Beranda » Pertanian » Pemasangan Mulsa Plastic yang Baik dan Benar

Pemasangan Mulsa Plastic yang Baik dan Benar

T Diposting oleh pada 30 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 34 kali

Perawatan tanaman cabe merupakan langkah terbaik yang harus dilakukan untuk menghasilkan tanaman yang produktif dan kontinyu. Perawatan tanaman dilakukan mulai dari sebelum tanam sampai setelah tanam. Perawatan sebelum tanam meliputi perlakuan benih, pengolahan tanah dan pemasangan mulsa plastic. Sedangkan perawatan setelah tanam meliputi penyiraman, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit serta perempelan tunas.

Pemasangan mulsa plastic merupakan salah satu perawatan sebelum tanam. Adapun manfaat dari pemasangan mulsa plastic ini adalah :

  • Dapat mengatur dan menjaga kelembaban tanah agar tetap normal.
  • Dapat menjaga suhu mikro tanah agar tetap optimal.
  • Mencegah erosi dan pencucian hara saat musim hujan.
  • Menekan pertumbuhan gulma pengganggu sehingga menghemat biaya penyiangan.
  • Mencegah serangan hama penyakit akibat pantulan sinar UV dari mulsa plastic hitam perak.

Kelembaban dan suhu mikro tanah yang terjaga akan semakin meningkatkan kinerja bakteri POC GDM yang sudah disemprotkan sebelumnya bersamaan saat olah tanah.

Manfaat tersebut di atas semuanya akan bermuara pada produktivitas tanaman yang semakin baik.

Pemasangan mulsa plastic yang berwarna hitam menghadap ke bawah dan yang berwarna perak menghadap ke atas. Kebutuhan per hektar mulsa plastic hitam perak dengan lebar 120 cm adalah 12 roll. Pemasangan mulsa plastic sebaiknya saat matahari terik agar proses pemuaian optimal dan mulsa dapat menutup rapat pada bedengan.

Cara pemasangan mulsa plastic hitam perak adalah seabagai berikut :

  • Siapkan mulsa plastik sepanjang bedengan dikurangi ± 50 cm untuk pemuaian dan penarikan saat pemasangan.
  • Ujung-ujung mulsa plastic ditarik secara bersamaan dan kedua ujung dipasak dengan bambu berbentuk U.
  • Pasang pasak bambu di salah satu sisi terlebih dahulu dengan jarak 50 cm, kemudian dilanjutkan pada sisi yang lain sambil ditarik secara perlahan agar mulsa dapat menutup dengan rapat.
  • Buat lubang sesuai jarak tanam dengan menggunakan pelubang khusus atau kaleng bekas susu kental manis yang dipanaskan.
  • Untuk hasil yang terbaik, usahakan saat pemasangan mulsa menggunakan minimal 2 orang tenaga kerja pada saat panas matahari sedang terik (tengah hari).

Referensi :

  1. Annonymous, 2015. Good Agriculture Practice, Budidaya Cabai Yang Baik dan Benar, Food and Agriculture Organization of United Nation – Departemen Pertanian. Jakarta.
  2. Annonymous, 2017. Tipspetanicabe,blogspot.co.id.
  3. Annonymous, 2014. Tehnik dan Cara Pemasangan Mulsa Plastik Tanaman Cabai. LMGA Agro.
  4. Priyono W, 2017. Panduan Lengkap Budidaya Cabe merah, Guru Ilmuan.blogspot.co.id.
  5. Sumarni N, Muharam A, 2005. Budidaya Tanaman Cabai Merah, Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Departemen Pertanian. Jakarta.

Belum ada Komentar untuk Pemasangan Mulsa Plastic yang Baik dan Benar

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Pemasangan Mulsa Plastic yang Baik dan Benar

Rahasia Memperbanyak Anakan Padi

T 30 May 2017 F A gdmok

Pada zaman dahulu saat menanam padi nenek moyang kita selalu menggunakan pupuk organik yang berasal dari kotoran hewan ataupun sisa-sisa tanaman yang jatuh ke tanah yang kemudian terdekomposisi menjadi pupuk alami/pupuk kompos yang mengandung nutrisi untuk tanaman. Hal ini terjadi... Selengkapnya

Cara Sukses Persemaian Padi

T 20 May 2017 F A gdmok

Setelah mengetahui cara memilih benih unggul dan cara perendaman benih yang benar (dibahas pada artikel sebelumnya), selanjutnya adalah mengetahui cara persemaian padi. Untuk memperoleh bibit padi dapat dilakukan dengan cara persemaian basah. Apa itu Persemaian Basah? Persemaian basah adalah persemaian... Selengkapnya

Tanah Sehat Tanaman Kuat

T 20 May 2017 F A gdmok

Tanah (bahasa Yunani: pedon; bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik (https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah). Tanah pada masa kini sebagai media tumbuh tanaman didefinisikan sebagai “lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh-berkembangnya perakaran, penopang tegak tumbuhnya tanaman dan penyuplai kebutuhan air dan udara.... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai GDM