cara membuahkan anggur

Cara Membuahkan Anggur Agar Berbuah Lebat dan Manis

Membudidayakan anggur tapi belum  berbuah? Anda perlu mengetahui cara membuahkan anggur secara tepat.

Hal ini tentu menjadi kendala bagi setiap petani anggur, jika tanaman anggur mengalami gangguan dalam pertumbuhannya tentu ada beberapa hal yang diantisipasi.

Selain itu jika tanaman anggur tidak menunjukkan kualitas pertumbuhan yang signifikan, maka ada beberapa hal yang ditangani guna meminimalisir adanya kegagalan panen.

Sebagai petani anggur, anda pasti ingin pohon anggur yang anda tanam berbuah lebat dan berkualitas. Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk membuat pohon anggur berbuah lebat dengan rasa yang manis.

Untuk menghasilkan pohon anggur yang berbuah lebat dan manis, anda harus memperhatikan kondisi lahan, memperhatikan lingkungan sekitar, memberikan perawatan, mengatasi serangan hama atau penyakit, dan memberikan pupuk dengan tepat.

1. Kondisi Lahan Tanam

Anda membutuhkan lahan untuk menanam pohon anggur. Kondisi lahan sangat mempengaruhi kualitas pohon anggur yang anda tanam sehingga lebih baik anda mencari kondisi lahan yang terbaik untuk pohon buah yang satu ini.

kondisi lahan tanam anggur

Ada beberapa kriteria kondisi lahan yang harus anda perhatikan agar anggur berbuah lebat dan manis. Lahan berpasir dan gembur merupakan lahan yang terbaik untuk tanaman anggur.

Pastikan juga lahan yang anda gunakan mengandung unsur hara yang cukup banyak karena tanaman yang satu ini membutuhkan unsur hara yang cukup.

Semakin banyak unsur hara, semakin lebat dan manis buah yang dihasilkan. Unsur hara memang menjadi salah satu faktor anggur cepat berbuah.

Selain itu, anda harus memilih lahan dengan kadar asam yang netral. Kadar asam dalam tanah dapat dilihat melalui kertas lakmus. Lahan dengan kadar yang tidak netral akan membuat tanaman anggur sulit berbuah.

Kandungan unsur hara inilah yang mengandung unsur hara makro maupun unsur mikro yang tentunya meningkatkan kualitas nilai hara pada tanah.

Maka dibutuhkan pemupukan dasar yang tepat, hal yang menjadi krusial tentunya dalam media tanam sangat mempengaruhi tingkat kesuburan tanah.

Maka ada beberapa kandungan bakteri premium yang dapat meningkatkan unsur hara dalam tanah seperti:

  • Lactobacillus sp
  • Micrococcus roseus

Kedua bakteri premium memiliki fungsi yang meningkatkan kualitas tanah serta menggemburkan media tanam. Pemupukan dasar yang bisa Anda pilih untuk meningkatkan kesuburan tanaman anggur salah satunya kombinasi pemupukan organik.

GDM SAME DAN BLACKBOS

Pemupukan organik menggunakan GDM Organik yaitu kombinasi GDM Granule SAME dan GDM Black BOS.

Tidak hanya menyuburkan tanah atau media tanam anggur saja, namun menutrisi tanaman anggur agar lebih optimal.

Maka Anda bisa memperhatikan kualitas lahan dan tingkat kesuburannya, sebagai salah satu faktor penting agar anggur cepat berbuah.

2. Cuaca dan Lingkungan Sekitar

Memperhatikan cuaca dan lingkungan sekitar juga menjadi cara terbaik agar buah anggur cepat berbuah. Pohon anggur bisa tumbuh lebih baik pada cuaca dan lingkungan tertentu saja.

faktor cuaca
  • Pilihlah cuaca dengan musim kemarau yang cukup panjang atau lebih dari 3 bulan. Artinya curah hujan harus sangat rendah agar buah anggur dapat tumbuh dengan baik.
  • Suhu udara terbaik untuk tanaman yang satu ini adalah sekitar 10oC sampai 40oC.
  • Pertumbuhan anggur akan sangat terbantu dengan adanya sinar matahari. Dalam sehari, pohon anggur harus mendapatkan sinar matahari selama 7 jam. Karena itu, pastikan anda menanam anggur jauh dari bangunan atau tanaman lainnya.
  • Tujuan utama menanam anggur di dataran rendah adalah agar hembusan angin tidak terlalu kencang. Pertumbuhan anggur mudah terganggu oleh angin yang bertiup sangat kencang dan membuat beberapa bagian dari pohon anggur menjadi gugur.
  • Kelembapan udara yang dibutuhkan agar anggur cepat berbuah adalah sekitar 75% – 80%. Jangan mencari tempat dengan kelembapan udara kurang atau lebih dari rekomendasi tersebut karena membuat anggur tidak tumbuh dengan optimal.

3. Memperhatikan Perawatan Berkala

Perawatan menjadi bagian paling penting dalam budidaya anggur. Perawatan anda yang menentukan kualitas buah anggur yang dihasilkan. Perawatan harus dilakukan mulai dari anda menanam bibit hingga setelah panen.

  • Lakukan penyiangan secara rutin setiap hari kepada tanaman anggur untuk memastikan kondisinya baik-baik saja. Penyiangan merupakan proses membersihkan lahan dan tanaman guna memastikan tidak ada gulma atau hama yang mengganggu tanaman.
  • Penyiangan harus dilakukan setidaknya dua kali dalam sehari karena gulma dan hama bisa menyerang kapan saja.
  • Penyiangan baiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Proses menangani hama akan kita bahas pada poin selanjutnya
  • Berikan pupuk juga secara rutin saat bibit anggur baru mulai ditanam hingga anggur telah berumur satu tahun. Jangan asal memberikan pupuk kepada anggur karena malah dapat membunuhnya. Maka sangat disarankan untuk memilih jenis pupuk yang tepat untuk tanaman anggur.
  • Sebagai salah satu langkah perawatan, tentunya pemupukan anggur yang dapat menumbuhkan buah secara alami dan menyuburkan dengan kualitas bagus.
  • Salah satu rekomendasi pemupukan tanaman anggur agar lebih optimal, Anda bisa melihat ulasan lengkapnya dari tim ahli pertanian kami mengenai Jenis Pupuk Untuk Anggur Beserta Dosisnya.
  • Meski anggur merupakan tanaman yang hidup di cuaca yang kering dan tidak memerlukan curah hujan yang tinggi, anda tetap harus menyiram tanaman ini secara rutin setiap hari. Namun, pastikan tidak ada air yang menggenang setelah anda menyiram. Menyiram anggur juga tidak memerlukan banyak air.

Keempat langkah itu adalah cara merawat pohon anggur agar cepat berbuah. Hal paling penting dalam melakukan perawatan adalah anda melakukannya dengan benar dan secara rutin.

4. Mengontrol Serangan Hama atau Penyakit

Berbagai tanaman tidak akan pernah lepas dari risiko serangan hama ataupun penyakit, begitu juga dengan anggur. Serangan dari hama atau penyakit akan menghambat pertumbuhan anggur hingga membuat gagal panen.

Hama yang biasanya menyerang pohon anggur adalah:

  • kumbang daun
  • kutu woolius
  • trips
  • tungau
  • ulat grayak

Pengendalian hama ini dapat dilakukan melakukan penyiangan. Melakukan penyiangan secara rutin menjadi cara paling tepat untuk mencegah serangan hama.

Jika anda menemukan serangan hama saat melakukan proses penyiangan, anda bisa memotong bagian yang telah rusak karena hama. Bila serangan hama sudah sangat mengkhawatirkan, anda bisa menggunakan pestisida.

hama dan penyakit anggur

Hama sering mengambil bagian daun, batang, atau bahkan buah anggur sehingga membuat anggur tidak bisa berbuah dengan lebat dan manis. Pohon anggur memang masih berpeluang untuk berbuah. Namun, kualitasnya akan sangat jelek.

Penyakit yang biasanya menyerang pohon anggur adalah:

  • tepung palsu
  • cendawan tepung
  • karat daun
  • busuk kering
  • busuk kapang kelabu.

Kebanyakan dari penyakit tersebut menyerang bagian daun dan batang. Jika bagian daun ataupun batang pohon anggur telah terserang penyakit, maka pohon anggur tidak akan bisa mengolah nutrisi yang anda berikan sehingga pohon anggur sulit untuk berbuah.

5. Dosis Pemupukan Tanaman Anggur

Memberikan pupuk merupakan perawatan rutin yang sangat penting dilakukan agar buah anggur berbuah lebat. Namun, tidak boleh dilakukan secara asal.

Pupuk untuk tanaman anggur agar cepat berbuah harus diberikan dengan dosis yang tepat. Kesalahan banyak orang biasanya memberikan pupuk dengan jumlah yang banyak dengan harapan pohon anggur lebih cepat berbuah.

Memberikan pupuk dengan jumlah yang banyak justru bisa membuat anggur menjadi mati karena kelebihan unsur hara yang terkandung pada pupuk. Karena itulah penting untuk memperhatikan dosis pemupukan.

Selain mempertimbangkan dosis pemupukan yang diberikan untuk tanaman anggur, maka hal yang paling penting adalah pemilihan jenis pupuk untuk merawat kualitas pertumbuhan anggur.

Pemupukan organik lebih bagus dan tepat sebab dengan teknis yang rutin lebih maksimal dalam menghasilkan pertumbuhan tanaman anggur utamanya pertumbuhan buah.

Nilai jual buah organik tentu cenderung lebih baik, dibandingkan Anda yang menggunakan booster kimia untuk membuat buah anggur berbuah lebat.

pupuk untuk membuahkan anggur
  • Dengan kombinasi Pupuk Organik Cair GDM Spesialis Tanaman Buah yang meningkatkan pertumbuhan tanaman anggur secara maksimal, sebab adanya kandungan bakteri premium seperti bacillus pumillus.
  • Dengan takaran dosis 5 liter/ha untuk kapasitas pemupukan anggur pada lahan budidaya.
  • Sedangkan untuk merawat kesuburan lahan selama masa perawatan, Anda bisa menggunakan kombinasi GDM Granule SAME dan GDM Black BOS.
  • Adanya kandungan bakteri premium akteri premium Pseudomonas alcaligenes sebab meningkatkan penyerapan unsur N,P dan K yang menunjang kesuburan serta kegemburan tanah.

Itulah beberapa panduan agar buah anggur berbuah lebat dan manis. Semua langkah yang diberikan sangat penting sehingga anda harus mengikutinya secara teliti. Jenis anggur apapun yang anda tanam akan memiliki nilai yang sangat tinggi di pasaran.

Pastikan untuk melihat kondisi lahan tanam untuk melakukan pemupukan yang tepat, atau Anda bisa berkonsultasi mengenai dosis maupun teknis pemupukan dengan tim ahli pertanian kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts