dan meremediasi bahan-bahan berbahaya dalam kolam.
  5. Setelah beberapa hari, maka air kolam akan ditumbuhi plankton dan fitoplankton. Ini bermanfaat sebagai pakan alami udang vaname. Dengan begitu, Anda bisa menghemat biaya pembelian pakan.
  6. Kolam siap untuk digunakan. Setelah proses persiapan kolam, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemantauan. Jika dirasa kondisi kolam sudah cukup baik, maka Anda bisa melanjutkan untuk proses pra tebar.

b. Pra Tebar (-2 HST)

Pada saat sebelum tebar, Anda harus benar-benar memastikan kondisi kolam sudah sesuai syarat hidup udang vaname. Oleh karena itu, Anda harus melakukan persiapan air kolam dengan seksama. Agar air dalam kondisi optimal, berikut ini adalah pra tebar bibit udang vaname:

suplemen organik cair gdm spesialis ikan 5ltr
  1. Campurkan 2 tutup botol Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan kedalam ember berisi air.
  2. Aduk merata Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dan air.
  3. Kocorkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke permukaan air pada -2 HST. Lakukan hingga memenuhi dosis 10 liter/ha.
  4. Biarkan air kolam yang sudah diberi Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan. Selanjutnya, Anda bisa mulai melakukan penebaran bibit pada 2 hari kemudian.
  5. Pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada masa pra tebar sangat penting untuk memastikan udang mendapatkan mineral essensial-non essensial, multivitamin, dan bakteri baik yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh udang, memperbaiki sistem pencernaan dan mencegah serangan penyakit.

c. Penambahan Probiotik Sebagai Cara Agar Udang Cepat Molting

Pengaplikasian probiotik organik dari Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan terbukti bisa mempercepat dan mengoptimalkan proses molting pada udang.

Ini dikarenakan produk Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan mengandung mineral essensial dan non essensial yang mampu menunjang proses pembentukan kulit pada udang.

Aplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan dengan rutin, sebagai campuran pakan harian dan perawatan air. Berikut ini adalah caranya:

produk suplemen organik cair gdm spesialis ikan 2ltr
  1. Tuangkan 10 ml Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan kedalam 1 kg pakan udang vaname. Selanjutnya, aduk hingga tercampur merata.
  2. Sebarkan pakan ke kolam udang seperti biasa.
  3. Ulangi pengaplikasian pakan dengan campuran Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan tersebut setiap hari.
  4. Untuk menjaga agar kadar amoniak dalam air tidak melewati batas maksimum dan memastikan air dalam kondisi baik, Anda juga disarankan mengaplikasikan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan.
  5. Cara pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada air kolam adalah dengan mencampurkan 2 tutup botol Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan kedalam ember berisi air, lalu aduk hingga homogen.
  6. Kocorkan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan ke permukaan air. Lakukan hingga memenuhi dosis 10 liter/ha dan ulangi setiap minggunya.
  7. Dengan pengaplikasian Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan pada air ini, Anda bisa membantu mempercepat waktu molting udang vaname.

Selanjutnya, selain membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mikro dengan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Perikanan, Anda juga perlu membantu memenuhi kebutuhan kalsium dalam proses molting udang vaname.

3. Kebutuhan Kalsium Untuk Proses Molting

Pada udang yang kulitnya belum mengeras, maka udang membutuhkan kalsium dalam jumlah yang lebih besar.

Pertumbuhan udang yang lama ini berkaitan dengan waktu pengerasan kulit udang yang lama dan asupan nutrisi yang kurang.

Hal itulah yang menyebabkan kemampuan konsumsi pakan udang harian setelah molting (postmolting) menjadi menurun. Akibatnya, udang tidak dapat tumbuh baik dalam proses moltingnya.

Meski begitu, Anda tidak bisa memberikan asupan kalsium tambahan dalam bentuk yang sembarangan. Ada banyak terjual dipasaran, kalsium tambahan untuk udang yang berukuran mikro.

Namun, Anda tidak disarankan untuk memberikan asupan nutrisi kalsium dalam ukuran mikro. Sebab, ukuran tersebut masih sulit untuk diabsorbsi oleh tubuh udang.

  • Berikan tambahan kalsium yang berukuran nano untuk udang. Kalsium berukuran nano ini terbukti bisa lebih mudah diabsorbsi oleh udang, sehingga kalsium bisa diserap oleh tubuh dengan sempurna.
  • Ini dikarenakan kalsium yang berukuran nano ini menjadi mineral predigestif yang dapat masuk kedalam sel tubuh udang dengan sempurna. Sehingga dapat terabsorbsi secara cepat kedalam tubuh udang.

Agar Anda tidak perlu membeli nutrisi kalsium udang ini dengan harga mahal, Anda bisa memanfaatkan limbah cangkang kepiting.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah cara pembuatan nano kalsium dari limbah cangkang kepiting untuk mempercepat waktu molting udang:

Pembuatan Nano Kalsium Dari Limbah Cangkang Kepiting

Untuk menghemat biaya dalam pembelian kalsium dipasaran, Anda bisa memanfaatkan limbah cangkang kepiting.

Diketahui bahwa limbah cangkang kepiting ini memiliki kandungan kalsium yang tinggi, sehingga dapat dengan efektif dalam membantu molting udang vaname lebih cepat.

cangkang kepiting untuk kalsium

Berikut ini adalah cara membuat nano kalsium dari cangkang kepiting:

  1. Cuci bersih limbah cangkang kepiting.
  2. Jemur limbah cangkang kepiting selama ±4 hari dibawah matahari terik.
  3. Hancurkan limbah cangkang dengan menggunakan palu hingga hancur.
  4. Lakukan kalsinasi cangkang kepiting pada suhu 900oC selama 4 jam.
  5. Lakukan karakterisasi pada kadar kalsium (Ca) dengan menggunakan AAS.
  6. Tambahkan 10 gram nano (CaO) pada cangkan kedalam pakan bubuk.
  7. Tambahkan 70% air pada tepung yang sudah ditambahkan nano (CaO), kemudian aduk hingga merata.
  8. Tambahkan CMC sebanyak 3% dari jumlah pakan yang Anda buat.
  9. Cetak kedalam wadah cetakan, kemudian tekan agar memadat.
  10. Jemur nano kalsium yang sudah tercetak tersebut dibawah matahari selama ±3 hari.
  11. Nano kalsium dari cangkang kepiting siap untuk digunakan.

Teknis dalam mempercepat proses pada udang vaname sangat dibutuhkan oleh para petambak.

Dengan proses dan teknis yang mudah, tentu hasil panen udang vaname yang dinantikan akan semakin dekat.

Nah untuk Anda yang memiliki kendala dalam budidaya udang terutama proses molting pada udang vaname.

Tak perlu ragu untuk berkonsultasi langsung dengan ahli perikanan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts