Makanan Puyuh Agar Cepat Bertelur: Jenis, Faktor Penunjang, Kebutuhan Nutrisi, Hingga Pembuatan

Ingin kualitas puyuh lebih berbobot? tentu ini menjadi impian bagi para peternak puyuh. Memilih makanan puyuh agar cepat bertelur adalah salah satu strategi bagi para peternak untuk meningkatkan pendapatan dalam bisnis budidaya burung puyuh.

Dalam memberikan pakan yang berkualitas, tentu tak lepas dari pertimbangan komposisi dan juga bahan yang digunakan. Puyuh yang tidak mau makan atau mudah terkena serangan penyakit bisa jadi disebabkan oleh kualitas pakan yang kurang maksimal.

Benarkah demikian? Tentu saja Anda harus mengidentifikasi kualitas pakan dan memaksimalkan penyerapan pakan pada bobot agar lebih maksimal.

Kualitas pakan berpengaruh 80% dalam budidaya puyuh, jika hal ini dinilai sembarangan maka bisa jadi pertumbuhan puyuh akan terganggu. Manajemen pakan yang tepat, tentu harus disesuaikan dengan perhitungan yang tepat.

Ada baiknya, Anda juga memahami apa saja yang menyeimbangkan kualitas daging puyuh agar lebih maksimal. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Faktor Penunjang Burung Puyuh Cepat Bertelur

Kelezatan daging dan telur puyuh disebabkan oleh beberapa faktor pendukung yang harus dilakukan dalam beternak burung puyuh agar cepat bertelur dan berkualitas dengan harga yang cukup mahal. Berikut hal-hal yang perlu Anda ketahui.

Kualitas Bibit Burung Puyuh

kualitas bibit puyuh

Sebagai salah satu unggas yang berdarah panas dan tersebar di seluruh daratan di dunia memiliki beberapa jenis burung puyuh, salah satunya puyuh dara yang dalam perawatan bibitnya lebih mudah dan tingkat kematiannya remdah. Sehingga Anda dapat membeli mesin penetas telur untuk menunjang perawatan dan pemeliharaan burung puyuh tersebut.

Posisi Kandang

Agar dapat memberikan kenyamanan pada burung puyuh, maka tempatnya pun harus cocok yakni memposisikan kandang yang memanjang dari arah timur ke barat.

Ukuran Kandang

Kapadatan kandang tergantung dari ukuran yang ada di dalam kandang tersebut. Panjangnya harus lebih dari dua meter dan tingginya minimal 40 sentimeter guna mencegah pergerakan puyuh yang sangat lincah. Lebarnya pun perlu dikurangi minimal 70 sentimeter agar dapat memudahkan untuk membersihkan kandang. Sehingga maksimal diisi 30 ekor burung ouyuh.

Suasana Sekitar Kandang

Hindari dari kebisingan yang dapat mengakibatkan puyuh merasa takut dan stres. Sehingga puyuh dapat dengan mudah perawatannya dan dengan cepat terbiasa dengan lingkungan sekitarnya.

Kualitas Pakan Puyuh

Puyuh dapat diberikan pakan yang biasanya secara umum kepada ayam. Akan tetapi lebih baik Anda memberikan pakan secara khusus untuk burung puyuh. Terlebih lagi, puyuh yang baru saja menetas juga butuh nutrisi yang sesuai.

Oleh karena itu, Anda bukan hanya perlu memperhatikan pakan burung puyuh agar cepat bertelur, melainkan juga pakan puyuh umur 1 hari.

Faktor penunjang tersebut dapat Anda sesuaikan dengan teknis budidaya Anda selama ini, Anda bisa menyimak ulasan tim ahli peternakan kami mengenai Cara Ternak Burung Puyuh Organik.

2. Kandungan Nutrisi Bahan Pakan Puyuh

Untuk memenuhi kebutuhan pakan agar lebih maksimal, tentu hal yang paling penting memperhatikan kebutuhan nutrisi secara seimbang. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan kualitas pakan yang akan terkonversi menjadi bobot.

Pakan puyuh petelur yang baik harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air dalam jumlah yang cukup.

Pakan yang digunakan untuk puyuh petelur dapat berbentuk tepung, pellet dan remah-remah yang disesuaikan dengan umur bibit puyuh petelur.

Selain kandungan nutrisi yang diperlukan juga penyesuaian dengan takaran yang sesuai dengan bahan pakan yang ditentukan.

Berikut tabel kandungan nutrisi yang bisa menjadi pertimbangan dalam pembuatan makanan puyuh.

kandungan nutrisi bahan pakan puyuh

3. Jenis Pakan Burung Puyuh Agar Cepat Bertelur

Agar dapat meningkatkan produktivitas burung puyuh untuk dapat menghasilkan telur yang berkualitas dalam jumlah banyak maka disarankan untuk menjaga asupan makanan yang akan diberikan kepadanya.

Biasanya dalam satu haru burung puyuh dapat bertelur sebanyak 2 sampai 3 kali dimana dalam satu kali dapat menghasilkan 2 butir telur.

jenis pakan puyuh

Oleh sebab itu, sebagai peternak burung puyuh wajib membaca rekomendasi makanan burung puyuh petelur yang bik.

1. Jagung

Jagung sebagai sumber karbohidrat yang besar dapat memberikan energi bagi burung puyuh tersendiri. Namun perlu dicampur dengan makanan lain karena harga jagung terbilang mahal.

2. Sorgum

Terkenal sebagai pakan ternak dan makanan burung puyuh anakan yang mengandung protein yang cukup dominan. Selain itu juga mendandung xantofil dan tanin yang tinggi. Akan tetapi jika Anda ingin menjaga tubuh tetap mendapatkan manfaat dari protein maka perlu memberikan sorgum yang tidak berwarna yang kandungan taninnya rendah.

3. Dedak Padi

Menjadi sumber energi yang utama bagi burung puyuh, akan tetapi kandungan seratnya tidak dapat dicerna secara langsung. Kemudian tidak diperkenankan untuk menyimpan pakan burung puyuh petelur ini terlalu lama. Hal ini diakibatkan karena kandungan lemak di dalamnya bisa menjadi bau dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

4. Tepung Tulang

Berasal dari tulang yang direbus sampai lunak hingga matang dan dilanjut dengan proses pengeringan serta penggilingan untuk menjadi semacam tepung. Pakan burung puyuh ini mengandung kalsium dan fosfor yang berguna untuk mempercepat proses pengeluaran telur yang lebih kuat.

5. Singkong

Sebagai sumber karbohidrat pengganti jagung, tidak diperkenankan untuk memberikannya dalam jenis yang pahit. Hal ini dikarenakan mengandung sianogenik glukosida yang tidak baik bagi kesehatan burung puyuh.

6. Kayambang

Jenis tanaman gulma yang hidup di air dan mengandung banyak sekali mineral esensial dan non esensial baik berupa xantofil dan juga beta karoten yang dapat pula mendetoksifikasi logam berat dengan mengeluarkan protein fitokelatin. Akan tetapi, jenis pakan puyuh agar cepat bertelur ini mengandung serat kasar tinggi yakni alkanoid dan saponin yang merupakan antinutrisi.

7. Bungkil Kedelai

Jenis pakan alternatif puyuh petelur yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi. Dimulai dari protein kasar hingga kalsium serta serat kasar.

4. Cara Membuat Formula Komposisi Pakan Puyuh Petelur

Berdasarkan penjelasan di atas bahwa jagung tidak selamanya murni diberikan kepada puyuh petelur. Hal ini dikarenakan harga pakan perangsang puyuh bertelur tersebut terbilang mahal. Sehingga yang perlu diperhatikan adalah menyusun pakan puyuh sendiri sebagai kebutuhan nutri yang dibutuhkan oleh burung puyuh.

Berdasarkan pengalaman dari para peternak puyuh, bahwa puyuh dapat menghasilakn telur harus membutuhkan persentase 15-17% protein kasar, 2700 kkal/kg energi, 2,5 hingga 3,5% kalsium dan 0,6 sampai 1% fosfor.

Sehingga secara perkiraan formula untuk menerapkan cara membuat pakan puyuh petelur yang dapat dijadikan ransum adalah sebagai berikut:

  • Jagung dari 30 sampai 50%
  • Dedak padi dari 10 sampai 15%
  • Bungkil kedelai 15 hingga 25%
  • Tepung ikan 7 sampai 10%
  • Bungkil kelapa 5 – 7%
  • Repeseed meal 5%
  • Minyak sawit 3 sampai 5%
  • Kapur 2 sampai 4%
  • DCP 0,5 – 1%
  • Premix 0,5%
  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan 0,3 ml/ekor.

Sebagai contoh berikut ini formula komposisi yang dibuat oleh salah satu peternak beserta perhitungan kandungan protein dan energi metabolisme.

tabel formulasi pakan puyuh

Dari tabel tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa campuran pakan puyuh petelur tersebut sudah masuk ke dalam kriteria kebutuhan asupan nutrisi burung puyuh yang dapat menghasilkan angka 15,4% protein dan 2783 kkal/kg energi metabolisme.

5. Penggunaan Suplemen Untuk Pakan

Selain menggunakan komposisi di atas, Anda juga bisa menggunakan suplemen khusus untuk burung puyuh milik Anda. Anda bisa menggunakan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan yang baik untuk keberlangsungan hidup burung puyuh milik Anda.

Tidak hanya mempertimbangkan kualitas pertumbuhan agar lebih maksimal saja, tentunya Anda juga memberikan suplemen untuk menambah nafsu makan puyuh menjadi lebih maksimal.

suplemen organik cair gdm spesialis ternak 5ltr

Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan menjadi salah satu rekomendasi bagus sebab mengandung mineral dan bakteri baik yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan puyuh.

  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dapat memperbaiki kualitas system pencernaan pada burung puyuh sehingga daya cerna puyuh akan menjadi lebih baik.
  • Suplemen puyuh GDM mengandung bakteri yang tepat bagi pencernaan puyuh, sehingga dapat meningkatkan nafsu makan pada puyuh.
  • Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan dapat menghasilkan enzim fitase. Enzim Fitase berfungsi untuk meningkatkan protein dan mineral (P,Me,Fe,Zn,Ca) pada pakan. Sehingga kandungan nutrisi pada pakan burung puyuh akan jauh lebih baik

Nafsu makan pada burung puyuh meningkat, sehingga sistem metabolisme puyuh akan menjadi lebih baik. Metabolisme burung puyuh yang baik, akan membantu perkembangan sel telur pada puyuh. Sehingga produktivitas telur burung puyuh akan meningkat secara maksimal.

Untuk penggunaan Suplemen Organik Cair GDM Spesialis Peternakan pada pada pakan maupun minum burung puyuh. Anda bisa berkonsultasi dengan tim ahli peternakan kami melalui tombol dibawah ini:

Share your thoughts