Beranda » Pertanian » Persiapan Tanam Cabai : Biaya Rendah Keuntungan Melimpah

Persiapan Tanam Cabai : Biaya Rendah Keuntungan Melimpah

T Diposting oleh pada 20 May 2017
F Kategori
b Belum ada komentar
@ Dilihat 18 kali

Budidaya cabai memiliki peluang pasar yang besar dan luas, dengan rata-rata konsumsi cabe 5 kg/kapita/tahun (2013) dan 90% dikonsumsi dalam bentuk segar. Harga komoditas inipun tergolong sangat baik bahkan saat musim hujan seperti saat ini harga cabe sangat tinggi.

Tantangannya adalah bagaimana caranya agar produksi cabe terus meningkat dengan kualitas terjaga baik tanpa menambah biaya produksi, sehingga keuntungan yang tinggi ini bisa dinikmati langsung oleh petani cabai. Untuk itu diperlukan cara budidaya cabai yang baik (Good Agriculture Practices) dengan mengurangi penggunaan pupuk dan pestisida kimia untuk beralih ke pupuk organic dan pestisida nabati.

Persiapan tanam cabai yang meliputi pemilihan lahan yang sesuai, pengolahan tanah yang baik dan penambahan bahan pupuk organic merupakan langkah-langkah dasar yang harus diperhatikan.

  1. Pemilihan lahan, Tanaman cabe dapat tumbuh di dataran rendah sampai dataran tinggi, mulai dari pekarangan, lahan kering maupun lahan sawah. Pada umumnya tanaman cabe menghendaki derajat keasaman tanah (pH) netral. Tambahkan  kapur pertanian atau dolomit  4-5 ton/Ha jika pH-nya rendah. Adapun jenis tanah yang baik untuk tanaman cabe adalah tanah humus, tanah liat berpasir, serta tanah-tanah andosol dan grumosol, karena jenis tanah ini kaya akan bahan organic (unsur hara) dan gembur.
  2. Pengolahan tanah, Tidak semua jenis tanah memiliki struktur yang remah, gembur dan subur. Terutama tanah sawah atau jenis tanah yang mengandung liat yang tinggi sehingga memerlukan pengolahan tanah. Pengolahan tanah bertujuan untuk menggemburkan tanah sehingga perakaran tanaman cabe dapat berkembang dengan baik, tidak tergenang air dan sirkulasi udara (oksigen) dapat belangsung dengan baik. Pengolahan tanah dengan cara dibajak/cangkul sedalam 30 – 40 cm sekaligus membersihkan gulma-gulma pengganggu. Tambahkan pupuk kandang/kompos 20 – 30 ton/hektar. Setelah itu dibuat bedengan arah Utara-Selatan selebar 110 – 120 cm, tinggi 30 – 40 cm, jarak antar bedengan 60 – 70 cm dengan panjang bedengan sesuai lahan. Akan lebih baik lagi apabila setelah bedengan selesai dibuat kemudian dipasang mulsa plastic hitam perak (PHP) untuk hasil yang lebih maksimal.
  3. Pemupukan/penambahan bahan organic, Pemupukan/penambahan bahan organic selain bertujuan menambah unsur hara dalam tanah juga untuk meningkatkan sifat-sifat fisik dan biologi tanah. Tanah menjadi lebih gembur, mampu menyimpan cadangan air tetapi aerasi tanah tetap terjaga baik serta jasad renik/mikro organisme tanah dapat berkembang biak dengan baik pula. Selain pupuk kandang/kompos gunakan juga pupuk organic cair GDM saat pengolahan tanah. POC GDM mengandung unsur hara lengkap (makro dan mikro) serta 7 bakteri menguntungkan yang berfungsi sebagai ZPT alami, penambah kekebalan (antibiotic) alami dan anti patogen, pengurai racun/zat kimia dalam tanah, penambat Nitrogen, pelarut Phospor dan lain-lain. Penggunaan POC GDM sesuai petunjuk tehnis mampu mengurangi pemakaian pupuk kimia sampai 50% pada tahap awal. Aman, harga terjangkau, mudah cara aplikasinya dan mudah didapat.

 

Referensi :

  • Annonymous, 2015. Good Agriculture Practices, Budidaya Cabai Yang Baik Dan Benar, Food and Agriculture Organization of United Nation – Departemen Pertanian, Jakarta.
  • Annonymous, 2017. Tipspetanicabe.blogspot.co.id
  • Priyono W, 2017. Panduan Lengkap Budidaya Cabe Merah, Guru Ilmuan.blogspot.co.id.
  • Sumarni N, Muharam A, 2005. Budidaya Tanaman Cabai Merah, Balai Penelitian Tanaman Sayuran, Departemen Pertanian, Jakarta.

Belum ada Komentar untuk Persiapan Tanam Cabai : Biaya Rendah Keuntungan Melimpah

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

a Artikel Terkait Persiapan Tanam Cabai : Biaya Rendah Keuntungan Melimpah

Tanah Sehat Tanaman Kuat

T 20 May 2017 F A gdmok

Tanah (bahasa Yunani: pedon; bahasa Latin: solum) adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik (https://id.wikipedia.org/wiki/Tanah). Tanah pada masa kini sebagai media tumbuh tanaman didefinisikan sebagai “lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh-berkembangnya perakaran, penopang tegak tumbuhnya tanaman dan penyuplai kebutuhan air dan udara.... Selengkapnya

Cara Sukses Persemaian Padi

T 20 May 2017 F A gdmok

Setelah mengetahui cara memilih benih unggul dan cara perendaman benih yang benar (dibahas pada artikel sebelumnya), selanjutnya adalah mengetahui cara persemaian padi. Untuk memperoleh bibit padi dapat dilakukan dengan cara persemaian basah. Apa itu Persemaian Basah? Persemaian basah adalah persemaian... Selengkapnya

Membuat Benih Tumbuh Cepat, Sehat, dan Seragam

T 20 May 2017 F A gdmok

Benih merupakan biji tanaman yang telah mengalami perlakuan sehingga dapat dijadikan sarana dalam memperbanyak tanaman. Pemilihan benih yang baik menentukan hasil produksi yang maksimal. Untuk itu harus cermat dalam pemilihan benih agar dapat memperoleh hasil panen yang tinggi. POC GDM adalah pupuk... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai GDM